Review Datsun Go Live 2018, Hatchback Sporty Nan Agresif

04/09/2018 Ryan Sugandy Review Datsun

Ajang GIIAS 2018 merupakan salah satu momen yang cukup ditunggu oleh para produsen mobil di Indonesia untuk menunjukkan produk unggulan yang mereka miliki. Datsun rupanya tidak ingin kehilangan momen ini untuk menawarkan varian terbaru yaitu datsun Go Live 2018. Mobil yang dirancang untuk kalangan muda yang sangat aktif di dunia urban perkotaan. Apa saja yang menjadi kelebihan mobil ini? Berikut ini adalah review mobil Datsun Go Live 2018 yang diperkenalkan di ajang GIIAS 2018 kemarin.

1. PENGANTAR

Review Datsun Go Live 2018 - Sebagai salah satu mobil dari kelas LCGC Datsun Go menjadi salah satu mobil LCGC yang cukup mendapatkan kesan positif dari pasar Indonesia. Harganya yang terjangkau menjadi salah satu alasan mengapa mobil ini menjadi salah satu pilihan untuk kelas LCGC di Indonesia.

Pada ajang GIIAS bulan Agustus 2018, Datsun memperkenalkan Datsun Go Live 2018 dengan tampilan yang sangat sporty dan sangat berani. Desainnya yang cukup berbeda dibandingkan dengan varian Datsun lainnya menjadikannya cukup mendapatkan perhatian dari para pengunjung di acara GIIAS. Apa saja keunggulan mobil ini dibandingkan dengan tipe mobil Datsun lainnya?

2. EKSTERIOR

Desain Eksterior mobil Datsun Go Live 2018

Desain Eksterior Datsun Go Live 2018

Datsun Go Live mengusung tema sebagai kendaraan yang sporty dan dinamis bagi kalangan muda di Indonesia. Tampilan mobil ini cukup sporty dengan menggunakan berbagai aksen camouflage warna kuning di beberapa bagian.

Secara garis besar, bentukan mobil ini sebenarnya tidak jauh berbeda dengan Datsun Go CVT 2018 hanya saja banyak penambahan berupa aero kita di berbagai bagian. Warna yang ditawarkan untuk body mobil yang bisa Anda pilih diantaranya silver, black  dan juga putih. 

Review Datsun Go Live 2018: Tampak depan

Desain Depan Datsun Go Live 2018

Bentuk Grill Depan Datsun Go Live 2018

Penampakan Datsun Go Live 2018 menggunakan grill black chrome dengan aksen warna kuning hexagon.Desain headlamp dan juga bumper mobil dengan menggunakan DRL ini sudah menggunakan desain terbaru milik Datsun yang cukup sporty dan sesuai karakter yang diinginkan oleh Datsun. Aksen warna kuning ini juga terdapat pada bagian under guard.

Review Datsun Go Live 2018: Tampak samping

Desain Samping Datsun Go Live 2018

Velg dan Desain Samping Datsun Go Live 2018

Untuk penampakan dari samping cukup sporty dengan adanya aksen berwarna kuning dan juga penggunaan desain velg yang baru berukuran 15 inci. Adanya rear spoiler berwarna kuning cukup kontras dan sangat berani sehingga menimbulkan kesan yang agresif dari mobil ini.

Review Datsun Go Live 2018: Tampak belakang

Desain Belakang Datsun Go Live 2018 berwarna abu-abu

Bagian Belakang Datsun Go Live 2018 Lebih Sporty

Bagian belakang terdapat rear bumper under guard dengan rear gate design yang sangat stylish dan sporty berwarna kuning menyala.

>>> Mungkin Anda ingin baca:

3. INTERIOR

Untuk bagian interior Datsun Go Live 2018 bisa dibilang masih menggunakan basis yang sama denga tipe mobil Datsun Go Active T. Warna interior mobil ini menggunakan warna hitam sebagai warna dasarnya kemudian di variasikan dengan warna kuning terang di beberapa bagian mobil.    

Review Datsun Go Live 2018: Dashboard

Bagian Dashboard Datsun Go Live 2018

Dashboard Datsun Go Live 2018 Lebih Menarik

Bagian dashboard mobil ini memiliki peningkatan desain yang cukup signifikan dengan menggunakan warna dasar hitam yang cukup maskulin. Dibagian ini aksen warna kuning juga bisa kita temukan di bagian driving meter yang cukup kontras dengan warna bagian dashboard lainnya. Sistem pengaturan AC pun masih tidak berubah dengan menggunakan desain yang sama dengan versi Datsun Go CVT 2018.

Review Datsun Go Live 2018: Setir

Desain Setir Datsun Go Live 2018 dengan banyak fitur yang baru

Desain Setir Datsun Go Live 2018 Sama Dengan Versi Biasa

Setir mobil ini menggunakan warna hitam polos dan belum ada fitur seperti audio steering switch. Pengaturan pn masih fixed sehingga tidak bisa diatur untuk menentukan tingkat kenyamanan.

Review Datsun Go Live 2018: Kursi

Bagian Kursi Datsun Go Live 2018 dengan seat belt

Desain Kursi Datsun Go Live 2018 Tetap Sama

Desain bagian kursi mobil ini masih sama dengan desain kursi versi Datsun Go biasa, perbedaanya hanyalah penggunaan warna jahitan dan juga warna seatbelt yang digunakan untuk mobil ini.  

Review Datsun Go Live 2018: Bagasi

Bagian Bagasi Datsun Go Live 2018 cukup besar

Bagian Bagasi Datsun Go Live 2018 Tidak Berubah

Bagian bagasi tidak berbeda dengan versi standarnya dengan menggunakan sistem ‘Smart Cargo Solution’. 

>>> Mungkin Anda juga tertarik:

4. FITUR

Dari segi fitur, mobil ini sama seperti Datsun varian Active T pada umumnya. Di bagian ini Datsu Go Live mendapatkan fitur satu buah safety air bag di bagian supir. Sementara untuk penumpang lainnya, mobil ini hanya membekali keselamatan dengan adanya 3point seatbelt saja. Mengingat mobil ini masih dalam kelas LCGC, tentunya kita juga tidak bisa berharap adanya fitur ABS + EBD untuk memberikan keamanan lebih ketika berkendara.

Untuk bagian hiburan, kita harus cukup mengapresiasi adanya headunit 2din yang cukup canggih di mobil ini yang sudah bisa terkoneksi dengan smartphone melalui bluetooth. 

>>> Simaklah review mobil lainnya dengan klik sini

5. OPERASI

Mesin Datsun Go Live 2018

Mesin HR12DE Datsun Go Live 2018

Untuk bagian mesin, Datsun Go Live 2018 masih mengandalkan mesin yang sama dengan versi lamanya yaitu HR12DE milik Nissan March. Mesin ini memiliki kapasitas silinder 1.200 CC yang bisa menghasilkan tenaga sebesar 67 ps dan torsi maksimal hingga 104 Nm. Dari segi operasional, Datsun Go Live sama saja dengan varian Datsun Go. Tidak ada perubahan apapun walaupun mengusung konsep yang lebih sporty.    

Di bagian kaki-kaki, mobil ini masih menggunakan konfigurasi McPherson Strut dan juga Torsion Beam untuk memberikan kenyamanan bagi penumpang di dalam kabin. Untuk bagian velgnya, mobil ini menggunakan velg alloy berukuran 15 inci.

>>> Jangan lupa simak beberapa tips dan trik menarik dari para ahli di sini

6. SPESIFIKASI

Berikut ini spesifikasi dari Datsun Go Live 2018.

SPESIFIKASI DATSUN GO LIVE 2018

DIMENSI

Panjang x Lebar x Tinggi

3.995 mm x 1.636 mm x 1.507 mm

MESIN

Tipe Mesin

1.2 Liter 3 Silinder Segaris DOHC

Kapasitas Silinder

1.200 cc

Daya Maksimum

67 PS / 5.000 Rpm

Torsi Maksimum

104 Nm / 4.000 Rpm

Sistem Transmisi

5 Tingkat Percepatan Manual

KAKI-KAKI

Rem Depan

Ventilated Disc

Rem Belakang

Drum

Ukuran Ban

165/70 R15

Suspensi Depan

McPherson Strut

Suspensi Belakang

Torsion Beam

7. KELEBIHAN & KEKURANGAN

Berikut ini adalah beberapa kelebihan dan kekurangan dari mobil ini yang bisa Anda perhatikan sebelum membeli kendaraan ini.

Kelebihan

Kekurangan

Harga masih cukup terjangkau

Fitur keselamatan masih minim

Desain eksterior cukup menarik

Tidak ada perubahan signifikan dibandingkan dengan versi lain dari sisi operasional

Bagian interior lebih baik

 

8. DAFTAR HARGA

Tipe

Harga Datsun GO Live

Datsun GO Live MT

Rp 135,000,000,-

Datsun GO Live CVT

Rp 150,500,000,-

9. VIDEO

10. KESIMPULAN

Perubahan dari segi tampilan untuk Datsun Live 2018 ini memang cukup signifikan dari segi eksteriornya. Desain yang sporty dan cukup berani membuat mobil ini nampak berbeda dan cukup segar dibandingkan dengan versi standarnya.

Tetapi bila menilik dari segi performa sebenarnya mobil ini sama saja dan tidak jauh berbeda dengan versi standarnya padahal harganya berpaut cukup jauh. Jadi, pilih versi Go Live atau versi Datsun Go biasa, Anda akan mendapatkan hal yang sama saja dari segi performa.  

Share This:

Cari harga mobil

Harga mobil per merek

Review mobil populer