Review Datsun Go CVT 2018, Upgrade Minimalis ala Datsun

02/09/2018 Ryan Sugandy Review Datsun

Di tahun 2018 ini mobil buatan Datsun mendapatkan peyegaran baik itu untk model Datun Go dan juga Datsun Go+. Dengan menyematkan teknologi CVT dari saudaranya yaitu Nissan, Datsun kembali berusaha meraup pasar di Indonesia. Dengan sedikit peningkatan di bagian eksterior dan interior, seperti apa performa yang akan Anda dapatkan dari mobil Datsun Go CVT 2018 ini? Berikut ini adalah ulasannya.

1. PENGANTAR

Review Datsun Go CVT 2018 - Kondisi pasar yang mlai jenuh membuat para produsen mobil untuk menyegarkan kembali produk yang mereka punya. Salah satu mobil ang mendapatkan penyegaran di tahun ini adalah Datsun Go dan juga Datsun Go+.  Kedua mobil ini hadir pertama kali pada tahun 2014 dan beum pernah mendapatkan pembaruan hingga saat ini. Seperti saudaranya Datsun Go Cross, Datsun Go saat ini juga sudah menggunakan transmisi CVT dengan sedikit peningkatan di bagian eksterior dan juga interior. Seperti apa peningkatan untuk Datsun Go CVT 2018 ini? Silahkan lanjut untuk mengetahui lebih banyak review mengenai Datsun Go CVT 2018.

2. EKSTERIOR

Secara umum, desain mobil Datsun Go masih mengambil konsep mobil hatchback untuk lima orang penumpang. Tidak ada perubahan besar dari segi bentuk hanya saja ada sedikit facelift di bagian wajah mobil ini. Bila Anda berharap ada perubahan dari segi kontur body ataupun penambahan yang lebih ekstrim, maka sayang sekali, kita tidak melihatnnya di mobil ini.   

Review Datsun Go CVT 2018: Tampak Depan

Desain Depan Eksterior Datsun Go CVT 2018

Tampak Depan Datsun Go CVT 2018

Perubahan di bagian wajah mobil ini terdapat pada desain headlamp yang lebih dimanis serta adanya fog lamp di bagian bumper depan. Selain itu ada juga penambahan aksen chrome di bagian grill juga, tetapi rasanya tidak terlalu berpengaruh cukup banyak.

Review Datsun Go CVT 2018: Tampak Samping

Bagian Samping Datsun Go CVT 2018

Tampak Samping Datsun Go CVT 2018

Perubahan tampilan bagian samping mobil ini tidak terlalu signifikan walaupun Datsun Go CVT 2018 sudah diberi teknologi electric mirror dan juga pergantian desain velg.

Review Datsun Go CVT 2018: Tampak Belakang

Bagian Belakang Datsun Go CVT 2018

Tampak Belakang Datsun Go CVT 2018

Desain bagian belakang mobil di bagian belakang tidak banyak berbeda dengan Datsun Go versi 2014 kecuali di bagian rear bumpernya yang lebih sporty.

>>> Mungkin Anda ingin baca:

3. INTERIOR

Untuk bagian interior, Datsun Go CVT2018 memiliki penampakan yang lebih bar dan segar di beberapa bagian walaupun masih menggunakan basis yang sama. Perubahan terdapat dari penggunaaan bahan interior warna yang lebih segar dan cerah.

Pembaruanpun nampak dalam konfigurasi kursi penumpang depan yang lebih mengakomodasi penumpang di bagian ini. Hilangnya sambungan kursi di bagian depan membuat bagian ini nampak lebih layak dan enak dipandang daripada seri sebelumnya.  

Review Datsun Go CVT 2018: Dashboard

Desain interior Datsun Go CVT 2018

Dashboard Dual Tone Datsun Go CVT 2018

Desain dahsboard mobil ini masih sama dengan generasi pertamanya, hanya saja sekarang sudah menggunakan warna dual tone dengan headunit yang lebih canggih. Pengaturan AC mobil ini masih sama yang mengakomodasi kekuatan AC saja tanpa pengaturan arah semburan angin.

Review Datsun Go CVT 2018: Setir

Bagian Setir Datsun Go CVT 2018

Setir Datsun Go CVT 2018 Tidak Banyak Berubah

Bagian setir masih menggunakan desain yang sama dan tidak memiliki engaturan telescopic atau tilt.

Review Datsun Go CVT 2018: Kursi

Kursi Datsun Go CVT 2018

Desain Kursi Datsun Go CVT 2018 Masih Sama

Bentuk kursi mobil ini masih tetap sama dengan desain versi lamanya, hanya berubah warna trim saja yag menjadi lebih segar. Bentuk headrestpun masih menyatu dengan body kursi sehingga tidak bisa diatur tingkat kenyamanannya.

Review Datsun Go CVT 2018: Bagasi

Bagian Bagasi Datsun Go CVT 2018

Bagian Bagasi Datsun Go CVT 2018 Mudah Disesuaikan

Kapasitas bagasi mobil ini sedikit meningkat dengan adanya pengaturan Smart Cargo yang membuat permukaan bagasi berada dibawah lantai kabin.

>>> Mungkin Anda juga tertarik:

4. FITUR

Untuk bagian keselamatan, mobil ini hanya mengandalkan 3 point seatbelt dan juga sebuah safety air bag di bagia pengemudi. Penggunaan fitur ini sebenarnya sudah cukup baik tetapi masih belum maksimal untuk penumpang di baris kedua yang hanya diberi seat belt saja.

Fitur lainnya yang ada di mobil ini diantaranya alarm dan juga immobilizer untuk mendukung keamanan mobil. Sementara di bagian hiburan, mobil ini sudah dilengkapi dengan headunit touch screen 2din yang cukup canggih dibandingkan dengan mobil lainnya yang ada di kelas ini. Perubahan ini bisa dibilang cukup mewah untuk sebuah mobil LCGC.

>>> Lihatlah harga mobil Datsun semua tipe dengan klik sini

5. OPERASI

Bagian Mesin Datsun Go CVT 2018

Mesin HR12DE Datsun Go CVT 2018

Di bagian operasionalnya, mobil ini masih menggnakan mesin yang sama yaitu mesin 3 silinder 1.200 cc HR12DE dengan transmisi CVT. Mesin ini merupakan mesin yang juga digunakan untuk produk Nissan March. Kemampuan mesin ini mampu menghasilkan tenaga sebesar 68 ps dan torsi maksimal hingga 104 Nm.

Untuk bagian kaki-kaki, Datsun Go CVT 2018 menggunakan suspensi McPherson Strut di bagian depan dengan Di bagian suspensi, mobil ini menggunakan suspensi McPherson Strut untuk bagian depan dan Torsion Beam di bagian belakang. Sementara di bagian roda menggunakan velg ukuran 14 inci dengan bahan alloy wheels.

>>> Simaklah review mobil menarik lainnya di sini

6. SPESIFIKASI

Berikut ini spesifikasi dari Datsun Go CVT 2018.

SPESIFIKASI DATSUN GO CVT 2018

DIMENSI

Panjang x Lebar x Tinggi

3.995 mm x 1.636 mm x 1.507 mm

MESIN

Tipe Mesin

1.2 Liter 3 Silinder Segaris DOHC

Kapasitas Silinder

1.200 cc

Daya Maksimum

68 PS / 5.000 Rpm

Torsi Maksimum

104 Nm / 4.000 Rpm

Sistem Transmisi

5 Tingkat Percepatan Manual

KAKI-KAKI

Rem Depan

Ventilated Disc

Rem Belakang

Drum

Ukuran Ban

165/70 R14

Suspensi Depan

McPherson Strut

Suspensi Belakang

Torsion Beam

7. KELEBIHAN & KEKURANGAN

Berikut ini adalah beberapa kelebihan dan kekurangan dari mobil Datsun Go CVT 2018 ini yang bisa Anda perhatikan.

Kelebihan

Kekurangan

Harga cukup terjangkau

Hanya tersedia dalam transmisi manual

Desain wajah lebih modern

Kualitas pembuatan masih sama

Bagian interior sudah lebih baik

 

8. DAFTAR HARGA

Berikut ini adalah daftar harga dari Datsun Go CVT 2018 untuk pasaran di Indonesia.

TIPE

HARGA

All New Datsun GO D-MT

Rp. 102,990,000

All New Datsun Go A-MT

Rp. 110,990,000

All New Datsun GO-MT

Rp. 122,990,000

All New Datsun GO T-Active MT

Rp. 126,690,000

All New Datsun GO A-CVT

Rp. 126,490,000

All New Datsun GO T-CVT

Rp. 138,490,000

All New Datsun GO T-Active CVT

Rp. 142,190,000

*) Harga OTR Wilayah Jakarta

9. VIDEO

10. KESIMPULAN

Datsun Go CVT 2018 sudah mendapatkan peningkatan di bagian eksterior dan juga interior. Tetapi, perubahan ini memang tidak bersifat signifikan dan hanya berupa facelift atau pergantian desain saja. Dari segi performa, memang tidak memiliki perubahan yang berarti dibandingkan dengan versi lamanya.

Tentunya, bila Anda mengincar performa maka tidak ada salahnya untuk mempertimbangkan utuk membeli versi lama mobil ini. Tetapi bila tampilan yang menjadi penilaian Anda maka varian terbaru ini tentunya bisa menjadi pilihan utama Anda.   

Share This:

Cari harga mobil

Harga mobil per merek

Review mobil populer

International