Review Datsun Cross 2018, Harga Dan Spesifikasi Lengkap

08/05/2018 Handy Goeyana Review Datsun

Ingin lepas dari embel-embel mobil murah karena mengusung konsep LCGC, Datsun mengeluarkan Datsun Cross 2018 dengan perubahan desain luar dan dalam, penambahan fitur-fitur penunjang, serta dimensi mobil yang jauh lebih besar dibandingkan dengan pendahulunya. Berikutnya review Datsun Cross 2018.

1. PENGANTAR

gambar Datsun Cross 2018 berwarna kuning dilihat dari sisi depan

Tampilan baru Datsun Cross 2018

Review Datsun Cross 2018 - Dengan perubahan total seperti ini, sudah pasti Datsun Cross tidak bisa dikatakan sebagai mobil LCGC meskipun harganya masih cukup terjangkau bagi yang menginginkan mobil sederhana dengan fitur-fitur penunjang yang cukup lengkap. Mengusung konsep crossover, mobil ini terlihat begitu gagah dan tangguh, sebuah kesan yang tidak pernah ada pada pendahulunya. Review Datsun Cross 2018 oleh hargamobil.com bisa dilihat di bawah ini.

2. EKSTERIOR

Kita mulai review Datsun Cross 2018 dengan sisi eksterior. Eksterior Datsun Cross 2018 memiliki desain yang bisa dikatakan hampir mirip dengan pendahulunya. Namun konsep crossover dan penambahan aksesori-aksesori membuatnya terlihat lebih garang dan agresif.

  • Desain bagian depan

gambar bagian depan Datsun Cross 2018 berwarna kuning dilihat dari sisi depan

Bagian depan Datsun Cross 2018 dengan desain yang lebih gahar

Bagian depan Datsun Cross 2018 memiliki gril khas Datsun berbentuk heksagonal dengan tambahan emblem Datsun di tengahnya. Untuk head lamp sudah dilengkapi dengan proyektor dan menggunakan LED. Fog lamp berbentuk bulat diletakkan di bawah head lamp. Bumper kit dipasang agar mobil ini terlihat lebih sporty.

  • Desain bagian samping

gambar bagian samping Datsun Cross 2018 berwarna kuning

Bagian samping Datsun Cross 2018 yang terlihat tangguh dan sporty

Bagian samping Datsun Cross 2018 terlihat tangguh berkat roof rail yang berada diatas mobil dan ground clearance yang cukup tinggi. Kesan sporty pun terlihat berkat penggunaan side skirt dan pelek alloy berukuran 15 inci.

  • Desain bagian belakang

gambar bagian belakang Datsun Cross 2018 berwarna kuning

Bagian belakang Datsun Cross 2018 yang terlihat sporty dan elegan

Bagian belakang Datsun Cross 2018 menggunakan rear combination lamp yang juga sudah menggunakan LED. Dibekali dengan roof spoiler dengan High Mount Stop Lamp serta bumper kit dengan reflektor, membuat bagian belakang mobil ini terlihat lebih sporty dan elegan.

>>> Mungkin Anda ingin baca:

3. INTERIOR

Setelah puas dengan eksterior, kita lanjutkan review Datsun Cross 2018 dengan sisi interior. Interior Datsun Cross 2018 didesain agar terlihat begitu mewah dan modern melalui fitur-fitur penunjang yang canggih yang disematkan pada bagian kabin mobil ini.

  • Dashboard dan setir

gambar bagian dashboard mobil datsun cross 2018 dengan warna utama yaitu hitam

Bagian dashboard dan setir Datsun Cross 2018 yang terlihat lebih modern dan elegan

Dashboard Datsun Cross 2018 menggunakan perpaduan warna hitam gloss, black shift hitam, dan aksen perak yang memberikan nuansa elegan dan lapang. Di bagian tengah dashboard disematkan head unit dengan layar sentuh berukuran 6,75 inci yang memiliki beberapa fitur seperti Radio AM/FM, Smartphone Connection melalui USB Port dan Aux Input, serta Bluetooh Connection. Dibawahnya terdapat AC Control yang akan memberikan kenyamanan dalam ruang kabin. Sayangnya setir mobil ini masih didesain biasa saja, tidak disematkan Audio Steering Switch layaknya mobil canggih pada umumnya.

  • Kursi

gambar susunan kursi datsun cross 2018 dengan jok berwarna abu-abu dan putih

Susunan kursi 3 baris pada Datsun Cross 2018

Kursi Datsun Cross 2018 didesain 3 baris dan mampu menampung hingga 7 orang penumpang. Menggunakan material yang berkualitas ditambah dengan ruang kaki yang lega mampu memberikan kenyamanan bagi pengemudi dan penumpangnya.

  • Bagasi

gambar bagasi datsun cross 2018 yang terisi penuh dengan berbagai koper

Bagian bagasi Datsun Cross 2018 yang terisi penuh

Karena mengusung Smart Cargo Solution, kursi baris ketiga harus dilipat sehingga bisa memberikan ruang bagasi bagi Datsun Cross 2018. Bagasinya berukuran cukup luas untuk menampung beberapa barang bawaan berukuran sedang hingga yang berukuran besar. Jika kursi baris kedua dilipat, ruang bagasi akan jauh lebih luas.

>>> Mungkin Anda ingin baca:

4. FITUR

gambar fitur airbag datsun cross 2018

Fitur airbag pada Datsun Cross 2018

Fitur keselamatan pada Datsun Cross 2018 dimulai dari Dual SRS Airbag yang berfungsi untuk mencegah penumpang depan terhindar dari resiko cedera yang serius. Fitur pengereman sudah dibekali dengan sistem ABS yang dikombinasikan dengan fitur penjaga kestabilan kontrol mobil seperti Vehicle Stability Control. Diberikan seat belt warning bagi penumpang yang belum memasang sabuk pengamannya.

Fitur keamanan pada mobil berupa Immobilizer with Alarm dan Central Door Locking yang akan menjaga mobil anda ketika sedang tidak digunakan. Selain itu ada sensor parkir yang akan membantu pengemudi memundurkan atau memarkirkan mobilnya.

>>> Klik sini untuk simak tulisan review mobil lainnya

5. OPERASI

gambar bagian mesin mobil Datsun Cross 2018

Bagian mesin Datsun Cross 2018

Mesin yang digunakan oleh Datsun Cross 2018 menggunakan mesin HR12DE 3 silinder segaris 12 katup DOHC berkapasitas 1.198 cc yang mampu menghasilkan tenaga maksimal mencapai 68-78 Ps pada putaran mesin 5.000 rpm dan torsi mencapai 104 Nm pada putaran mesin 4.000 rpm. Tenaga pada mobil ini akan disalurkan melalui transmisi manual 5 percepatan dan transmisi otomatis CVT.

>>> Mari klik sini untuk simak tulisan harga mobil

6. SPESIFIKASI

Spesifikasi Datsun Cross 2018 bisa dilihat di tabel berikut.

Mesin Datsun Cross 2018

Tipe

HR12DE 3 silinder segaris 12 katup DOHC

Kapasitas Isi Silender

1.198 cc

Tenaga Maksimal

68-78 Ps / 5.000 rpm

Torsi Maksimal

104 Nm / 4.000 rpm

Transmisi

5-Speed M/T dan CVT

Dimensi Datsun Cross 2018

P x L x T

3.995 x 1.670 x 1.560 mm

Radius Putar

4,6 m

Jarak Sumbu Roda

2.450 mm

Jarak Terendah ke Tanah

200 mm

Suspensi dan Kaki-Kaki Datsun Cross 2018

Suspensi Depan

Mc Pherson Strut with Coil Spring

Suspensi Belakang

Torsion Beam

Rem Depan

Ventilated Disc

Rem Belakang

Tromol

Ban

175/65 R15

7. KELEBIHAN & KEKURANGAN

Kelebihan dan kekurangan mobil Datsun Cross 2018 bisa dilihat di tabel berikut.

Kelebihan

Kekurangan

Desain eksterior yang lebih gagah

Tidak ada Audio Steering Switch

Desain interior yang lebih elegan

Hanya mesin tipe CVT yang berperforma tinggi

Harganya cukup terjangkau

 

Fitur penunjang dan keselamatan cukup lengkap

 

8. DAFTAR HARGA

Daftar harga Datsun Cross 2018 bisa dilihat di bawah ini.

Tipe mobil

Harga Datsun Cross

Datsun Cross 2018 M/T

Rp 163.000.000,-

Datsun Cross 2018 CVT

Rp 175.000.000,-

*catatan: harga diatas bisa berubah sewaktu-waktu

9. VIDEO

Sebagai penutup ulasan, anda bisa melihat video Datsun Cross 2018 dibawah ini.

10. KESIMPULAN

Butuh mobil crossover namun dengan harga yang terjangkau, maka Datsun Cross bisa menjadi pilihan anda. Walaupun harganya terjangkau, tetapi Datsun berhasil melepas kesan mobil murah melalui fitur-fitur penunjang yang diberikan. Apalagi ditambah dengan desainnya yang jauh dari kesan mobil LCGC, membuatnya terlihat lebih garang dan tangguh. Mesinnya sendiri meskipun tenaganya hanya bertambah sedikit namun paling tidak lebih baik dari pendahulunya karena tarikan mesin mobil ini lebih halus dan membuatnya irit bahan bakar.

Share This:

Cari harga mobil

Harga mobil per merek

Review mobil populer