Review Daihatsu Xenia 2011 : Mobil MPV Generasi Kedua Banyak Diminati

03/10/2019 Abdul Review Daihatsu

Daihatsu Xenia adalah salah satu mobil MPV ( Multi Purpose Vehicle ) yang paling diminati oleh masyarakat Indonesia. Terutama mobil Daihatsu Xenia generasi kedua atau yang lebih terkenal dengan nama Daihatsu Xenia 2011. Hal ini dibuktikan dari banyaknya pengguna Daihatsu Xenia yang kita jumpai di jalan raya. Yuk intip beberapa fakta menarik yang berkaitan dengan spesifikasi dan keunggulan serta kekurangan Daihatsu Xenia 2011.

1. PENGANTAR DAIHATSU XENIA 2011

Daihatsu Xenia adalah nama mobil yang dirancang oleh Astra Daihatsu Motor dan Toyota Astra Motor. Mobil berjenis MPV ini pun diproduksi oleh keduanya secara bersamaan. Namun dalam pemasarannya, mobil ini dipasarkan dengan dua nama yang berbeda. Astra Daihatsu Motor memasarkan dengan nama Daihatsu Xenia. Sedangkan Toyota Astra Motor memasarkannya dengan nama Toyota Avanza. Sehingga tidak aneh, jika ada orang yang sering keliru membedakan mana mobil Daihatsu Xenia dengan Toyota Avanza.

Mobil Daihatsu Xenia dan Toyota Avanza ini lebih diminati oleh berbagai kalangan masyarakat di Indonesia. Ini dikarenakan selain mangsa pasarnya yang tersebar ke berbagai kelas, mobil Daihatsu Xenia dan Toyota Avanza memiliki daya tampung yang luas. Sehingga kedua mobil ini selalu meraih catatan penjualan terbaik, setiap tahunnya. Apalagi dengan harga Daihatsu Xenia yang cukup terjangkau di pasaran mobil. Jadi bukan hal yang aneh, jika mobil Daihatsu Xenia ini semakin laris di dunia otomotif.

2. EKSTERIOR DAIHATSU XENIA 2011

Review Daihatsu Xenia 2011 : Bagian Depan

Gambar ini menunjukkan bagian depan mobil Daihatsu Xenia 2011

Tampilan depan lebih sporty berkat desain grille dan bumper yang diberikan

Eksterior Daihatsu Xenia 2011 tampak sangat sederhana. Selain itu, eksterior mobil ini juga terlihat berbeda dari generasi sebelumnya, akibat penambahan beberapa fitur yang menarik. Seperti halnya, eksterior bagian depan mobil. Pada bagian depan mobil ini terdapat grille yang melengkung ke bawah serta lampu depan yang lebar dan runcing. Mobil ini juga terkesan lebih sporty, akibat adanya fog lamp serta bumper depan yang memiliki lubang udara lebih besar.

Review Daihatsu Xenia 2011 : Bagian Samping

Gambar ini menunjukkan bagian samping mobil Daihatsu Xenia 2011

Tampilan samping terlihat elegan dan sederhana

Tak kalah dengan eksterior bagian depan, eksterior bagian samping Daihatsu Xenia 2011 juga tampil dengan sangat sederhana, namun tetap elegan. Terlebih dengan adanya side moulding pada sisi pintu yang menimbulkan kesan sporty mobil ini.

Review Daihatsu Xenia 2011 : Bagian Belakang

Gambar ini menunjukkan bagian belakang mobil Daihatsu Xenia 2011 hitam

Bagian belakang lebih menarik dengan rear spoiler dan desain lampunya

Eksterior bagian belakang Daihatsu Xenia 2011 juga tampil sangat sederhana. Stop lamp dari mobil ini telah menggunakan bahan kristal bening. Selain itu, posisi antara lampu sein, lampu mundur dan lampu rem terpisah. Lampu sein dan lampu mundur memiliki bentuk bulat. Sedangkan lampu rem terletak persis di bawah lampu sein dan lampu mundur.

>>> Baca juga:

3. INTERIOR DAIHATSU XENIA 2011

Review Daihatsu Xenia 2011 : Bagian Dashboard dan Kemudi

Gambar ini menunjukkan dashboard dan kemudi mobil Daihatsu Xenia 2011

Desain dashboard sederhana dengan head unit yang cukup untuk menemani perjalanan

Selain desain eksterior yang sederhana mobil Daihatsu Xenia 2011 juga memiliki tampilan interior yang sederhana. Bahkan bisa dibilang biasa saja. Namun jangan salah sangka. Walaupun biasa saja, tapi ruang kabin mobil sangat luas. Sehingga mobil ini, memiliki ergonomis yang lebih baik.

Salah satunya bisa sobat lihat dari desain interior dashboard dan kemudi ( setir mobil ). Dashboard mobil Daihatsu Xenia 2011 memang sangat sederhana dan tidak memiliki beragam fitur yang spesial. Namun jangan khawatir, ini dikarenakan untuk menunjang kenyamanan pengemudi telah disematkan sistem audio single din. Sistem ini memiliki beberapa fitur yang cukup menarik. Seperti halnya radio AM / FM serta CD Player yang akan sangat menghibur dan dapat menemani sobat dalam perjalanan.

Selain itu terdapat fitur AC control yang dapat memberikan kenyamanan lebih saat di dalam kabin. Bahkan setir yang digunakan telah menggunakan teknologi Power Steering. Power Steering ini dapat mempermudah pengemudi dalam mengendalikan kemudi saat berkendara.

Review Daihatsu Xenia 2011 : Bagian Jok Mobil

Gambar ini menunjukkan jok mobil Daihatsu Xenia 2011 baris kedua

Jok yang dimiliki cukup nyaman dan berkapasitas 7 penumpang

Jok  mobil Daihatsu Xenia 2011 ini, terbuat dari material yang biasa saja. Namun dapat memberikan kenyamanan yang cukup bagi pengemudi maupun penumpang saat berkendara. Jok Mobil ini, terdiri dari tiga baris. Sehingga mobil ini bisa menampung 7 sampai 8 orang.

Review Daihatsu Xenia 2011 : Bagian Bagasi

Gambar ini menunjukkan bagasi mobil Daihatsu Xenia 2011

Bagasi mobil bisa membawa barang bawaan cukup banyak

Untuk bagian interior bagasi memiliki desain yang cukup luas. Sehingga bisa menampung beberapa barang yang cukup banyak. Terutama barang-barang dengan volume kecil. Namun jika sobat membutuhkan bagasi yang lebih luas, sobat bisa melipat kursi pada baris paling belakang.

>>> Mungkin Anda ingin baca:

4. FITUR DAIHATSU XENIA 2011

Review Daihatsu Xenia 2011 : Fitur Keselamatan

Dalam segi keselamatan dan keamanan Daihatsu Xenia 2011 memiliki fitur yang cukup minim. Hal ini dikarenakan untuk fitur keselamatan serta keamanan mobil ini, hanya menyediakan fitur standar berupa seat belt. Seat belt ini berguna untuk menjaga penumpang agar tidak mengalami cedera yang serius saat mengalami kejadian yang tidak diinginkan.

Gambar ini menunjukkan fitur audio pada head unit Daihatsu Xenia 2011

Fitur masih tergolong minim namun sudah cukup

Review Daihatsu Xenia 2011 : Fitur Hiburan

Sedangkan untuk fitur hiburan terdapat pada bagian interior dashboard. Fitur tersebut berupa sistem audio single din. Sistem yang akan sangat berguna untuk menemani perjalanan sobat.

>>> Tidak Hanya Yang Baru, Mobil Bekas Avanza - Xenia Paling Banyak Dicari Pembeli

5. OPERASI DAIHATSU XENIA 2011

Gambar ini menunjukkan mesin VVT-i pada mobil Daihatsu Xenia 2011

Mesin mumpuni untuk sebuah mobil MPV keluarga

Untuk sistem operasi, karena mobil Daihatsu Xenia 2011 memiliki banyak jenis, maka mesin mobil ini pun menggunakan dua tipe mesin. Kedua tipe mesin tersebut, meliputi :

  • Mesin Varian 1.0 L

Mesin varian jenis ini adalah salah satu mesin bertipe EJ-VE. Mesin tipe ini memiliki 3 silinder dengan 12 katup DOHC with VVT-I berkapasitas 1000 cc. Katup ini mampu menghasilkan tenaga dengan besar maksimal mencapai 64 Ps ( Pferdestarke dari bahasa Jerman yang berarti kuat kuda ) perputaran 5200 rpm (  rotasi per menit ). Sedangkan torsi maksimal mencapai 90 Nm pada kisaran putaran 3600 rpm.

  • Mesin Varian 1.3 L

Berbeda dengan jenis mesin sebelumnya, mesin dengan varian 1.3 L ini merupakan mesin bertipe K3-VE 1.3 liter. Tentunya mesin ini lebih gesit dibandingkan mesin sebelumnya. Hal ini dapat dilihat dari jumlah katup dan tenaga yang dihasilkan. Mesin K3-VE memiliki 4 silinder dengan 16 katup DOHC with VVT-I berkapasitas 1300 cc. Katup ini bisa menghasilkan tenaga yang besar. Bahkan tenaga yang dihasilkan mencapai 94 Ps per putaran 6000 rpm. Sedangkan torsi yang dihasilkan mampu mencapai 120 Nm pada kisaran putaran 4400 rpm.

Tenaga yang dihasilkan oleh kedua mesin tersebut akan disalurkan melalui transmisi manual dan transmisi otomatis. Transmisi manual ini memiliki 5 percepatan. Sedangkan transmisi otomatis memakai 4 percepatan.

>>> Review Daihatsu Xenia 2004 : Generasi Pertama Xenia Untuk Orang Indonesia

6. SPESIFIKASI DAIHATSU XENIA 2011

Berikut ini merupakan tabel spesifikasi Daihatsu Xenia 2011:

DIMENSI

Panjang

4.120 mm

Lebar

1630 mm

Tinggi

1685 mm

Jarak sumbu roda

2655 mm

Kapasitas bahan bakar

45 L

Berat kosong

1130 kg

MESIN

1.0 L

1.3 L

Tipe

EJ-VE DOHC with VVT-i

K3-VE 1.3 liter DOHC with VVT-i

Jumlah Katup

12

16

Kapasitas

989 cc

1.298 cc

Tenaga Maksimal

63 Ps/5.600 Rpm

109 Ps/6.000 Rpm

Torsi Maksimal

9.2 Kg.m/3.600 Rpm

12.2 Kgm/4.400 Rpm

Sistem Bahan Bakar

EFI

HANDLING & SUSPENSI

Rem Depan

Cakram

Rem Belakang

Drums, Leading & Trailing

Suspensi Belakang

5 Link, Rigid-Axle

Suspensi Depan

Mc Pherson Struts

Suspensi Depan

Ban

165/80 R 13

185/70 R 14

7. KELEBIHAN & KEKURANGAN DAIHATSU XENIA 2011

Layaknya mobil Daihatsu Xenia generasi sebelumnya, atau pun jenis-jenis mobil merk lainnya, maka Daihatsu Xenia 2011 juga memiliki beragam kelebihan serta kekurangannya masing-masing. Penasaran dengan kelebihan dan kekurangan mobil Daihatsu Xenia 2011? Padahal sepertinya tidak ada kekurangan yang berarti dari spesifikasi mobil ini. Untuk tahu lebih lanjut, perhatikan kelebihan dan kekurangan berikut ini:

Review Daihatsu Xenia 2011 : Kelebihan

Ada banyak kelebihan yang ditawarkan oleh Daihatsu Xenia 2011. Beberapa kelebihan tersebut, meliputi

a. Harga mobil yang sangat terjangkau, bahkan cenderung lebih murah.

b. Spare part serta bagian-bagian mobil lainnya, lebih mudah didapatkan. Sehingga jika ada kerusakan tidak perlu khawatir kesulitan dalam mendapatkan rekomendasi suku cadangnya.

c. Lebih irit bahan bakar.

d. Tenaga mesin dapat dibilang sangat baik dan mumpuni di dalam kelasnya.

Review Daihatsu Xenia 2011 : Kekurangan

Selain kelebihan tentunya Daihatsu Xenia 2011 memiliki beberapa kekurangan yang cukup signifikan. Beberapa kekurangan tersebut, yaitu :

a. Pengurangan fitur-fitur yang cukup menarik. Selain itu fitur dalam segi keselamatan dan keamanan juga dinilai sangat kurang.

b. Daihatsu Xenia 2011 memiliki beragam jenis yang berbeda. Nah, sayangnya tidak semua jenis dari mobil Daihatsu Xenia 2011 memiliki fitur-fitur penunjang yang ditawarkan.

c. Desain eksterior dan interiornya memang sederhana, namun terlalu biasa. Sehingga dalam segi desain agak sedikit mengecewakan dan kurang menarik perhatian serta minat dan customer. Namun bagi sobat yang suka mobil dengan desain sederhana, mungkin Daihatsu Xenia 2011 ini bisa menjadi salah satu pilihan yang sangat recomended.

Itulah beberapa kelebihan dan kekurangan dari mobil Daihatsu Xenia 2011. Apakah kelebihan dari mobil ini sangat menarik dan cocok bagi sobat? Atau ternyata malah tidak menarik perhatian sobat? Apakah kekurangan dari Daihatsu Xenia 2011 dapat dimaklumi? Atau malah menjadi sesuatu yang sangat fatal?

8. DAFTAR HARGA DAIHATSU XENIA 2011

Dengan mempertimbangkan segala spesifikasi serta kelebihan dan kekurangan dari mobil Xenia 2011, apakah sobat tertarik untuk membeli Daihatsu Xenia 2011? Jika iya, sobat dapat membeli mobil Xenia 2011 bekas dengan harga antara 95 juta sampai dengan 130 juta rupiah. Tergantung tipe mesin ( varian ) dari mobil Daihatsu Xenia 2011.

9. VIDEO DAIHATSU XENIA 2011

10. KESIMPULAN DAIHATSU XENIA 2011

Mobil Daihatsu Xenia 2011 memang memiliki beberapa fitur yang dipangkas sehingga terlihat kurang mewah. Namun pemangkasan fitur-fitur ini digunakan untuk menekan harga mobil, supaya dapat dijangkau untuk kalangan menengah ke bawah. Jika dibandingkan dengan kembarannya, Toyota Avanza memang mobil ini kalah jauh dari segi fitur. Akan tetapi pengurangan fitur ini tidak berdampak terlalu signifikan, terlebih untuk masalah performa mesin dan kemampuan dalam menampung banyak orang.

>>> Klik sini untuk lanjut simak artikel review mobil yang menarik lainnya

Share This:

Cari harga mobil

Harga mobil per merek

Review mobil populer