Review Daihatsu Sirion 2007: Mobil Bekas Yang Masih Layak Dilirik

25/09/2019 Abdul Review Daihatsu

Sejak pertama kali diluncurkan pada tahun 2007 oleh PT Astra Daihatsu Motor yang menjadi distributor resmi pabrikan Daihatsu. Daihatsu Sirion sudah mendapatkan tempat tersendiri di hati masyarakat Indonesia. Terutama untuk mereka yang ingin mendapatkan kendaraan city car dengan desain yang bagus dan harga yang terjangkau.

1. PENGANTAR DAIHATSU SIRION 2007

Untuk saat ini, sebenarnya Daihatsu Sirion sudah memasuki generasi ke III. Walaupun begitu, ternyata generasi pertama dari Sirion, yakni tahun 2007, masih banyak yang diminati. Alasannya cukup simple, yakni walaupun termasuk mobil bekas, tetapi desain dan mesinnya masih sangat mumpuni, walaupun sudah 12 tahun berlalu.

Daihatsu Sirion 2007 tetap tampil trendy dan menarik melaju di jalanan Indonesia. Sebagai salah satu mobil hatchback modern, Daihatsu Sirion memang tak pernah mengecewakan. Terlebih lagi tampilan luarannya yang sporty, trendy dengan desain yang tegas. Jadinya, masih nampak gagah saat dikendarai. Untuk mendapat informasi terlengkap tentang generasi pertama mobil Daihatsu Sirion, mari simak artikel review Daihatsu Sirion 2007 di bawah ini.

2. EKSTERIOR DAIHATSU SIRION 2007

Seperti yang dikatakan sebelumnya, walaupun mobil bekas tetapi tampilan dari Daihatsu Sirion 2007 masih sangat dibanggakan untuk dikendarai. Kemungkinan perubahan desain dari Daihatsu Sirion 2007 dan generasi penerusnya berada pada sektor bumper dan lampu depan. Sedangkan untuk bagian belakang tidak terlalu ada perubahan yang berarti, masih sama dengan desainnya yang tidak terlalu cembung ke belakang.

Review Daihatsu Sirion 2007 : Bagian Depan

Gambar ini menunjukkan bagian depan Daihatsu Sirion 2007 warna hitam

Desain lampu besar dan grille dibuat agak kecil

Pada sektor depan Daihatsu Sirion 2007 terlihat desain yang cukup simpel dengan adanya desain lampu depan yang tidak terlalu lancip. Jadinya kesan sporty masih tidak terlalu nampak. Namun begitu penyematan lampu sudah sangat mumpuni, terlebih lampu di bagian bumper bawah yang memuat penerangan semakin lebih terang saat malam hari. Untuk desain depannya sendiri tidak terlalu menonjol dan terkesan cukup sederhana untuk jajaran mobil bekas.

Review Daihatsu Sirion 2007 : Bagian Samping

Gambar ini menunjukkan bagian samping mobil Daihatsu Sirion 2007 hitam

Tidak banyak pernak pernik yang diberikan pada bodi Sirion 2007

Beralih pada bagian samping mobil, Daihatsu Sirion 2007 tidak terlalu menambahkan banyak pernak – pernik. Hal ini tidak seperti Daihatsu Sirion generasi ketiga yang memiliki garis lurus yang memanjang dan memiliki balutan chrome.

Review Daihatsu Sirion 2007 : Bagian Belakang

GAmbar ini menunjukkan bagian belakang mobil Daihatsu Sirion 2007 hitam

Desain simpel terlihat flat dan datar

Sedangkan pada bagian belakang, juga cukup simple desainnya. Hanya saja dibandingkan dengan All New Sirion yang cukup cembung untuk Daihatsu Sirion 2007 lebih datar dan flat. Dengan begitu, secara keseluruhan mobil ini benar – benar menonjolkan desain hatchback yang memang menjadi andalannya.

>>> Baca Juga:

3. INTERIOR DAIHATSU SIRION 2007

Memasuki area interior Daihatsu Sirion 2007, sudah bisa dilihat bagaimana kabin yang luas dan lega diberikan. Selain itu, desain stylish dan enak dipandang sangat nampak pada bagian interiornya.

Review Daihatsu Sirion 2007 : Bagian Dashboard Dan Kemudi

Gambar ini menunjukkan bagian dashboard, kemudi dan jok depan Daihatsu Sirion 2007

Tampilan dashboard & kemudi stylish dengan desain yang simpel

Tampilan stylish dan nampak menarik sudah terlihat dari bagian dashboard dan kemudinya. Pasalnya, pada bagian dashboard memiliki balutan desain yang cukup simpel, tapi modern. Hal ini dikarenakan adanya beberapa fitur cukup mumpuni untuk jajaran mobil bekas. Tidak hanya itu saja, bagian speedometer mobil juga cukup menarik dengan tampilan stylish. Hal ini dikarenakan menggunakan Optitron Meter Combination dengan lampu berwarna biru sehingga akan memberikan informasi yang sangat jelas.

Sedangkan bagian kemudi sudah cukup nyaman untuk digunakan oleh para pengemudi, walaupun dalam jarak jauh sekalipun. Balutan warna hitam pada kemudi cukup menarik dan trendy.

Review Daihatsu Sirion 2007 : Bagian Jok

Gambar ini menunjukkan jok belakang pada mobil Daihatsu Sirion 2007

Jok dibuat dengan bahan berkualitas sehingga akan nyaman diduduki

Jika dilihat dari luas kabin yang cukup lapang dan lega, mobil city car bekas yang satu ini bisa menampung hingga 5 orang. Lagipula, kursi dibuat dari bahan yang berkualitas sehingga memberikan kenyamanan untuk para penumpangnya. Tidak hanya itu saja, penumpang juga tidak akan merasa sesak di dalam mobil ini.

Review Daihatsu Sirion 2007 : Bagian Bagasi

Untuk masalah bagasi, Daihatsu Sirion 2007 memiliki bagasi yang cukup luas juga dalam jajaran mobil city car. Tentu saja, keluasan bagasi ini akan semakin memberikan kenyamanan untuk pengemudi dan penumpang nantinya selama dalam perjalanan.

>>> Baca Juga:

4. FITUR DAIHATSU SIRION 2007

Review Daihatsu Sirion 2007 : Fitur Kenyamanan

Bisa dikatakan sebagai mobil bekas, fitur yang dimiliki oleh Daihatsu Sirion 2007 sudah terbilang cukup. Hal ini terlihat dari bagian dashboard mobil yang memberikan fitur kenyamanan yang sudah cukup. Di mana sudah ada dua headunit dan 2 din audio. Audio yang ada sudah terhubung dengan radio, cd, mp3, AUX, Bluetooth dan USB. Jadi selama perjalanan tidak akan membosankan dan cukup menyenangkan.

Gambar ini menunjukkan fitur head unit pada Daihatsu Sirion 2007

Fitur yang dimiliki cukup untuk menemani selama perjalanan

Review Daihatsu Sirion 2007 : Fitur Keselamatan

Dalam fitur keselamatan, Daihatsu Sirion 2007 sudah dilengkapi dengan dua airbag di bagian depan yang akan melindungi pengemudi dan penumpang depan dari benturan saat kecelakaan terjadi. Tidak hanya itu saja, seatbelt juga sudah ada di setiap kursi penumpang sehingga mencegah penumpang terlontar saat pengereman mendadak.

>>> Mungkin Tertarik Dengan Informasi Spesifikasi Daihatsu Sirion 2012 Bisa Baca Di sini

5. OPERASI DAIHATSU SIRION 2007

Gambar ini menunjukkan mesin mobil pada Daihatsu Sirion 2007

Tarikan mesin yang dimiliki begitu responsif

Beralih pada bagian mesin mobil sendiri, Daihatsu Sirion 2007 disongkong dengan mesin 1.5 L 3SZ VE 14 dengan kapasitas 1.3 L. Tidak hanya itu saja, teknologi fuel injection juga sudah disematkan pada mesinnya sehingga membuat penggunaan bahan bakar lebih optimal dan pastinya lebih irit. Mesin Daihatsu Sirion 2007 sendiri menggunakan mesin 4 silinder dengan 4 katup. Dengan mesin tersebut membuat mobil bisa menghasilkan tenaga hingga 90 ps per 6000 rpm. Sedangkan untuk torsinya maksimal bisa mencapai 11.9 kgm per 4400 rpm.

Tidak hanya itu saja, Daihatsu Sirion 2007 menggunakan sistem kemudi Rack and Pinion yang bisa memaksimalkan teknologi Electric Power Steering. Jadinya selama berkendara akan sangat nyaman digunakan. Pada sektor suspensi, Daihatsu Sirion 2007 menggunakan suspensi belakang torsion beam with coil spring dan suspensi depan Macpherson Struts with coil spring. Belum lagi, tambahan teknologi stabilizer yang membuatnya semakin nyaman untuk dikendarai.

>>> Baca Juga, Review Daihatsu Sirion 2015 : Tampil Lebih Sporty Dengan Performa Mumpuni

6. SPESIFIKASI DAIHATSU SIRION 2007

Berikut spesifikasi Daihatsu Sirion 2007:

DIMENSI

Panjang

3,690 mm

Lebar

1,665 mm

Tinggi

1,545 mm

Jenis Kendaraan

Hatchback

Tempat Duduk

5

Pintu

5

MESIN

Tipe Mesin

K3-VE, DOHC, VVTi

Daya Maksimum

90/6000 (PS/rpm)

Torsi Maksimum

11,9/4400 (kg.m/rpm)

Isi Silinder

1298

Roda Penggerak

Roda Depan

Jumlah Silinder

4

SUSPENSI

Suspensi Depan

Mac Pherson Struts yang di lengkapi dengan Per Keong di tambah teknologi Stabilizer

Suspensi Belakang

Torsion Beam dengan Per Keong

Sistem Kemudi

Rack and Pinion yang dapat mengoptimalkan teknologi Electric Power Steering

7. KELEBIHAN & KEKURANGAN DAIHATSU SIRION 2007

Jika dilihat dari penampilannya, Daihatsu Sirion memang tidak kalah dengan mobil – mobil pesaingnya. Terlebih lagi di tahun ini, mobil bekas yang satu ini masih banyak yang menikmatinya. Hal ini dikarenakan adanya beberapa kelebihan yang dimiliki oleh mobil yang satu ini. Beberapa kelebihan yang dimiliki memang membuat Daihatsu Sirion 2007 tetap masih menjadi primadona hingga sekarang, walaupun dalam keadaan bekas. Namun begitu, mobil ini juga memiliki beberapa kekurangan yang cukup disayangkan.

KELEBIHAN

KEKURANGAN

Tarikan mesin responsif

Fitur yang masih sangat minim

Kabin lega dan lapang

Kompresi AC mudah jebol

Biaya perawatan murah

Bantingan keras

Harga terjangkau dan murah

 

8. DAFTAR HARGA DAIHATSU SIRION 2007

Beralih ke harga menjadi salah satu hal yang sobat tunggu – tunggu. Jangan khawatir, masalah harga Daihatsu Sirion 2007 masih tergolong murah dan terjangkau, seperti yang telah disinggung sebelumnya. Daihatsu Sirion 2007 hanya memiliki satu varian saja, yakni Daihatsu Sirion M. Untuk harga bekasnya mobil ini dibanderol dengan kisaran harga Rp. 60 juta sampai Rp. 75 juta rupiah.

9. VIDEO DAIHATSU SIRION 2007

10. KESIMPULAN DAIHATSU SIRION 2007

Daihatsu Sirion 2007 menjadi salah satu mobil bekas yang bisa dijadikan pilihan bagi masyarakat. Tentunya untuk mendukung segala aktifitas keseharian sudah cukup mumpuni. Dengan harga Rp. 60 jutaan sudah bisa memboyong mobil ini ke garasi rumah. Beberapa kelebihan sangat membuat mobil besutan Daihatsu kian diminati dan menjadi primadona. Hanya saja kalau segi umur mobil ini sudah lebih dari 10 tahun.

>>> Klik sini untuk lanjut simak artikel review mobil yang menarik lainnya

Share This:

Cari harga mobil

Harga mobil per merek

Review mobil populer