Review Daihatsu Sigra 2019 : Mobil LCGC Untuk Keluarga Indonesia Dengan Fitur Lebih Mumpuni

24/04/2020 Abdul Review Daihatsu

Sigra menjadi salah satu produk yang telah sukses sebagai kendaraan keluarga selama kurang lebih 3 tahunan. Kemudian pihak Daihatsu menghadirkan facelift pada Daihatsu Sigra pada tahun 2019. Lantas bagaimana desain dan speknya, mari kita simak ulasannya dalam review Daihatsu Sigra 2019.

1. PENGANTAR DAIHATSU SIGRA 2019

Review Daihatsu Sigra 2019 – Di Indonesia sebelum Sigra Facelift dihadirkan telah mengaspal di jalanan Indonesia selama 3 tahun. Di tahun 2019 pihak Daihatsu memperkenalkan facelift dari Sigra untuk menjawab keinginan masyarakat yang ingin indah dari sepeda motor ke mobil keluarga. Masuk dalam segmen LCGC mobil ini siap memberikan kenyamanan kepada para pemiliknya, salah satu yang cukup diunggulkan adalah konsumsi bahan bakar yang cukup irit.

Sebagai mobil LCGC, kendaraan ini menggunakan format bodi MPV dan kemampuannya dapat membawa 7 penumpang. Umumnya kendaraan ramah lingkungan satu ini menjadi mobil pertama saat ingin memiliki mobil pertama setelah gunakan sepeda motor. Bahkan pada bulan Agustus dan juga September 2019 lalu penjualannya berada pada 20%-30%. Angka tersebut menunjukkan di bulan tersebut 1/3 penjualan mobil Daihatsu, Sigra yang menyumbangkan penjualan di Indonesia.

Daihatsu Sigra facelift resmi dihadirkan oleh PT ADM pada hari senin tanggal 16 September 2019. Lantas apa saja yang berubah pada mobil ini, mari kita simak ulasannya dalam spesifikasi Daihatsu Sigra 2019.

2. EKSTERIOR DAIHATSU SIGRA 2019

Pada pembahasan kali ini adalah pada Daihatsu Sigra tipe tertinggi yaitu 1.2 R Deluxe A/T. Yang mana varian ini menjadi salah satu favorit para konsumen di Tanah Air.

Review Daihatsu Sigra 2019 : Bagian Depan

Gambar ini menunjukkan mobil Daihatsu Sigra 2019 tampak depan dan samping kanan

2 Grille seperti dibatasi oleh tempat plat nomor

Pada bagian depan terdapat ubahan pada karakternya. Yang mana terdapat lekukan 3 dimensi yang tampak menonjol karena bumper depan yang dibuat dengan detail lower grille yang bentuknya adalah trapezoidal.  Ditambah lagi untuk fog lamp mengandalkan panel black gloss yang didesain vertikal asimetris. Untuk grille nya dibuat terpisah jadi 2 level sehingga dari pihak desainer mengandalkan panel horizontal di bagian grille sebagai tempat plat nomor.

Tidak hanya itu saja, untuk upper grille terbalut dengan aksen garnish chrome yang posisinya dekat dengan logo mobil. Hal tersebut dipadukan dengan menggunakan LED Headlamp yang didesain pipih yang hemat energi dan bisa memancarkan cahaya yang terang.

Review Daihatsu Sigra 2019: Bagian Samping

Gambar ini menunjukkan bagian samping mobil Daihatsu Sigra 2019

Pelek mempunyai perbedaan dengan model sebelumnya

Jika melihat bagian samping mobil Daihatsu Sigra Facelift 2019 memang tampak tidak ada yang berubah jika dilihat sekilas. Akan tetapi bila lebih jeli maka akan nampak beberapa perubahan yang dilakukan seperti pelek yang telah memakai desain two-tone 14 inci. Selain itu, diberikan juga Mud Guard yang dapat berfungsi untuk membuat bodi mobil terhindar dari kotoran yang bisa saja menempel. Ada pula Lower Side Body Moulding yang dibuat sewarna bodi sehingga tampak lebih elegan.

Pada area kaca pintu bagian samping dirombak dengan memberikan aksen chrome window graphic dan juga desain pilar blackout pada pilar D dan C. Menariknya lagi adalah pada bagian spion nya yang tidak hanya menggunakan turn lamp saja, namun juga sudah bisa diatur dengan menggunakan sistem elektrik dan pengaturan retractable sehingga mudah dalam proses pelipatannya.

Review Daihatsu Sigra 2019: Bagian Belakang

Gambar ini menunjukkan bagian belakang mbil Daihatsu Sigra 2019

Penggunaan antena dan rear spoiler membuat tampilan jadi lebih sporty

Menuju ke bagian buritan, untuk ubahan yang dilakukan adalah dengan diberikan back door garnish yang dibalut dengan aksen chrome serta  menyatukan antara area tail light belakang dari sisi kanan dan kirinya. Sementara untuk bagian lampu mengandalkan Smoke Lamp & Lens Garnish yang menjadikan tampilannya jadi lebih mewah. Muffler yang dimiliki juga memakai muffler cutter sehingga tampilannya jadi lebih sporty.

>>> Rekomendasi Artikel Lain Menarik Buat Sobat Semua :

3. INTERIOR DAIHATSU SIGRA 2019

Review Daihatsu Sigra 2019 : Bagian Dashboard & Kemudi

gambar ini menunjukkan dashboard dan kemudi mobil Daihatsu Sigra 2019

Desain two-tone telah diberikan dan beberapa ubahan pada bagian ini

Menuju ke bagian interior Daihatsu Sigra 1.2 R Deluxe A/T, yang mana dashboard dan kemudi formatnya masih mempertahankan sebelumnya. Seperti desain kelir warna two-tone  yang berupa Dark dan Light Grey sehingga efek gara monokrom bisa didapatkan. Sementara untuk perubahan dilakukan pada bagian knop putar untuk mengatur AC mobil yang lebih mudah untuk digenggam.

Di bagian dashboard juga telah diberikan slot smartphone pocket yang berada di bawah knop AC serta adanya desain baru pada shift lever illumination lamp.

Review Daihatsu Sigra 2019 : Jok Mobil & Bagasi

Gambar ini menunjukkan bagasi mobil Daihatsu Sigra 2019

Bagasi luas dapat memberi ruang penyimpanan cukup banyak

Jok mobil tidak terdapat perbedaan format dengan versi non facelift. Pihak Daihatsu memberikan color seat untuk formatnya yang menggunakan kelir grey. Tidak hanya itu saja, pada bagian jok ketiga dan kedua telah diberikan headrest yang dapat diatur tinggi rendahnya. Sementara format one digunakan untuk akses keluar masuk menuju kursi baris ketiga.

Berhubungan dengan akomodasi, pihak Daihatsu menyediakan ruang standar untuk bagasinya yakni sama dengan versi sebelumnya berkapasitas 263 liter. Beberapa ruang untuk penyimpanan juga turut diberikan seperti Coin Tray,Card Holder, door trim pocket, shopping hook, smartphone pocket, Seat back pocket dan Seat Under Tray yang memiliki kapasitas 2 kg.

>>> Jangan Lupa Membaca Informasi lainnya :

4. FITUR DAIHATSU SIGRA 2019

Review Daihatsu Sigra 2019: Fitur Hiburan & Kenyamanan

Bagian fitur Daihatsu Sigra 2019 telah menggunakan head unit 2 DIN yang dibekali dengan layar sentuh. Untuk format yang dapat dioperasikan adalah radio, Bluetooth dan usb. Hanya saja untuk AC mobil menggunakan double blower, tapi masih mengandalkan fitur seperti Sigra sebelumnya yakni Rear Air Circulation.

gambar ini menunjukkan layar head unit mobil Daihatsu Sigra 2019

Head unit telah menggunakan layar sentuh

Review Daihatsu Sigra 2019: Fitur Keselamatan

Dengan menggunakan head unit layar sentuh maka terdapat beberapa penambahan fitur di dalamnya. Kali ini mobil Daihatsu Sigra 2019 telah dibekali dengan sistem pengereman ABS dan EBD pada varian transmisi otomatisnya. Tidak hanya itu saja, fitur Rear Parking Camera juga ikut disematkan di dalamnya. Masih ada lagi untuk mendukung keselamatan berkendara meliputi seat belt yang terdapat pada semua jok, front cover sensor, immobilizer, side impact beam dan rear parking sensor.

>>> Baca Juga, Review Daihatsu Copen 2003 : Mobil Mungil Banyak Kelebihan

5. OPERASI DAIHATSU SIGRA 2019

Gambar ini menunjukkan mesin mobil Daihatsu Sigra 2019

Mesin yang digunakan sama dengan model sebelumnya

Memang sedikit sayang karena mesin yang diberikan pada Daihatsu Sigra 2019 masih sama dengan Sigra keluaran sebelumnya. Untuk mesin yang digunakan oleh varian tertinggi Sigra yakni 1.2 R Deluxe A/T adalah 3NR-VE dengan kapasitas 1.197 cc berkonfigurasi 4 silinder segaris dan didukung dengan teknologi DOHC VVT-i. Mengandalkan mesin tersebut dapat menghasilkan tenaga maksimal sebesar 86 Ps dan torsi puncaknya adalah 108 Nm. Tenaga mesin disalurkan menuju ke bagian roda dengan mengandalkan transmisi otomatis 4 speed.

>>> Lihat Juga Informasi Mengenai Daihatsu Sigra 2016 Harga Dan Spesifikasi Lengkap

6. SPESIFIKASI DAIHATSU SIGRA 2019

Berikut ini kami berikan informasi mengenai tabel spesifikasi Daihatsu Sigra 2019 :

DIMENSI

Panjang

4.070 mm

Lebar

1.655 mm

Tinggi

1.600 mm

Jarak Pijak Depan

1.470 mm

Jarak Pijak Belakang

1.475 mm

Jarak Pijak Depan

1.470 mm

Ground Clearance

180 mm

Kapasitas Tangki

36 liter

MESIN

Tipe Mesin

3NR-VE 4 Silinder Segaris DOHC Dual VVT-i

Kapasitas

1.197 cc

Tenaga Maksimal

88 PS / 6.000 Rpm

Torsi Maksimal

108 Nm / 4.200 Rpm

HANDLING & SUSPENSI

Tipe Mesin

3NR-VE 4 Silinder Segaris DOHC Dual VVT-i

Kapasitas

1.197 cc

Suspensi Depan

MacPherson Strut

Suspensi Belakang

Semi Independent Torsion Axle Beam

Ban

175/65 R14

7. KELEBIHAN & KEKURANGAN DAIHATSU SIGRA 2019

Berikut ini merupakan kelebihan dan kekurangan Daihatsu Sigra 2019:

KELEBIHAN

KEKURANGAN

Mempunyai tampilan yang lebih menarik dan terlihat segar

Mesin dan handling yang dimiliki masih sama dengan model sebelumnya

Perjalanan bisa lebih menyenangkan berkat fitur yang diberikan, baik dalam hal hiburan maupun keselamatan

AC yang dimiliki belum diberikan yang double blower

Spare part melimpah sehingga berefek pada perawatannya jadi lebih mudah

 

8. DAFTAR HARGA DAIHATSU SIGRA 2019

Berikut ini merupakan tabel harga Daihatsu Sigra 2019 dalam kondisi baru OTR Jakarta :

TIPE

HARGA OTR JAKARTA

Harga Daihatsu Sigra 1.0 D M/T

Rp. 114.000.000

Harga Daihatsu Sigra 1.0 M M/T

Rp. 124.400.000

Harga Daihatsu Sigra 1.2 X M/T

Rp. 133.750.000

Harga Daihatsu Sigra 1.2 X DLX M/T

Rp. 139.250.000

Harga Daihatsu Sigra 1.2 X A/T

Rp. 145.550.000

Harga Daihatsu Sigra 1.2 X DLX A/T

Rp. 152.550.000

Harga Daihatsu Sigra 1.2 R M/T

Rp. 140.150.000

Harga Daihatsu Sigra 1.2 R DLX M/T

Rp. 143.950.000

Harga Daihatsu Sigra 1.2 R A/T

Rp. 152.950.000

Harga Daihatsu Sigra 1.2 R DLX A/T

Rp. 156.750.000

9. VIDEO DAIHATSU SIGRA 2019

10. KESIMPULAN DAIHATSU SIGRA 2019

Dengan penyegaran yang terbilang cukup masif dirasa tepat mobil Daihatsu Sigra terbaru dihadirkan tahun 2019. Hal tersebut dilakukan supaya ekstensi dapat terjaga. Walaupun jika melihat teknisnya tidak mengalami perubahan, tapi dari segi fitur telah ada beberapa tambahan yang membuat kenyamanan dan keselamatan lebih terjamin. Dengan beberapa informasi di atas, apakah Sobat berminat membeli mobil Daihatsu Sigra 2019?

>>> Klik sini untuk lanjut simak artikel review mobil yang menarik lainnya

Share This:

Cari harga mobil

Harga mobil per merek

Review mobil populer

International