Review Daihatsu Grand New Xenia Tipe R 1.5 MT Deluxe 2019: Upgrade Tambah Keren

19/01/2019 Abdul Review Daihatsu

Daihatsu Xenia merupakan mobil yang banyak digemari oleh masyarakat semua kalangan. Dengan masuk dalam segmen MPV kerap dijadikan sebagai mobil keluarga yang handal serta nyaman. Di awal tahun 2019 ini telah dikeluarkan mobil Xenia terbaru dari Daihatsu. Penasaran, mari kita simak review Daihatsu Grand New Xenia Tipe R 1.5 MT Deluxe 2019.

1. PENGANTAR DAIHATSU GRAND NEW XENIA R 1.5 MT DELUXE 2019

Review Daihatsu Grand New Xenia R 1.5 MT Deluxe 2019 - Pada awal tahun 2019 ini beberapa mobil telah diluncurkan dengan menggunakan model terbaru. Seperti misalnya adalah Toyota New Avanza dan new Veloz 2019, selain itu dari pihak Daihatsu juga meluncurkan Grand New Xenia 2019. Tentunya dengan hadirnya model terbaru ini dapat memenuhi kebutuhan masyarakat yang menginginkan mobil murah dengan tampilan keren dan beda dari yang lain.

Terdapat beberapa perbedaan antara Xenia 2019 dengan generasi sebelumnya baik dari segi eksterior, interior, fitur dan mesinnya. Memang semakin kesini teknologi mobil akan semakin canggih dan mengikuti perkembangan zaman. Jika dilihat dari namanya, memang perbedaan yang mencolok dengan generasi sebelumnya adalah di bagian mesin. Yang mana sebelumnya belum pernah menggunakan varian 1.5 liter namun sekarang sudah disematkan pada model terbarunya ini.

2. EKSTERIOR DAIHATSU GRAND NEW XENIA R 1.5 MT DELUXE 2019

Jika kita melihat bagian eksterior Daihatsu Grand New Xenia Tipe R 1.5 MT Deluxe 2019 akan nampak perbedaan yang sangat jelas di bagian depannya. Meskipun di bagian belakang juga terdapat perubahan, namun yang menjadi pusat perhatian di bagian depannya. Apa sajakah itu? Mari kita simak ulasannya mengenai Eksteriornya.

Mobil Daihatsu Grand New Xenia 2019 juga dihadirkan dalam beberapa varian warna yakni:

  • New Pearl White (mulai dari R 1.3)
  • New Blue Metallic
  • New Bronze Metallic
  • Scarlet Red Metallic
  • Rock Grey Metallic
  • Black Metallic
  • Classic Silver Metallic
  • Icy White (khusus X 1.3)

Review Daihatsu Grand New Xenia Tipe R 1.5 MT 2019: Bagian Depan

Gambar ini menunjukkan Daihatsu Grand New Xenia R 1.5 MT Deluxe 2019 warna putih tampak depan

Dilihat dari depan untuk Daihatsu Grand New Xenia 2019 akan tampak perbedaan dengan generasi sebelumnya

Pada saat melihat bagian depan dari Daihatsu Grand New Xenia terbaru, pasti hal yang menjadi perhatian adalah 4 buah lampunya. Jadi dengan menggunakan desain headlight terpisah yang memakai teknologi LED tersebut menjadikannya tampak jelas perbedaannya dengan generasi sebelumnya.

Sedangkan untuk bagian grille juga mengalami perubahan, yang mana terdapat tambahan detil yang berupa penel hitam dengan menggunakan aksen krom di sekitar grille. Ditambah lagi untuk bagian grille ini didesain agak melancip ke dalam menuju area yang berada di dekat licence plate. Bahkan pada versi Deluxe telah diberikan aerokit yang terdapat pada bagian bumper depannya dan mempunyai ukiran Deluxe.

Pada bagian bumpernya juga terlihat sangat eksotis dengan lekukan-lekukan yang apik dan terdapat fog lamp di bagian kanan dan kirinya.

Review Daihatsu Grand New Xenia Tipe R 1.5 MT 2019: Bagian Samping

Gambar ini menunjukkan bagian samping dari Daihatsu Grand New Xenia R 1.5 MT Deluxe 2019 warna putih

Tidak terlalu banyak perubahan yang terjadi pada bagian samping

Apabila dilihat dari bagian samping memang tidak mengalami perbedaan yang terlalu signifikan antara Xenia generasi sebelumnya dengan Grand New Xenia 2019. Yang mana jika dilihat secara mendalam tentu hal pertama yang menjadi pusat perhatian adalah di bagian velg. Jadi sebelumnya Xenia masih menggunakan kaleng, namun sekarang telah memakai velg alloy dengan desain 2-tone ukuran 14 inci. Meskipun ukurannya kecil, tapi tetap terlihat sangat menarik dengan beberapa palangnya.

Selain bagian velg, detail lain yang dimiliki Daihatsu Grand New Xenia 2019 adalah bagian frame kaca spion yang tampilannya lebih baik. Gaya yang dimiliki oleh mobil terbaru ini ikut pada saudaranya yakni Terios terbaru. Selain itu, terdapat pula retractable outer mirror yang telah ditambah dengan LED turn lamp yang dapat memberikan informasi kepada pengendara lain saat akan melakukan akselerasi.

Berlanjut ke bagian yang masih dekat dengan spion, yang mana di bagian kaca samping terdapat aksen krom yang memancarkan kesan berkelas pada mobil besutan Daihatsu satu ini. Apabila versi Deluxe maka akan ada side skirt dan juga side body moulding yang mempunyai desain keren.

Review Daihatsu Grand New Xenia Tipe R 1.5 MT 2019: Bagian Belakang

Gambar ini menunjukkan bagian belakang Daihatsu Grand New Xenia R 1.5 MT Deluxe 2019

Terdapat kamera parkir mundur pada Xenia 2019 yang lebih memudahkan penggunanya

Pada bagian belakang juga terdapat perubahan walaupun hanya sedikit. Dengan perubahan yang dilakukan dapat menjadikan tampak lebih menarik. Apalagi mobil ini masuk dalam segmen MPV yang kerap dijadikan sebagai kendaraan keluarga. Berlanjut ke pembahasan, yang mana bagian belakang dari Grand New Xenia Tipe R 1.5 MT 2019 terdapat taillight yang menggunakan aksen chrome backdoor garnish yang didesain memanjang dari arah titik terluar dari taillight menuju  ke bagian penempatan plat nomor. Sehingga tampaklah kesan kemewahan yang dimiliki Grand New Xenia bagian belakang.

Sementara untuk versi Deluxe terdapat penyegaran, yang mana telah dipasangkan rear spoiler yang telah dilengkapi dengan High Mount Stop lamp dan juga rear bumper aerokit yang membuatnya tampak lebih stylish dan berkelas.

>>> Baca juga:

3. INTERIOR DAIHATSU GRAND NEW XENIA R 1.5 MT DELUXE 2019

Pada bagian interior juga tidak luput dari beberapa ubahan, walaupun tidak secara keseluruhan. Namun hal tersebut tentu akan memberikan kesan lebih bagi pengendara maupun penumpangnya.

Review Daihatsu Grand New Xenia Tipe R 1.5 MT 2019: Bagian Dashboard Dan Setir

Gambar ini menunjukkan bagian dashboard dan kemudi Daihatsu Grand New Xenia R 1.5 MT Deluxe 2019

Dengan perubahan desain tampilan dashboard menjadi lebih menarik

Pada bagian dashboard mempunyai desain yang modern dengan gaya yang mayoritas masih mengadopsi Daihatsu Xenia yang lama. Namun dari pihak Daihatsu  melakukan perombakan total pada bagian centre cluster yang hadir dengan menggunakan desain full flat yang memakai kelir hitam.

Adapun mengapa desain centre cluster diubah menjadi flat dikarenakan desain dari AC mobil menggunakan model digital yang pengaturannya hanya dengan menyentuh tombol saja. Jadi tidak memakai model knop lagi seperti pada Xenia generasi sebelumnya. Untuk bagian slot kartu dihadirkan kembali pada bagian centre cluster, sedangkan pada head unit menggunakan 2 Din dengan desain agak masuk ke dalam yang menjadikannya tampak rata dengan dashboard mobil.

Pada bagian setir dari Daihatsu Grand New Xenia R 1.5 MT 2019 juga tidak luput dari perubahan. Yang mana kemudinya mempunyai tombol Audio Steering Switch yang memudahkan pengemudi dalam mengontrol fitur audio tanpa kehilangan fokus terhadap jalan.

Review Daihatsu Grand New Xenia Tipe R 1.5 MT 2019: Bagian  Jok Mobil

Gambar ini menunjukkan jok baris keedua pada mobil Daihatsu Grand New Xenia R 1.5 MT Deluxe 2019

Jok mobil milik Grand New Xenia 2019 sangat nyaman dengan bahan berkualitas

Berlanjut ke bagian jok mobil Grand New Xenia Tipe R 1.5 MT 2019. Yang mana bagian ini juga ikut mengalami penyegaran. Memang tidak terlalu banyak ditemui perubahan yang terjadi pada bagian ini. Jok baris kedua dan ketiga menggunakan format pelipatan 50:50. Sedangkan untuk lebih memudahkan akses jok baris ketiga memakai pelipatan 1-touch tumble. Mengingat mobil ini termasuk dalam salah satu yang diidamkan masyarakat, jadi dari kepraktisan tidak diragukan lagi. Apabila dilihat secara menyeluruh, bagian jok mobil dari Xenia 2019 ini menggunakan nuansa two-tone serta terbalut dengan motif jok fabric.

Review Grand New Xenia Tipe R 1.5 MT 2019: Bagian Bagasi

Gambar ini menunjukkan bagasi mobil Daihatsu Grand New Xenia R 1.5 MT Deluxe 2019

Apabila ingin bagasi mobil lebih luas bisa melipat kursi baris belakang

Dari segi tempat penyimpanan terbilang cukup luas. Memang belum ada informasi secara resmi mengenai kapasitas bagasi yang dimiliki. Akan tetapi jika dilihat dan diilustrasikan dapat menampung 2 koper ukuran sedang atau 4 buah galon air. Apalagi jika jok baris ketiga sedang tidak dipakai, maka dapat dilakukan pelipatan dan menjadi tambahan ruang bagasi mobil.

Namun tidak perlu khawatir, masih ada tempat penyimpanan lain yang diberikan. Jadi pada mobil terbaru ini terdapat glove box dan console box yang mempunyai slot pengisian daya 12 volt. Tentunya hal tersebut dapat memberikan kenyamanan lebih bagi penggunanya. Terdapat pula Seat Back Pocket dan juga Center Console Box yang mempunyai Arm Rest. Ditambah lagi dengan Seat Pocket yang disematkan di bagian pintu depan dan belakang serta bagian sisi samping pada jok mobil baris ketiga. Dengan tambahan ruang penyimpanan tersebut, diharapkan dapat memberikan kenyamanan lebih saat bepergian atau menempuh perjalanan menggunakan Grand New Xenia Tipe R 1.5 MT 2019.

>>> Mungkin Anda juga tertarik:

4. FITUR DAIHATSU GRAND NEW XENIA R 1.5 MT DELUXE 2019

Para konsumen tentu akan mempertimbangkan bagian fitur saat akan membeli sebuah kendaraan. Hal tersebut dikarenakan ingin berkendara dengan kenyamanan dan keamanan yang lebih. Supaya merasakan kepuasan dan tetap tenang berkendara. Untuk Daihatsu Grand New Xenia 2019 mempunyai fitur yang cukup mumpuni dan terbilang cukup lengkap.

Review Grand New Xenia Tipe R 1.5 MT 2019: Fitur Hiburan

Perubahan juga terjadi pada bagian fitur dari Xenia terbaru. Yang mana dari pihak Daihatsu menyematkan fitur head unit 2 DIN yang sudah touchscreen. Fitur tersebut dapat digunakan untuk memutar musik serta video yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan pengendara. Meskipun jika dilihat pada bagian ini masih memakai produk aftermarket, namun telah support dengan teknologi modern seperti Android Auto serta Apple Carplay. Apalagi sekarang banyak sekali pengguna smartphone berbasis android, tentunya hal tersebut akan memberikan manfaat yang lebih.

Untuk mendukung fitur di atas dari pihak Daihatsu telah menyematkan tweeter dalam kabin Grand New Xenia terbaru 2019. Jadi apabila ditotal terdapat 6 buah speaker yang berada di dalam kabin mobil.

Gambar ini menunjukkan head unit pada mobil Daihatsu Grand New Xenia R 1.5 MT Deluxe 2019

Beberapa pembaharuan dapat memberikan kemudahan dan kenyamanan pada penggunanya

Review Grand New Xenia Tipe R 1.5 MT 2019: Fitur Keselamatan

Setiap orang tentu ingin memiliki sebuah mobil dengan fitur keselamatan yang mumpuni. Tujuannya adalah supaya tidak terjadi hal yang merugikan dan bisa selamat sampai tujuan. Pada mobil Daihatsu Grand New Xenia R MT 1.5 Deluxe 2019 mempunyai fitur keselamatan yang cukup mumpuni seperti  ABS (Anti-lock Braking System) Dan EBD (Electronic Brakeforce Distribution). Dengan mengandalkan fitur ini dapat menghindari roda terkunci ketika sedang melakukan pengereman. Kemudian tekanan rem akan disalurkan pada setiap roda sesuai dengan kebutuhan dan juga kecepatan.

Selain kedua fitur yang telah dijelaskan, pihak Daihatsu juga menyematkan fitur keselamatan lain yang berupa Immobilizer, Front Corner Sensor dan Back sonar, Side Impact Beam, Front Seatbelt w/ Pretensioner & Force Limiter, Window Jam Protection dan juga Dual SRS Airbag. Dengan mengandalkan fitur tersebut diharapkan dapat memberikan rasa aman bagi pengendara dan penumpangnya saat melakukan perjalanan.

5. OPERASI DAIHATSU GRAND NEW XENIA R 1.5 MT DELUXE 2019

Nah ini yang menjadi pusat perhatian bagi kebanyakan orang, yang mana pada sebelumnya Xenia hanya mentok memakai mesin 1.3 liter saja. Akan tetapi pada model terbarunya ini sudah diberikan mesin 1.5 liter guna memenuhi keinginan konsumennya. Untuk mesin baru ini memakai 2NR-VE DOHC Dual VVT-i yang memiliki kapasitas sebesar 1.496 cc. Dengan mengandalkan mesin tersebut dapat menghasilkan tenaga sebesar 102 dk/ 6.000 rpm dan torsi maksimal yang dapat dicapai adalah 137 Nm/ 4.200 rpm. Mobil ini mengandalkan sistem penggerak roda belakang dan tersedia dalam transmisi manual 5 percepatan dan untuk varian otomatis memakai 4 percepatan.

Gambar ini menunjukkan Mesin mobil Daihatsu Grand New Xenia R 1.5 MT Deluxe 2019

Mesin 1.5 liter pada Xenia terbaru 2019 untuk memenuhi keinginan konsumennya

Perubahan juga dilakukan pada bagian suspensi. Yang mana dengan menggunakan suspensi yang telah diupgrade bersama body reinforcement dapat memberikan kenyamanan kepada para penggunanya. Bahkan pada bagian Electric Power Steering juga dilakukan pengaturan ulang yang menjadikannya lebih mudah untuk dikontrol baik pada kecepatan rendah maupun tinggi.

6. SPESIFIKASI DAIHATSU GRAND NEW XENIA R 1.5 MT DELUXE 2019

Setelah melihat beberapa penjelasan di atas pasti ada yang ,mencari tabelnya untuk lebih jelasnya. Berikut ini merupakan tabel spesifikasi lengkap Grand New Xenia Tipe R 1.5 MT 2019.

DIMENSI

Panjang

4.190 mm

Lebar

1.660 mm

Tinggi

1.695 mm

Wheelbase

2.655 mm

MESIN

Tipe mesin

2NR-VE DOHC Dual VVT-i 4-Silinder 16 Valve

Isi Silinder

1.496 cc

Daya Maksimum

102 dk/ 6.000 rpm

Torsi Maksimum

137 Nm/ 4.200 rpm

Transmisi

(MT) : 5-Percepatan Manual / (AT) : 4-Percepatan Otomatis

HANDLING & SUSPENSI

Ukuran ban dan velg

185/70 R14 / Velg 14 inci Alloy Two-tone

Suspensi depan

MacPherson Strut dengan Per Keong dan Stabilizer

Suspensi belakang

5-link, rigid axle dengan per keong

7. KELEBIHAN & KEKURANGAN DAIHATSU GRAND NEW XENIA R 1.5 MT DELUXE 2019

Semua mobil terbaru ataupun keluaran lama memiliki kelebihan dan juga kekurangan. Hal tersebut dikarenakan pendapat orang berbeda-beda. Jadi ada yang menyukainya dan ada yang tidak suka. Kadang ada yang bilang kurang begini dan adapula yang kurang begitu. Nah berikut ini beberapa kelebihan dan kekurangan Daihatsu Grand New Xenia 2019.

KELEBIHAN

KEKURANGAN

Menggunakan mesin baru dan juga telah dilakukan upgrade di bagian suspensi, respon setir, kekedapan dan rigiditas bodi

Masih memiliki kesan pada Daihatsu Xenia model lama

Memiliki tampilan yang sudah kekinian dan mengikuti perkembangan zaman

Fitur keselamatan terbilang masih kurang dibandingkan dengan rivalnya

Harga yang dibanderol cukup terjangkau

 

Banyak Konsumen yang menyukai produk Daihatsu Xenia

 

8. DAFTAR HARGA DAIHATSU GRAND NEW XENIA R 1.5 MT DELUXE 2019

Berbicara masalah harga tentu bikin penasaran banyak orang. Untuk Daihatsu Grand New Xenia Tipe R 1.5 MT Deluxe  2019 memiliki harga yang terbilang cukup terjangkau yakni Rp. 218,5 jutaan (on the road). Berikut tabel harga Daihatsu Grand New Xenia 2019.

VARIAN MOBIL

HARGA

Grand New Xenia X 1.3 Mt

Rp. 183.350.000

Grand New Xenia X 1.3 At

Rp. 194.250.000

Grand New Xenia R 1.3 Mt

Rp. 187.650.000

Grand New Xenia R 1.3 At

Rp. 198.550.000

Grand New Xenia X 1.3 Mt Deluxe

Rp. 198.600.000

Grand New Xenia X 1.3 At Deluxe

Rp. 210.450.000

Grand New Xenia R 1.3 Mt Deluxe

Rp. 207.000.000

Grand New Xenia R 1.3 At Deluxe

Rp. 218.000.000

Grand New Xenia R 1.5 Mt Deluxe

Rp. 218.050.000

Grand New Xenia R 1.5 At Deluxe

Rp. 228.950.000

9. VIDEO DAIHATSU GRAND NEW XENIA R 1.5 MT DELUXE 2019

10. KESIMPULAN DAIHATSU GRAND NEW XENIA R 1.5 MT DELUXE 2019

Daihatsu Xenia merupakan mobil MPV yang banyak digemari oleh masyarakat di Indonesia. Dengan dijadikan mobil keluarga tentunya kenyamanan dapat dirasakan dengan maksimal. Bahkan sebagian orang berpendapat bahwa mobil Daihatsu Grand New Xenia 2019 menjadi salah satu kendaraan dengan desain mewah dan mumpuni.

Akan tetapi yang terlihat sangat berbeda adalah di bagian fascia depan dan juga penggunaan mesin yang lebih besar. Tentu hal ini memiliki daya tarik tersendiri dan juga untuk memenuhi keinginan masyarakat. Dengan harga Rp. 200 jutaan mobil ini terbilang cukup terjangkau. Bagi sobat yang berniat membelinya bisa langsung mengunjungi diler terdekat dan dapatkan penawaran menarik dari pihak diler. Untuk sistem pembelian dapat dilakukan dengan cara kredit atau cash, tinggal sesuaikan dengan kebutuhan.

>>> Jangan lupa untuk mengetahui spesifikasi lengkap Mobil terbaru dan lama di Hargamobil.com

Share This:

Cari harga mobil

Harga mobil per merek

Review mobil populer

International