Review Daihatsu Espass 2005: Minibus Andal dari Dulu Sampai Sekarang

05/12/2018 Fatchur Sag Review Daihatsu

Daihatsu Espass, atau yang resminya dirilis dengan nama Daihatsu Zebra Espass, merupakan mobil kelas minibus yang masih diminati sampai sekarang. Bahkan Daihatsu Espass 2007 pun masih memiliki banyak peminat, terutama lantaran daya tampung penumpangnya yang besar, namun dengan ukuran tubuh yang relatif lebih kecil dibanding minibus lainnya. Selain itu, karena ukuran kapasitasnya yang besar, minibus ini juga banyak dimanfaatkan mengangkut barang untuk kebutuhan bisnis.

1. PENGANTAR DAIHATSU ESPASS 2005

Foto Daihatsu Espass 2005 tampak dari depan

Daihatsu Espass cukup laris pada masanya

Review Daihatsu Espass 2005 - Sejak pertama kali dirilis pada tahun 1994, Daihatsu Espass langsung melejit dan menjadi saingan bagi mobil-mobil lain yang sudah dirilis lebih dulu di pasaran, khususnya yang sama-sama bersaing di kelas minibus. Salah satu alasannya karena ukuran Daihatsu Espass yang sudah terbilang jumbo pada masanya. Apalagi, produsen pun terus-menerus memperbaiki spesifikasinya agar selalu memuaskan pelanggan sesuai dengan kebutuhan mereka, termasuk dengan cara melakukan upgrade pada mesin.

Selain itu, karena dimensinya yang besar dan ukuran ruang interiornya yang lega, banyak orang memilih Daihatsu Espass sebagai pilihan mobil keluarga mereka, Dengan daya tampung penumpang yang besar, maka siapa saja bisa berkendara bersama keluarga untuk berlibur atau sekadar menghabiskan waktu bersama di luar rumah dengan tenang, aman, dan nyaman.

Pada eranya, Daihatsu Espass memiliki pesaing seperti Suzuki Carry Futura, Mitsubishi Colt T120SS, dan Mazda E2000. Meski demikian, secara keseluruhan Daihatsu Espass mampu mengungguli para kompetitornya, termasuk Mitsubishi Colt yang barangkali pada saat itu juga termasuk di dalam jajaran mobil minibus yang populer di kalangan masyarakat Indonesia.

2. EKSTERIOR DAIHATSU ESPASS 2005

Foto Daihatsu Espass 2005 tampak dari samping depan

Desain khas dan unik, Daihatsu Espass sangat mudah dikenali

Apabila dibandingkan oleh para pesaingnya, Daihatsu Espass 2005 memiliki beberapa ciri khas yang unik, terutama dari segi desain eksteriornya. Yang pertama adalah desain eksterior sisi bagian depan yang melengkung, dan yang kedua adalah penggunaan jenis pintu geser alias sliding door. Selain untuk membuat penampilan mobil menjadi nampak makin menarik, kedua ciri khas tersebut pun ditambahkan dengan tujuan untuk menunjang aerodinamika minibus ini. Sebab, dengan desain bentuk melengkung tersebut, aliran angin akan jadi cenderung lebih mudah untuk dilewati bahkan ketika mobil melaju dalam kecepatan tinggi. Dengan demikian, lajunya mobil pun tetap stabil dan baik pengemudi maupun penumpang tetap merasa nyaman dan aman di dalam kendaraan.

Kemudian, penggunaan pintu geser juga memberikan berbagai keuntungan bagi para penggunanya. Selain untuk menunjang tampilan mobil dari luar, desain pintu geser pun mempermudah penumpang untuk keluar atau masuk mobil meskipun ruang yang tersedia terbatas, seperti di tempat parkir atau di dalam gang. Hal ini dikarenakan lebih sedikit ruang yang dibutuhkan mobil karena pintu tidak perlu dibuka ke luar ketika penumpang akan naik maupun turun dari kendaraan. Jadi, pemilik mobil dengan ukuran garasi yang terbatas tentu tidak perlu ambil pusing karena pintu geser yang ada pada mobil jelas menjadi solusi yang lebih efisien dibandingkan mobil dengan pintu bukaan samping pada umumnya.

>>> Mungkin Anda ingin baca:

3. INTERIOR DAIHATSU ESPASS 2005

Foto interior Daihatsu Espass 2005

Daihatsu Espass 2005 sangat lapang untuk penumpang maupun barang

Kemudian, seperti apa rupa Daihatsu Espass 2005 di dalamnya? Pada masanya, desain interior Daihatsu Espass bahkan sudah terbilang modern. Dan untuk interior Daihatsu Espass 2005, desain maupun tampilannya pun masih bisa dibilang modern juga, walaupun pastinya tetap ada kesan jadul, mengingat usia seri ini yang sudah lewat 10 tahun sejak pertama kali dirilis. Dan jika dibandingkan dengan desain interior mobil pesaing pada eranya, desain yang ditampilkan oleh Espass untuk dashboard-nya bahkan sudah tidak lagi terlihat kaku.

Sementara itu, ruang kabin yang tersedia pun sudah terbilang longgar. Tentu saja hal ini tidak mengherankan, mengingat target pasar dan segmen Daihatsu Espass yang pada dasarnya memang menyasar segmen minibus maupun mobil keluarga. Kapasitas maksimum penumpang yang dapat diangkut oleh Daihatsu Espass 2005 sendiri ada 7 orang. Selain itu, ada cukup ruang penyimpanan yang disediakan pada dashboard mobil sehingga Anda dapat menaruh HP, kunci, koin, kartu, dan sebagainya dengan mudah dan praktis tanpa harus membuat dashboard nampak berantakan.

Desain kursi yang tersedia pun juga tak kalah menarik. Jika Anda sedang mencari Daihatsu Espass 2005 bekas untuk dibeli, Anda barangkali akan membutuhkan beberapa perbaikan. Akan tetapi, selama mobil yang Anda beli masih berada di dalam kondisi yang terbilang prima, Anda tidak perlu khawatir karena desain kursinya sendiri sebenarnya sudah terbilang nyaman dan berpenampilan relatif menarik.

>>> Baca juga:

4. FITUR DAIHATSU ESPASS 2005

Foto Dashboard dan ruang kemudi Daihatsu Espass 2005

Belum secanggih mobil zaman now, Daihatsu Espass 2015 hanya punya fitur sangat standar

Fitur yang tersedia di dalam Daihatsu Espass 2005 masih terbilang sangat standar, seperti audio (radio tape), penyejuk kabin, sabuk pengaman, dan sebagainya. Kursi penumpang maupun pengemudi pun jelas belum secanggih dan selengkap kursi untuk mobil-mobil keluaran sekarang yang bahkan sudah dilengkapi dengan seat warmer. Meski demikian, kursi sudah bisa diatur kemiringannya. Sedangkan fitur keselamatannya sendiri masih belum lengkap, sehingga harga jual kembalinya terbilang rendah.  

>>> Hati-Hati Saat Mobil Terkena Banjir, Segera Lakukan Hal Ini!

5. OPERASI DAIHATSU ESPASS 2005

Ketika pertama kali dirilis, Daihatsu Espass menawarkan 2 pilihan jenis mobil yang dibedakan berdasarkan kapasitas silinder pada dapur pacunya: 1.300 cc (1,3 liter) atau 1.600 cc (1,6 liter). Sistem pengapiannya sendiri konvensional dengan platina, yang membuat mobil sering cepat mogok terutama saat terkena cipratan air atau terendam di kala banjir.

Foto Mesin Daihatsu Espass 2005

Mesin Daihatsu Espass terletak di bawah jok pengemudi

Kemudian, setelah upgrade pada mesin untuk Daihatsu Espass yang dimulai di tahun 2000, maka dilakukan perubahan sehingga terdapat 3 opsi tipe mobil yang dapat dipilih oleh penumpang. Dan untuk Daihatsu Espass 2005 sendiri, yang merupakan produksi terakhir lini Espass sebelum akhirnya digantikan oleh Daihatsu Granmax dan Daihatsu Luxio, pilihannya pun masih sama:

  • Tipe ZL dengan mesin 4 silinder 16 katup (valve) SOHC fuel injection, kapasitas silinder 1.300 cc, dan transmisi manual dengan 5 kecepatan. Tenaga maksimum yang dihasilkan adalah 80 hp dengan torsi maksimum 114 Nm.
  • Tipe ZSX dengan mesin 4 silinder 16 katup (valve) SOHC fuel injection, kapasitas silinder 1.500 cc (1,5 liter), dan transmisi manual dengan 5 kecepatan. Tenaga maksimum yang dihasilkan adalah 88 hp dengan torsi maksimum 130 Nm.
  • Tipe ZX dengan mesin 4 silinder 16 katup (valve) SOHC fuel injection, kapasitas silinder 1,600 cc, dan transmisi manual dengan 5 kecepatan.. Tenaga maksimum yang dihasilkan adalah 95 hp dengan torsi maksimum 138 Nm.

6. SPESIFIKASI DAIHATSU ESPASS 2005

Dimensions & Capacity

Panjang

3,845 mm

Lebar

1,560 mm

Tinggi

1,860 mm

Jarak sumbu roda

2.650 mm

Performance

Tipe Mesin

SOHC Fuel Injection 4 Silinder

Isi Silinder (cc)

1.598 cc

Daya Maksimum

95 Ph / 6000 rpm

Torsi Maksimum

138 Nm / 4200 rpm

Sistem Pemasukan Bahan Bakar

Karburator

Bahan Bakar

Bensin

Transmission

Gear Box

5-Speed

Transmission Type

Manual

Steering

Steering Type

Rack & Pinion

Kaki-kaki

Suspensi Depan

MacPherson

Suspensi Belakang

Rigid axle

Rem Depan

Cakram

Rem Belakang

Tromol

Ukuran Ban

175/ 70 – R13

7. KELEBIHAN & KEKURANGAN DAIHATSU ESPASS 2005

Kelebihan Daihatsu Espass 2005

  • Ukuran ruang kabin yang luas dan lega, sehingga penumpang dijamin kenyamanannya sepanjang perjalanan.
  • Posisi duduk yang nyaman, terutama dengan mempertimbangkan fakta bahwa Daihatsu Espass adalah mobil yang pertama kali dirilis pertengahan tahun 90an.
  • Konsumsi bahan bakar yang irit, terutama dengan Daihatsu Espass 2007 Tipe ZSX yang sudah dilengkapi dengan teknologi injeksi.
  • Harga suku cadang yang terjangkau dan kemudahan dalam menemukan suku cadang, termasuk suku cadang asli sekalipun.
  • Harga kendaraan yang terjangkau.
  • Layanan perbaikan atau perawatan dapat dilakukan di mana saja, baik di bengkel resmi Daihatsu atau tidak.

Kekurangan Daihatsu Espass 2005

  • Rentan mogok karena mesin yang cenderung cepat panas.
  • Pintu geser yang sering terasa macet saat digunakan.
  • Suspensi yang terasa keras sehingga kurang nyaman ketika kendaraan melaju di jalan, terlebih jika digunakan sebagai mobil keluarga. Hal ini dikarenakan penggunaan suspensi yang sama seperti suspensi untuk mobil pick up pada Daihatsu Espass 2007.
  • Setir atau lingkar kemudi yang berat sehingga pengemudi perlu mengerahkan tenaga lebih banyak untuk memutarnya.
  • Fitur keselamatan yang masih sangat minim, sehingga berdampak pada anjloknya harga jual kembali.
  • Rawan mogok saat banjir.
  • Bunyi mesin mobil yang terlalu keras dan dapat masuk ke dalam kabin sehingga mengganggu kenyamanan penumpang selama berkendara.

8. DAFTAR HARGA DAIHATSU ESPASS 2005

Untuk seri Daihatsu Espass yang dirilis di atas tahun 2000, harganya sendiri berkisar antara Rp 40 juta sampai Rp 55 juta untuk Tipe ZSX. Tentu saja semua tergantung pada kondisi mobil secara keseluruhan. Selain itu, karena Daihatsu Espass 2005 merupakan seri terakhir untuk jenis model minibus yang satu ini, maka bisa dibilang bahwa harga Daihatsu Espass 2005 bekas jelas lebih mahal dibandingkan Daihatsu Espass bekas keluaran tahun-tahun sebelumnya.

9. VIDEO DAIHATSU ESPASS 2005

10. KESIMPULAN DAIHATSU ESPASS 2005

Terbilang modern dan terbaik di kelas dan eranya, Daihatsu Espass 2005 jelas merupakan sebuah pilihan yang tetap menarik untuk dilirik, terutama jika Anda mencari minibus dengan harga yang miring. Apalagi Anda pun bisa memanfaatkan Daihatsu Espass 2005 bukan hanya sebagai mobil penumpang, tapi juga sebagai mobil pengangkut barang, sehingga menjadikan minibus ini sebuah pilihan yang serbaguna untuk digunakan kapan saja serta untuk berbagai kebutuhan, termasuk kebutuhan bisnis sekalipun.

>>> Jangan lupa klik sini untuk lanjut membaca artikel review mobil yang menarik lainnya

Share This:

Cari harga mobil

Harga mobil per merek

Review mobil populer