Review Daihatsu Copen 2003 : Mobil Mungil Banyak Kelebihan

05/10/2019 Abdul Review Daihatsu

Dalam pasaran Indonesia merek otomotif Daihatsu memang tidak sepopuler merek lainnya seperti Toyota atau Honda. Namun hal ini tidak membuat Daihatsu kalah nyali dan terus ikut bersaing di kelas yang ada. Salah satunya adalah dengan menghadirkan Daihatsu Copen 2003 yang memiliki spesifikasi mumpuni dengan kelebihan-kelebihannya. Akan tetapi juga tidak terlepas dari kekurangannya.

1. PENGANTAR DAIHATSU COPEN 2003

Daihatsu Copen sebenarnya adalah produk reboot dari versi sebelumnya yaitu tahun 2002. Copen dengan sangat percaya diri dihadirkan dengan berbagai fasilitas dan fitur yang terbarukan. Daihatsu Motor Company membawa tema "Fun With Our Best Friend" yang sangat nyaman dibandingkan mobil-mobil sebelumnya.

Daihatsu Copen mempunyai kapasitas mesin sebesar 658 cc. kapasitas tersebut memanglah tidak cukup besar untuk ukuran mobil sport. Namun dengan adanya Turbo Intercooler tiga silinder Daihatsu Copen mampu menghasilkan tenaga yang efektif  seperti 64 tenaga kuda. Dan tanpa mengubah suhu normal pada mesin. Sehingga mobil tidak akan berasap atau panas jika digunakan dengan maksimal.

2. EKSTERIOR DAIHATSU COPEN 2003

Review Daihatsu Copen 2003 : Bagian Depan

Gambar ini menunjukkan mobil Daihatsu Copen 2003 : warna kuning tampak depan dan samping kiri

Bagian depan memakai konsep dinamis dan tampak stylish

Eksterior bagian depan  terlihat stylish dengan konsep dinamis. Bentuk grillnya menyerupai trapesium yang terbalik dan memanjang sampai bagian bumper dengan warna hitam. Pada bagian tengah depan mobil sisi grill dan bumper terpisah. Terdapat lampu atau headlamp yang dapat menyala dengan tajam. Pada sisi dalam lensa lampu dilengkapi dengan teknologi LED. Tidak lupa juga terdapat logo kebanggaan sebagai identitas Daihatsu.

Pada bagian bumper mengusung kesan dinamis karena grill yang memanjang. Terdapat juga fog lamp dengan desain yang tidak biasa yaitu membentuk vertikal ke atas dan menyatu dengan lampu tama. Fog lamp juga didukung dengan pencahayaan LED sehingga penerangan menjadi lebih maksimal.                

Review Daihatsu Copen 2003 : Bagian Samping

Gambar ini menunjukkan mobil Daihatsu Copen 2003 : tampak belakang dan sam[ping kiri

Bagian samping tampak sederhana namun terllihat mungil

Pada bagian eksterior samping kesan dinamis tetap ditonjolkan dengan adanya list berdesain miring dari depan sampai belakang. Skirt yang ada pada bagian bawah juga memancarkan kesan low. Pada sisi window dan electric convertible roofnya sendiri dapat dibuka atau ditutup yang disesuaikan dengan selera atau kondisi cuaca.

Review Daihatsu Copen 2003 : Bagian Belakang

Gambar ini menunjukkan bagian belakang Daihatsu Copen 2003 : warna kuning

Menurut kami bagian belakang tergolong unik dengan desain yang diberikan

Pada bagian terakhir yaitu eksterior belakang didesain dengan sangat menarik yaitu desain yang sporty dan mewah. Stop lamp pada bagian belakang juga cukup atraktif dengan desain yang membulat dan juga yang memanjang sampai ke bagian belakang. Sisi belakang juga terlihat lebih cantik dengan aksen hitam pada bagian bumper yang terlihat lebih berotot.

Secara keseluruhan eksterior Daihatsu Copen 2003 cukup berkelas dan sporty. Desain yang menarik terlihat dari desain yang mengecil pada bagian depan namun membesar pada bagian belakang.

>>> Lihat Juga:

3. INTERIOR DAIHATSU COPEN 2003

Review Daihatsu Copen 2003 : Bagian Dashboard & Kemudi

Gambar ini menunjukkan dashboard dan kemudi mobil Daihatsu Copen 2003 :

Bagian interior didesain sangat menarik dengan fitur mumpuni

Interior dashboard dan kemudian Daihatsu Copen 2003 juga tidak kalah menarik daripada eksteriornya. Pada bagian dashboard terdapat panel multimedia layar sentuh yang mumpuni dan menyuguhkan berbagai suguhan fitur-fitur entertainment. Panel yang memiliki ukuran lebih dari 7 inch ini dapat digunakan untuk mengaktifkan berbagai macam kebutuhan Infotainment seperti musik berformat digital, GPS, radio, dan lain sebagainya.

Pada output suara dihadirkan dengan 2 DIN Audio untuk menyalakan suara musik terfavorit. Sedangkan pada bagian bawah panel multimedia, terdapat fitur AC untuk menyejukkan ruangan mobil selama perjalanan. Desain dashboard semakin terlihat premium dengan dengan aksen silver pada sisi dashboard, list head unit, dan list perseneling.

Pada bagian kemudi atau steering dibuat dengan balutan leather yang sangat nyaman saat digenggam. Stir Daihatsu Copen 2003 memiliki konsep rack dan pinion yang juga telah dibekali dengan Electric Power Steering untuk menghasilkan kemudahan saat membanting kemudi saat perjalanan.

Review Daihatsu Copen 2003 : Bagian Jok Mobil

Gambar ini menunjukkan jok pada mobil Daihatsu Copen 2003 :

Jok hanya dapat diduduki 2 orang saja jadi cocok untuk pasangan kekasih

Daihatsu Copen memiliki dua tempat duduk dengan varian warna hitam atau netral yang dapat dipilih. Warna hitam biasanya disukai oleh jiwa sporty. Sedangkan warna netral adalah opsi terbaik bagi yang menyukai warna-warna terang.

Selain warna tentu saja desain dari kursi memiliki nilai jualnya sendiri. Daihatsu Copen 2003 memberikan kenyamanan yang sangat maksimal dengan kursi yang berdesain Captain Seat. Sehingga dapat menopang tubuh secara maksimal. Tidak ketinggalan juga rongga pada kaki dan rongga kepala sangat cukup mumpuni.

>>> Baca Juga:

4. FITUR DAIHATSU COPEN 2003

Daihatsu Copen 2003 juga mempunyai bagian penyimpanan atau bagasi. Interior bagasi terbilang cukup luas dengan maksimal penyimpanan 2 atau 3 koper. Itu artinya Daihatsu Copen memang telah didesain guna melakukan perjalanan yang menengah ataupun jarak jauh sekalipun.

Review Daihatsu Copen 2003 : Bagian Fitur Keselamatan

Fitur keselamatan juga menjadi bagian yang tidak kalah penting untuk dibahas. Keselamatan adalah hal yang paling utama dalam berkendara dan melakukan perjalanan. Daihatsu Copen memiliki konsep keamanan advance safety. Fitur keamanan Advance Safety didukung dengan adanya Active dan  Passive Safety. Konsep keselamatan dan keamanan ini dibuat agar pengemudi tetap bisa tenang saat menghadapi keadaan yang bisa saja tidak terduga.

Dalam mewujudkan konsep Active Safety Specs, Daihatsu Copen dilengkapi dengan fasilitas Anti-Lock Braking System. Fasilitas ini berguna untuk mencegah mobil bisa saja terpelanting saat terjadi pengereman mendadak.

Gambar ini menunjukkan mobil  Daihatsu Copen 2003 dengan kap belakang akan membuka

Saat atap dibuka ditempatkan di bawah kap belakang

Terdapat pula fitur Electronic Brake Distribution yang mendistribusikan kekuatan saat mengerem. Kekuatan ini setara untuk setiap rem yang ada pada Daihatsu Copen 2003. Selain itu ada juga fitur Override System yaitu perintah untuk mengabaikan gas saat rem dan gas diinjak bersamaan. Hal ini tentu saja sangat berguna dan menghindarkan akan terjadinya kerusakan yang lebih parah saat terjadi keadaan yang darurat misalnya kecelakaan.

Review Daihatsu Copen 2003 : Bagian Fitur Hiburan

Pada bagian hiburan, Daihatsu Copen mempunyai 2 din touchscreen head unit untuk memberikan fitur-fitur hiburan dari CD, radio koneksi Bluetooth.

>>> Review Daihatsu Xenia 2004 : Generasi Pertama Xenia Untuk Orang Indonesia

5. OPERASI DAIHATSU COPEN 2003

Gambar ini menunjukkan mesin mobil  Daihatsu Copen 2003

Mesin mumpuni meski kapasitas kecil tapi sudah turbo

Bentuk keseluruhan dari Daihatsu Copen 2003 adalah mungil, begitu juga dengan dapur pacu Daihatsu Copen yang tergolong kecil. Namun bukan berarti tidak mempunyai daya besar, justru inilah yang disebut dengan kecil-kecil cabe rawit. Daihatsu Copen dilengkapi dengan mesin 660 cc DOHC 3 silinder dengan Intercooler Turbo. Daihatsu Copen dapat melaju cepat namun dengan adanya Intercooler Turbo mesin dapat tetap sejuk.

Sesuai dengan spesifikasinya mesin Daihatsu Copen ini mampu menghempas tenaga yang sebesar 64 PS  dan juga torsi dengan maksimum 110 Nm. Selain dari torsi besar yang didapatkan pada putaran mesin yang rendah, sistem Electronic Fuel Injection atau disebut dengan EFI pada mesin Daihatsu Copen juga membuat konsumsinya terbilang sangat irit.

>>> Mungkin Tertarik Dengan Informasi Spesifikasi Daihatsu Sirion 2012 Bisa Baca Di sini

6. SPESIFIKASI DAIHATSU COPEN 2003

Berikut ini merupakan tabel spesifikasi Daihatsu Copen 2003:

DIMENSI

Panjang

3.395 mm

Lebar

1.475 mm

Tinggi

1.280 mm

Wheelbase

2.230 mm

MESIN

Tipe

KF Engine

Kapasitas Silinder

660 cc

Jumlah Silinder

3

Konfigurasi Katup

DOHC

Tenaga Maksimal

64 PS

Torsi Maksimal

110 NM

HANDLING & SUSPENSI

Rem Depan

Ventilated Disc

Rem Belakang

Drum

Suspensi Depan

MacPherson Strut with Coil Spring

Suspensi Belakang

Torsion Beam with Coil Spring

7. KELEBIHAN & KEKURANGAN DAIHATSU COPEN 2003

Seperti yang telah dijelaskan di atas bahwa Daihatsu Copen 2003 didesain dengan sangat menarik dan mewah dengan berbagai kelebihan-kelebihan. Namun bukan berarti tidak memiliki kekurangan. Adapun kelebihan dari Copen antara lain mengusung konsep fun styling yang sangat memanjakan penumpangnya, konsep fun to drive sehingga pengemudi merasa aman dan nyaman saat berkendara,  mempunyai konsep keselamatan dan keamanan tingkat tinggi dengan fitur Active dan Passive Safety, dan mempunyai kapasitas mesin yang mencapai hingga 660 cc dilengkapi dengan teknologi turbo.

Adapun kekurangan dari Daihatsu Copen adalah harganya yang sangat mahal, sedangkan harga jual kembalinya dapat turun dengan cepat. Dan sparepart Daihatsu Copen yang juga sangat mahal.

8. DAFTAR HARGA DAIHATSU COPEN 2003

Daihatsu Copen yang terdapat di Indonesia dijual dengan satu pilihan varian saja dan satu pilihan transmisi. Hal ini tergolong masih tidak mengecewakan, jika mengingat banyaknya kelebihan fitur-fitur yang ditawarkan. Tidak lupa juga dengan nuansa sporty yang membuat tampilannya semakin eksklusif.

Bagi Sobat yang ingin memiliki Daihatsu Copen, mobil ini dibanderol dengan kisaran  harga sekitar Rp. 400 juta rupiah yang dilengkapi dengan BBNKB dan PKB. Daihatsu Copen memang membidik sasaran  para kalangan atas dan pengusaha. Sehingga wajar saja jika harga yang ditawarkan terbilang mahal untuk masyarakat pada umumnya. Namun untuk para kalangan atas atau entrepreneur tentu saja menggunakan Copen dapat meningkatkan kepercayaan dirinya.

Tidak hanya dalam kondisi yang masih baru, Sobat juga bisa memiliki Daihatsu Copen yang lebih murah dalam kondisi sudah terpakai atau bekas. Untuk daftar harga bekas Daihatsu Copen 2003 biasanya dibanderol dengan harga kisaran kurang lebih Rp. 300 juta Rupiah.

Bagaimanapun juga harga dari Daihatsu Copen masih berada di bawah angka satu milyar Rupiah. Sehingga sangat besar kemungkinan jika terdapat lembaga-lembaga pembiayaan besar yang dapat membantu Sobat memiliki Daihatsu Copen.

9. VIDEO DAIHATSU COPEN 2003

10. KESIMPULAN DAIHATSU COPEN 2003

Daihatsu Copen 2003  atau mobil sport mini yang mengusung konsep fun stylist dan dilengkapi dengan berbagai fitur-fitur yang mumpuni. Sedangkan desain eksterior dan interior dibuat dengan detail dengan tampilan sporty yang mewah. Selain itu terdapat juga fitur keselamatan dan keamanan dua arah yaitu Active Safety dan Passive Safety.

Dengan berbagai macam kelebihan-kelebihan yang ditawarkan dan adanya fitur keamanan dan keselamatan yang lengkap maka layak dan sangat wajar jika Daihatsu Copen dibandrol dengan harga yang cukup tinggi. Harga yang ditawarkan sepertinya juga sangat sesuai dengan konsep sporty fun stylish dan fitur keamanan yang lengkap dan terjamin.

>>> Klik sini untuk lanjut simak artikel review mobil yang menarik lainnya

Share This:

Cari harga mobil

Harga mobil per merek

Review mobil populer