Review Daihatsu Ceria 2003: Mobil Irit BBM Sebelum LCGC

31/12/2019 Abdul Review Daihatsu

Saat ini sudah banyak mobil dalam segmen LCGC yang melaju di jalanan. Namun sebelum adanya mobil ramah lingkungan tersebut, ternyata terdapat mobil dengan harga murah keluaran tahun 2000-an. Mobil tersebut adalah Daihatsu Ceria yang memakai platform Kei Car ala Jepang. Lantas bagaimana model dan juga keunggulan yang dimiliki, mari kita simak ulasannya dalam review Daihatsu Ceria 2003.

1. PENGANTAR DAIHATSU CERIA 2003

Di Jepang mobil tersebut dikenal dengan nama Daihatsu Mira yang merupakan sebuah Kei Car dengan desain bodi yang mungil dan menunjukkan kepraktisannya. Sementara di Malaysia berbeda, namanya adalah Perodua Kancil dengan mengadopsi dari Mira L200 dan sudah dilakukan beberapa perubahan.

Kalau soal penjualan, di Malaysia mobil tersebut cukip diminati terutama para pemula dan juga pebisnis yang membuka les mengemudi. Adapun alasannya adalah mobil tersebut terkenal akan konsumsi bahan bakar yang irit dan juga karena bodi kecil membuatnya lebih mudah saat diparkir. Bahkan produksi mobil tersebut juga semakin mengalami peningkatan seperti pada desember 1995 terjual 50 ribu unit dan pada awal tahun 1997 meningkat menjadi 100 ribu kemudian di tahun 1998 mencapai 250 ribu.

Sedangkan untuk Indonesia, mobil Daihatsu Ceria baru dihadirkan oleh PT. Astra Daihatsu Motor (ADM) pada tahun 2000-an. Jika melihat mobil yang pertama kali dihadirkan, memang tampak mirip dengan Mira. Akan tetapi pada pembahasan kali ini adalah versi facelift nya yang tentunya sudah ada perubahan yakni Daihatsu Ceria 2003.

2. EKSTERIOR DAIHATSU CERIA 2003

Review Daihatsu Ceria 2003: Bagian Depan

Gambar ini menunjukkan samping kanan dan bagian depan Daihatsu Ceria 2003

Desain bulat pada headlamp memang membuatnya tampak unik

Seperti biasa kita mulai revie kali ini dari bagian depan. Namun saat melihat bagian depan fokus kami tertuju pada bagian logonya yang tampak begitu unik. Logo tersebut menggunakan latar biru dengan ukuran yang minimalis. Sementara untuk bagian grille mangandalkan desain Mesh yang menggunakan 2 formasi, jika dilihat sekilan memang ada kemiripan dengan desain Kidney Grille milik BMW.

Selain itu, pada bagian headlamp dan lampu seinnya dibuat dengan model bundar. Dengan penggunaan desain tersebut, menurut kami jika dibandingkan dengan versi pertama tampak lebih stylish.

Review Daihatsu Ceria 2003: Bagian Samping

Gambar ini menunjukkan bagian samping Daihatsu Ceria 2003

Mobil mungil siap untuk menerjang jalanan perkotaan

Pada saat melihat di bagian samping akan tampak kemungilan yang dimilikinya. Dengan mengandalkan hal tersebut dapat mempermudah saat melakukan parkir dan juga melewati kemacetan. Hanya saja salah satu hal yang membuatnya kurang diminati adalah banyaknya sudut yang tajam dan bodinya yang cenderung mengkotak.

Review Daihatsu Ceria 2003: Bagian Belakang

Gambare ini menunjukkan sisi belakang mobil Daihatsu Ceria 2003

Desain belakang tampak mengecil ke bagian atas

Berlanjut ke bagian belakang, yang mana terdapat perubahan pada bagian plat nomornya yang ditempatkan di bagian tengah. Kalau dperhatikan sekilas, maka desain belakangnya ini mirip dengan milik Honda Brio. Belum ada spoiler di bagian buritan namun telah diberikan wiper. Selain itu desain lampu belakang agak kecil dipadukan dengan bentukanya yang menurut kami tampak bulat.

>>> Baca Juga:

3. INTERIOR DAIHATSU CERIA 2003

Review Daihatsu Ceria 2003: Bagian Dashboard & Kemudi

Gambar ini menunjukkan dashboard dan kemudi mobil Daihatsu Ceria 2003

Bahan material untuk dashboard mempunyai kualitas terbilang standar

Pada bagian dashboard Daihatsu Ceria 2003, menurut kami bahan material yang digunakan kurang begitu berkualitas. Penggunaan warnanya juga tampak monoton, hanya saja terdapat beberapa fitur yang cukup lengkap di varian KX seperti AC, radio tape, power window dan Central Lock.

Selanjutnya untuk bagian kemudi mobil tampil sederhana dan belum diberikan power window. Namun uniknya untuk pengoperasiannya terbilang enteng pada saat dipakai untuk melakukan manuver. Hal tersebut disebabkan oleh penggunaan ban yang kecil yaitu ukuran 12 inci sehingga akan sangat responsif ketika melakukan manuver.

Review Daihatsu Ceria 2003: Bagian Kursi

Gambar ini menunjukkan jok mobil Daihatsu Ceria 2003

Bahan material jok masih mengunakan jok kain biasa

Berlanjut pada bagian kursi Daihatsu Ceria 2003, untuk bahan material yang digunakan masih mengandalkan kain biasa. Sementara soal kapasitas penumpang hanya dapat membawa 5 orang saja, ditambah lagi untuk kenyamanan cukup lumayan karena dengan bodi yang mungil telah didukung dengan suspensi yang mumpuni.

>>> Lihat Juga:

4. FITUR DAIHATSU CERIA 2003

Review Daihatsu Ceria 2003: Fitur Keselamatan

Untuk bagian fitur keselamatan sebenarnya tidak ada yang terlalu wow. Hanya saja mobil besutan Daihatsu tersebut telah didukung dengan suspensi MacPherson Strut Independent Coil Spring dan dipadukan dengan penggunaan Stabilizer untuk bagian depan. Sedangkan untuk suspensi belakang mengandalkan Semi Trailing Independent Coil Spring. Dengan mengandalkan suspensi tersebut dipadukan dengan bodinya yang mungil membuat mobil ini akan terasa nyaman dan empuk terutama untuk melintasi jalanan di perkotaan.

Review Daihatsu Ceria 2003: Fitur Hiburan

Daihatsu Ceria 2003 dihadirkan dengan membawa 3 varian yaitu KX, KL dan KL+. Untuk fitur radio dan tape yang dtidak diberikan adalah tipe KL. Memang jika dilihat dari zaman sekarang, fitur tersebut kurang begitu mumpuni. Namun cukup lumayan daripada tidak ada sama sekali. Apalagi mobil ini keluaran tahun 2003, yang mana di zamannya tentu fitu radio dan tape masih diunggulkan.

>>> Baca Juga, Review Daihatsu Copen 2003 : Mobil Mungil Banyak Kelebihan

5. OPERASI DAIHATSU CERIA 2003

Gambar ini menunjukkan mesin mobil Daihatsu Ceria 2003

Konsumsi bahan bakar lebih hemat dengan mengandalkan mesin yang dipakainya

Berlanjut ke bagian performa, untuk mesin Daihatsu Ceria 2003 yang dipakai mempunyai kode ED-10 dengan 3 silinder segaris berpadu dengan 6 katup SOHC. Untuk kapasitas silinder nya adalah 850 cc, yang mana lebih besar dari versi Jepang yakni Mira dengan 660 cc. Dengan mengandalkan mesin tersebut, tenaga maksimal yang dapat dihasilkan adalah 36 Hp dan torsi maksimalnya mencapai 63 Nm.

Ceria besutan tahun 2003 ini mempunyai bobot di kisaran 1.040 kg, angka tersebut menunjukkan bahwa bobotnya cukup ringan. Meskipun begitu, mobil tersebut dapat dipacu sampai kecepatan 135 km/jam dan tidak muncul indikasi mobil akan melayang.

>>> Klik Di Sini Apabila Berniat Membeli Mobil Bekas Daihatsu Ceria Dan Dapatkan Penawaran Yang Menarik

6. SPESIFIKASI DAIHATSU CERIA 2003

Berikut ini merupakan tabel spesifikasi Daihatsu Ceria 2003.

DIMENSI

Panjang

3.365 mm

Lebar

1.405 mm

Tinggi

1.415 mm

MESIN

Tipe

ED-10 3 Silinder Segaris 6 Katup SOHC

Kapasitas

850 cc

Tenaga Maksimal

36 HP / 5.500 Rpm

Torsi Maksimal

63 Nm / 3.200 Rpm

Transmisi

Manual 5 Percepatan

Tipe Bahan Bakar

Bensin

Sistem Bahan Bakar

Karburator

HANDLING & SUSPENSI

Rem Depan

Disc

Rem Belakang

Drum

Suspensi Depan

MacPherson Strut Independent

Suspensi Belakang

Semi-Trailing Independent

7. KELEBIHAN & KEKURANGAN DAIHATSU CERIA 2003

Mari kita simak kelebihan dan kekurangan Daihatsu Ceria 2003 menurut pandangan kami :

KELEBIHAN

KEKURANGAN

Sebagai mobil keluaran tahun 2000-an mobil ini terbilang mempunyai harga yang super terjangkau dalam kondisi bekas

Ada yang mengklaim bahwa untuk pencarian sparepart terbilang susah dan jika ingin mendapatkannya harus indent

Dimensi mungil mempermudah saat ingin parkir mobil ataupun melintasi perkotaan yang sering terjadi kemacetan

Bahan material yang dipakai di bagian interior kurang berkualitas dan terkesan biasa saja

Untuk konsumsi bahan bakar terbilang sangat irit. Untuk perbandingannya adalah 1:27 untuk perjalanan luar kota dan 1:11 untuk perjalanan dalam kota

 

8. DAFTAR HARGA DAIHATSU CERIA 2003

Daihatsu Ceria keluaran tahun 2003 memang sudah tidak ada kondisi barunya. Jadi bagi Sobat yang ingin memilikinya bisa membeli dengan kondisi second. Untuk harga bekas Daihatsu Ceria 2003 mulai Rp. 30 jutaan sampai Rp. 40 jutaan tergantung kondisi dan wilayah tempat membeli.

9. VIDEO DAIHATSU CERIA 2003

10. KESIMPULAN DAIHATSU CERIA 2003

Daihatsu Ceria mempunya konsumsi bahan bakar yang irit layaknya sebuah LCGC. Namun bisa dibilang bahwa mobil ini sebagai mbahnya LCGC. Hanya saja untuk Indonesia mobil besutan Daihatsu tersebut kurang begitu sukses di pasaran. Bagi Sobat yang ingin memilikinya bisa menabung, karena harganya cukup terjangkau mulai Rp. 30 jutaan saja. Jadi apakah berminat dengan Daihatsu Ceria 2003?

>>> Klik sini untuk lanjut simak artikel review mobil yang menarik lainnya

Share This:

Cari harga mobil

Harga mobil per merek

Review mobil populer

International