Review Daihatsu Ayla 2016 : Green Car Harga Terjangkau Cocok Untuk Anak Muda

19/08/2019 Abdul Review Daihatsu

Daihatsu Ayla diluncurkan untuk ikut memanaskan persaingan yang terjadi di ranah LCGC. Ayla muncul sebagai produk andalan Daihatsu di segmen Green Car. Mobil andalah ini memiliki beberapa nilai plus yang akan menentukan posisinya dalam persaingan mobil yang mulai memanas. Berikut pembahasan lebih lanjut mengenai review Daihatsu Ayla.

1. PENGANTAR DAIHATSU AYLA 2016

Review Daihatsu Ayla 2016  - Pabrikan asal Negara Sakura ini ikut memanaskan persaingan di segmen Green Car, Daihatsu mencoba merangkum beberapa keinginan konsumen mengenai varian Green Car tersebut. Daihatsu Ayla menjadi jawaban dari kecenderungan pasar atau konsumen atas mobil dalam segmen ini.

Ayla muncul pertama kali pada tahun 2013 dan kehadirannya mampu mencuri perhatian banyak konsumen. Harga yang cukup murah sepertinya menjadi salah satu kunci Ayla mampu memenangkan persaingan yang semakin memanas.

Dengan beberapa spesifikasi yang dapat dikatakan lumayan. Sobat di rumah bisa membawa pulang mobil ini dengan merogoh kocek kurang dari 100 juta rupiah. Harga ekonomis dengan spesifikasi yang tidak bisa dianggap remeh.

Tidak sabar lagi tentunya membahas mengenai spesifikasi lengkap mobil satu ini. Berikut review lengkap dari Daihatsu Ayla 2016.

2. EKSTERIOR DAIHATSU AYLA 2016

Review Daihatsu Ayla 2016 : Bagian Depan

Gambar ini menunjukkan mobil Daihatsu Ayla 2016 warna putih tampak bagian depan

Mobil Daohatsu Ayla 2016 murah tapi tidak murahan

Meskipun harga yang ditawarkan terbilang murah, tapi mobil ini sama sekali tidak terlihat murahan. Eksterior luarnya sangat sederhana, terkesan minimalis namun tetap elegan. Sepertinya pabrikan asal Jepang ini memang sudah memperhitungkan semuanya secara detail, sehingga kehadiran Ayla akan mampu merebut perhatian anak muda sebagai segmen pasar baru.

Mulai dari eksterior bagian depan, mobil ini akan mengingatkan Sobat pada desain lampu utama mobil Honda Jazz. Lampu utama yang ditampilkan dilengkapi dengan LED Position yang akan memberikan penerangan maksimal, terutama jika mobil harus berada di area yang minim penerangan.

Bergeser sedikit pada bagian tengah, Sobat akan menjumpai dua lekukan tipis pada sisi kiri dan kanan kap mobil. Lekukan tipis inilah yang memberikan pancaran kesegaran tersendiri pada bagian tengah Green Car Ayla sebagai andalan Daihatsu.

Lanjut bergeser sedikit ke bawah, identitas Daihatsu akan jelas terlihat yakni dengan letak logo kebesaran yang tepat di bagian tengah. Pada Grill Daihatsu Ayla 2016, terdapat penutup rongga udara yang juga didesain dengan cukup tipis. Sehingga jika kita melihat mobil ini dari jauh, mungkin akan bertanya apakah mobil ini sebenarnya memiliki grill atau tanpa grill.

Karena grill yang seperti tidak terlihat, maka Ayla menampilkan rongga udara dengan dua panel pada bagian bumper. Detail yang sangat rapih dan diperhatikan dengan baik membuat mobil ini semakin terlihat menonjol nuansa aerodinamisnya.

Selain itu mobil ini juga tidak tanggung-tanggung dalam mempermudah transaksi arus udara, sehingga dihadirkanlah dua lubang untuk mempermudah transisi udara yang menuju bagian bumper dan mesin. Pelengkap eksterior bagian depan, Ayla juga menghadirkan fog lamp yang diletakkan dalam tampilan beraksen chrome, sehingga memberikan kesan premium pada tampilan bagian depan.

Review Daihatsu Ayla 2016 : Bagian Samping

Gambar ini menunjukkan mobil Daihatsu Ayla 2016 warna putih tampak bagian samping

Desain cukup menarik untuk anak muda

Untuk tetap menghadirkan kesan elegan dan cantik pada bagian jendela samping, Daihatsu Ayla 2016 menghadirkan variasi spoiler dengan warna gelap. Pada bagian bodynya, disematkan juga variasi garis yang cukup tebal dengan warna silver dan gurat tipis yang diletakkan pada bagian handle pintu.

Sayangnya velg pada mobil ini tidak terlalu bagus, bahkan terkesan sedikit kolot. Akan tetapi mengingat harga yang ditawarkan, sepertinya velg dengan kualitas tersebut tetap dapat dimaafkan.

Review Daihatsu Ayla 2016 : Bagian Belakang

GHambar ini menunjukkan bagian belakang mobil Daihatsu Ayla 2016 warna putih

Tampak belakang tidak ada yang spesial dan terkesan sederhana

Menuju eksterior belakang Daihatsu Ayla 2016, tidak banyak yang spesial. Untuk memberikan tampilan lebih sporty Ayla menyematkan roof skirt pada bagian buritan. Selanjutnya terdapat lampu rear combination untuk memaksimalkan pencahayaan pada bagian belakang mobil.

Kesan dinamis coba ditampilkan juga di bagian belakang dengan menggunakan lekuk tipis di kedua sisi bumper belakang. Jika dilihat secara keseluruhan terutama dari desain eksterior, Ayla memang menyajikan desain Green Car yang cocok untuk anak muda.

>>> Lihat Juga:

3. INTERIOR DAIHATSU AYLA 2016

Meskipun dimensi mobil cukup terbatas, Ayla tetap menyematkan kualitas terbaiknya pada bagian interior mobil. Kenyamanan tetaplah menjadi nomor satu bagi para konsumen. Daihatsu memberikan kursi terbaiknya dan dengan ruang yang cukup nyaman untuk bagian kepala dan kaki penumpang. Fitur hiburan pun juga diberikan dengan baik untuk menemani perjalanan Sobat saat bepergian jauh.

Review Daihatsu Ayla 2016 : Bagian Dashboard & Kemudi

Gambar ini menunjukkan dashboard dan kemudi mobil Daihatsu Ayla 2016

Desain dashboard dan kemudi masih sederhana mengingat harganya terjangkau

Langsung saja, kita akan membahas bagian dashboard Daihatsu Ayla 2016. Terdapat panel hiburan sederhana dan fungsional, disematkan dalam wujud MP3 Player maupun CD Rom yang bisa Sobat gunakan dengan menghubungkannya pada perangkat flashdisk. Soket pada bagian tengah tersebut selain untuk flashdisk juga dapat digunakan untuk charger gadget Sobat.

Sebagai pelengkap teman perjalanan Sobat. Ayla juga memberikan speaker aktif dua din yang akan membantu menyebarkan suara ke seluruh kabin mobil. Pada bagian setir, fitur yang disematkan adalah steering switch audio. Terdapat juga fitur Eco Indikator dan Speedometer dengan tiga panel. Sederhana memang, tapi dengan harga kurang dari 100 juta rupiah, sepertinya mobil ini tetap akan memberikan kenyamanan bagi Sobat.

Review Daihatsu Ayla 2016 : Bagian Jok Mobil

Gambar ini menunjukkan jok mobil Daihatsu Ayla 2016

Jok empuk dan nyaman saat diduduki

Pada bagian jok mobil, Daihatsu menghadirkan material yang sangat nyaman. Material yang digunakan sangat empuk, dengan tone warna yang bisa Sobat pilih sesuai selera. Ruang untuk kaki dan kepala pada Daihatsu Ayla 2016 juga dapat dibilang mumpuni. Sehingga meskipun memiliki bentuk yang mungil, sepertinya soal kenyamanan di dalam kabin mobil Sobat tidak perlu khawatir.

Review Daihatsu Ayla 2016 : Bagian Bagasi

Untuk bagian kargo, Daihatsu Ayla 2016 sendiri seperti kebanyakan Green Car, dimana tidak ada cukup ruang untuk menyimpan banyak barang. Hal ini karena mobil ini memang dirancang tidak untuk dibawa dalam perjalanan jarak jauh yang memerlukan banyak barang untuk dibawa selama perjalanan.

>>> Mungkin Tertarik:

4. FITUR DAIHATSU AYLA 2016

Review Daihatsu Ayla 2016 :Fitur Keselamatan

Fitur keselamatan atau keamanan yang disematkan pada mobil Daihatsu Ayla 2016 adalah seatbelt yang ada diseluruh kursi. Memang cukup miris, karena hanya terdapat seatbelt sebagai pengaman dalam mobil. Hal ini bisa dimaklumi mengingat memang mobil ini lebih nyaman dan aman digunakan untuk perjalanan jarak dekat.

Gambar ini menunjukkan kemudi dan head unit pada mobil Daihatsu Ayla 2016

Fitur lebih lengkap pada varian tertinggi dari Daihatsu Ayla

Review Daihatsu Ayla 2016 :Fitur Hiburan

Pada fitur hiburan Anda dapat menemukan CD Player dan AC. Fitur dari Daihatsu Ayla sendiri berbeda-beda pada setiap tipe mobil. Seperti tipe D+, Ayla menambahkan fitur steering untuk memudahkan bantingan mobil pada saat dipacu.

Ada pula tipe M yang lebih banyak menghadirkan fitur standar seperti power windows dan power door lock. Jika fitur masih dirasa kurang, Sobat bisa membeli tipe tertinggi yakni tipe X yang dilengkapi dengan central cluster AC, spion elektrik dan beberapa fitur lainnya.

>>> Review Daihatsu Sirion 2015 : Tampil Lebih Sporty Dengan Performa Mumpuni

5. OPERASI DAIHATSU AYLA 2016

Gambar ini menunjukkan mesin mobil Daihatsu Ayla 2016

Dengan mesin yang digunakan konsumsi bahan bakar cukup irit

Terakhir kita akan membahas mengenai dapur pacu Daihatsu Ayla 2016. Dilengkapi dengan mesin D26F 1KR-DE yang memiliki tiga silinder serta 12 katup dan dioptimalkan menggunakan teknologi DOHC. Mesin juga memiliki kubikasi sebesar 998cc, sehingga mampu mengeluarkan tenaga maksimal mencapai 67 PS/6000 rpm. Ayla juga dapat mengeluarkan torsi mencapai 3.7 Nm / 3.600 rpm.

Selain mesin yang mumpuni Ayla juga memberikan 2 jenis perseneling yakni manual dan automatic. Efisiensi bahan bakar yang dimiliki juga cukup besar. Daihatsu Ayla mengklaim bahwa 1 liter bensin mampu digunakan dalam perjalanan sejauh 19,5 km. Artinya mobil ini cukup irit, bahkan jika Sobat ingin menggunakan untuk bepergian jarak menengah sekalipun.

>>> Review Daihatsu Ayla 2012: Mobil Mungil Hemat Bahan Bakar

6. SPESIFIKASI DAIHATSU AYLA 2016

DIMENSI

Kapasitas Penumpang

4-5 Orang

Panjang

3.600 mm

Lebar

1.600 mm

Tinggi

1.520 mm

Jarak Sumbu Roda

2450 mm

Ground Clerance

180 mm

MESIN

Tipe Mesin

D26F 1KR-DE DOHC/3 cylinder, 12 Valves, DOHC

Kapasitas

998 cc

Tenaga Maksimal

65 / 6.000 (PS / rpm)

Torsi Maksimal

8.7 / 3.600 Kg.m / rpm)

Transmisi

4 A/T  & 5 speed M/T

Bahan Bakar

Bensin

SUSPENSI & REM

Suspensi Depan

McPherson Strut

Suspensi Belakang

Torsion Beam

Rem depan

Disc

Rem Belakang

Drum

7. KELEBIHAN & KEKURANGAN DAIHATSU AYLA 2016

Melihat dari review Daihatsu Ayla 2016 di atas, Anda tentu sudah menebak kelebihan dan kekurangan yang dimiliki mobil ini. Tapi untuk mempermudah Sobat, kami akan memberikan ulasan singkat mengenai kelebihan dan kekurangan mobil ini.

Review Daihatsu Ayla 2016 : Kelebihan

Kelebihannya diantaranya adalah bantingan yang ringan, bahan bakar yang irit, kenyamanan yang cukup mumpuni, ketersediaan sparepart memadai dan harga yang ditawarkan juga sangat terjangkau dengan kualitas yang diberikan oleh Daihatsu. Kekurangan dari Daihatsu Ayla diantaranya minim fitur terutama pada tipe terendah, agak sulit jika digunakan pada jalanan menanjak, getaran pada mobil cukup terasa.

Review Daihatsu Ayla 2016 : Kekurangan

Meskipun begitu, sepertinya kekurangan yang dimiliki tetap tertutupi dengan penawaran harga yang sangat kompetitif. Tidak perlu mengumpulkan uang hingga ratusan juta, kini Sobat muda di rumah bisa segera mengisi garasi kosong di rumah.

8. DAFTAR HARGA DAIHATSU AYLA 2016

TIPE

HARGA

Harga Daihatsu Ayla Tipe M Sporty AT

Rp. 123 Jutaan

Harga Daihatsu Ayla Tipe Airbag X AT

Rp. 120 Jutaan

Daihatsu Ayla Tipe M MT

Rp. 100 Jutaan

Daihatsu Ayla Tipe D PLUS

Rp. 96 Jutaan

Daihatsu Ayla Tipe D MT

Rp. 85 Jutaan

9. VIDEO DAIHATSU AYLA 2016

10. KESIMPULAN DAIHATSU AYLA 2016

Daihatsu Ayla 2016 merupakan sebuah Green car yang memang cocok untuk digunakan oleh anak muda yang ingin mempunyai sebuah mobil dengan harga terjangkau. Dengan harga tersebut tentunya akan ada kekurang yang didapat oleh pemilik, meskipun terdapat beberapa kelebihan yang dimiliki.     

>>> Klik sini untuk lanjut simak artikel review mobil yang menarik lainnya

Share This:

Cari harga mobil

Harga mobil per merek

Review mobil populer