Review Daihatsu Ayla 2012: Mobil Mungil Hemat Bahan Bakar

29/07/2019 Abdul Review Daihatsu

Daihatsu Ayla pertama kali dirilis pada tahun 2012 dan masuk dalam segmen city car. Bagi sobat yang berniat membeli mobil dengan harga terjangkau bisa memilih mobil besutan Daihatsu satu ini. Untuk mengetahui informasi jelasnya, mari kita simak review Daihatsu Ayla 2012.

1. PENGANTAR DAIHATSU AYLA 2012

Review Daihatsu Ayla 2012 - Mobil satu ini dipersiapkan kepada masyarakat untuk memenuhi kebutuhan berkendara. Harganya yang cukup terjangkau menjadi salah satu kelebihan yang dimiliki. Selain itu, bahan bakar yang dimiliki cukup hemat sehingga dapat menekan pengeluaran.

Mobil ini hadir bersamaan dengan kembarannya yakni Toyota Agya. Untuk perbedaan diantara keduanya adalah pada airbag, yang mana untuk Ayla keluaran tahun 2012 masih belum dipasangi fitur keselamatan tersebut. Lantas apa yang dimiliki oleh Ayla dan bagaimana desainnya? Mari kita simak ulasannya di bawah ini:

2. EKSTERIOR DAIHATSU AYLA 2012

Review Daihatsu Ayla 2012: Bagian Depan

Gambar ini menunjukkan bagian depan mobil Daihatsu ayla 2012

Mobil Daihatsu Ayla 2012 mempunyai tampilan yang mungin dan minimalis

Pada bagian depan Daihatsu Ayla 2012 tampak dinamis. Untuk grille tampak besar dengan  garis tebal di bagian tengahnya. Tampak bagian grille atas memiliki desain kotak cukup besar namun di bagian bawah terlihat rapat. Kesan sporty juga sedikit terlihat di bagian bumper yang agak menonjol untuk bagian samping. Sementara desain lampunya sedikit besar meskipun tidak sebesar headlamp jaman sekarang. Dilanjutkan dengan kap mesin tanpa desain hanya ada logo Daihatsu di bagian depan tengahnya.

Review Daihatsu Ayla 2012: Bagian Samping

Gambar ini menunjukkan mobil Daihatsu ayla 2012 warna hitam tampak samping dan depan

Desain eksterior tampak sederhana namun cukup menarik

Melihat bagian samping dari Daihatsu Ayla 2012, desainnya tampak sederhana belum ada lekukan yang berarti. Untuk handle pintu dibuat senada dengan bodi untuk warnanya, begitu juga pada bagian spion. Bagian ini belum ada tambahan side moulding dan aksesoris lain. Bentuknya tampak melandai ke belakang dengan desain kaca mobil yang depan lancip ke depan dan yang belakang dibuat dengan ukuran lebih kecil.

Review Daihatsu Ayla 2012: Bagian Belakang

Gambar ini menunjukkan mobil Daihatsu ayla 2012 tampak belakang

Bagian belakang didesain sederhana belum ada tambahan yang wow

Memang untuk Ayla tahun 2012 belum banyak sentuhan yang membuatnya tampak model kekinian. Seperti pada belakangnya juga tampak sederhana dengan adanya logo Daihatsu di bagian pintu belakang dengan tulisan Ayla bagian kanan dan Astra bagian kiri. Tentunya penambahan tersebut dijadikan ikonik pada mobil ini. Sementara untuk bagian lampu belakang dibuat agak menonjol yang dipadukan dengan bentuknya yang unik. Sedangkan di bagian bumper belakang juga tampak sedikit lekukan di bagian bawah.

>>> Baca juga:

3. INTERIOR DAIHATSU AYLA 2012

Review Daihatsu Ayla 2012: Bagian Dashboard & Kemudi

Gambar ini menunjukkan dashboard dan kemudi Daihatsu ayla 2012

Dashboard didesain cukup minimalis dan dinamis

Menuju ke bagian dashboard, yang mana desainnya cukup sederhana dengan sedikit melandai ke arah pengemudi dan penumpang bagian depan. Belum terlalu banyak fitur di dalamnya seperti layar pada head unitnya. Untuk memberikan hiburan diberikan radio AM/FM, pemutar CD dan socket USB. Dengan adanya fitur tersebut tentunya dapat memberikan hiburan bagi pengemudi dan penumpang di dalamnya. Di bagian bawah fitur audio terdapat pengontrol AC yang masih menggunakan model knop putar. Untuk menyimpan barang di bagian kiri dashboard bagian bawah ada tempat penyimpanan yang bisa dimanfaatkan.

Sementara untuk kemudinya menggunakan 3 palang dengan bentuk bagian tengah bundar diberi logo Daihatsu. Untuk modelnya memakai 3 palang dengan jenis Power. Sementara untuk kolom kemudi memakai adjustable dan steering gear type rack & pinion. Untuk radius putar kemudi Daihatsu Ayla 2012 adalah 4.4 m.

Review Daihatsu Ayla 2012: Bagian Kursi

Gambar ini menunjukkan jok mobil Daihatsu ayla 2012

Jok mobil cukup nyaman diduduki

Pada bagian jok mobil Daihatsu Ayla 2012 dapat diduduki oleh 5 penumpang. Apabila dilihat dari bentuknya ada perbedaan antara bagian depan dan belakang. Untuk bagian depan terlihat sangat menarik dengan beberapa lekukan dan ujungnya lebih kecil untuk sandaran kepala. Sementara di bagian belakang terdapat 2 headrest. Jika dilihat dari ruang kakunya tampak lega.

>>> Baca Juga:

4. FITUR DAIHATSU AYLA 2012

Review Daihatsu Ayla 2012: Fitur Kenyamanan

Untuk memberikan kenyamanan kepada pengguna mobil Daihatsu Ayla, pihak pabrikan memberikan AC yang dapat dipakai untuk mengatur suhu di dalam kabin. Dengan adanya fitur tersebut pengendara akan lebih nyaman saat berada di dalam mobil terutama saat cuaca panas. Selain itu, agar lebih mudah dalam pengaturan jendela telah diberikan power window untuk bagian depan saja, sementara di bagian belakang tidak memilikinya. Ditambah lagi adanya teknologi power steering yang membuat pengemudi lebih mudah dalam mengendalikan kemudi mobil.

Review Daihatsu Ayla 2012: Fitur Hiburan

Gambar ini menunjukkan head unit pada mobil Daihatsu ayla 2012

Fitur audio cukup untuk memberikan hiburan

Saat berkendara kadang membuat pengendara dan penumpang di dalamnya akan terasa bosan. Sehingga dalam hal ini pihak pabrikan memberikan head unit dengan fitur radio AM/FM, pemutar CD, socket USB yang terhubung dengan speaker bagian depan dan belakang.

Review Daihatsu Ayla 2012: Fitur Keselamatan

Untuk mendukung keselamatan berkendara dari pihak Daihatsu menyematkan Child Safety Locks. Yang mana pengendara akan lebih tenang saat mengajak anak kecil untuk bepergian. Fitur lainnya adalah sabuk pengaman depan dengan penyesuaian ketinggian dan juga sabuk pengaman belakang. Di bagian spion tengah juga dapat dilipat sehingga saat tidak dibutuhkan maka pandangan tidak akan terhalang. Agar keselamatan tetap terjaga mobil Daihatsu Ayla 2012 telah diberikan pelindung benturan depan dan samping serta adanya pengingat saat pintu terbuka.

5. OPERASI DAIHATSU AYLA 2012

Gambar ini menunjukkan mesin mobil Daihatsu ayla 2012

Performa mesin cukup mumpuni

Berlanjut ke bagian performa Daihatsu Ayla 2012. Mesin yang digunakan adalah 1KR-DE dengan kapasitas 1.000 cc. Teknologi yang digunakan adalah DOHC dipadukan dengan sistem suplai bahan bakar EFI. Dengan mengandalkan mesin tersebut dapat menghasilkan tenaga maksimal sebesar 87 hp dan torsinya mencapai 85 Nm. Bahan bakar yang digunakan adalah bensin. Tenaga disalurkan menuju roda dengan mengandalkan transmisi manual 5 percepatan.

6. SPESIFIKASI DAIHATSU AYLA 2012

DIMENSI

Panjang

3600 mm

Lebar

1600 mm

Ground Clearance

180 mm

Tinggi

1520 mm

Jarak Sumbu Roda

2450 mm

Jarak pijak roda depan

1410 mm

Jarak pijak roda belakang

1405 mm

DETAIL MESIN

Jumlah Silinder

3

Katup per Silinder

4

Konfigurasi Katup

DOHC

Sistem Suplai Bahan Bakar

EFI

Kapasitas mesin

998 cc

Tenaga

87 hp

Jenis Bahan Bakar

Bensin

Torsi

85 Nm

SUSPENSI & KAKI-KAKI

Suspensi Depan

MacPherson Strut

Suspensi Belakang

Torsion Beam

Jenis Shockbreaker

Coil Spring

Ukuran Velg Alloy

13 Inch

Ukuran Ban

155/80 R13

Jenis Ban

Radial

Ukuran Velg

R13

7. KELEBIHAN & KEKURANGAN DAIHATSU AYLA 2012

Setiap kendaraan tentunya ada kelebihan dan juga kelemahannya. Jadi tidak ada yang sempurna, begitu juga dengan Daihatsu Ayla 2012.

KELEBIHAN

KEKURANGAN

Harga Murah

Fitur kurang lengkap

Performa Mesin Mumpuni

Bodi yang dimiliki ringan

Irit bahan Bakar

 

Kabin Luas

 

Sparepart Mudah Didapat

 

8. DAFTAR HARGA

Berbicara soal harga memang adanya dalam kondisi bekas. Hal tersebut dikarenakan Ayla terbaru sudah dikeluarkan dengan fitur mumpuni dan teknologi terbaru yang disematkan.

MODEL

HARGA BEKAS

Daihatsu Ayla 2012

Rp. 70 juta -98 jutaan

Nb. Harga bisa saja terdapat perbedaan tergantung kondisi mobil dan juga pasaran di wilayah sobat

9. VIDEO DAIHATSU AYLA 2012

 

10. KESIMPULAN DAIHATSU AYLA 2012

Mobil Daihatsu Ayla 2012 merupakan sebuah city car yang cocok untuk dijadikan kendaraan perkotaan. Kendaraan ini cukup digemari kalangan perempuan karena bentuknya yang mungil dengan beberapa kelebihan yang dimilikinya. Meskipun sudah terdapat fitur pendukung dalam hiburan dan kenyamanan, tapi sayangnya mobil ini belum diberikan fitur airbag yang menjadi fitur standar zaman sekarang.

>>> Klik sini untuk lanjut simak artikel review mobil yang menarik lainnya

Share This:

Cari harga mobil

Harga mobil per merek

Review mobil populer