Review Daihatsu All New Terios 2018, 10 Tahun Masa Penantian Dengan Hasil Maksimal

13/08/2018 Metodius Getan Plue Review Daihatsu

Daihatsu masih berharap besar pada SUV andalannya yaitu Terios. Kini, terios kembali menggebrak pasar otomotif tanah air, dengan meluncurkan All New Terios pada tahun 2018. Kehadiran Daihatsu All New Terios ini, kami rasa sangat tepat, karena akan secara langsung berhadapan dengan beberapa SUV andalan dari berbagai macam merek. Lantas apa saja yang membuat Daihatsu kembali membuat pembaruan pada Daihatsu Teriosnya setelah lebih dari 10 tahun menyimpannya? Simak ulasan Hargamobil.com berikut.

1. PENGANTAR

Review Daihatsu All New Terios 2018 - SUV produksi Daihatsu ini sudah diperkenalkan pertama kali di pasar Eropa sejak tahun 2006. Lalu pada akhir 2006, PT Astra Daihatsu Motor selaku Agen tunggal pemegang merek Daihatsu di Indonesia juga berani meluncurkan versi long wheelbase pertama kali di pasar global dengan kapasitas tujuh orang penumpang. Lalu pada tahun 2018, ditengah banyaknya SUV yang hadir di Indonesia, Daihatsu pun tidak ingin ketinggalan momentum, Daihatsu All New Terios hadir dengan beragam perubahan positif dan akan menjadi pesaing dari Honda BR-V serta beberapa SUV lainnya. Aura sporty begitu terasa dari sisi eksteriornya, apa saja yang menarik dari Daihatsu All New Terios 2018? Mari simak review lengkapnya.

2. EKSTERIOR

Ada dua varian yang ditawarkan, diantaranya R dan X, masing-masing tipe dari Daihatsu All New Terios juga dibekali varian deluxe, yang dimana varian deluxe tersebut mendapat beberapa aksen sporty seperti adanya body skirt di sisi luarnya. Seperti pada perbedaan eksterior tipe X dan X Deluxe memiliki tambahan seperti Deluxe Sticker, Muffler Cutter, dan Spare Wheel Cover. Serta pada tipe R dan R Deluxe terdapat perbedaan Deluxe Sticker, Front Aero Kit, Side Stone Guard Ornament, dan Black Interior Backdoor Garnish with Chrome Ornament List. Daihatsu memberikan pilihan 6 pilihan warna eksterior, diantaranya, Bronze Metallic, Classic Silver Metallic, Icy White, Midnight Black Metallic, Purple Metallic, Scarlet Red Metallic. Tidak usah berlama-lama, kami akan membahas lebih detail mengenai sisi eksteriornya.

  • Review Daihatsu All New Terios 2018: Bagian Depan

Daihatsu All New Terios 2018 Dengan New Front Aerokit

Sisi Depan All New Terios 2018 

Hargamobil.com melihat perubahan Daihatsu Terios ini cukup memuaskan, karena pada tahun 2018 ini Terios mendapatkan perubahan total, bahkan dari sisi eksteriornya pun begitu berbeda. Kekuatan SUV begitu terpancar dari lekukan atletis setiap sisinya. Di bagian depan All New Terios mendapatkan New Front Aerokit dengan bumper guard dan skid plate yang kokoh dan dinamis. Masih dari moncong depan, New LED Head Lamp dengan Positioning Lamp begitu cantik dan modern. Di bagian tengah, Grill berbalut krom tebal dengan desain bertingkat juga disematkan. Fog lamp dengan Bezel Krom membuat tampilan Terios terbaru lebih mewah.

  • Review Daihatsu All New Terios 2018: Bagian Samping

Bagian Samping Daihatsu All New Terios 2018 Dengan New Chrome Window Mewah

Tampak Samping Daihatsu All New Terios 2018 

Bergerak ke sisi samping, New Chrome Window membuat kesan mewah hadir di sisi ini serta jelas terlihat pelek Alloy Wheel dengan Black Paint berukuran 17 inci memberikan kesan gagah dan sporty. Adapun New Side Stone Guard (untuk R Custom) dengan penampilan sewarna dengan body lebih elegan dan dinamis, Solid Roof Rail (untuk semua tipe R) menegaskan citra maskulin pada mobil ini.

  • Review Daihatsu All New Terios 2018: Bagian Belakang

Pada Bagian Belakang Daihatsu All New Terios 2018 Terdapat Silver Skid Plate

Sisi Belakang SUV Terbaru Daihatsu 

Terakhir, kita bergeser ke belakang, pertama, bumper terbaru dengan Silver Skid Plate yang tampil dengan dua warna. LED Rear Combination + LED Trail Lamp yang stylish dan terang berkat digunakannya teknologi LED, masih dari belakang, New Shark Fin Antenna juga disematkan, serta New Duck Tail Spoiler dengan High Mount Stop Lamp.

>>> Mungkin Anda ingin baca:

3. INTERIOR

  • Review Daihatsu All New Terios 2018: Kabin

Kabin Daihatsu All New Terios 2018 Dengan Dominasi Warna Gelap Elegan

Kabin Terios Terbaru Lebih Lapang 

Ketika sudah membahas apa saja yang ada di luar, mari kita masuk ke dalam, Interior Terios terbaru sebetulnya sangat menarik. Beberapa paduan warna cerah dan gelap dikombinasikan sehingga menampilkan kesan mewah, elagan dan sporty yang menjadi satu.

  • Review Daihatsu All New Terios 2018: Dashboard

Dashboard Daihatsu All New Terios 2018 Dengan Advance Audio System

Dashboard Daihatsu Terios Terbaru 

Sebetulnya ketika masuk ke dalam kabin, terutama baris pertama kita akan melihat desain dashboard yang terlihat sederhana. Beberapa kesederhanaan tersebut tersebut tersimpan beberapa fitur unggulan. Pertama ada Advance Audio System, kemudahan dalam menyalakan dan mematikan mesin semudah menekan tombol kecil pada New Start Stop Button. Jika ingin kesejukan yang maksimal, Anda hanya perlu memanfaatkan New Digital Auto AC, pengaturan AC dalam kabin semakin mudah dan nyaman. TIdak lupa juga New Around View Monitor sehingga parkir semakin mudah dengan fitur Aroung View Monitor.

  • Review Daihatsu All New Terios 2018: Setir

Setir Daihatsu All New Terios 2018 dirasa cukup proporsioanal, tidak terlalu besar dan tidak terlalu kecil. Selain proporsionalnya bentuk kemudi, ada fitur modern yang membuat mobil ini lebih sempurna. Kesempurnaan ini ditunjang dengan beberapa fitur terbaik seperti balutan kulit elegan pada lingkar kemudi, serta ada pula audio & phone handsfree switch.

>>> Mungkin Anda juga tertarik:

4. FITUR

  • Review Daihatsu All New Terios 2018: Safety

Daihatsu All New Terios 2018 Dibekali Dengan Banyak Fitur Safety

Fitur Hill Start Assist Pada All New Terios

Ketika membicarakan SUV, mobil seperti ini harus memiliki beberapa fitur unggulan dalam safetynya. Anda tidak perlu khawatir, Daihatsu sudah menyiapkannya untuk Anda, beberapa fitur safety All New Terios adalah Hill Start Assist (HSA) yang akan memaksimalkan kendaraan ketika menanjak, Vehicle Stability Control (VSC), Anti-lock Breaking System (ABS) berguna ketika pengereman agar roda tidak mengunci, Electronic Brake Force Distribution (EBD), Emergency Stop Signal (ESS), hingga keamanan seperti Immobilizer & Alarm.

>>> Klik sini untuk simak review mobil Daihatsu lainnya

5. OPERASI

Daihatsu All New Terios dibekali mesin 2NR VE – DOHC Dual VVTi, dengan kapasitas silinder 1.496 cc, 4 silinder 16 katup. Mesin ini mampu memberikan tenaga pada terios 104 Ps pada putaran 6000 rpm, serta torsi 13,9 kg.m pada putaran 4200 rpm. Tenaga mesin yang besar ini disalurkan melalui dua pilihan transmisi, ada transmisi manual dan juga transmisi otomatis.

>>> Anda mau tahu lebih jelas tentang mobil lainnya, silakan klik sini

6. SPESIFIKASI

Pada tabel dibawah, kami telah menyiapkan spesifikasi lengkap dari Daihatsu All New Terios 2018.

Tipe

X M/T

X A/T

R M/T

R A/T

Mesin

Tipe Mesin

2NR VE – DOHC Dual VVTi

Kapasitas

1496 cc

Jumlah Silinder

4 silinder

Jumlah Katup

16

Diameter x Langkah

72,5 x 90,6 mm

Daya Maksimum

104/6.000 (PS/rpm)

Torsi Maksimum

13,9/4.200 (kg.m/rpm)

Sistem Bahan Bakar

Electronic Fuel Injection

Kapasitas Tangki

45 L

Dimensi

Panjang

4.435 mm

Lebar

1.695 mm

Tinggi

1.705 mm

Jarak Sumbu Roda

2685 mm

Tinggi dari tanah

220 mm

Berat

1245 kg

1255 kg

1260 kg

1270 kg

Kaki-kaki

Suspensi Depan

McPherson Strut dengan Per Keong dan Stabilizer

Suspensi Belakang

5 link, Rigid Axe dengan Per Keong dan Stabilizer

Rem Depan

Ventilated Disc

Rem Belakang

Drum, Leading & Trailing

Ukuran Ban

215/65 R16

215/60 R17

Pelek

Velg Alloy 16″ (Gun Metal)

Velg Alloy 17″ (Black Polished)

7. KELEBIHAN & KEKURANGAN

Saat review Daihatsu All New Terios 2018, inilah kelebihan dan kekurangannya yang Hargamobil.com dapat.

Kelebihan

Kekurangan

Desain sangat modern dan tidak membosankan

Tenaga masih dibawah pesaingnya

Banyak fitur safety yang membuat lebih nyaman dan aman

Peredaman masih belum maksimal, teruatama ketika pada frekuensi rendah

FItur hiburan sangat baik dan modern

 

Enak diajak bermanuver untuk melahap jalanan bergelombang

 

 

8. DAFTAR HARGA

Bagi Anda yang ingin membeli Daihatsu All New Terios 2018, kami sudah menyiapkan detail harganya dibawah ini.

Model

Varian

Harga Daihatsu All New Terios 2018

ALL NEW TERIOS

X MT

Rp 195.200.000

ALL NEW TERIOS

X MT DELUXE

Rp 205.200.000

ALL NEW TERIOS

X AT DELUXE

Rp 215.200.000

ALL NEW TERIOS

R MT

Rp 227.900.000

ALL NEW TERIOS

R MT DELUXE

Rp 237.900.000

ALL NEW TERIOS

R AT

Rp 237.900.000

ALL NEW TERIOS

R AT DELUXE

Rp 247.900.000

9. VIDEO

10. KESIMPULAN

Pada tahun 2018 ini, publik lebih banyak diarahkan pada kemunculan MPV dan juga SUV. Bebeapa pabrikan mulai menunjukkan taringnya dalam SUV, Daihatsu dengan Teriosnya dirasa akan mampu melalui tantangan dan rivalitas yang ada dalam segmen ini, simak terus review, berita dan tips seputar mobil hanya di Hargamobil.com.

>>> Untuk membeli mobil lebih aman dan cepat, jangan lupa mampir situs Cintamobil.com

Share This:

Cari harga mobil

Harga mobil per merek

Review mobil populer