Review BMW Z8 2000: Mobil Yang Ditunggangi Para Miliarder Dunia

31/01/2019 Franky Pratama Review BMW

Sepanjang sejarah BMW, model paling terkenal adalah Z8. Bahkan hingga era modern ini, model satu ini kian meningkat harganya karena esensi historis yang dimilikinya. Tak heran, BMW Z8 banyak diincar oleh para kolektor. Memang tak dipungkiri, mobil satu ini pernah Anda kenal setidaknya dalam layar kaca di era 1990-an. Penasaran? Berikut simak informasinya dalam review BMW Z8 2000.

1. PENGANTAR BMW Z8 2000

Review BMW Z8 2000 – Ketenarannya dimulai pada tahun 1990an yang mana segenap tim desainer yang diketuai Chris Bangle menciptakan lekuk seksi ala Retro pada produk mobil BMW. Hal tersebut dituangkan pada mobil konsep yakni BMW Z07 yang dipamerkan pada ajang Tokyo Motor Show 1997. Kala itu, mobil konsep Z07 ini diperkenalkan dalam dua wujuh bodi yakni Roadster bergaya Retro dan Coupé Nostalgic.

BMW Z07 menjadi mobil konsep yang diperkenalkan di acara Tokyo Motor Show 1997

Inilah mobil konsep BMW Z07 sebelum akhirnya diciptakan dalam versi produksi dalam sosok Z8

Melihat desainnya yang cukup atraktif kala itu, akhirnya BMW memutuskan untuk membuat versi produksinya dinamai Z8. Namun, BMW Z8 ini hanya hadir dalam versi Roadster namun tak lepas dari lekuk seksi ala Coupé. Semua racikan BMW sudah tersaji lengkap pada Z8 mulai dari mesin V8 4.941 cc hingga sensasi berkendara Convertible dua orang. Pada tahun 2000 hingga 2003, kendaraan seksi ini hanya menyediakan 5.703 unit saja yang dijual kepada dua negara utama yakni Eropa sebanyak 3.160 unit dan Amerika kebagian 2.543 unit saja.

Mungkin sebagian dari Anda yang lahir di era 1990an pernah melihat sosoknya dalam film James Bond berjudul “The World Is Not Enough”. Kala itu, Pierce Brosna yang berperan sebagai James Bond sedang mengendarai BMW Z8 dengan gaya maskulinnya, berwajah dingin dan genggaman setir pada tangan kirinya.

BMW Z8 James Bond merupakan satu ikatan yang tak terlupakan karena film ini sangatlah populer di zamannya

James Bond ketika menggunakan BMW Z8 di film The World Is Not Enough

Di sisi lain, BMW Z8 juga pernah dimiliki oleh pencipta Apple yakni Steve Jobs. Bahkan mobil bekas Steve Jobs ini dilelang oleh pemilik barunya dan dihargai sangat mahal di balai lelang Sotheby’s di kisaran Rp. 4 hingga 5 miliar. Tercatat juga bahwa mobil tersebut memiliki warna Titanium Silver dengan kilometer 24.462 Km. Melihat mobil ini banyak dimiliki oleh orang-orang mewah, Hargamobil.com menjadi penasaran untuk melakukan review BMW Z8 2000.

BMW Z8 yang pernah digunakan oleh Steve Jobs juga pernah dilelang

BMW Z8 juga pernah digunakan Steve Jobs dengan plant bertuliskan JOBS Z8

2. EKSTERIOR BMW Z8 2000

Lewat racikan tangan Henrik Fisker selaku desainer eksterior BMW Z8 2000, berhasil memadukan antara tampilan Retro dengan lekuk seksi khas Coupé.  Chris Bangle sebagai ketua dalam tim desainer tersebut memang merancang Z8 supaya terlihat ikonik yang terbukti sukses hingga kini.

Review BMW Z8 2000: Eksterior Depan

Wajah depannya terlihat sangat ikonik, mengingatkan kami akan model-model BMW bernuansa klasik. Terlihat seakan sejarah BMW akan terus hidup pada sosok BMW Z8. Hal yang paling bisa dibedakan dengan model BMW masa kini adalah desain Kidney Grille yang cenderung bulat bergaya Retro. Berbeda dengan desain BMW di era modern ini yang lebih menonjol akan nuansa mewah dan tegas. Ketersediaan lampu pun juga tertata rapi dan lengkap baik dari lampu utama Xenon, lampu kabut hingga segaris lampu sein di kedua wajah depannya.

Eksterior BMW Z8 2000 menggunakan wajah yang ikonik dengan gaya Retro

Fascia depannya menggunakan Kidney Grille ikonik BMW klasik

Review BMW Z8 2000: Eksterior Samping

Pada bodi sampingnya juga terlihat modern berkat hadirnya Air Vents dekat sisi Fender depan.  Adapun kaca spion dibuat mewah dengan sentuhan krom mengilap sebagai penunjuk kendaraan bertaraf Premium di zamannya. Hal menarik lainnya adalah desain bodi Convertible yang diusungnya, didesain tanpa atap, memberi nuansa ala kendaraan kerajaan.

Eksterior samping BMW Z8 2000 hadirkan ukuran ban yang berbeda antara sisi depan dan belakang

Sisi samping juga telah dibalut krom khususnya pada kaca spion

Review BMW Z8 2000: Eksterior Belakang

Desain Retro sangat lekat pada bodi belakangnya. Dengan sudut bodi yang tajam pada sisi depan namun membulat pada bodi belakang. Memberi rangkaian apik dan tak terlupakan dari BMW Z8. Di sisi lain, fitur-fiturnya juga tampil lengkap mulai dari lampu belakang berukuran minimalis hingga dua buah Exhaust berlapis krom sebagai penguat kesan mewah.

Eksterior belakang BMW Z8 2000 menggunakan lampu minimalis

Bodi belakang Z8 menghadirkan bentuk bodi yang cembung

>>> Baca juga:

3. INTERIOR BMW Z8 2000

Untuk urusan interior BMW Z8 2000, Scott Lempert yang memberi sentuhan elegan khas BMW kala itu. Kursi dua orang dengan tingkat kenyamanan tinggi sehingga dapat memberi sensasi berkendara tak terlupakan bagi sepasang kekasih. Hal ini bisa diamati pada warna kursinya yang dibuat merah. Memang dalam dunia otomotif, hal-hal detail sanggup menunjang atmosfer kabin interior-nya.

Review BMW Z8 2000: Dashboard

Dashboard sendiri terbagi menjadi dua warna. Pada sisi bawah, menggunakan material kulit berwarna merah, persis dengan kursinya. Adapun pada dashboard atas dikemas plastik dengan latar berwarna hitam sehingga tercipta nuansa yang romantis dan tegas. Fitur-fitur juga terbilang lengkap seperti pendingin hingga panel radio Display yang sudah mendukung teknologi navigasi. Tak heran, fitur navigasi untuk era 1990an merupakan hal yang sangat mumpuni dan jarang dimiliki oleh mobil lainnya.

Dashboard BMW Z8 2000 sudah dilengkapi fitur menghibur seperti penyejuk dan audio

Dashboard pun dikemas dengan balutan warna merah dan hitam

Review BMW Z8 2000: Setir

Kemudi setir sendiri dibalut bahan kulit bergaya Retro sejalan dengan tema awalnya. Adapun model setirnya masih menggunakan desain tiga palang bergaris sehingga memberi sensasi berkendara yang lebih menyenangkan. Berkendara santai di area perkotaan dan diterpa angin sepo-sepoi, sangatlah cocok menvisualiasikan kenyamanan berkendara dari mobil ini.

Setir BMW Z8 2000 sudah dibalut bahan kulit

Kemudi setirnya menggunakan mode tiga palang

Review BMW Z8 2000: Kursi

Lini kursi sendiri hanya tersedia untuk dua orang saja sehingga lebih cocok untuk dikendarai bersama pasangan. Belum lagi balutan warna merah pada kursinya mengindikasikan tema romantis. Adapun BMW Z8 juga menyediakan pengaturan elektrik bagi kursinya. Cukup mewah dan juga berteknologi untuk zamannya.

Kursi BMW Z8 2000 hanya mampu menampung dua orang saja

Kursinya pun sudah dibalut bahan kulit berkualitas

Review BMW Z8 2000: Bagasi

Bodi belakangnya yang cembung ternyata sukses memberikan kapasitas bagasi yang cukup lega di angka 204 Liter. Dari foto resminya, BMW Z8 memiliki ruang bagasi untuk satu tas Golf lengkap dengan set-nya. Tentu hal ini menandakan bahwa mobil ini juga menunjang kelegaan bagasi yang akomodatif untuk segala kebutuhan.

Bagasi BMW Z8 2000 mampu menampung barang bawaan Anda

Ruang bagasinya juga mampu menampung satu tas Golf berukuran besar

>>> Artikel menarik lainnya:

4. FITUR BMW Z8 2000

Lantas, apa fitur BMW Z8 2000 yang bisa dibanggakan? Mencari tahu hal ini, berikut informasi selengkapnya yang terbagi menjadi dua segmen yakni keselamatan dan hiburan.

Review BMW Z8 2000: Fitur Keselamatan

BMW Z8 terbilang sangat ringan yang memiliki bobot 1.660 Kg. Bahkan bobot ini terbilang lebih ringan dari BMW M5 yang berada di angka 1.780 Kg. Hal ini disebabkan karena material yang digunakan pada BMW Z8 yakni bahan Alumunium di banyak bodinya. Tak heran jika mobil ini memiliki kecepatan yang unggul di kelasnya dan sangat sesuai untuk dijadikan mobil di film James Bond.

Mobil ini juga sudah dilengkapi suspensi McPherson Struts dan Multi-Link. Namun ketika digunakan di jalanan kota, suspensi depan cenderung Understeer. Belum lagi pada aspek kecekatan ban yang belum didukung fitur Limited-Slip Differential sehingga transisi dari Grip ke Slip terasa kurang responsif.

Review BMW Z8 2000: Fitur Hiburan

Tidak begitu banyak fitur hiburan pada mobil ini selain fitur penyejuk dan panel audio. Meski audionya tidak secanggih seperti model BMW saat ini namun kami masih mengapresiasinya karena sudah mendukung fitur navigasi dan telepon. Tentu untuk era 1990an, fitur tersebut sudah sangat Premium dan canggih.

Fitur hiburan BMW Z8 2000 mengandalkan sistem audio yang sudah mendukung navigasi serta fungsi telepon

Bisa Anda amati bahwa audio-nya sudah mendukung fungsi navigasi

Hal spesial dari mobil ini adalah karena keunikan Convertible-nya. pengendara bisa berkendara tanpa atap, menikmati angin sepoi-sepoi sepanjang perjalanan. Di sisi lain, kelebihan Convertible adalah pengendara tak perlu memikirkan ruang kepala karena sudah memiliki dimensi ‘tidak terbatas’.

>>> Baca juga model terbaru lainnya yang tak kalah menarik dengan klik link ini

5. OPERASI BMW Z8 2000

Meski operasi mesin BMW Z8 2000 menggunakan kapasitas 4.941 cc V8 namun mobil ini kurang mumpuni untuk diajak kebut-kebutan. Seperti yang dijelaskan pada sisi fitur, BMW Z8 cenderung tidak memiliki Handling yang baik sehingga lebih baik dikendarai di area perkotaan saja.

Mesin BMW Z8 2000 mampu meraih 0-100 Km/Jam dalam waktu 4,7 detik

Mesin BMW Z8 menggunakan kapasitas 4.941 cc

Untuk sebuah mobil Convertible, BMW Z8 sudah memiliki spesifikasi mesin 5.0 Liter yang cukup buas. Dalam hal ini, BMW mencatat bahwa Z8 mampu melakukan akselerasi 0-100 Km/Jam hanya dalam waktu 4,7 detik saja. Daya yang dihasilkan mesinnya juga lumayan yakni di angka 394 BHP setara 6.600 Rpm dengan torsi puncak 369 Lb.ft di angka 3.800 Rpm. Tak heran, James Bond menggunakannya dengan kebut-kebutan di film The World Is Not Enough. Namun tetap saja, hal tersebut masih diawasi oleh para kru profesional.

>>> Ada juga tips dan trik seputar otomotif yang penting untuk Anda ketahui khususnya dalam hal perawatan dan pengemudian

6. SPESIFIKASI BMW Z8 2000

Di segmen ini, terlampir juga tentang spesifikasi BMW Z8 2000 secara detail.

SPESIFIKASI BMW Z8 2000

DIMENSI

Panjang x Lebar x Tinggi

4.400 mm x 1.830 mm x 1.317 mm

Jarak Poros Roda

2.505 mm

Ground Clearance

118 mm

MESIN

Tipe Mesin

5.0 Liter V8 4 Silinder Segaris DOHC

Kapasitas Silinder

4.941 cc

Daya Maksimum

394 BHP / 6.600 Rpm

Torsi Maksimum

500 Nm / 3.800 Rpm

Sistem Transmisi

6 Tingkat Percepatan Manual

Akselerasi 0 – 100 Km/Jam

4,7 Detik

Kecepatan Maksimum

250 Km/jam

HANDLING

Suspensi Depan

McPherson Strut

Suspensi Belakang

Multi-Link

Rem Depan

Discs

Rem Belakang

Discs

Ukuran Ban Depan

245/45 R18

Ukuran Ban Belakang

275/40 R18

BAHAN BAKAR

Tipe Bahan Bakar

Bensin

Kapasitas Tangki Bahan Bakar

73 Liter

7. KELEBIHAN & KEKURANGAN BMW Z8 2000

Lalu apa kelebihan dan kekurangan BMW Z8 2000? Berikut opini kami tentang mobil satu ini.

KELEBIHAN

KEKURANGAN

Harga jual kembali sangat mahal dan terus naik karena banyak dicari oleh kolektor

Sudah tak lagi dijual dalam kondisi baru

Dikenal akan ketenarannya dari film James Bond dan kendaraan yang pernah digunakan Steve Jobs

Mobil yang sangat langka besutan BMW

Mobil Convertible yang sangat nyaman dikendarai untuk sepasang kekasih

Fitur-fiturnya terbilang kurang modern

8. DAFTAR HARGA BMW Z8 2000

Mengingat mobil ini sangat langka, berikut daftar harga BMW Z8 2000 yang dijual dalam kondisi bekas di pasar internasional.

TIPE MOBIL

HARGA BMW Z8

BMW Z8 (Ketika Baru Dijual Tahun 2000)

₤ 86.650 atau IDR. 1,6 miliar

BMW Z8 Bekas (Bekas Kini)

₤ 150.000 atau IDR. 2,7 miliar

9. VIDEO BMW Z8 2000

10. KESIMPULAN BMW Z8 2000

BMW Z8 adalah model historis yang tenar akan popularitasnya di masa lalu. Orang ternama seperti Steve Jobs juga pernah menggunakan Z8 sebagai kendaraan pribadinya. Bahkan film populer 1990an seperti James Bond The World Is Not Enough juga menghadirkan BMW Z8 sebagai kendaraan masa depan. Hal-hal inilah yang akhirnya tak pernah terlupakan dari sosok Z8. Tak heran, harga bekasnya kini dibanderol sangat tinggi, apalagi jika angka kilometer masih sangat rendah.

Apakah dari pembaca setia ada yang pernah memiliki BMW Z8 Indonesia? Pasalnya, mobil ini sangat langka dan hanya dijual di Eropa serta Amerika di zamannya.

>>> Jika Anda tertarik dengan ulasan semacam ini, ikuti terus artikel menarik kami lainnya

Share This:

Cari harga mobil

Harga mobil per merek

Review mobil populer