Review BMW X7 2019 : “The President”

30/09/2019 Fatchur Sag Review BMW

Setelah rumor soal kehadirannya berhembus sejak tahun 2014, BMW X7 akhirnya resmi hadir untuk menempati posisi tertinggi lini mobil mewah keluaran pabrikan asal Jerman ini. Karena itulah SUV mewah ini lantas mendapatkan julukan The President yang menandai posisinya sebagai model flagship keluaran BMW.

1. PENGANTAR BMW X7 2019

Dalam beberapa tahun belakangan, BMW memang telah memperluas lini mobilnya dengan model-model yang menyasar niche tertentu. Misalnya seri 6 Series Grand Coupe yang merupakan coupe, tapi dengan empat pintu yang dikembangkan dari model coupe dua pintu pada umumnya. Hanya saja, kehadiran BMW X7 yang berjuluk “The President” seolah ingin mengembalikan BMW ke desain dan tipe kendaraan yang lebih lumrah.

Foto BMW X7 saat diluncurkan di GIIAS 2019

BMW Group Indonesia resmi meluncurkan SUV BMW X7

SUV mewah berukuran besar dengan tiga baris tempat duduk ini adalah SUV terbesar yang pernah diproduksi BMW dan menjadi simbol yang juga menggambarkan status flagship milik sedan 7 Series. Jadi, jangan heran jika BMW X7 2019 juga menawarkan tingkat kualitas, performa, dan kenyamanan yang sama tingginya, plus dengan kapasitas total tujuh orang penumpang.

2. EKSTERIOR BMW X7 2019

Sebagai SUV, tentunya tak mengherankan jika BMW X7 2019 memiliki desain eksterior yang memberikan kesan maskulin dan gagah. Bahkan, BMW X7 bisa dibilang memiliki tampilan khasnya sendiri yang membuatnya memiliki aura berbeda dibandingkan dengan seri BMW lainnya maupun SUV mewah lain pabrikan para kompetitor.

Eksterior BMW X7 2019 : Bagian Depan

Foto menunjukkan Tampilan depan BMW X7 2019

Berkarakter dipandang dari depan

BMW X7 2019 memiliki desain eksterior bagian depan yang memadukan kidney grille berukuran besar dan lampu depan dengan bentuk khusus yang memberikan kesan menyipit. Di samping itu, masih ada sentuhan balutan berwarna chrome dengan kesan mewah nan mengilap yang menegaskan kelas SUV baru pabrikan BMW ini. belum lagi, garis-garis tegas yang menghiasi bonnet juga mempertegas kesan kokoh dan gagah yang sejak awal nampaknya sudah menjadi ciri khas utama BMW X7.

Selain penampilan, desain eksterior BMW X7 2019 untuk bagian depan juga memperhatikan aspek keamanan pengendara, penumpang, maupun pengguna jalan lainnya. Pasalnya, lampu depan yang dipasang merupakan lampu tercanggih dari BMW Laserlight dengan kemampuan untuk menjangkau jarak hingga sejah 600 meter untuk visibilitas yang jelas. Meski begitu, BMW Laserlight tersedia sebagai fitur opsional.

Eksterior BMW X7 2019 : Bagian Samping

Foto menunjukkan BMW X7 2019 tampak dari samping

Bongsor jika dilihat dari samping

Bukan hanya dari desain eksterior bagian depannya, bagian samping BMW X7 2019 juga mempertegas kesan kokoh dan gagah. Hal ini ditunjukkan oleh desain lingkar roda kemudi dengan pelek chrome yang macho. Kemudian, ada juga roof rail di atap yang pastinya juga sangat fungsional, yaitu untuk menopang barang bawaan ekstra.

Eksterior BMW X7 2019 : Bagian Belakang

Foto menunjukkan BMW X7 2019 tampak dari belakang

Gagah dilihat dari belakang

Di bagian buritan, BMW X7 2019 menawarkan kesan futuristik yang semakin kental, terlebih jika Anda menengok desain lampu belakang dengan bentuk yang juga memberikan kesan menyipit, serta desain yang terintegrasi berkat ornamen chrome mengilap yang melengkapinya. Belum lagi masih ada fitur Rear Guard yang bukan hanya keren, tapi juga menunjang fungsionalitas dari SUV mewah nan gagah ini.

>>> Mungkin Anda ingin baca:

3. INTERIOR BMW X7 2019

Tak ingin kalah dengan eksteriornya, interior BMW X7 2019 pun tak kalah menarik untuk dicermati. Apalagi, ada keseimbangan nan apik kombinasi warna di dalam desain interior SUV mewah ini yang sukses memberikan kesan futuristik.

Interior BMW X7 2019 : Kabin

Foto kabin BMW X7 2019 bagian depan

Dimensi bodi besar, interior sudah pasti lapang

Para pakar mobil, baik itu penggemar BMW atau bukan, sama-sama sepakat bahwa desain interior di dalam kabin BMW X7 2019 bukan hanya menarik dan menegaskan kemewahan, tapi juga berkualitas. Bahkan, mereka yang kurang menyukai sentuhan eksterior BMW X7 punya pendapat yang berkebalikan 180 derajat begitu memberikan opini soal interiornya. Mulai dari ukuran ruang yang lega, fitur jok penumpang dan pengemudi yang optimal, sampai ragam fitur yang dijamin akan membuat pengalaman berkendara dengan SUV mewah ini semakin memuaskan dan berkesan.

Interior BMW X7 2019 : Dashboard dan Setir

Foto menunjukkan Dashboard dan setir BMW X7 2019

BMW X7 dilengkapi beragam fitur canggih

Sentuhan gaya pada interior BMW X7 2019 juga dicerminkan oleh desain pada dashboard dan setirnya. Dashboard didesain agar kemiringan mengarah ke pengemudi dan dilengkapi dengan layar ganda berukuran 12,3 inci yang punya resolusi tajam serta dibekali sistem pengenal suara. Secara garis besar, area dashboard dan setir memiliki detail yang tajam, sehingga memperkuat kesan futuristik dan mewah yang melebur secara harmonis. Belum lagi ada penggunaan berbagai teknologi modern yang semakin memperkaya fungsionalitas SUV berkapasitas tujuh orang ini.

Interior BMW X7 2019 : Kursi/Jok

Foto menunjukkan konfigurasi kursi BMW X7 2019

Jok mewah BMW X7, warna bisa dipilih sesuai selera

BMW X7, seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, memiliki kapasitas hingga tujuh orang dengan konfigurasi kursi atau jok tiga baris. Kursi penumpang di depan punya tingkat kenyamanan yang maksimal, yang ditunjang dengan berbagai fitur mewah. Untuk kursi penumpang baris kedua, ruang yang tersedia pun masih terasa lapang. Bahkan, baris paling belakang pun mampu menyediakan ruang yang cukup lapang untuk orang dewasa sekalipun.

Untuk fitur standarnya, BMW X7 2019 dibekali dengan kursi berlapis kulit sintetis berkualitas dan kursi depan dengan pemanas dan pengaturan dalam 16 cara. Jika Anda memilih fitur opsional, Anda bisa nikmati pelapis kursi kulit asli, kulit Merino premium, sandaran lengan dengan pemanas untuk kursi depan, kursi belakang dengan pemanas, sampai chaptain’s chairs untuk kursi penumpang baris tengah alias kedua.

Interior BMW X7 2019 : Bagasi

Foto menunjukkan Bagasi BMW X7 2019 dalam kondisi kursi baris ketiga tegak

Foto menunjukkan Bagasi BMW X7 2019 dalam kondisi kursi baris ketiga dilipat

Ada beberapa opsi untuk mendapatkan ruang bagasi yang lebih lapang

Meskipun punya interior yang terbilang lega, sebenarnya bagasi BMW X7 2019 tidak sampai selega para SUV jumbo para pesaing. Meski begitu, BMW X7 didesain secara cermat agar mampu menambahkan berbagai ruang penyimpanan pintar, termasuk desain untuk bagasinya. Belum lagi, kapasitas bagasi dapat ditambah dengan mudah cukup dengan melipat kursi penumpang baris tengah dan belakang.

>>> Baca juga:

4. FITUR BMW X7 2019

Dari segi fitur, BMW X7 juga tak kalah memuaskan. Apalagi, mengingat kastanya di kelas mobil mewah, tentu tidak heran jika BMW X7 2019 dibekali dengan jajaran fitur keselamatan maupun kenyamanan dan hiburan yang canggih dan modern.

Review BMW X7 2019 : Fitur Keselamatan

Foto menunjukkan Kursi baris belakang BMW X7 2019

Fitur keselamatan diperhatikan hingga baris ketiga

Dalam urusan fitur keselamatan, ada tiga fitur yang layak jadi sorotan. Pertama adalah fitur Frontal Collision Warning with City Collision Mitigation yang memberikan peringatan jika tabrakan dari depan tak terhindarkan. Nantinya, sistem akan langsung mengaktifkan rem apabila pengemudi gagal untuk merespon dengan tepat waktu.

Fitur kedua adalah Lane Departure Warning, yang memberikan peringatan kepada pengemudi jika kendaraan melaju di luar jalur yang semestinya. Kemudian ketiga fitur Active Blind-Spot Detection yang memberikan peringatan dengan cahaya di dalam kaca jika kendaraan berada pada titik buta (blind spot), yang diikuti dengan getaran pada setir jika Anda berusaha untuk berganti lajur.

Selain ketiga fitur di atas, masih ada banyak lagi fitur keselamatan dan keamanan yang lain juga tak kalah menarik, seperti Anti-lock Braking System (ABS), 3-point safety belts and head restraints at all seating positions, Adaptive LED Headlights, Automatic high beams, Park Distance Control depan belakang, Automatic-locking retractors (ALR) on all passenger-seat safety belts (for installation of child-restraint seats), Front and rear Head Protection System (HPS) with side-impact airbags, Programmable LED Daytime Running Lights, Anti-theft alarm system, Central locking system on driver and front passenger doors,

Review BMW X7 2019 : Fitur Kenyamanan dan Hiburan

Foto menunjukkan Layar MiD BMW X7 2019

Fitur kenyamanan dan hiburan canggih ada di BMW X7

Untuk menunjang kenyamanan sepanjang perjalanan, BMW sama sekali tidak main-main dalam membekali BMW X7 2019 dengan beragam fitur kenyamanan sampai hiburan sekalipun. Salah satunya adalah sistem pemindai jalan yang dapat menyesuaikan suspensi berdasarkan pengamatan yang ditangkap. Sistem inilah yang bekerja untuk menjamin laju kendaraan yang mulus, bahkan ketika melibas gundukan besar sekalipun.

Kemudian, kursi penumpang baris belakang didesain sedemikian rupa agar mampu memberikan kenyamanan yang optimal bahkan untuk penumpang dewasa maupun penumpang dengan tubuh besar.

>>> Review BMW X2 sDrive18i M Sport X 2018 Indonesia: Mobil Sport Activity Coupe Dengan Performa Mumpuni

5. OPERASI BMW X7 2019

Foto menunjukkan Mesin BMW X7 2019

Mesin BMW X7 hasilkan tenaga besar

Secara global ada 5 varian BMW X7. Yang 3 bermesin bensin yaitu X7 xDrive40i, X7 xDrive50i, dan X7 M50i. Sedang yang dua bermesin diesel yaitu X7 xDrive30d dan X7 M50d.

Untuk pasar Indonesia yang dipasarkan BMW Group Indonesia adalah varian X7 xDrive40i yang dibekali mesin bensin 3.0-liter TwinPower Turbo inline 6-cylinder yang sanggup menghasilkan tenaga maksimum 335 Hp pada putaran mesin 5.500-6.500 rpm dan torsi maksimum 450 Nm pada putaran mesin 1.500-5.200 rpm. Mobil ini dijual dengan harga Rp 2.808.000.000 OTR DKI Jakarta dan sekitarnya (September 2019). Harga tidak mengikat, dapat berubah sewaktu-waktu. Untuk wilayah lain atau pada bulan yang lain, harga kemungkinan besar berbeda.

>>> Review BMW X4 M40i 2019: Kendaraan Mewah Dengan Desain Eksotis

6. SPESIFIKASI BMW X7 2019

 

DIMENSI

Panjang

5151 mm

Lebar

2000 mm

Tinggi

1805 mm

Jarak sumbu roda

3105 mm

Ground Clearance

221 mm

MESIN

Tipe

3.0-liter TwinPower Turbo inline 6-cylinder

Tenaga maksimum

335 Hp @ 5.500-6.500 rpm

Torsi maksimum

450 Nm @ 1.500-5.200 rpm

Transmisi

Otomatis 8-speed STEPTRONIC

KAKI-KAKI

Sistem penggerak roda

All Wheel Drive

Sistem kemudi

Electric Power Steering

Suspensi depan

Double wishbone

Suspensi belakang

Lightweght Multi Link integral

Ukuran ban

285/45 R21

7. KELEBIHAN & KEKURANGAN BMW X7 2019

Kelebihan Kekurangan
Dimensi besar membuat kabin terasa sangat lapang Dimensi besar, radius putar juga besar
Fitur keselamatan dan kenyamanan lengkap Sangat segmented
Mesin besar bertenaga besar pula Harga mahal bikin tak setiap orang bisa membeli
Kemampuan off road yang mumpuni  

8. DAFTAR HARGA BMW X7 2019

Foto BMW X7 tampak dari samping belakang

BMW X7 bisa dipesan di seluruh dealer resmi BMW di Indonesia

Saat ini hanya ada satu pilihan varian BMW X7 2019 yang dijual di Indonesia, yaitu X7 xDrive40i Pure Excellence. BMW Astra menjual mobil ini dengan harga Rp 2.808.000.000 OTR DKI Jakarta dan sekitarnya (September 2019). Harga tidak mengikat, dapat berubah sewaktu-waktu. Untuk wilayah lain atau pada bulan yang lain, harga kemungkinan besar berbeda.

9. VIDEO BMW X7 2019

10. KESIMPULAN BMW X7 2019

Dibalik segala kelebihan, kemewahan, dan status yang diusung BMW X7 2019 sebagai pengisi kasta tertinggi mobil flagship keluaran BMW, tentunya ada harga yang harus Anda bayarkan, dan yang kami maksud adalah benar harga dalam arti yang sesungguhnya. Meski demikian, BMW sudah secara gambling menyasar segmen pasar high-end untuk SUV jumbo terbaru mereka, seperti yang digambarkan lewat julukan BMW X7 sebagai The President – Sang Presiden.

>>> Klik sini untuk lanjut simak artikel review mobil yang menarik lainnya!

Share This:

Cari harga mobil

Harga mobil per merek

Review mobil populer