Review BMW X4 xDrive28i M Sport 2014

30/01/2019 Franky Pratama Review BMW

Salah satu produk BMW yang memiliki desain unik adalah X4. Mobil satu ini menggabungkan lekuk bodi seksi ala Coupé dengan aroma maskulin khas Sport Utility Vehicle (SUV). Tak heran jika perpaduan ini diberikan nama Sports Activity Coupé (SAC) oleh BMW. Memang tren SUV sedang naik daun dalam beberapa tahun belakangan ini. Sehingga, diharapkan hadirnya BMW X4 menjadi salah satu strategi untuk menarik perhatian masyarakat. Inilah dia review BMW X4 xDrive28i M Sport 2014 Indonesia.

1. PENGANTAR BMW X4 xDRIVE28I M SPORT 2014

Review BMW X4 xDrive28i M Sport 2014 – Sosoknya pertama kali diperkenalkan dalam bentuk konsep yang disebut BMW Concept X4 di ajang Auto Shangai 2013. Tak berlangsung lama, akhirnya versi produksi pun dihadirkan tepat di tahun 2014, New York International Auto Show. Dalam hal ini, BMW X4 mengadopsi mesin yang diusung oleh X3 namun dengan sasis bodi yang lebih besar serta maskulin.

BMW X4 xDrvie28i M Sport menggabungkan nuansa maksulin SUV dengan lekuk seksi kupe

Inilah sosok BMW X4 yang memiliki desain eksterior memukau

Di Indonesia sendiri, BMW X4 hadir di ajang Indonesia International Motor Show (IIMS) 2014 lalu. Kedatangannya menjadi model SAC kedua, setelah BMW X6 yang meluncur pada tahun 2008 silam. BMW Indonesia mengaku bahwa X4 dirancang khusus bagi mereka yang mencintai unsur mewah serta fleksibilitas tinggi perkotaan. Bagi Anda yang hendak membeli mobil satu ini, ada baiknya Anda menyimak review BMW X4 2014 xDrive28i M Sport Indonesia untuk mengerti kelebihan, fitur serta kekurangan yang dimilikinya.

2. EKSTERIOR BMW X4 xDRIVE28I M SPORT 2014

Sejatinya model satu ini memiliki berbagai pilihan bodi trim meliputi SE, xLine dan M Sport. Namun di Indonesia, konsumen hanya bisa menikmati pilihan M Sport yakni varian tertingginya. Seperti yang sudah kami sebutkan, eksterior BMW X4 xDrive28i M Sport 2014 menggabungkan unsur maskulin ala mobil SUV dengan lekuk seksi Coupé.

Review BMW X4 xDrive28i M Sport 2014: Eksterior Depan

Wajah depan memang menjadi pesona utama bagaimana karakter sebuah mobil. Seperti halnya, BMW X4 yang kental akan nuansa mewah lewat aksen krom pada Kidney Grille serta pelipisnya. Hal ini sukses menciptakan visual akan esensi ikonik dari BMW namun dikemas lebih modern.

Depan BMW X4 xDrive28i M Sport 2014 menghadirkan lampu Adaptive LED namun masih bersifat opsional

Lampu depannya masih menggunakan konfigurasi Xenon yang dibalut Grille beraksen krom

Sektor pencahayaan juga ditunjang kuat oleh lampu Xenon dipadu LED Fog Light. Sebagai pilihan standar, lampu utamanya juga dibekali Washer yang berfungsi untuk membersihkan noda pada lampu. Sayangnya, fitur Adaptive Headlights masih menjadi fitur opsional yang mana Anda harus menambah biaya untuk mengaplikasikannya. Namun secara keseluruhan, kami cukup menyukai wajah depan BMW X4, terkesan modis namun juga tak melepas unsur mewah.

Review BMW X4 xDrive28i M Sport 2014: Eksterior Samping

Dibanding varian lainnya, desain velg M Sport memang paling menawan. Di Indonesia tampilannya cukup sporty dengan ukuran 19 inci berdesain M Double-Spoke Style. Di sisi lain, kami juga sangat menyukai lekuk dinamis pada atapnya yang melandai menyerupai Coupé. Di sisi inilah lekuk seksi yang unik menjadi ciri khas utama dari BMW X4.

Samping BMW X4 xDrive28i M Sport 2014 tampil menarik dengan lekuk atap seksi ala kupe

Untuk versi standar, Velg-nya menggunakan ukuran 19 inci M Double-Spoke

Review BMW X4 xDrive28i M Sport 2014: Eksterior Belakang

Atapnya yang melandai seperti mobil Coupé, membuat kaca belakangnya terlihat minimalis serta menggoda. Hal tersebut juga ditunjang oleh hadirnya Shark Fin Antenna pada sisi atap sehingga sukses memberi kesan lebih berkarakter pada BMW X4. Sisi lampu juga tak luput dari pantauan BMW dengan menggunakan desain modern dan minimalis, namun tetap memberi kualitas pencahayaan yang baik. Pemanis akhir adalah hadirnya Exhaust berlapis krom, memperkuat tema elegan yang diusungnya.

Belakang BMW X4 xDrive28i M Sport 2014 tampil dengan lekuk tegas dan seksi

Aksen mewah juga ditemui pada sisi Exhaust dengan aksen krom

>>> Baca juga:

3. INTERIOR BMW X4 xDRIVE28I M SPORT 2014

Sebagai mobil SAC yang dirancang mewah untuk area perkotaan, ruang interior BMW X4 xDrive28i M Sport 2014 juga didesain sangat elegan serta lega. Adapun mobil satu menyediakan banyak sekali fitur dan tombol. Dalam hal ini, Anda membutuhkan waktu untuk beradaptasi dengannya.

Review BMW X4 xDrive28i M Sport 2014: Dashboard

Lini dashboard dibalut warna Black High-Gloss, terkesan minimalis namun juga memberi sensasi Premium. Namun jika dilihat lama-lama, mungkin terbilang cukup membosankan karena itulah karakter dari warna hitam. Di sisi lain, mungkin bagi Anda yang sering kali mengikuti produk-produk BMW, Anda akan merasakan bahwa penataan desain dashboard X4 cenderung agak kuno tak semodern model-model BMW masa kini. Terlepas dari itu, fitur-fiturnya sangat lengkap dan kami sangat menyukai apa yang ditawarkan oleh X4.

Dashboard BMW X4 xDrive28i M Sport 2014 dibekali fitur-fitur lengkap yang mungkin terlihat rumit bagi pengguna pertama

Dashboard dikemas kurang modis yang mengandalkan warna hitam saja

Review BMW X4 xDrive28i M Sport 2014: Setir

Bodi trim M Sport membuat rancangan setirnya juga berubah. Menggunakan desain khas M dengan balutan kulit berkualitas. Tak lupa, model ini juga menawarkan tuas Paddle Shift yang mampu mengganti transmisi dengan sensasi ala F1. Dalam hal ini, bisa diamati bahwa bukan saja kenyamanan yang ditawarkan tapi juga sensasi berkendara agresif.

Setir BMW X4 xDrive28i M Sport 2014 menghadirkan tuas Paddle Shift

Setir sendiri sudah dibalut material kulit berkualitas

Adapun setirnya juga menyediakan tombol multifungsi yang disematkan di kedua sisi sampingnya. Seperti halnya, pengaturan audio hingga pengaturan panel Multi Information Display (MID). Tentu hal ini membuat Anda lebih mudah mengakses fitur-fiturnya tanpa harus kehilangan konsentrasi dalam berkendara.

Review BMW X4 xDrive28i M Sport 2014: Kursi

Lini kursi pun tak lupa disematkan bahan berkualitas yakni kulit Nevada berwarna hitam. Tak heran jika nantinya Anda akan menyukai sensasi berkendara dengan sajian kursi yang empuk serta menyanggah postur tubuh dengan sempurna. Adapun mobil ini juga menyediakan fitur Heater sebagai fitur standar namun sayangnya tidak aplikatif untuk iklim Indonesia yang tropis. Di sisi lain, kami juga mengingatkan bahwa mobil ini mampu menampung hingga 5 orang sekaligus sehingga cocok untuk penggunaan perkantoran hingga kegiatan keluarga.

Kursi BMW X4 xDrive28i M Sport 2014 mampu menampung hingga 5 orang sekaligus

Kursi belakangnya juga tak luput dari esensi nyaman serta mewah

Review BMW X4 xDrive28i M Sport 2014: Kapasitas Bagasi

Dua kata untuk bagasinya yakni “Sangat lega”. Itu pendapat kami. Bayangkan saja, dengan mode standar saja kapasitas bagasinya mampu mencapai 500 Liter. Memang, kapasitasnya tidak selega X3 yang memiliki lebih 50 Liter tapi kami sangat menyukainya. Pasalnya, barang bawaan apapun sudah bisa ditaruh pada bagasinya. Diprediksi 6 tas koper bisa masuk ke dalam bagasi X4.

Bagasi BMW X4 xDrive28i M Sport 2014 terbilang sangat lega untuk kebutuhan Anda

Meski tak seluas beberapa kompetitornya namun kapasitasnya sudah terbilang sangat lega

>>> Artikel menarik lainnya:

4. FITUR BMW X4 xDRIVE28I M SPORT 2014

Lantas bagaimana jika ditilik dari segi fitur BMW X4 2014? Segmen ini akan membuat kami mengulasnya lebih jauh baik dari aspek keselamatan hingga hiburan dalam interior-nya. Tentu hal menjadi pertimbangan penting bagi Anda yang hendak meminangnya.

Review BMW X4 xDrive28i M Sport 2014: Fitur Keselamatan

Cukup disayangkan mengingat fitur Adaptive Cruise System, Blind Spot Monitoring dan Driving Assistance Plus hanya tersedia sebagai fitur opsional saja yang membutuhkan biaya tambahan untuk mengaplikasikannya. Namun kami memang memahami hal ini karena kompetitornya pun memiliki kekurangan serupa yakni Mercedes-Benz GLC 250d.

Performa BMW X4 xDrive28i M Sport 2014 terbilang mumpuni untuk area perkotaaan

Sayangnya, fitur keselamatan banyak hadir dalam mode standar saja dan sisanya opsional

Namun tak perlu berkecewa hati, pasalnya BMW X4 sudah menghadirkan fitur sekelas Auto Start-Stop, Brake Energy Regeneration dan Drive Performance Control. Adapun sudah tersedia tiga mode berkendara pilihan meliputi ECO, COMFORT dan SPORT. Setiap mode tersebut memiliki pengaturan berbeda yang bisa Anda pilih sesuai kebutuhan. ECO misalnya ditekankan untuk performa irit bahan bakar dan SPORT untuk membuka performa paling maksimal dari mobil ini.

Review BMW X4 xDrive28i M Sport 2014: Fitur Hiburan

Sejatinya, BMW X4 lebih menonjolkan esensi hiburan daripada aspek lainnya. Hal ini bisa diamati pada hadirnya teknologi BMW iDrive System yang disematkan pada dashboard-nya. Anda bisa mengoperasikan banyak hal dari panel tersebut mulai dari Multimedia hingga navigasi. Belum lagi jika berbicara kualitas audionya yang mendukung Harman/Kardon Surround Sound dengan 16 speaker. Dijamin Anda akan menikmati sajian musik yang jernih sekelas konser-konser ternama. Hal inilah yang paling menonjol dari BMW X4.

Fitur BMW X4 xDrive28i M Sport 2014 tampil cukup menghibur khususnya dalam kualitas audio

Semua fitur tertata lengkap namun membutuhkan sedikit waktu bagi Anda untuk memahami segala fungsinya

>>> Bandingkan juga dengan model BMW menarik lainnya

5. OPERASI BMW X4 xDRIVE28I M SPORT 2014

Perfoma operasi mesin BMW X4 xDrive28i M Sport 2014 juga tak main-main dengan kapasitas 1.995 cc Turbo Intercooled. Di atas kertas, mesinnya mampu menghasilkan daya maksimum sebesar 243 PS di kisaran 5.000 hingga 6.500 Rpm. Nantinya tenaga tersebut akan disalurkan ke roda penggerak menggunakan transmisi 8 tingkat percepatan otomatis sehingga mampu memberikan torsi puncak hingga 353 Nm di kisaran 1.450 hingga 4.800 Rpm. Tak dipungkiri, racikan tersebut terasa sangat mumpuni untuk area perkotaan dan kegiatan sehari-hari Anda.

,Mesin BMW X4 xDrive28i M Sport 2014 tampil sangat bertenaga untuk area perkotaan

Mesinnya dibekali kapasitas 1.995 cc Twin Power Turbo Intercooled

Bahkan jika Anda ingin performa akselerasi mumpuni, BMW X4 sudah menghadirkannya. Dengan rentang 0-100 Km/Jam hanya ditempuh dalam waktu 6,4 detik saja dengan kecepatan maksimum di angka 235 Km/Jam. Sesuai performa mengesankan untuk mobil SAC satu ini. Adapun dalam hal keiritan, BMW X4 mencatat rekor 14,3 Km/Liter.

>>> Tak kalah menarik, Anda juga mengamati tips dan trik mobil terbaru di situs Hargamobil.com

6. SPESIFIKASI BMW X4 xDRIVE28I M SPORT 2014

Supaya informasi ini lebih ringkas, Hargamobil.com juga hendak melampirkan spesifikasi BMW X4 xDrive28i M Sport 2014.

SPESIFIKASI BMW X4 xDrive28i M Sport 2014

DIMENSI

Panjang x Lebar x Tinggi

4.686 mm x 1.882 mm x 1.623 mm

Jarak Poros Roda

2.809 mm

Jarak Pijak Depan

1.595 mm

Jarak Pijak Belakang

1.610 mm

Ground Clearance

203 mm

Bobot Kosong

1.873 Kg

MESIN

Tipe Mesin

2.0 Liter 4 Silinder Segaris 16 Katup DOHC Turbo Intercooler

Kapasitas Silinder

1.997 cc

Daya Maksimum

243 PS / 5.000 – 6.500 Rpm

Torsi Maksimum

353 Nm / 1.450 – 4.800 Rpm

Sistem Transmisi

8 Tingkat Percepatan Otomatis

Kecepatan Maksimum

235 Km/Jam

Akselerasi 0-100 Km/Jam

6,4 Detik

BAHAN BAKAR

Tipe Bahan Bakar

Bensin

Estimasi Konsumsi Bahan Bakar Rata-Rata

14,3 Km/Liter

7. KELEBIHAN & KEKURANGAN BMW X4 xDRIVE28I M SPORT 2014

Khusus di segmen ini, Hargamobil.com hendak menyampaikan kelebihan dan kekurangan BMW X4 xDrive28i M Sport 2014.

KELEBIHAN

KEKURANGAN

Tampilan SUV yang kekar dengan lekuk seksi Coupé menawan

Kelengkapan standar dirasa kurang lengkap khususnya dalam aspek keselamatan dibanding model BMW lainnya

Kapasitas bagasi sudah sangat lapang untuk memenuhi kebutuhan berkendara Anda

Tersedia banyak sekali fitur opsional yang membutuhkan biaya tambahan untuk mengaplikasikannya

Ruang kabin lega dan cukup elegan

Tombol-tombol pada dashboard dan Head Unit-nya terbilang rumit dan berjumlah cukup banyak sehingga membutuhkan waktu untuk beradaptasi

8. DAFTAR HARGA BMW X4 xDRIVE28I M SPORT 2014

Di Indonesia, model ini masih dijual dengan kondisi baru. Berapa harganya? Inilah daftar harga BMW X4 xDrive28i M Sport 2014.

TIPE MOBIL

HARGA BMW X4 xDrive28i M Sport Baru (On The Road)

BMW X4 xDrive28i M Sport

IDR. 1.392.000.000

9. VIDEO BMW X4 xDRIVE28I M SPORT 2014

10. KESIMPULAN BMW X4 xDRIVE28I M SPORT 2014

Jika Anda cukup bosan dengan tampilan SUV yang itu-itu saja, BMW X4 menawarkan kelebihan dengan lekuk seksi khas Coupé yang menawan. Desain seperti ini memang sedang tren khususnya pada jajaran BMW X. Tak heran, jika model satu ini terbilang laris manis di pasar global, menjadi Trendsetter bagi kendaraan SUV lainnya. BMW X4 lebih menonjolkan fitur hiburan yang lengkap serta kenyamanan kabin lega. Namun sayang, banyak hal disediakan secara opsional pada model ini yang mana membutuhkan biaya tambahan untuk mengaplikasikannya. Namun jika Anda memiliki dana lebih dan menyukai desainnya, tak ada salahnya meminang BMW X4 xDrive28i M Sport 2014 Indonesia.

>>> Simak juga review lengkap dari kami supaya Anda dapat mempertimbangkan pilihan lebih matang

Share This:

Cari harga mobil

Harga mobil per merek

Review mobil populer