Review BMW X3 M Competition 2020 : Mobil SUV Fitur Berlimpah Dan Mesin Bertenaga

01/09/2020 Abdul Review BMW

Akhirnya pihak BMW Indonesia mengusung mobil SUV yang memiliki desain menawan dan mesin yang memiliki tenaga mumpuni dari BMW seri M. Mobil tersebut adalah mobil BMW X3 M Competition 2020. Lantas seperti apakah spesifikasi dan fitur pada mobil tersebut? Mari kita simak ulasannya.

1. PENGANTAR BMW X3 M COMPETITION 2020

Review BMW X3 M Competition 2020 – Mobil besutan BMW satu ini diperkenalkan dalam masa pandemi Covid-19 dengan menggunakan sistem virtual. Untuk peluncurannya dilakukan dari BMW M-Town yang berlokasi di Plaza Indonesia, Jakarta Pusat. Sebelumnya di tahun 2018 sudah lebih dahulu diluncurkan mobil BMW X3.

Jadi mobil X3 M adalah varian yang mempunyai performa tinggi diambil dari X3. Pengembangan dilakukan dengan memakai platform sama dan beberapa perubahan dilakukan seperti di bagian eksterior dan juga detail tambahan sehingga membuatnya tampil sporty. Dari pihak BMW memberikan keterangan bahwa X3 M Competition memiliki mesin bensin dengan mengandalkan 6 silinder terkuat. Untuk mengetahui spesifikasi dan fitur di dalamnya, mari kita simak informasinya.

2. EKSTERIOR BMW X3 M COMPETITION 2020

Review BMW X3 M Competition 2020 : Bagian Depan

Gambar ini menunjukkan bagian depan BMW X3 M Competition 2020

Desain bagian depan tampak akan kegagahan dan ketangguhannya

Pada bagian eksterior depan tampil sporty dengan penggunaan kidney grille khas mobil BMW. Yang mana bagian tersebut dihadirkan dengan tampang High-gloss Black. Untuk perubahan lain yang dapat dirasakan adalah bagian bumper bawah yang mempunyai lubang udara dengan ukuran yang lebih besar. Fungsinya adalah untuk menyuplai udara yang masuk ke dalam ruang mesin kendaraan.

Dibandingkan X3 biasa memang tidak terlalu berbeda jauh. Pada bagian headlamp didesain menyipit yang telah mengandalkan Adaptive LED termasuk BMW Selective Beam. Dengan adanya fitur tersebut maka saat berkendara di malam hari visibilitas pengendara akan lebih baik.

Review BMW X3 M Competition 2020: Bagian Samping

Gambar ini menunjukkan bagian samping mobil BMW X3 M Competition 2020

Sebuah SUV tangguh dengan harga yang fantastis

Saat melihat bagian samping akan disapa dengan penggunaan pelek V-Spoke style 765 N dengan ukuran 21 inci. Walaupun tidak terlihat dengan jelas, di bagian ini terdapat guratan yang tegas. Tutup spion dibalut dengan warna hitam dan pada bagian sampingnya ini tidak terdapat aksen yang berlebihan. Untuk ground clearance yang dimiliki ukurannya adalah 203 mm, namun belum diberikan footstep pada mobil ini.

Review BMW X3 M Competition 2020: Bagian Belakang

Gambar ini menunjukkan bagian belakang mobil BMW X3 M Competition 2020

Headlamp tampak keren dipadukan dengan lekukan bodi belakang

Saat melihat bagian belakang juga akan tampak tampilannya yang sporty dan juga gahar. Suara yang dihasilkan oleh knalpotnya juga menggelegar yang berasal dari knalpot yang dimiliki oleh BMW M Sport. Pada sisi lampunya sama yang dimiliki oleh X3 dengan tambahan reflektor di sisi bawah. Dari pintu belakangnya tampak guratan tegas sampai ke bagian bumper yang mengandalkan warna yang sama dengan bodi.

>>> Baca Juga :

3. INTERIOR BMW X3 M COMPETITION 2020

Review BMW X3 M Competition 2020: Bagian Dashboard Dan Kemudi

Gambar ini menunjukkan dashboard dan kemudi mobil BMW X3 M Competition 2020

Bagian dashboard dan kemudi kaya akan fitur yang diberikan

Saat masuk ke dalam interior akan ditemukan tampilan yang futuristik di bagian dashboardnya. Untuk warna didominasi dengan warna hitam yang mengandalkan bahan material soft touch. Desain yang digunakan mengandalkan paduan antara tombol fisik dan layar sentuh berukuran 12,3 inci yang telah memakai teknologi iDrive. Pengaturan tombol mempunyai posisi yang condong ke arah pengemudi sehingga tampil ergonomis.

Sementara di bagian cluster bawah terdapat AC digital yang menggunakan aksen warna silver. Di bagian konsol tengah terdapat ruang penyimpangan yang dapat dibuka. Tidak lupa pula untuk penumpang depan dibekali gear shift dengan armrest. Sementara bagian kemudi mengandalkan 3 palang dengan lapisan kulit warna hitam dan perak. Terdapat pula beberapa tombol multifungsi untuk mempermudah pengemudi dalam mengatur fitur di dalam mobil.

Review BMW X3 M Competition 2020: Bagian Kursi

Gambar ini menunjukkan jok mobil BMW X3 M Competition 2020

Tampilan jok sporty sehingga terlihat keren

Rasa berkendara sporty ditawarkan oleh pihak BMW dengan kehadiran jok bucket seat. Jadi pengendara bisa mengatur panjang bantal jok dan juga penyetelan penyangga lumbar pneumatic yang disediakan di sisi samping kursi. Menariknya lagi adalah di bagian headrest semi yang terintegrasi sehingga pengaturannya dapat dilakukan dengan sistem elektris.

Review BMW X3 M Competition 2020: Bagian Bagasi

Gambar ini menunjukkan bagasi mobil BMW X3 M Competition 2020

Bagasi luas apabila saat kursi belakang dilipat

Kepraktisan juga dapat dirasakan dengan ruang penyimpanan yang diberikan terbilang baik. Apalagi saat bagian jok belakang dilakukan pengaturan 40:20:40 dengan direbahkan maka kapasitas bagasi yang dimiliki dapat mencapai 1.600 liter.

>>> Mungkin Anda juga tertarik:

4. FITUR BMW X3 M COMPETITION 2020

Mobil BMW X3 M Competition 2020 dilengkapi dengan iDrive yang dapat digunakan untuk mengatur beragam fitur yang dimiliki. Sedangkan lampu depan sudah mengandalkan LED Adaptif. Sementara untuk lampu cornering dan interiornya dibekali dengan pencahayaan ambient yang merupakan fitur standar, pengaktifannya juga dapat dilakukan dengan mengandalkan iDrive. Untuk pilihan opsional ada panoramic sunroof.

Gambar ini menunjukkan tuas pada BMW X3 M Competition 2020 dengan beragam fitur

Fitur canggih dapat memberikan keamanan dan kenyamanan selama berkendara

Adapun fitur standar lain yang diberikan adalah kontrol iklim 3 zona dan bukaan pintu bagasi dengan hanya mengandalkan satu sentuhan. BOM juga memberikan fitur infotainment yang terbilang lengkap dengan mengandalkan head unit ukuran 12,3 inci yang dapat terintegrasi dengan Apple CarPlay bersamaan dengan 32 hard drive, BMW Live Cockpit Professional dan BMW Gesture Control. Untuk melengkapi fitur tersebut diberikan sound system  dengan 16 speaker Harman Kardon dan wireless Charging.

Berhubungan dengan keselamatan, pihak BMW memberikan fitur DSC (Dynamic Stability Control) yang membuat roda bisa dikendalikan dalam mode dynamic dan dapat juga dimatikan. Bahkan Sobat juga memilih info apa saja yang ingin ditampilkan dalam Head Up Display dengan mengandalkan meni iDrive. Terdapat 2 tombol M yakni M1 dan M2 yang bisa dipilih yang terdapat di bagian roda kemudi mobil. Selain itu, sistem keselamatan aktif yang diberikan juga melimpah seperti ABS sampai fitur Crash Sensor. Airbag, proteksi perlindungan pasif pada pejalan kaki dan M Seatbelt juga turut diberikan.

>>> Baca Juga, Review BMW 325i 2003: Tampilan Khas Mobil Eropa Dengan Harga Terjangkau

5. OPERASI BMW X3 M COMPETITION 2020

Gambar ini menunjukkan mesin mobil BMW X3 M Competition 2020

Mesin yang diberikan paling bertenaga

Menuju ke bagian mesin, pihak BMW memberikan BMW X3 M Competition 2020 mesin 3.0L dengan 6 silinder segaris TwinPower Turbo. Mengandalkan mesin tersebut dapat menghasilkan tenaga maksimum sebesar 510 Ps dan torsi maksimumnya adalah 600 Nm. Bila dibandingkan dengan X3 biasa tenaga yang dimiliki lebih besar 30 Ps.

Tenaga dan torsinya disalurkan menuju roda dengan mengandalkan transmisi 8 speed otomatis dan dibekali drivelogic yang menjadikannya dapat melesat dari kondisi diam sampai ke 100 km/jam dalam waktu 4,1 detik saja. Terdapat 2 mode mengemudi AWD yang diberikan oleh pihak BMW. Adapun interaksi pengendaraannya dipusatkan antara Active M Differential pada gardan belakang serta M xDrive yang menjadikan sistem AWD biasa membagi tenaganya ke semua roda yang dimiliki sesuai dengan kebutuhan masing-masing roda.

>>> Review BMW 3 Series 2019: Jawaban Mobil Sedan Sport dari BMW

6. SPESIFIKASI BMW X3 M COMPETITION 2020

Berikut ini merupakan tabel spesifikasi Mobil BMW X3 M Competition 2020 :

DIMENSI

Panjang

4.708 mm

Lebar

1.891 mm

Tinggi

1.676 mm

Ground Clearance

203 mm

Jarak Poros Roda

2.864 mm

MESIN

Tipe Mesin

3.0L M TwinPower Turbo 6-silinder segaris

Akselerasi (0-100 km/jam)

4.1 detik

Kecepatan Maksimal

250 km/jam

Kapasitas Silinder

2.993 cc

Tenaga Maksimal

510 PS @ 6.250 rpm

Torsi Maksimal

600 Nm @ 2.600-5.600 rpm

Transmisi

8-percepatan Sport Automatic Transmission

KAKI-KAKI

Suspensi

M Suspension

Rem

M Compound

Velg

21 inci alloy ringan Y spoke

7. KELEBIHAN & KEKURANGAN BMW X3 M COMPETITION 2020

Berikut ini merupakan kelebihan dan kekurangan mobil BMW X3 M Competition 2020 :

KELEBIHAN

KEKURANGAN

Tampilan eksterior begitu sporty namun kesan elegan tetap terpancar pada mobil BMW satu ini

Untuk mendapatkan fitur opsional konsumen perlu mengeluarkan dana tambahan

Fitur yang diberikan untuk mendukung kenyamanan selama berkendara cukup berlimpah

Sistem pengereman yang diberikan masih mengandalkan ABS

Diantara mobil BMW M mesin yang diberikan ini

Harga yang ditawarkan terbilang tinggi

8. DAFTAR HARGA BMW X3 M COMPETITION 2020

Dari segi fitur dan tampilannya memang tidak jauh berbeda dengan BMW X4M, sehingga dari segi harga juga tidak berbeda jauh. Untuk harga mobil BMW X3 M Competition 2020 mulai Rp. 2,2 miliar di wilayah Jabodetabek dan sekitarnya. Harga yang diberikan tersebut sudah termasuk dengan hal menarik lain seperti BMW Service Inclusive yang meliputi garansi 36 bulan tanpa batasan jarak dan gratis biaya service selama 5 tahun atau 60 ribu kilometer.

9. VIDEO BMW X3 M COMPETITION 2020

10. KESIMPULAN BMW X3 M COMPETITION 2020

Mobil BMW X3 M Competition 2020 memiliki tenaga monster yang telah mendapatkan peningkatan. Selain tenaga yang dimiliki, kepraktisannya juga cukup mumpuni begitupun pada fitur yang diberikan. Bagi Sobat yang berniat mencari mobil SUV bisa memilih mobil ini untuk dijadikan sebagai kendaraan keluarga. Namun sebagai sebuah mobil BMW, harga yang ditawarkan memang cukup fantastis karena menyentuh angka hingga 2 milliar.

>>> Klik sini untuk lanjut simak artikel review mobil yang menarik lainnya

Share This:

Cari harga mobil

Harga mobil per merek

Review mobil populer

International