Review BMW X2 2019

20/10/2018 Franky Pratama Review BMW

Nama BMW baru-baru ini cukup melejit beriringan dengan perkenalan model barunya yakni BMW X2 di acara Paris Motor Show 2018. Mengedepankan bodi berdesain sporty serta modern yang memang ditujukan untuk meraih pasar anak muda masa kini. Bahkan model-model seperti ini sudah umum bagi BMW untuk menyebutnya sebagai Sports Activity Coupe (SAV), perpaduan manis antara SUV dan Coupé. Untuk informasi selengkapnya, mari kita simak review BMW X2 2019.

1. PENGANTAR BMW X2 2019

Review BMW X2 2019 – BMW X2 terbaru ini berawal dari sebuah mobil konsep yang dirilis dua tahun lalu di acara Paris Motor Show. Memang tak dipungkiri, model satu ini sengaja diciptakan untuk melawan pesaing utamanya yakni Volkswagen T-Roc R, Cupra Ateca dan Audi SQ2. Tak membutuhkan waktu lama bagi BMW untuk menyulapnya dari mobil konsep menjadi mobil siap produksi. Baru saja, di acara Paris Motor Show 2018, model ini diperkenalkan kembali dengan segala keunggulan untuk menyaingi kompetitor utamanya.

BMW X2 Concept sudah diperkenalkan sejak tahun 2016 lalu

BMW X2 Concept yang diperkenalkan di acara Paris Motor Show 2016

Siluet bodi memanglah khas SUV jika diamati secara sekilas. Namun jangan salah, mobil ini bukan diperuntukkan melahap medan Off-Road tetapi lebih kepada kebutuhan keluarga dan anak muda masa kini. Hal ini bisa diamati pada kapabilitas bodinya yang dirancang lebih lega untuk lima orang serta performa Handling cukup luwes untuk area perkotaan. Setidaknya, model terbaru ini memiliki sisi karismatik dan kapabilitas unik dibanding kedua kakaknya yakni X1 dan X3. Adapun, belum ada kabar pasti mengenai kapan mobil ini akan siap dipasarkan. Namun jika ditilik dari perjalanannya, BMW X2 diprediksi memulai debutnya di tahun 2019 mendatang. Terlepas dari itu semua, mari kita simak berbagai hal menarik dalam review BMW X2 2019.

BMW X2 2019 memadukan siluet bodi khas SUV dengan lekuk seksi kupe

Sosok BMW X2 yang rencananya siap dipasarkan di akhir tahun 2019

2. EKSTERIOR BMW X2 2019

Berdiri dalam lini unik yakni SAC, desain eksterior BMW X2 2019 memadukan sisi maskulin khas SUV serta lekuk bodi seksi khas kupe. Hal ini dapat diamati pada tatanan eksteriornya yang menampilkan atap melandai serta siluet bodi kekar nan maskulin.

Review BMW X2 2019: Eksterior Depan

Seperti biasa, kesan ikonik BMW selalu terpancar kuat dari sisi depan dengan BMW Kidney Grille yang menerapkan bentuk Trapezoidal. Hal tersebut juga didukung dengan aspek aerodinamis dari Intake berukuran besar pada sisi bemper depan. Hal ini memberikan dua fungsi menarik yakni memberi performa aerodinamis mendongkrak performanya di jalanan kota serta mampu menghadirkan sirkulasi udara yang baik bagi kabin mesinnya.

Eksterior depan BMW X2 2019 hadir dengan fitur lampu utama Halogen dan LED DRL

Eksterior depan BMW X2 2019 menerapkan Grille berbentuk Trapezoidal

Sisi lampu juga tampil cukup menarik dengan desain menyipit yang menggunakan konfigurasi Halogen dipadu LED Daytime Running Lights (DRL). Adapun pihak BMW juga menyediakan lampu utama Full-LED sebagai fitur opsional dengan biaya tambahan untuk pengaplikasiannya.

Review BMW X2 2019: Eksterior Samping

Kategorinya sebagai SAC sangat terasa kuat pada bodi samping seperti menghadirkan siluet kekar di sisi tengah, atap yang sedikit melandai serta Roofline bergaya Slim. Perbedaan ini terlihat sangat jelas dibanding model-model pada umumnya. Bahkan menariknya lagi, siluet C Pillar juga dikemas pada kaca samping di bangku belakang, berhasil menyiratkan ciri khas dari kupe BMW. Sementara itu, BMW X2 2019 menggunakan ban berukuran 17 hingga 20 inci tergantung pilihan bodi trim yang dipilih oleh konsumen.

Eksterior samping BMW X2 2019 menggunakan ban berukuran 20 inci untuk varian standarnya

Eksterior samping BMW X2 2019 dilengkapi dengan Roofline berdesain Slim

Review BMW X2 2019: Eksterior Belakang

Merambah ke sisi belakang, bodinya dipersenjatai dengan fitur-fitur berkelas. Sebut saja, L-Shaped LED Light yang dikemas cukup menyipit serupa dengan lampu utama. Di sisi lain, ciri khas maskulin SUV juga terpancar kuat dari sisi bemper belakang yang dipadukan apik dengan warna Silver. Jika Anda menginginkan pesona lebih sporty, tersedia juga fitur Rear Spoiler pada varian M Sport dan M Sport X.

Eksterior belakang BMW X2 2019 dihias apik dengan lampu LED serta bemper berwarna silver

Eksterior belakang BMW X2 2019 menghadirkan lampu LED L-Shaped

>>> Baca juga:

3. INTERIOR BMW X2 2019

Lalu bagaimana dengan sisi interior BMW X2 2019? Tatanan interior dikemas sangat ergonomis dengan desain minimalis. Bayangkan saja, semua fitur-fiturnya tersemat rapi yang mudah dijangkau oleh pengendara. Di sisi lain, atmosfer kabinnya juga ditunjang dengan dominasi warna hitam serta Silver, memberi kesan elegan namun minimalis.

Review BMW X2 2019: Dashboard

Segala fitur dirancang apik pada sisi tengah dashboard serta Console pada sisi samping pengendara. Semua dibuat ergonomis untuk memudahkan pengendara dalam mengoperasikan segala keunggulannya. Meski terdapat banyak sekali fitur, namun pengaturannya sangat mudah meski seorang pemula sekalipun.

Dashboard BMW X2 2019 dikemas dengan desain minimalis namun elegan

Dashboard BMW X2 2019 menghadirkan panel Head Unit berukuran 6,5 inci

Dari sisi tengah dashboard, Anda disuguhkan panel Head Unit berukuran 6,5 inci yang sudah dilengkapi Satellite Navigation. Hal yang cukup disayangkan adalah belum didukungnya format Apple CarPlay dan Android Auto. Namun jangan khawatir, bagi Anda yang menginginkan kelebihan tersebut, Anda bisa menyisihkan sedikit biaya tambahan untuk panel Head Unit berukuran lebih besar di angka 8,8 inci yang mampu menghadirkan berbagai format modern.

Review BMW X2 2019: Setir

Desain setir juga tak luput dari pesona modern lewat desain tiga palang dengan logo BMW pada latar bundar. Setirnya juga dibalut kenyamanan mewah berbahan kulit Dakota sehingga dapat dipastikan pengendara dapat merasa betah meski harus menempuh perjalanan jauh. Di sisi lain, Anda juga dengan mudah mengetahui segala informasi terkini tentang kondisi kendaraan lewat panel instrumen. Meski terlihat cukup standar namun jangan khawatir, BMW X2 juga menawarkan panel instrumen Full Colour yang dapat menambah kesan percaya diri Anda.

Setir BMW X2 2019 dibalut dengan kemewahan bahan kulit berkualitas

Setir BMW X2 2019 menggunakan desain tiga palang dan sudah didukung berbagai tombol multifungsi

Review BMW X2 2019: Kursi

Kapasitas kursi juga terbilang cukup lega baik dari segi Head Room dan ruang kaki. Bahkan meski diisi oleh lima orang sekaligus, kabinnya masih sangat akomodatif.  Sayangnya, bahan pada kursinya tampil berbeda-beda di setiap varian. Sebut saja, varian standar masih menerapkan bahan kain Anthracite, kulit Dakota pada varian M Sport dan paling mewah adalah kombinasi Alcantara dan Anthracite. Pasalnya, kursi pada varian tertingginya menawarkan jahitan berwarna kuning yang menambah kesan sporty.

Kursi BMW X2 2019 mampu mengangkut hingga lima orang sekaligus

Kursi BMW X2 2019 dibekali bahan yang berbeda-beda sesuai pilihan bodi trim

>>> Artikel terkait:

4. FITUR BMW X2 2019

Sebagai mobil SAC yang mendukung kapabilitas perkotaan dengan baik, fitur BMW X2 2019 tampil cukup lengkap.  Hal ini bisa diamati pada aspek hiburan maupun keselamatan. Nah, di kesempatan kali ini Hargamobil.com akan mengulasnya lebih mendalam.

Review BMW X2 2019: Fitur Keselamatan

Mobil besutan BMW memang selalu lengkap dalam hal keselamatan. Begitu juga pada model terbarunya ini yang menerapkan teknologi mumpuni pada aspek pengereman, kestabilan maupun kenyamanan. Sebut saja, teknologi Anti-lock Braking System (ABS) dan Dynamic Brake Control (DBC) sudah dihadirkan untuk memberikan performa lincah di area padat pengendara perkotaan. Aspek kestabilan juga disasar dengan baik lewat hadirnya Dynamic Traction Control (DTC) dan Automatic Stability Control (ASC). Perpaduan tersebut nyatanya bisa membuktikan ketangguhannya di medan perkotaan.

Fitur keselamatan BMW X2 2019 tampil lengkap di berbagai aspeknya

Fitur keselamatan BMW X2 2019 tampil sangat lengkap untuk menunjang performanya di jalanan kota

Adapun aspek kenyamanan ditunjang dari penggunaan suspensi handal Multi-Arm Axle dan Single-Joint Spring-Strut Axle yang dipadu teknologi Dynamic Damper Control. Jalanan kota yang kurang baik, bisa teratasi dengan baik lewat hadirnya kombinasi tersebut. Memang tak salah, BMW sendiri sangat menonjolkan sensasi kenyamanan berkendara dari mobil terbarunya ini.

Review BMW X2 2019: Fitur Hiburan

Sayangnya, panel Head Unit BMW X2 2019 di varian standarnya belum mendukung format modern seperti Apple CarPlay maupun Android Auto. Meski begitu, tampilan panel berukuran 6,5 inci-nya tak terlalu mengecewakan karena sudah menyediakan fungsi Satellite Navigation untuk memudahkan Anda sampai ke tempat tujuan. Jika Anda sudah terbiasa dengan dua format modern yang kami bicarakan di atas, maka ada baiknya Anda menyisihkan sedikit biaya untuk menghadirkan panel Head Unit 8,8 inci dengan segala kelengkapan menarik.

Fitur Hiburan BMW X2 2019 tampil sangat lengkap seperti hadirnya panel Head Unit berukuran 6,5 inci

Fitur hiburan BMW X2 2019 mengandalkan panel Head Unit yang mampu menyediakan fungsi navigasi

>>> Jangan lupa untuk melihat harga dari model-model terbaru besutan Toyota

5. OPERASI BMW X2 2019

Menilik performa mesinnya, menawarkan konfigurasi TwinPower Turbo Double-VANOS. Operasi mesin BMW X2 2019 dibekali kapasitas silinder yang cukupan di angka 1.998 cc. Hal ini terbukti dari perolehan daya maksimum sebesar 192 HP setara 5.000 hingga 6.000 Rpm. Hal tersebut juga dipadukan dengan sistem transmisi 7 tingkat percepatan Steptronic Dual-Clutch sehingga mampu mencapai torsi puncak 280 Nm di kisaran 1.350 hingga 4.600 Rpm. Racikan sekelas ini memang sangat cocok untuk dikendarai di area perkotaan, memudahkannya untuk meliak-liuk mudah di kemacetan. Adapun untuk urusan kecepatan, BMW X2 2019 mampu meraih akselerasi 0-100 Km/Jam dalam tempo 7,7 detik saja. Menariknya lagi, mobil ini diklaim sangat irit bahan bakar berkat teknologi High Precision Direct Injection. Tercatat estimasi konsumsi bahan bakarnya di angka 21 Km/Liter.

Operasi mesin BMW X2 2019 menggunakan tenaga TwinPower Turbo yang dioperasikan dengan sistem transmisi 7 tingkat percepatan Dual-Clutch

Operasi mesin BMW X2 2019 dibekali kapasitas 1.998 cc

>>> Hargamobil.com juga menyediakan daftar harga lengkap dari model unggulan Mitsubishi

6. SPESIFIKASI BMW X2 2019

Supaya semakin mengenal sosoknya lebih detail, Hargamobil.com juga hendak menyuguhkan informasi tentang spesifikasi BMW X2 2019.

SPESIFIKASI BMW X2 2019

DIMENSI

Panjang x Lebar x Tinggi

4.360 mm x 1.824 mm x 1.526 mm

Jarak Poros Roda

2.670 mm

Jarak Pijak Depan

1.563 mm

Jarak Pijak Belakang

1.562 mm

Jarak Pijak Terendah

182 mm

Radius Putar Minimum

11,3 m

MESIN

Tipe Mesin

2.0 Liter 4 Silinder Segaris TwinPower Turbo VALVETRONIC Double-VANOS

Kapasitas Silinder

1.998 cc

Daya Maksimum

192 HP / 5.000 – 6.000 Rpm

Torsi Maksimum

280 Nm / 1.350 – 4.600 Rpm

Sistem Transmisi

7 Tingkat Percepatan Steptronic Dual-Clutch

Akselerasi 0-100 Km/Jam

7,7 Detik

HANDLING

Suspensi Depan

Single-Joint Spring-Strut Axle Lightweight Aluminium-Steel Construction

Suspensi Belakang

Multi-Arm Axle Lightweight Steel Construction dengan Separate Spring dan Damper Configuration

Rem Depan

Single-Piston Floating-Calliper Disc Brakes, Vented

Rem Belakang

Single-Piston Floating-Calliper Disc Brakes, Vented

Ukuran Ban

225/55 R17 97W

Sistem Kemudi

Electronic Power Steering (EPS) dengan Servotronic

BAHAN BAKAR

Tipe Bahan Bakar

Bensin

Tingkat Bahan Bakar

RON91

Sistem Bahan Bakar

High Precision Direct Injection

Estimasi Konsumsi Bahan Bakar Rata-Rata

21 Km/Liter

Kapasitas Tangki Bahan Bakar

51 Liter

7. KELEBIHAN & KEKURANGAN BMW X2 2019

Setelah memahami segala hal detail tentangnya, Hargamobil.com menemukan beberapa hal menarik tentang mobil ini. Berikut tersampaikan kelebihan dan kekurangan BMW X2 2019.

KELEBIHAN

KEKURANGAN

Desain eksterior cukup agresif dan radikal yang disebut berkategori SAC

Banyak sekali fitur yang sifatnya opsional sehingga dibutuhkan biaya lebih untuk menikmatinya secara maksimal

Kapabilitas interior dirancang sangat ergonomis

Format Apple CarPlay dan Android Auto disajikan secara opsional

Performa mesin terbilang cukup bertenaga dengan tingkat efisiensi yang tinggi

-

>>> Jangan lupa klik sini untuk simak review mobil BMW lainnya

8. DAFTAR HARGA BMW X2 2019

Kehadiran model satu ini masih belum diinformasikan secara valid namun diprediksi hadir di akhir tahun 2019 mendatang. Diprediksi model satu ini akan dibanderol di kisaran harga ₤45.000 atau Rp. 890 jutaan. Daftar harga BMW X2 2019 juga belum dikabarkan di Indonesia. Tentu jika model ini hadir di Tanah Air maka dipastikan akan ada pelonjakan harga terkait perizininan, dokumentasi dan sebagainya.

>>> Anda mau cek harga mobil BMW di pasar Indonesia? Klik sini untuk simak harga mobil BMW terlengkap 

9. VIDEO BMW X2 2019

10. KESIMPULAN BMW X2 2019

Kehadiran BMW X2 Indonesia memang sangat ditunggu-tunggu. Pasalnya, di jajaran keluarga X, BMW X2-lah yang belum dihadirkan di Tanah Air. Desain eksteriornya yang memadukan siluet maskulin khas SUV dengan lekuk seksi kupe, menjadikannya sangat unggul dari tampilan luar. Seakan tersirat pesan bahwa mobil satu ini sangat nyaman untuk digunakan di area perkotaan. Hal tersebut memang benar adanya jika dilihat dari sisi kenyamanan interior, performa mesin mumpuni serta teknologi canggih yang diusungnya. Namun jangan khawatir, sejatinya model-model baru besutan BMW Internasional tak membutuhkan waktu lama untuk dihadirkan di pasar otomotif Indonesia. Jadi mari kita tunggu saja kabar baik tentangnya.

>>> Klik sini untuk simak informasi terlengkap tentang harga, spesifikasi serta kelebihan dan kekurangan mobil impian Anda 

Share This:

Cari harga mobil

Harga mobil per merek

Review mobil populer

International