Review BMW X1 2012: SUV Maskulin yang Siap Libas Berbagai Medan

16/12/2017 Heri Susanto Review BMW

Nama besar BMW sebagai penghasil mobil premium nampaknya tak perlu diragukan lagi. Hal tersebut dapat dilihat dari berbagai varian mobil yang dihasilkannya. BMW X1 adalah salah satunya. SUV ini tampil sederhana namun tetap membawa kesan elegan saat mata memandangnya untuk pertama kali. Flashback ke tahun 2012 lalu, mobil ini cukup memikat konsumennya dengan tampilan yang begitu anggun serta berbagai fitur yang tersemat di dalamnya. Ada apa yang menarik dari mobil ini? Simaklah review BMW X1 2012

1. PENGANTAR

Review BMW X1 2012 - Sejak memulai diperkenalkan pada ajang Paris Motor Show 2008, X1 langsung menarik perhatian konsumennya. Karena respon yang cukup baik, setahun berselang, BMW selaku pabrikan mulai memasarkannya ke berbagai belahan negara. Dilihat dari desainnya, X1 agak-agak mirip dengan X3. Namun dari sisi harga, keduaya memiliki perbedaan yang cukup signifikan. Bisa dibilang, X1 merupakan opsi bagi mereka yang tak mampu membawa pulang X3. Sedikit menelisik ke belakang, apa saja yang X1 tawarkan? Hargamobil.com siap mengulasnya untuk anda dalam tulisan review BMW X1 2012. Selamat membaca!

2. EKSTERIOR

Anda yang memiliki jiwa muda dan menyukai bertualang di berbagai medan namun tetap ingin memiliki mobil premium pastinya akan memilih X1 sebagai mobil andalannya. Bagaimana tidak, dari sisi desain, kesan maskulin langsung terpancar. Hal tersebut dapat dilihat dari seluruh sisi, tak terkecuali sisi depan. inilah desain eksterior BMW X1 2012.

Tampilan bagian depan BMW X1 2012 berwarna putih sedang parkir di depan pantai yang indah

Bagian depan BMW X1 2012

  • Desain bagian depan

Di bagian terdepannya, X1 memiliki desain kap yang lumayan mancung. Kegagahan juga dipacarkan melalui grill yang terbelah dua. Selain gagah, sisi ini juga terlihat begitu agresif. Tak lupa pula, di atas grill tersemat logo BMW untuk pancarkan identitas. Untuk mempercantik sisi depan, X1 juga dilengkapi dengan lampu utama dengan desain futuristik yang sudah dilengkapi juga dengan teknologi LED guna berikan pencahayaan maksimal. Bergeser ke sisi bawah, frony bumper yang ditampilkan dengan aksen black dope yang bercampur dengan warna silver membuat sisi depan mobil ini menjadi lebih kokoh. List berukuran kecil juga disematkan pada rongga bumper depan guna pertebal kesan dinamis. Satu yang unik dari sisi depan ialah penempatan fog lamp yang berada tepat di bawah lampu utama yang jelas berbeda dengan kompetitor di ranah sejenis. Fungsi fog lamp ini jelas untuk menambah pencahayaan saat mobil dipacu pada medan yang memiliki pencahayaan minim.

  • Desain bagian samping

Bergeser ke sisi samping, X1 memberikan sentuhan melalui dua lekukan guna membuat sisi ini memiliki gradasi. Satu pada bagian handle door dan lainnya berada di bawah pintu. Tak hanya itu, sisi samping juga diperkokoh dengan kehadiran foot steep yang memiliki aksen warna sama persis dengan buper depan. Sebagai penutup sisi samping, X1 memiliki velg dengan desain futuristik berdiameter 18 inci.

Tampilan bagian belakang BMW X1 2012 berwarna putih sedang berjalan di jalan

Desain bagian belakang BMW X1 2012

  • Desain bagain belakang

Bergerak ke bagian belakang, kesan elegan terpancar berkat lampu utama yang ditemani dengan rear combination lamp yang menyelimuti seperempat sisi bagasi. Tak hanya itu, lekuk di bagian pintu bagasi juga menggambarkan kedinamisan mobil ini. Dan untuk memperkokoh sisi belakang, hadir pula bumper dengan aksen warna black dope dan silver yang terbungkus cukup rapih. Entah mengapa, pemilihan warna tersebut terbukti cukup ampuh untuk mempekokoh sisi depan, samping dan belakang mobil.

>>> Baca juga: Inilah informasi terlengkap tentang BMW X1 2016 di Indonesia, langsung klik yuk

3. INTERIOR

Puas menilik kegagahan X1 di sisi luar, kini tiba saatnya untuk membedah lebih rinci apa-apa saja yang tersemat pada bagian eksterior. Di sisi  interior BMW X1 2012 menampilkan kenyamanan layaknya sedan namun memiliki ruang yang cukup besar untuk tetap menjaga mobilitas para penggunanya sepanjang perjalanan. Selain ruang yang besar, mobil ini juga siap memberikan pengalaman berkendara lewat berbagai fitur yang disematkan di sisi dalam.

desain bagian dashboard mobil BMW X1 2012 berwarna hitam

Dashboard dengan head unit layar sentuh 8 inci

  • Dashboard

Di bagian dashboard misalnya, head unit layar sentuh sebesar 8 inci dihadirkan guna penuhi kebutuhan infotaiment penggunanya. Melalui fitur tersebut, pengguna bisa membuat perjalanan menjadi lebih bermakna berkat dentuman suara musik favorit yang diputar melalui head unit tersebut.
Tak hanya itu, hadir pula USB Port yang sudah kompetibel dengan perangkat Android maupun Ios. USB Port ini akan sangat berguna untuk menyingkronasikan playlist yang tersemat pada ponsel penggunanya  dengan metode plug and play. Di samping itu, panel pada sisi tengah itu juga mampu mengaktifkan GPS agar mempermudah pengguna melintasi medan yang sebelumnya belum pernah dilalui. Di bagian bawah head unit, terdapat pula Ac dengan desain standar yang siap memberikan kesejukan kepada seluruh penggunanya.

Gambar setir mobil BMW X1 2012 berwarna setir hitam dan kursi berwarna coklat muda

Setir bergaya Servotronic 

  • Setir

Sementara untuk bagian setir, steering  X1 yang bergaya Servotronic opsional juga sudah dilengkapi dengan steering switch control yang berguna untuk mengaktifkan berbagai fitur di bagian dashboard. Dengan adanya fitur tersebut, pengemudi juga bisa lebih maksimal dalam mengemudikan kendaraan karena fokusnya akan sangat terjaga dan tak direpotkan untuk mengganti berbagai panel di bagian dashboard. Sebagai pelengkap, dihadirkan pula speedometer dengan dua panel yang berfungsi untuk memberikan informasi terkini seputar kendaraan mulai dari penggunaan bahan bakar, jarak tempuh yang dilalui, perseneling yang tengah dijalankan dan lain sebagainya.

Gambar bagian kursi belakang mobil BMW X1 2012 berwarna abu-abu

Kursi belakang dilengkapi dengna material kulit premium

  • Desain kursi belakang

Beranjak ke bagian belakang, X1 sendiri memiliki kabin yang lumayan premium berkat baluran warna hitam glossy sehingga membuat mobil ini terlihat lebih maskulin dan mewah. Bahkan sisi jok yang tersemat juga sudah dilengkapi dengan material kulit premium yang siap menjaga kenyamanan seluruh penggunanya. Di samping itu, untuk mempertebal rasa nyaman, dihadirkan pula handrest pada bagian belakang yang berfungsi untuk melepas lelah penggunanya. Tak hanya itu, sisi kargo dari mobil ini juga cukup luas untuk menyimpan berbagai barang berukuran besar. Secara keseluruhan, sisi eksterior  dari  X1 sudah cukup kompetibel sebagai mobil premium yang nyaman dan siap memberikan perbedaan tersendiri dalam berkendara.

>>> Mungkin Anda tertarik: Review BMW X6 2017, spesifikasi dan harga lengkap

4. FITUR

Gambar menunjukkan fitur keselamatan mobil BMW X1 2012

Fitur-fitur BMW X1 2012

Sebagai SUV dengan kelas premium, X1 tentunya juga sudah dilengkapi dengan berbagai fitur tambahan yang berfungsi untuk mempertebal keamanan dan keselamatan para penggunanya. Hal tersebut tercermin dengan kompleksnya fitur yang disediakan seperti  kombinasi pengereman ABS (Antilock Braking System), EBD (Electronic Brake-force Distribution) yang siap memproteksi ban agar tetap stabil dari resiko terkunci saat mengalami pengereman darurat. Selain itu, untuk mempermudah pengemudian mobil di berbagai medan yang ekstrim, X1 juga sudah dibekali dengan fitur stabilitas seperti Dynamic Traction Control, Dynamic Stability control.
Di bagian dalam, penumpang juga akan terproteksi dengan kehadiran kantong udara di sisi samping maupun depan. Keberadaan kantong udara ini sendiri sangat berfungsi untuk mencegah terjadinya resiko cidera saat mobil mengalami kemungkinan-kemungkinan terburuk sepanjang perjalanan. Sebagai pelengkap, turut dihadirkan pula fitur tambahan seperti pengereman otomatis, parking assist, layanan bantuan BMW e-Call serta three point seat belt. Cukup lengkap bukan fitur BMW X1 2012 untuk salah satu katalog andalannya ini?

>>> Inilah daftar harga BMW terbaru di pasar Indonesi, klik untuk update harga sekarang

5. OPERASI

Bagian mesin mobil BMW X1 2012 berwarna hitam

Mesin Twinpower turbo 4 silinder

Sementara bagian eksterior dan interiornya disuguhkan kemewahan, sisi operasi BMW X1 2012 juga mendapatkan jaminan mutu melalui mesin BMW TwinPower Turbo empat silinder. Mesin dengan kapasitas 2L ini mampu mengeluarkan tengaga maksimum sebesar 150 hp pada 6400 rpm dan torsi maksimum sebesar 200 Nm pada 3600 rpm. Cukup lumayan bukan? Soal kecepatan, mobil ini tak perlu diragukan lagii karena mampu menembus kecepatan 0 hingga 100 km/j hanya dalam 9,7. Wow.

>>> Jika Anda tertarik dengan mobil lainnya dan ingin dapat informasi terlengkap, silahkan klik sini

6. SPESIFIKASI

Hargamobil.com telah merangkum berbagai spesifikasi yang tersemat pada mobil ini. Semoga apa yang kami sajikan bisa menjadi referensi anda sebelum membawa pulang mobil ini ke rumah. Inilah spesifikasi BMW X1 2012.

Mesin BMW X1 2012

Seri mesin

2.0L L4 turbo DOHC 16-valve

Rasio Kompresi

10.2:1

Tenaga Maksimum

150 hp/6000 rpm

Torsi Maksimum

380 Nm/1750-2750 rpm

Kapasitas Tangki

63 L iter

Dimensi BMW X1 2012

P x L x T

4454 mm x 1798 mm x 1545 mm

Jarak Sumbu Roda

2760 mm

Tempat Duduk

4-5 Seat

Lain-lain BMW X1 2012

Ban

P225/50R17

Suspensi Depan

Macpherson strut

Suspensi Belakang

multi-link

Transmisi

8-speed automatic transmission with manual mode

7. KELEBIHAN & KEKURANGAN

Meskipun terasa gagah, SUV premium ini masih memiliki titik minus di luar berbagai spesifikasi yang ditawarkan. inilah beberapa kelebihan dan kekurangan BMW X1 2012.

Kelebihan

Kekurangan

Desain Maskulin

Mulai Sulit Dicari

Harga Bersahabat

Spare Part Mahal

Cukup Stabil Saat Dikemudikan

 

8. DAFTAR HARGA

Dari segi harga, mobil ini rasanya sangat cocok untuk anda yang berada di kalangan menengah ke atas namun ingin tetap tampil stylish dengan balutan mobil mewah yang ditawaekan BMW. Berapa uang yang harus dikeluarkan untuk menebus mobil ini? Lihatlah daftar harga BMW X1 2012 ini.

Tipe mobil

Harga BMW X1 2012

BMW X1 2012

Rp 598 Jutaan

9. VIDEO

Lantas, bagaimana dengan penampakan dari X1 edisi 2012 ini? Hargamobil.com telah menyiapkan videonya untuk anda seraya merefresh kembali ingatan akan mobil ini. 

10. KESIMPULAN

X1 merupakan SUV premium keluaran BMW yang memiliki harga cukup kompetitif untuk katalog BMW. Anda yang memiliki jiwa sporty dan siap berkelana ke berbagai medan namun tetap ingin tampil stylish, maka X1 bisa menjadi opsi lain bagi anda. Meski sudah mucul lima tahun lalu, mobil ini rasanya masih relevan untuk dipacu di berbagai medan ekstrim maupun medan perkotaan yang berkontur stop and go. Itulah sedidit review BMW X1 2012, semoga bermanfaat!

Share This:

Cari harga mobil

Harga mobil per merek

Review mobil populer

International