Review BMW M2 Coupé 2018: Inilah Yang Diinginkan Dari Sebuah BMW

28/01/2019 Franky Pratama Review BMW

Tahun 2018, BMW Indonesia akhirnya merilis versi Facelift M2 Coupé di acara GAIKINDO Indonesia International Auto Show (GIIAS). Dibanding model BMW M lainnya, M2 merupakan versi Compact dengan performa mesin super mengesankan serta kemampuan Handling mumpuni. Apakah sosoknya patut untuk dimiliki? Mari kita simak segala hal detail tentangnya dalam review BMW M2 Coupé 2018.

1. PENGANTAR BMW M2 COUPÉ 2018

Review BMW M2 Coupé 2018 - Untuk meneruskan model 1 Series Coupé yang sudah diskontinyu, BMW International memutuskan merilis M2 di tahun 2014. Sosok tersebut hadir dengan menggabungkan keunikan dari BMW 1M dan sisi agresif M4 sehingga terciptalah lekuk seksi Coupé berdesain Compact.

Di Indonesia sendiri, BMW M2 Coupé pertama kali hadir pada tahun 2016. Dengan membawa sensasi berkendara mengesankan baik di trek balap maupun jalanan kota, BMW Indonesia optimis M2 bisa memenuhi kebutuhan para Enthusiast. Menariknya lagi, mobil satu ini dibanderol Rp. 1,3 miliar.

Melihat pasarnya yang cenderung positif di Indonesia, BMW juga memberikan penyegaran pada M2 di tahun 2018. Beberapa hal diberikan perubahan baru sehingga terlihat semakin agresif dan performa tetap garang. Beberapa komponen mesinnya kini juga menggunakan material dari BMW M3 dan M4. Seperti apa kira-kira perubahannya? Berikut informasinya dalam review BMW M2 Coupé 2018.

BMW M2 Coupe 2018 merupakan anggota paling terendah di antara jajaran BMW M lainnya

Inilah sosok BMW M2 Coupé yang akan dibahas kali ini

2. EKSTERIOR BMW M2 COUPÉ 2018

Kami sangat menyukai desainnya, berpintu dua namun masih tetap menjaga unsur Compact dan nuansa agresif dari mesinnya. Hal ini benar-benar terjawab ketika melihatnya secara keseluruhan. Visualiasi bahwa mobil ini punya tenaga pacu liar sudah mulai terasa ketika mengawati wajah depan hingga bodi sampingnya. Memang tak dipungkiri desain eksterior BMW M2 Coupé 2018 menjadi sensasi berbeda dari banyak kompetitornya.

Review BMW M2 Coupé 2018: Eksterior Depan

Dari sisi depan saja, kami dibuat terkesima akan perpaduan Kidney Grille berlapis krom dan lampu utama yang didesain agresif. Adapun jika Anda mau mengamatinya dari jarak dekat terlihat ada logo M2 yang tersemat pada Grille-nya sebagai identitas utama.

Eksterior depan BMW M2 Coupe 2018 terlihat sangat menarik serta agresif khususnya dalam desain bemper

Wajah depannya kini dilengkapi berbagai fitur menarik khususnya dalam hal pencahayaan

Adapun mobil ini tidak menyediakan lampu kabut. Namun hal ini terjawab pada lampu utamanya yang sudah mendukung teknologi Adaptive LED, High-Beam Assist, Cornering Light dan Selective Beam. Tentu saja, racikan tersebut mampu memberi kualitas pencahayaan yang optimal. Lalu apa yang ditempatkan pada posisi lampu kabut? Sebagai gantinya, wadah lampu kabut digantikan dengan lubang ventilasi yang mampu memberi sirkulasi udara bagi kedua rem depan supaya tidak mudah panas.

Review BMW M2 Coupé 2018: Eksterior Samping

Lekuk bodi nan aerodinamis menjadi sajian utama pada bodinya. Semuanya seakan dirancang sangat teliti supaya mendongkrak fungsi aerodinamis yang lebih optimal. Begitu juga jika mengamati bannya yang memiliki ukuran berbeda baik depan dan belakang. Pada sisi depan misalnya, menggunakan ukuran 245/35 R19 dan 265/35 R19 pada roda belakang. Hal ini sengaja dirancang supaya kemampuan Handling dan Cornering-nya tampil mumpuni.

Eksterior samping BMW M2 Coupe 2018 menggunakan ban berukuran 19 inci

Bodi sampingnya juga dirancang dengan lekuk aerodinamis

Review BMW M2 Coupé 2018: Eksterior Belakang

Merambah ke bodi belakangnya, kami sangat menyukai dua buah Twin Tailpipes yang sudah dilapisi krom. Bukan saja, mempertegas tampilannya namun juga memberi raungan mesin lebih garang. Jika Anda penasaran, Anda bisa melihatnya nanti di segmen video. Di sisi lain, mobil satu ini juga sudah dilengkapi Rear Spoiler berukuran minimalis yang bisa menyalurkan angin ke arah belakang. Tentu saja, hal ini dirancang untuk menciptakan fungsi aerodinamis yang lebih baik.

Eksterior belakang BMW M2 Coupe 2018 terlihat cukup mengesankan dengan dua Dual Exhaust

Sektor buritannya dilengkapi dengan Rear Spoiler berukuran minimalis

>>> Baca juga:

3. INTERIOR BMW M2 COUPÉ 2018

Memasuki kabin interior BMW M2 Coupé 2018, tampilannya terlihat elegan yang kurang lebih sama dengan keluarga M lainnya. Bahan yang digunakan juga terasa nyaman seperti Dakota Leather pada kursi sehingga kualitas dapat dirasakan oleh seluruh penumpang dalam kabinnya.

Review BMW M2 Coupé 2018: Dashboard

Seluruh dashboard dibalut warna hitam serta beberapa aksen krom. Hal ini sukses memberikan tampilan yang minimalis namun tetap elegan khas BMW. Peletakan tombol serta fiturnya juga dirancang supaya mudah dijangkau oleh pengendara. Memang, pihak BMW mengakui bahwa desain seperti ini lebih menonjolkan konsep Driver’s Oriented. Di sisi lain, juga disajikan unsur kenyamanan lewat panel Head Unit canggih berukuran 8,8 inci Color Display yang sudah siap menyajikan hiburan Multimedia serta navigasi.

Dashboard BMW M2 Coupe 2018 tampil sangat ergonomis

Lini dashboard sendiri dikemas dengan konsep Driver's Oriented

Review BMW M2 Coupé 2018: Setir

Kemudi setir juga terlihat sangat nyaman. Menggunakan desain setir ala M dipadu Open-Pored Carbon serta balutan Alcantara menjadikan setirnya sangat nyaman serta responsif ketika digenggam. Ciri khas keluarga BMW M terasa sangat kental khususnya pada desain kemudi setirnya ini. Adapun panel Speedometer dirancang ala Racing sehingga membuat adrenaline Anda makin terpacu seiring melakukan akselerasi dipadu raungan mesin yang mengesankan.

Setir BMW M2 Coupe 2018 menggunakan desain berbeda yang hanya dimiliki keluarga BMW M saja

Bisa diamati bahwa setirnya sudah dilengkapi berbagai tombol multifungsi

Review BMW M2 Coupé 2018: Kursi

Unsur kenyamanan juga tak lupa disajikan pada kursinya. Bangku depan sudah mendapatkan model kursi Sport Seats dengan kontur yang pas menyanggah punggung serta hadirnya Head Rest untuk penyanggah kepala. Sedangkan pada leher kursi juga didapati adanya logo bertuliskan M sebagai penunjuk identitas jajaran keluarga BMW M.

Kursi BMW M2 Coupe 2018 mampu menampung hingga 4 orang saja

Kursi juga dibekali kenyamanan istimewa dengan bahan kulit Alcantara

>>> Artikel terkait:

4. FITUR BMW M2 COUPÉ 2018

Mobil satu ini dikenal akan sebutan “Control Freak” yang mana pengendalian terasa sangat responsif meskipun ketika melakukan manuver maupun berada di kecepatan tinggi. Kira-kira apa alasan di balik hal tersebut? Menjawab hal ini, kita harus menyimak fitur BMW M2 Coupé 2018.

Review BMW M2 Coupé 2018: Fitur Keselamatan

Selain karena rancangan eksterior yang cenderung aerodinamis, pihak BMW juga menyematkan teknologi M Dynamic Mode. Teknologi ini memiliki fungsi berbeda dari Dynamic Stability Control (DSC). Jika DSC bekerja untuk meminimalisir potensi Understeer dan Oversteer, M Dynamic Mode mengoptimalkan Longitudinal dan potensi Lateral Dynamic. Maka dari itu, tak heran mobil ini memiliki tingkat kestabilan yang sangat tinggi.

Fitur BMW M2 Coupe 2018 tampil sangat lengkap di berbagai aspeknya

Segala fiturnya dirancang supaya performa Handling tampil optimal

Hal tersebut juga ditunjang dengan teknologi M Servotronic pada setirnya. Dalam hal ini, Power Steering akan beradaptasi dengan kecepatan laju kendaraan serta meningkatkan tingkat presisi manuver khususnya di kecepatan tinggi. Hal yang cukup mengesankan bagi kami. Di sisi lain, tersedia tiga mode berkendara yang bisa dipilih meliputi COMFORT, SPORT dan SPORT+.

Review BMW M2 Coupé 2018: Fitur Hiburan

Untuk urusan hiburan sendiri, BMW M2 mengandalkan panel Head Unit berukuran 8,8 inci Color Display dengan teknologi BMW iDrive 6.0. Fitur tersebut terbilang spesial yang hanya dimiliki jajaran keluarga BMW M saja. Apakah itu? Panel tersebut didukung aplikasi BMW M Laptime Apps dan GoPro Apps. Fitur M Laptime di sini bisa membuat Anda dapat mencatatatkan rekor sendiri ketika melakukan akselerasi. Di sisi lain juga tersedia fitur GoPro yang dapat diintegrasikan dengan kamera apapun besutan Go Pro.

Fitur hiburan BMW M2 Coupe 2018 menggunakan layar berukuran 8,8 inci

Tersedia sebuah paket komplit untuk menunjang hiburan Anda

>>> Simak juga review mobil terbaru lainnya hanya di situs Hargamobil.com

5. OPERASI BMW M2 COUPÉ 2018

BMW M2 memang dikenal oleh para Enthusiast sebagai jajaran terendah dari keluarga M. Namun jangan salah dulu, mobil satu ini dirancang supaya memiliki performa mesin garang dipadu Handling mumpuni. Hasilnya adalah sensasi berkendara yang sangat memuaskan. Dalam hal ini, operasi mesin BMW M2 Coupé 2018 menggunakan komponen dari M3 dan M4 yang diaplikasikan pada bodi lebih Compact.

Mesin BMW M2 Coupe 2018 mampu melakukan akselerasi 0-100 Km/jam dalam waktu 4,3 detik

Mesinnya menggunakan kapasitas 2.979 cc berdaya 370 HP

Dipadukan dengan fitur mumpuni yang sudah kami sebutkan sebelumnya, menjadikan mesin BMW M2 mampu menghasilkan daya maksimum 370 HP di angka 6500 Rpm dengan torsi puncak 500 Nm di kisaran 1.400 – 5.560 Rpm. Bertransmisikan manual 6 tingkat, Anda sudah bisa merasakan akselerasi yang sangat sulit untuk dilupakan. Permainan mode penggerak Rear Wheel Drive juga memberikan lonjakan menggigit di injakan pertama. Di atas kertas, mobil satu ini mampu meraih 0-100 Km/Jam hanya dalam tempo 4,3 detik saja. Sebuah hal istimewa yang menjadi ciri khas BMW M2.

>>> Bandingkan juga dengan model BMW menarik lainnya

6. SPESIFIKASI BMW M2 COUPÉ 2018

Di segmen ini, Hargamobil.com akan memberikan informasi tentang spesifikasi BMW M2 Coupé 2018.

SPESIFIKASI BMW M2 COUPÉ 2018

DIMENSI

Panjang x Lebar x Tinggi

4.468 mm x 1.579 mm x 1.410 mm

Jarak Poros Roda

2.693 mm

Jarak Pijak Depan

807 mm

Jarak Pijak Belakang

968 mm

MESIN

Tipe Mesin

3.0 Liter 6 Silinder Segaris

Kapasitas Silinder

2.979 cc

Daya Maksimum

370 HP / 6.500 Rpm

Torsi Maksimum

500 Nm / 1.400 – 5.560 Rpm

Sistem Transmisi

6 Tingkat Percepatan Manual

Mode Penggerak

Rear Wheel Drive

Kecepatan Maksimum

250 Km/Jam

Akselerasi 0-100 Km/Jam

4,3 Detik

HANDLING

Ukuran Roda Depan

245/35 ZR 19

Ukuran Roda Belakang

265/35 ZR 19

BAHAN BAKAR

Tipe Bahan Bakar

Bensin

7. KELEBIHAN & KEKURANGAN BMW M2 COUPÉ 2018

Lalu apa kekurangan dari mobil ini? Menjawab hal tersebut, berikut opini kami terkait kelebihan dan kekurangan BMW M2 Coupé 2018.

KELEBIHAN

KEKURANGAN

Mobil yang sangat mengasyikkan untuk diajak berakselerasi

Para Enthusiast kurang menyukai mobil ini karena merupakan kelas terendah dari keluarga BMW M

Harganya paling terjangkau di antara jajaran keluarga BMW M lainnya

Interior sudah lengkap namun kurang sentuhan mewah

Segala fitur tampil sangat lengkap khususnya dalam aspek Handling

-

8. DAFTAR HARGA BMW M2 COUPÉ 2018

Di Indonesia sendiri, mobil ini sudah dijual secara resmi yang mana masih menerapkan harga Off The Road saja. Berikut daftar harga BMW M2 Coupé 2018.

TIPE MOBIL

HARGA BMW M2 COUPÉ BARU

BMW M2 Coupé 2018 3.0 Liter

IDR. 1.429.000.000 (Off The Road)

9. VIDEO BMW M2 COUPÉ 2018

10. KESIMPULAN BMW M2 COUPÉ 2018

BMW M2 Coupé adalah model paling terjangkau dari keluarga M. Namun jangan salah, performa yang ditawarkan oleh mobil ini akan sangat serasi dengan mereka yang mencintai kecepatan, raungan mesin mengesankan serta decitan Drifting. Seakan menjadi sebuah alunan lagu menarik untuk memanjakan telinga Anda. Hal tersebutlah yang aslinya ditawarkan oleh BMW M2 Coupé Indonesia. Bagi kami, meski pembaruannya kali ini terasa minor namun performa mesinnya tak berubah sama sekali.

>>> Jika Anda ingin tahu tips dan trik merawat mobil secara lengkap, Anda bisa klik di sini untuk informasi selengkapnya

Share This:

Cari harga mobil

Harga mobil per merek

Review mobil populer