Review BMW i3s 2019 : Pionir Mobil Listrik Murni Di Indonesia

01/10/2019 Fatchur Sag Review BMW

BMW i3s 2019 berakar dari i3 yang debut tahun 2014, menjadikannya sebagai salah satu mobil listrik pertama di Indonesia. Tentunya ada banyak hal yang telah berubah, baik dari segi teknologi maupun varian modelnya. Meski demikian, BMW tetap mengusung i3 sebagai pilihan tepat pemilik mobil listrik dengan update yang konstan.

1. PENGANTAR BMW i3s 2019

Meskipun seri BMW i3 dan i3s bukanlah satu-satunya seri mobil listrik yang diluncurkan oleh pabrikan mobil mewah asal Jerman tersebut – BMW juga punya i8 – nyatanya seri i3 ini punya keunikan yang membedakannya dengan saudaranya si i8. Sebab, kalau BMW i8 pada dasarnya merupakan mobil plug-in hubrid, beda halnya dengan i3 yang sepenuhnya memanfaatkan daya listrik sebagai sumber tenaganya. Jadi, bisa dibilang bahwa BMW i3 dan i3s adalah mobil listrik yang sesungguhnya.

Foto menunjukkan World Premiere BMW i3s tampak dari depan

BMW i3s diluncurkan di Frankfurt Motor Show 2017

Belum lagi, dengan kehadiran seri barunya tahun ini, BMW i3s 2019 telah menjelma menjadi mobil listrik yang semakin andal. Apalagi, BMW sekarang memasang baterai dengan kapasitas lebih tinggi untuk mesin i3s, yang dipadukan dengan desain yang lebih sporty dibandingkan pendahulu maupun model BMW i3 yang standar.

Soal tenaga sendiri, baterai baru yang dipasang untuk BMW i3s teranyar merupakan baterai berdaya 42,2 kWh. Dengan baterai ini, kendaraan pun mampu melaju hingga sejauh kira-kira 246 km untuk versi baterai, atau hingga sekitar 320 km untuk model Range Extender.

Untuk orang Indonesia, BMW i3s telah resmi diluncurkan pada ajang Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2019 di BSD City Tangerang, Banten dan siap dibeli. By the way, sebelum Anda tergiur untuk memilikinya silahkan simak review BMW i3s 2019 berikut!

2. EKSTERIOR BMW i3s 2019

Di dalam review BMW i3s 2019 kali ini, Anda bisa simak mulai dari aspek eksteriornya. Pada dasarnya, seri i3s kali ini memiliki pilihan warna eksterior yang lebih banyak. Hanya saja, tentu penilaiannya tidak terbatas dalam segi ini saja, kan? Misalnya bagaimana soal desain kendaraan dari tampak depan, samping, dan belakang? Seperti apa pula kesan yang diberikan oleh mobil berdasarkan desainnya, apakah memang benar-benar lebih sporty?

Eksterior BMW i3s 2019: Depan

Foto menunjukkan BWM i3s 2019 tampak dari samping depan

Tampilan depan BMW i3s tidak jauh berbeda dibanding versi sebelumnya

Dari segi desain eksteriornya, BMW i3s teranyar ini pada dasarnya masih mengusung desain yang serupa dengan pendahulunya. Akan tetapi, hal ini sebenarnya adalah sinyal yang baik. Sebab, desain yang tidak jauh berbeda ini pun berarti bahwa BMW i3s 2019 juga masih sama ringan dan kecil, sehingga menjanjikan performa yang lincah, akselerasi kendaraan yang cepat, dan kemudahan dalam urusan parkir.

Di samping itu, desain tampak depan kendaraan pun dibekali dengan automatic high beam serta adaptive LED headlight yang dileburkan ke dalam desain kendaraan yang stylish. Belum lagi, desain bentuk lampu juga mengalami pembaharuan, yang juga ditandai dengan lenyapnya lampu kota bulat di bawah lampu utama yang bisa ditemui di BMW i3s versi sebelumnya, berganti dengan desain baru.

Eksterior BMW i3s 2019: Samping

Foto menunjukkan BWM i3s 2019 tampak dari samping

Dari samping hanya ada satu handel pintu di setiap sisi

Terlepas dari bentuknya yang relatif lebih kecil, BMW i3s 2019 masih memiliki kesan boxy yang barangkali akan mengingatkan Anda dengan mobil mungil khas Jepang. Meski begitu, jangan sampai penampilan menipu Anda, karena interior mobil ini tetap terasa lega – aspek ini akan dibahas di bagian lain. Rupanya, hal ini juga dikarenakan adanya tarikan garis kaca yang menurun pada pintu penumpang, yang memberikan visibilitas nan lega bagi mereka yang duduk di baris kedua bangku penumpang. Nah, detail yang seolah seperti sekadar sentuhan aestetik ini rupanya mampu memberikan kesan lapang di atas kabin.

Hanya saja, jika Anda terbiasa dengan mobil yang eksterior sampingnya punya detail overhang yang lumrah ditemukan pada kendaraan lainnya, ada kemungkinan besar Anda akan merasa janggal saat melihat BMW i3s 2019. BMW nampaknya ingin meringkas desain eksterior i3s sedemikian rupa.

Eksterior BMW i3s 2019: Belakang

Foto menunjukkan bagian belakang BMW i3s 2019

Sama uniknya dengan bagian depan, bagian belakang BMW i3s pun demikian

Selain desain bumper BMW i3s 2019 yang sekarang seolah nampak lebih berotot, pada dasarnya bisa dikatakan tak ada berubah dari segi desain bagian belakang kendaraan. Artinya, Anda masih bisa melihat keberadaan lampu belakang LED yang punya desain futuristik, serta spoiler mungil yang terpasang di bagian atas bodi kendaraan.

>>> Mungkin Anda ingin baca:

3. INTERIOR BMW i3s 2019

Setelah melihat bagian eksterior BMW i3s 2019 baru ini, sekarang saatnya Anda mengintip interiornya lewat ulasan berikut ini.

Interior BMW i3s 2019: Kabin

Foto menunjukkan Kabin BMW i3s 2019

Kabin tidak terlalu lapang, juga tidak terlalu sempit

Dari segi kabin, BMW i3s terbaru ini pada dasanya sangat fungsional dan ramah pengguna. Karena itulah kendaraan ini bisa selalu Anda andalkan sebagai teman perjalanan yang setia, termasuk jika Anda harus menempuh perjalanan jauh yang memakan waktu lama untuk perjalanan bolak-balik dari rumah ke kantor sekalipun. Apalagi kabin BMW i3s terbaru ini pun didesain dengan sangat cermat untuk menyediakan ruang yang lega bagi para penumpangnya. Di samping itu, meskipun BMW i3s 2019 mengusung nilai fungsionalitas dan kepraktisan bagi pengguna, desain interior yang ditawarkan tetap menarik, bahkan memiliki karakteristik keunikannya tersendiri.

Untuk warna ada banyak sekali yang bisa dipilih. Hanya saja untuk BMW i3s seperti yang diluncurkan di GIIAS 2019, warna yang digunakan adalah warna cerah demi memberikan kesan lega. Mulai dashboard, setir, trim pintu, atap hingga jok semuanya cerah.

Interior BMW i3s 2019: Dashboard dan Setir

Foto menunjukkan Dashboard BMW i3s 2019

Kesan pertama untuk dashboard dan setir BMW i3s adalah futuristik

Keunikan desain interior yang dimiliki oleh BMW i3s 2019 pun tercermin pada desain dashboard dan setir yang ditawarkan. Bahkan, keistimewaan yang dimiliki oleh sentuhan eksterior pada seri teranyar BMW i3s ini dipertegas oleh desain dashboard yang melengkung, serta perpaduan warna interior yang beragam dan pilihan materialnya.Di bagian atas dashbaord terdapat dua head unit untuk mengatur dan mengoperasikan segala fitur kendaraan.

Sedangkan di bagian setir sudah terdapat berbagai tombol pengaturan juga, selain volume dan switch audio juga tedapat tombol fitur adaptive cruise control. Satu lagi yang sangat terlihat beda adalah tuas trasmisinya yang terletak di sisi kanan setir dengan bentuk yang unik.

Sementara itu, desain untuk area setirnya menggabungkan unsur kenyamanan lewat pengaturan posisi duduk pengemudi.

Interior BMW i3s 2019: Kursi/Jok

Foto Kursi BMW i3s 2019 yang bisa muat 4 orang saja

Jok BMW i3s perpaduan antara fabrik dan kulit

Dengan keberadaan ruang pengemudi yang lega untuk mengatur posisi duduk ke depan maupun ke belakang, Anda pun bisa bebas tentukan posisi yang tepat demi kenyamanan selama berkendara. Belum lagi, kursinya yang empuk dan dapat diatur ketinggiannya jelas akan menyempurnakan kenyamanan berkendara Anda.

Secara keseluruhan, ruang yang tersedia di dalam kendaraan bagi para penumpang terbilang lega, bahkan bagi para penumpang dewasa. Hal ini ditandai dengan ruang untuk kaki dan kepala yang cukup lapang. Hanya saja, mereka yang duduk di baris belakang kursi penumpang kemungkinan besar tidak akan bisa menikmati lapangnya ruang interior secara optimal. Untuk perjalanan jarak dekat, hal ini tidak akan jadi masalah besar sama sekali.

Interior BMW i3s 2019: Bagasi

Foto Bagasi BMW i3s 2019 dalam kondisi terbuka

Bagasi BMW is3 cukuplah buat membawa barang bawaan 4 penumpang

Kali ini, BMW i3s hadir dengan ruang penyimpanan yang lapang secara keseluruhan. Meski begitu, untuk bagasinya sendiri, ruang yang ada bisa dibilang cukup sempit, terutama jika Anda terbiasa membawa barang dalam jumlah yang lumayan banyak tiap berkendara. Di samping itu, posisi bagasi juga sedikit lebih tinggi dibandingkan ketinggian pada umumnya. Hal ini kemungkinan besar diakibatkan peletakan mesin yang tepat berada di bawah lantai bagasi.

Hanya saja, keberadaan ruang penyimpanan untuk barang-barang yang berukuran kecil bisa dikatakan cukup berlimpah di dalam BMW i3s 2019. Bahkan, Anda bisa temukan ruang kosong di bawah sandaran lengan, yang kelihatannya sepele namun sangat berguna. Apalagi, masih ada cup holder bahkan untuk para penumpang yang duduk di bangku paling belakang, yang semakin menegaskan komitmen BMW i3s sebagai kendaraan dengan desain yang sangat efisien dalam segi penggunaan ruang yang ada.

>>> Baca juga:

4. FITUR BMW i3s 2019

Kemudian, bagaimana penilaian BMW i3s 2019 dari segi fiturnya? Berikut ini Anda bisa simak ulasan lengkapnya, baik dari segi keselamatan maupun kenyamanan dan hiburan.

Fitur BMW i3s 2019: Fitur Keselamatan

Foto Kursi belakang BMW i3s 2019 dengan sabuk pengaman

BMW i3s dilengkapi fitur keselamatan lengkap

Dari jajaran fitur keselamatan yang disediakan untuk BMW i3s 2019, ada tiga fitur yang jadi unggulan. Pertama adalah Active Driving Assistant yang dapat menurunkan risiko dan tingkat keparahan tabrakan dari depan lewat sebuah peringatan, sebelum sistem melakukan intervensi dengan pengereman darurat otomatis.

Kedua adalah Active Cruise Control dengan Stop/Go, yang mengatur jarak antara mobil dengan kendaraan di depan, serta memberi peringatan kepada pengemudi jika terjadi penurunan kecepatan secara mendadak.

Fitur ketiga adalah Tire Pressure Monitoring System yang memberikan peringatan kepada pengemudi apabila tekanan ban ternyata kurang sebelum terjadinya kebocoran yang bisa mengakibatkan ban pecah.

Selain itu juga masih banyak fitur penunjang keselamatan lain yang terpasang seperti head rest, seatbelt, sistem pengereman ABS dan yang lain.

Fitur BMW i3s 2019: Fitur Kenyamanan dan Hiburan

Foto menunjukkan Foto head unit BMW i3s 2019

Tidak usah khawatir, BMW i3s punya fitur hiburan lengkap

Jika Anda tidak bisa menduganya sama sekali, sekarang Anda sudah mengetahui fakta ini: BMW i3s 2019 punya desain kursi dan jok yang sangat nyaman. Hal ini ditunjang pula dengan sistem pengatur suhu alias climate system yang sangat mudah digunakan, bahkan jika Anda memilih sistem pengaturan yang mendasar sekalipun.

Hanya saja, climate control di dalam kendaraan didesain untuk zona tunggal saja, dengan penyesuaian untuk suhu kabin saja. Kursi penumpang dibekali dengan heater untuk menghangatkan tempat duduk dengan merata dan cepat.

Kursi penumpang dilengkapi dengan pengatur manual yang bertujuan untuk mengurangi bobot kendaraan secara keselirihan. Hanya saja, masing-masing kursi punya penyangga tulang yang pas, ketebalan yang sesuai, dan dilengkapi dengan sandaran lengan untuk kenyamanan yang memuaskan.

Oh iya, di bagian atap ada sun roof dengan desain split antara pengemudi dan penumpang.Sebenarnya itu adalah satu sun roof, namun dibuat seakan-akan dua.

>>> Inilah Beberapa Merek Mobil Aneh Belum Membayar Pajak Di Jakarta

5. OPERASI BMW i3s 2019

Foto proses pengisian daya pada BMW i3s 2019

Tenaga BMW i3s sepenuhnya berasal dari baterai

BMW i3s 2019 ditenagai oleh mesin listrik yang mampu menghasilkan 181 Hp dan torsi maksimum 270 Nm, membuatnya lebih cepat dibandingkan BMW i3 standar. Hal ini diperkuat dengan hasil pengujian akselerasi kendaraan dari 0 ke 96 km/jam hanya dalam 6,8 detik, alias 0,4 detik lebih cepat dibandingkan model i3.

Untuk varian Range Extender, Anda bisa mendapatkan tambahan generator dua silinder 0,6 liter yang dioperasikan dengan bahan bakar bensin. Karena model Range Extender punya bobot lebih berat lantaran mesin ekstra, tentu kecepatannya tidak bisa menyamai model BMW i3s yang full listrik.

BMW i-Performance Siap Hadir Di Wilayah DKI Jakarta

6. SPESIFIKASI BMW i3s 2019

DIMENSI

Panjang

4006 mm

Lebar

1791 mm (dengan spion)

Tinggi

1590 mm

Jarak sumbu roda

2570 mm

Ground Clearance

131 mm

MESIN

Tipe

AC Synchronous Electric Motor

Tenaga maksimum

181 Hp @ 4800 rpm

Torsi maksimum

270 Nm

Kapasitas baterai

42 kWh/120 Ah

Transmisi

Otomatis Single Speed

KAKI-KAKI

Sistem kemudi

Electric Power Steering

Suspensi depan

Aluminium single-joint McPherson spring strut

Suspensi belakang

Multi Link

Ukuran ban

175/55 R20 (depan) / 195/50 R

7. KELEBIHAN & KEKURANGAN BMW i3s 2019

Kelebihan Kekurangan
Dimensinya yang kompak dan sasisnya yang rigid tapi ringan membuatnya gesit, lincah, dan cekatan saat dipakai bermanuver di jalanan. Bukaan pintu penumpang kurang familiar di kalangan konsumen Indonesia
Desain eksterior dan interior modern futuristik Ruang bagasi / kargo yang disediakan tidak cukup besar dan cukup tinggi
Full elektrik, Tidak perlu isi bensin di SPBU Belum dilengkapi fitur Auto Hold
  Harga masih sangat mahal

8. DAFTAR HARGA BMW i3s 2019

Foto BMW i3s 2019 tampak dari samping depan saat diluncurkan di GIIAS 2019

BMW i3s bisa dipesan di seluruh dealer resmi BMW di Indonesia

Saat ini hanya ada satu pilihan untuk BMW i3s 2019, yaitu i3s dengan baterai 120Ah. BMW Astra menjual mobil ini dengan harga Rp 1.524.000.000 OTR DKI Jakarta dan sekitarnya (September 2019). Harga tidak mengikat, dapat berubah sewaktu-waktu. Untuk wilayah lain atau pada bulan yang lain, harga kemungkinan besar berbeda.

9. VIDEO BMW i3s 2019

10. KESIMPULAN BMW i3s 2019

Terlepas dari kelebihan dan kekurangan yang dimiliki oleh BMW i3s 2019, kendaraan listrik ini tetap bisa Anda andalkan untuk kebutuhan transportasi harian. Apalagi, jika mobil listrik yang gesit, lincath, dan cepat adalah yang Anda cari berkat sasis yang kokoh namun ringan. Di samping itu, desain kendaraan ini pun memiliki keunikan tersendiri yang menarik, terutama dari segi interior. Memang dari sisi harga, mobil ini relatif lebih mahal dibandingkan para kompetitor, namun nama BMW yang tersematkan jelas tidak akan mengecewakan berkat kualitas dan teknologi yang Anda dapatkan dan bisa dinikmati selama berkendara.

>>> Klik sini untuk lanjut simak artikel review mobil yang menarik lainnya

Share This:

Cari harga mobil

Harga mobil per merek

Review mobil populer