Review BMW i3 2014

24/01/2019 Franky Pratama Review BMW

Pernahkah Anda mendengar mobil berkategori Mega City Vehicle (MCV)? Ya, Hal tersebut nyatanya eksis dalam sosok BMW i3. Menggunakan basis bodi Hatchback dengan dimensi atap yang tinggi serta mesin elektrik, menjadikan BMW i3 sebagai sosok masa depan dalam dunia otomotif. Seperti apa sih mobil yang disebut futuristik satu ini? Simak informasinya dalam review BMW i3 2014.

1. PENGANTAR BMW I3 2014

Review BMW i3 2014 - Di awal kehadirannya yakni pada tahun 2011, secara resmi BMW menghadirkan divisi i yang menghadirkan produk terpisah dari BMW maupun MINI. Divisi i dari BMW dikhususkan untuk merancang mobil-mobil futuristik yang kental akan performa mesin elektrik.

BMW i menjadi divisi khusus untuk mobil bergaya futuristik

Dua produk andalan BMW divisi i adalah i8 (kiri) dan i3 (kanan)

Memang, di awal kehadirannya, banyak pihak memandang sebelah mata Project i. Banyak beranggapan divisi ini hanya menghadirkan mobil-mobil konsep futuristik saja dan tidak akan memasarkannya dalam versi produksi. Namun anggapan tersebut akhirnya dipatahkan dengan hadirnya BMW i3 maupun i8, yang mana keduanya sudah resmi dipasarkan di banyak negara termasuk Indonesia.

BMW i3 Concept 2011 menjadi sosok andalan pertama sebelum akhirnya dipasarkan secara resmi

BMW i3 dulunya berangkat dari mobil konsep yang dipamerkan di ajang International Motor Show Germany 2011

Di Indonesia sendiri, BMW i8 sudah resmi dijual dengan mesin elektriknya yang super mengesankan. Namun sayangnya untuk BMW i3 masih dalam tahap perkenalan saja di acara GAIKINDO International Indonesia Auto Show (GIIAS) 2017. Meski begitu, kami sangat tertarik dengannya mulai dari segi eksterior hingga performa mesinnya yang ciamik. Merespon hal tersebut, sudah menjadi kewajiban Hargamobil.com untuk menyampaikannya dalam review BMW i3 2014.

BMW i3 GIIAS 2017 diselenggarakan untuk mengedukasi masyarakat tentang kemajuan teknologi otomotif

Di Indonesia, BMW i3 hanya masuk dalam tahap perkenalan saja di ajang GIIAS 2017

2. EKSTERIOR BMW I3 2014

Menilik desain eksterior BMW i3 2014, Anda akan dibuat terkesan karena sosoknya terlihat ikonik dan tidak pernah dimiliki oleh banyak mobil lainnya. Richard Kim menjadi orang di balik layar yang mengaplikasikan desain tersebut yang mana BMW i3 menggunakan material bodi kokoh serta ringan yang dinamai Carbon Fiber Reinforced Plastic (CFRP).

Review BMW i3 2014: Eksterior Depan

Membaca wajah depannya, tampilan i3 masih lekat dengan Twin-Kidney Grille sebagai penanda masih satu keluarga dengan BMW. Hal paling spesial adalah disematkannya warna biru pada Grille depan sehingga nuansa futuristik makin terasa. Adapun seperangkat lampu utama U-Shape LED dipadu Daytime Running Light (DRL) sudah disajikan untuk menunjang fungsi pencahayaannya.

Eksterior depan BMW i3 2014 menggunakan Twin Kidney Grille berlampu biru

Wajah depannya terlihat sangat futuristik dengan lampu U-Shape LED

Review BMW i3 2014: Eksterior Samping

Jika melihat bodi sampingnya, tubuhnya memiliki perawakan yang gagah namun masih terasa futuristik dan mungil ala Hatchback. Ban berukuran 19 inci dengan pelek berdesain sporty, berhasil memberi tampilan yang menyegarkan. Hal paling menarik bagi kami terletak pada aspek pintu. Bayangkan saja, Anda bisa membuka pintunya dengan Side to Side, arah berlawanan. Tak seperti mobil konvensional, mungkin butuh waktu bagi konsumennya untuk beradaptasi dengan desain masa depan semacam ini.

Eksterior samping BMW i3 2014 menggunakan ban berukuran 19 inci

Bodi sampingnya memiliki keunikan dalam cara membuka pintu

Review BMW i3 2014: Eksterior Belakang

Merambah ke sektor buritannya, BMW i3 terlihat sangat lebar sehingga tercipta visualisasi bahwa kabinnya dirancang lega. Di sisi lain, kami juga menyukai desain lampu Taillights-nya yang dirancang U-Shape seperti pada lampu depan. Hal tersebut juga dilapisi Black Glasses Surface sehingga memberi kesan futuristik serta garang.

Eksterior belakang BMW i3 2014 dilengkapi lampu serupa dengan lampu depannya

Eksterior belakang juga terlihat menarik dengan tambahan Black Glasses Surface

>>> Baca juga:

3. INTERIOR BMW I3 2014

Kini saatnya merambah sektor interior BMW i3 2014. Apakah mobil ini menawarkan kabin yang futuristik seperti tema awalnya? Selain itu, perlu juga dibahas mengenai teknologi yang diusungnya.

Review BMW i3 2014: Dashboard

Divisi i BMW membagi desain kabinnya dengan tiga trim meliputi Atelier, Loft, Lodge dan Suite. Sayangnya, trim standar yakni Atelier cenderung agak membosankan bagi kami khususnya dalam warna warna hitam di sekujur dashboard-nya. Namun ketiga trim lainnya patut kami acungi jempol, setidaknya sudah menghadirkan nuansa futuristik sesuai tema utama BMW i3.

Dashboard BMW i3 2014 menawarkan berbagai pilihan bodi trim

Bisa diamati bahwa dashboard-nya menerapkan desain minimalis namun tetap elegan

Hal paling kami sukai adalah panel Head Unit-nya yang sudah terintegrasi dengan SIM Card alias nomor Handphone Anda. Tentu saja fitur ini dirancang supaya pengendara dengan kendaraan terintegrasi, apalagi jika Anda memiliki mobilitas yang tinggi.

Review BMW i3 2014: Setir

Kemudi setir sendiri dirancang dengan logo BMW berlatar biru di pelipisnya. Tentu kami menangkap bahwa divisi BMW i ingin menciptakan nuansa masa depan khususnya ketika pengendara memegang kemudi setirnya. Tak lupa, fitur masa kini juga disematkan seperti tombol pengaturan audio, Cruise Control serta konektivitas untuk mempermudah Anda mengakses segala kelebihan yang dimiliki BMW i3.

Setir BMW i3 2014 menggunakan desain tiga palang

Kemudi setir juga sudah ditunjang dengan berbagai tombol multifungsi

Review BMW i3 2014: Kursi

Sebagai mobil MCV, BMW i3 menyajikan ruang kabin yang lega untuk lima orang. Bayangkan saja, dimensi Wheelbase-nya berada di angka 2.570 mm sehingga mampu memberi kelegaan pada ruang kaki penumpang serta pengendara. Adapun karena tingginya mencapai 1.578 mm, juga memberi ruang kepala yang memadai bagi penumpang dewasa.

Kursi BMW i3 2017 menawarkan kenyamanan lebih khususnya dalam hal akomodasi

Bisa Anda amati, kursinya juga didesain dengan gaya futuristik

Lantas bagaimana dengan kenyamanan kursi? Tak perlu khawatir, BMW i3 mengkombinasikan material Pure New Wool serta Leather Tanned pada kursinya. Tak hanya nyaman ketika menduduki kursinya tapi juga memberi sentuhan serta tampilan eksklusif.

>>> Artikel terkait:

4. FITUR BMW I3 2014

Lantas, apa saja fitur BMW i3 2014? Teknologi futuristik juga dirancang pada mobil satu ini khususnya dalam hal sasis bodinya. Divisi i BMW mengaku bahwa i3 menggunakan material Carbon yang notabene memiliki bobot lebih ringan hingga 50% dibanding material besi. Alhasil, bobot keseluruhan hanya berkisar di angka 1.245 Kg, paling ringan di antara mobil elektrik lainnya. Hal ini juga dikombinasikan dengan distribusi bobot 50:50 sehingga performa Handling menjadi lebih optimal nantinya.

Fitur keselamatan BMW i3 2014 tampil cukup lengkap di berbagai aspeknya

Fitur BMW i3 2014 diklaim menggunakan bahan berbobot ringan sehingga dapat memberi performa lebih baik

>>> Klik di sini untuk membaca model terbaru BMW menarik lainnya

5. OPERASI BMW I3 2014

Dari total nilai 10, kami memberi skor 8 untuk operasi mesin BMW i3 2014. Seperti yang kami sebutkan di awal bahwa mobil ini menawarkan teknologi elektrifikasi yang cenderung lebih hemat dan ramah lingkungan dibanding mesin konvensional. Bayangkan saja, Anda tak perlu memikirkan lagi masalah bensin atau diesel, tapi hanya tinggal Charge listrik saja, mobil sudah bisa berjalan.

Mesin BMW i3 2014 mampu memberikan daya maksimum hingga 170 HP

Mesin BMW i3 2014 menggunakan bahan bakar listrik sehingga lebih ramah lingkungan

Namun perlu menjadi catatan bahwa mobil elektrik seperti BMW i3 ini membutuhkan tempat Charging atau lebih mudahnya jika kita bandingkan dengan POM Bensin. Melihat infrastruktur Indonesia yang masih dalam tahap berkembang, hal ini baru saja digodok oleh pemerintah dan baru diaplikasikan di beberapa tempat saja. Namun tak perlu khawatir, BMW juga menyediakan panel i-Wallbox yang nantinya bisa ditaruh di garasi Anda namun dengan penambahan biaya tentunya.

Fitur BMW i3 2014 terbilang spesial karena sudah memiliki mesin yang ramah lingkungan dan sangat irit

Sayangnya, di Indonesia belum menunjang tempat pengisian elektrik untuk mobil seperti gambar di atas

Membahas masalah performa, mesin BMW i3 mampu menyemburkan daya hingga 170 HP dengan torsi puncak 250 Nm. Bahkan, di atas kertas, akselerasinya mampu mencatatkan rekor 7,3 detik dari 0-100 Km/Jam. Dari halaman resminya, BMW i3 hanya membutuhkan daya elektrik 12,6 kWh untuk setiap 100 Km yang ditempuh. Hal ini terbilang sangat efisien tentunya, sebuah sajian masa depan dalam dunia otomotif.

Fitur pengisian bahan bakar BMW i3 2014 menawarkan panel i-Wallbox

Namun tak perlu khawatir, karena BMW juga sudah menyediakan panel i-Wallbox pengisian daya untuk dipasang di rumah Anda

>>> Jangan lupa juga untuk membaca tips dan trik kami tentang merawat mobil dan membeli mobil

6. SPESIFIKASI BMW I3 2014

Nah, tiba saatnya kami memberikan informasi terkait spesifikasi BMW i3 2014.

SPESIFIKASI BMW i3 2014

DIMENSI

Panjang x Lebar x Tinggi

3.999 mm x 1.775 mm x 1.578 mm

Jarak Poros Roda

2.570 mm

Bobot Kosong

1.245 Kg

MESIN

Tipe Mesin

BMW eDrive

Daya Maksimum

170 HP

Kecepatan Motor

102 HP / 4.800 Rpm

Torsi Maksimum

250 Nm

Kecepatan Maksimum

150 Km/Jam

Akselerasi 0-60 Km/Jam

3,7 Detik

Akselerasi 0-100 Km/Jam

7,2 Detik

7. KELEBIHAN & KEKURANGAN BMW I3 2014

Seperti yang sudah kami bahas di atas, Hargamobil.com hendak menyampaikan kembali mengenai kelebihan dan kekurangan BMW i3 2014.

KELEBIHAN

KEKURANGAN

Performa mesin yang sangat revolusioner, hemat dan ramah lingkungan

Infrastruktur Indonesia belum siap sepenuhnya untuk mobil elektrik khususnya dalam pengisian bahan bakar di luar rumah

Desainnya sangat futuristik, dijamin banyak mata memandangnya

Terdapat banyak fitur opsional yang ditawarkan dan tentunya dengan tambahan biaya yang cukup merogoh kantong dalam-dalam

Segala fitur disajikan lengkap untuk menunjang performa lajunya agar stabil dan nyaman dikendarai

Harga barunya dibanderol sangat mahal dan belum ada kabar kehadirannya di Indonesia

8. DAFTAR HARGA BMW I3 2014

Di banyak negara, mobil ini sudah dipasarkan secara resmi namun belum untuk Indonesia. Di Indonesia, BMW i3 hanya baru diperkenalkan saja di ajang GIIAS 2017. Namun tak perlu khawatir, berikut kami melampirkan daftar harga BMW i3 2014 yang sudah dijual di Singapura.

TIPE MOBIL

HARGA BMW i3 2014 (Singapura)

BMW i3 2014

Kisaran IDR. 2 Miliar

9. VIDEO BMW I3 2014

10. KESIMPULAN BMW I3 2014

Divisi i dari BMW kini tak boleh dianggap remeh. Bukan saja menghadirkan dalam bentuk konsep saja tapi sudah dipasarkan secara resmi khususnya untuk produk BMW i8 dan i3 yang kita bahas kali ini. Segala hal memang dituntut supaya futuristik sesuai tema awal dari Project i. Adapun mesin konvensional nantinya akan berubah seiring berjalannya waktu dengan bahan bakar lebih ramah lingkungan serta efisien yakni elektrik. Meski belum dipasarkan secara resmi di Indonesia, setidaknya kita semua bisa menyaksikan bahwa inilah mobil masa depan yang ada pada tubuh BMW i3. Lantas, bagaimana jadinya apabila BMW i3 Indonesia benar-benar hadir nantinya? Tak sabar untuk merasakannya secara langsung.

>>> Klik sini untuk lanjut baca artikel review mobil lainnya

Share This:

Cari harga mobil

Harga mobil per merek

Review mobil populer