Review BMW 640i Coupe 2012 : Pilihan Untuk Para Pecinta Grand Tourer Harga Terjangkau

07/11/2019 Abdul Review BMW

BMW 8 dihadirkan untuk menggantikan posisi BMW 6 Series sebagai Grand Tourer. Akan tetapi hal tersebut bisa dibilang jadi menarik karena bagi seseorang yang mempunyai budget terbatas dan ingin mobil GT bisa memilih mobil tersebut. Untuk lebih jelasnya, mari kita simak review BMW 640i Coupe 2012.

1. PENGANTAR BMW 640i COUPE 2012

Mungkin saat mendengar nama Grand Tourer yang akan terbayang adalah sebuah kendaraan yang mempunyai desain mewah dengan kenyamanan yang mumpuni dan juga memiliki fitur yang banyak. Meskipun begitu, untuk mendapatkan sebuah mobil GT perlu menyediakan budget yang lebih karena harganya tergolong mahal.

Kita ambil contoh mobil besutan BMW yaitu 8-series, yang mana untuk saat ini line-upnya berada pada Grand Tourer yang harganya mencapai Rp. 3,48-3,71 miliar. Memang sebanding sih dengan spek dan fitur yang diberikan, namun harga tersebut tidak banyak orang yang mampu menjangkaunya. Namun bila tetap ingin memiliki sebuah mobil GT, sobat bisa membelinya dalam kondisi bekas yang harganya di bawah Rp. 1 miliar. Berikut ini merupakan spesifikasi dari BMW 640i Coupe 2012.

2. EKSTERIOR BMW 640i COUPE 2012

Review BMW 640i Coupe 2012 : Bagian Depan

Gambar ini menunjukkan bagian depan mobil BMW 640i Coupe 2012

Tampilan depan agresif dan sangat berkelas

Pada bagian depan tampil lebih agresif dan juga terlihat berkelas. Hal tersebut dikarenakan pada fascia depan terbilang minim lekukan tegas. Sementara untuk desain lampunya dibuat membulat serta telah diberikan teknologi Adaptive Xenon. Teknologi lampu tersebut memiliki penerangan yang bagus, ditambah lagi pada bagian lampu depan ada lampu sein LED yang didesain memanjang sehingga membuat mobil ini lebih menarik. Berlanjut ke bagian bawahnya, yang mana akan tampak foglamp yang juga dibuat memanjang dan menggunakan teknologi LED. Sehingga bagian depan tampil lebih agresif.

Review BMW 640i Coupe 2012 : Bagian Samping

gambar ini menunjukkan bagian samping BMW 640i Coupe 2012

Bodi melandai ke belakang berkesan aerodinamis

BMW 640i Coupe 2012 tampak samping terlihat aura khas Grand Tourer yang begitu menonjol. Seperti adanya lubang udara yang ditempatkan di pilar A dan juga adanya lekukan yang dibuat sampai ke belakang. Memang untuk lekukan yang membuat tampak sporty tidak dihadirkan. Meskipun begitu Sobat akan menemukan 2 buah lekukan yang berada di bagian atas mulai fender depan menuju ke belakang dan dari ujung bumper depan menuju ke bumper belakang di bagian bawah.

Review BMW 640i Coupe 2012: Bagian Belakang

Gambar ini menunjukkan bagian belakang mobil BMW 640i Coupe 2012

Tampak belakang terlihat sporty dengan desain yang diberikan

Pada bagian buritannya ini tampak lebih sporty dibandingkan bagian samping ataupun depan. Meskipun begitu, kesan elegan masih tampak di bagian ini. Dari pihak BMW mendesain bagian ini dengan perpaduan antara unsur elegan dan sporty dengan sangat baik. Berlanjut ke bagian pintu bagasi BMW 640i Coupe 2012, yang mana desainnya terlihat cekung sehingga kesannya terlihat atraktif. Ditambah lagi pada ducktailnya yang tampil sporty, sementara pada lampu belakang telah mengandalkan teknologi LED.

Masih di bagian belakang tapi ke bagian bawahnya. Knalpot disuguhkan 2 buah yang ukurannya terbilang lumayan besar. Ditambah lagi desain bumper dibuat agak melebar seakan mengikuti desain dari fender belakang.

>>> Mungkin Anda juga tertarik:

3. INTERIOR BMW 640i COUPE 2012

Review BMW 640i Coupe 2012: Bagian Dashboard & Kemudi

Gambar ini menunjukkan dashboard dan kemudi mobil milik BMW 640i Coupe 2012

Bahan material yang digunakan berkualitas sangat baik

Menuju ke bagian interior BMW 640i Coupe 2012, untuk material bahan yang digunakan pada dashboardnya sangat baik. Sementara untuk kemudinya masih memakai desain konvensional tapi telah diberikan beragam tombol yang tentunya berfungsi untuk memudahkan pengendara dalam mengatur cruise control, fitur hiburan dan juga koneksi telepon via Bluetooth. Tidak hanya itu saja, pada bagian ini juga ada fitur paddle shift untuk membuat sensasi berkendara lebih wow.

Untuk tampilan panel instrunen terlihat tidak begitu mencolok, di bagian ini terdapat dua dial ukuran besar yang menjadi letak penunjuk RPM dan speedometer. Ada Pula dua dial kecil sebagai tempat untuk menginformasikan temperatur kendaraan dan juga sisa bahan bakar mobil. Untuk bagian bawahnya ada MID yang berfungsi untuk memberikan informasi trip, konsumsi BBM, posisi transmisi dan masih banyak lagi yang terbilang penting.

Review BMW 640i Coupe 2012: Bagian Kursi

gambar ini menunjukkan jok baris depan BMW 640i Coupe 2012

Jok nyaman dengan berlapis kulit warna cokelat

Bagian interior memang sangat berkelas, apalagi ditambah dengan jok yang berlapis kulit dengan warna coklat membuat lebih menarik lagi. Untuk kenyamanan kursi tidak perlu diragukan lagi dan bisa menopang tubuh dengan maksimal. Joknya ini telah menggunakan sistem elektrik dalam pengoperasiannya, baik untuk penumpang maupun sisi pengemudi. Tidak hanya itu saja, saat sudah menemukan posisi yang tepat saat duduk di jok mobil BMW 640i Coupe 2012, Sobat bisa menyimpan pengaturan tersebut pada fitur memory seat. Dengan begitu Sobat tidak perlu melakukan pengaturan lagi untuk mendapatkan posisi yang pas dan nyaman.

Pada kursi belakang dapat diduduki orang dewasa dengan nyaman dan telah dilengkapi dengan headrest dan juga sabuk pengaman. Tentunya keselamatan lebih terjamin dan juga kenyamanan. Hanya saja untuk legroomnya tergolong masih kurang.

Review BMW 640i Coupe 2012: Bagian Bagasi

Gambar ini menunjukkan bagasi mobil milik BMW 640i Coupe 2012

Bagasi luas untuk memenuhi kebutuhan barang bawaan pemiliknya

Mobil BMW 640i Coupe 2012 juga sangat praktis, hal tersebut dikarenakan kapasitas bagasi yang dimiliki terbilang besar. Untuk volume bagasinya mencapai 460 liter dan dapat digunakan untuk membawa koper besar atau tas golf yang tidak ada masalah saat memasukkannya.

>>> Lihat Juga:

4. FITUR BMW 640i COUPE 2012

Review BMW 640i Coupe 2012: Fitur Hiburan

BMW 640i Coupe 2012 telah dibekali dengan beragam fitur menarik seperti iDrive dipadukan dengan layar ukuran 10,2 inci. Untuk pengoperasiannya menggunakan knob yang terdapat pada konsol tengah. Yang menarik adalah, layar yang diberikan memakai teknologi trans reflective yang membuatnya lebih mudah saat mengoperasikan di siang hari.

Suara yang dihasilkan oleh speaker sangatlah baik. Apabila dirasa masih kurang  maka bisa dilakukan penggantian dengan speaker yang mempunyai kualitas lebih baik. Pada mobil ini juga telah dibekali dengan sunroof yang membuat mobil besutan BMW satu ini terasa lebih lega.

Gambar ini menunjukkan fitur pada dashboard BMW 640i Coupe 2012

Fitur mumpuni baik dalam keselamatan dan keamanan

Review BMW 640i Coupe 2012: Fitur Keselamatan

Sebagai mobil mewah dengan harga yang mahal, tentunya soal keselamatan tidak perlu diragukan lagi. Terdapat segudang fitur keselamatan yang disematkan dan menjadi standar. Adapun fitur keselamatan BMW 640i Coupe 2012 meliputi sistem pengereman ABS dengan Dynamic Brake Control, Type Pressure Monitoring System (TPMS) dan juga Dynamic Stability Control (DSC).

Fitur lainnya yang diberikan masih banyak seperti BMW Night Vision dengan pedestrian alerts dan juga terdapat Driving Assistant Plus. Bahkan masih banyak lagi lainnya yang diberikan pada mobil besutan BMW satu ini seperti Collision Warning with Braking, Pedestrian, Lane Departure Warning dan juga Active Cruise Control yang telah dibekali dengan kemampuan untuk jalan dan berhenti.

>>> Review BMW 3 Series 2019: Jawaban Mobil Sedan Sport dari BMW

5. OPERASI BMW 640i COUPE 2012

gambar ini menunjukkan mesin mobil BMW 640i Coupe 2012

Power to weight tidak begitu impresif​

Untuk soal performa, mesin BMW 640i Coupe 2012 yang digunakan adalah inline-6 3.0 liter turbo. Mesin tersebut dipadukan dengan penggunaan transmisi ZF 8HP45Z 8 percepatan. Dengan mengandalkan mesin tersebut dapat menghasilkan tenaga maksimal sebesar 315 Hp dan torsi puncaknya mencapai 450 Nm. Mobil tersebut menggunakan mesin 3.0 liter dapat mencapai akselerasi 0-100 km dalam kurun waktu hanya 5,3 detik ada kecepatan puncak mencapai 266 km/jam.

>>> Inilah Beberapa Merek Mobil Aneh Belum Membayar Pajak Di Jakarta

6. SPESIFIKASI BMW 640i COUPE 2012

DIMENSI

Panjang

4.894 mm

Lebar

1.894 mm

Tinggi

1.369 mm

Jarak Sumbu Roda

2.855 mm

MESIN

Tipe

N55B30 I6 3.0 liter Turbo

Tenaga Maksimal

315 HP @5.800 rpm

Torsi Maksimal

450 Nm @1.300 rpm

Transmisi

Otomatis 8-percepatan ZFBHP45Z

Sistem Penggerak

Rear-wheel drive

BAN & PELEK MOBIL

Ban Ukuran

245/45 R18

Pelek Ukuran

R18

7. KELEBIHAN & KEKURANGAN BMW 640i COUPE 2012

Pendapat mengenai kelebihan dan kekurangan tentunya akan berbeda satu dengan yang lainnya. Berikut ini merupakan kelebihan dan kekurangan BMW 640i 2012 menurut Hargamobil.com.

Review BMW 640i Coupe 2012 : Kelebihan

BMW 640i Coupe 2012 mempunyai desain yang berkelas dan tampilannya sangat sporty. Pada bagian interiornya juga sangat mewah dan nyaman ketika berada di dalamnya, baik untuk pengemudi ataupun penumpang. Soal hiburan jangan khawatir karena telah menggunakan BMW iDrive. Begitu juga soal fitur keselamatan yang begitu lengkap sehingga berkendara menjadi lebih tenang.

Review BMW 640i Coupe 2012 : Kekurangan

Hal pertama yang kami nilai soal kelemahan adalah pada power to weight yang tidak begitu impresif. Begitu juga dengan performa yang dimiliki terbilang biasa saja. Ditambah lagi untuk konsumsi bahan bakar pada mobil besutan BMW ini tidak tergolong irit BBM.

8. DAFTAR HARGA BMW 640i COUPE 2012

Sebagai mobil high-end dari BMW, untuk harganya terbilang mahal karena perkiraannya di angka Rp. 800 juta sampai Rp. 1.2 miliar. Namun untuk mobil BMW 640i Coupe 2012 kali ini seperti yang berada diler mobil bekas premium yakni DD Auto Boutique harganya adalah Rp. 865 juta. Untuk diler tersebut lokasinya di Bursa Mobil Bintaro Jaya.

9. VIDEO BMW 640i COUPE 2012

10. KESIMPULAN BMW 640i COUPE 2012

Bagi Sobat yang ingin mempunyai mobil Grand Tourer dengan harga di bawah Rp. 1 miliar bisa memilih mobil BMW 640i  Coupe 2012. Soal kenyamanan dan fitur sudah tidak diragukan lagi. Apalagi saat melihat mobil BMW akan tampak khas kendaraan mewah yang bisa membuat banyak orang terpikat saat melihatnya.

>>> Klik sini untuk lanjut simak artikel review mobil yang menarik lainnya

Share This:

Cari harga mobil

Harga mobil per merek

Review mobil populer