Review BMW 325i 2003: Tampilan Khas Mobil Eropa Dengan Harga Terjangkau

01/08/2020 Abdul Review BMW

Siapa yang tidak kenal dengan BMW, pabrikan mobil asal Jerman yang terkenal akan mobil mewahnya dan desainnya yang sangat keren. Nah untuk kali ini kami akan membahas salah satu mobil klasik yang mempunyai pengendaraan fun to drive saat melintasi jalanan perkotaan. Untuk lebih jelasnya, mari kita simak review BMW 325i 2003.

1. PENGANTAR BMW 325I 2003

Review BMW 325i 2003Mobil BMW tahun 2000an ini masih diperhitungkan di pasaran mobkas di Indonesia. Hal tersebut disebab oleh tampilannya yang begitu menawan dan pengendaraan menyenangkan. Bagi Sobat yang menginginkan kendaraan Eropa dengan harga murah namun sudah dapat digunakan beraktivitas maka memilih mobil ini bisa menjadi solusi. Jadi mobil ini merupakan generasi ke-4 dari Seri 3 dari BMW yang dikenal dengan menggunakan kode E46.

E46 merupakan hasil penyempurnaan pada mobil sebelumnya yakni BMW E36 sehingga menjadikannya laris manis. Untuk model dan fitur yang diberikan terbilang lebih canggih dengan elektrikal yang kompleks. Bahkan desain kotak dihapus pada E46 yang diubah menjadi menggunakan desain melengkung sehingga tampak revolusioner.

Setelah peningkatan popularitasnya, pihak BMW memberikan facelift pada generasi keempatnya tersebut di tahun 2002. Yang mana untuk model ini masuk ke Indonesia setelah berselang satu tahun. Fitur yang diberikan juga beragam dan tampilannya juga dilakukan perubahan.

2. EKSTERIOR BMW 325I 2003

Review BMW 325i 2003 : Tampilan Eksterior

Gambar ini menunjukkan bagian depan mobil BMW 325i 2003

Desain grille lebih besar dibandingkan model sebelumnya

Apabila membahas pada bagian depan,l sebenarnya tidak terlalu banyak perbedaan dengan versi pre-facelift. Hanya saja pada bagian grille dibuat lebih besar dan juga kap mesin yang mendapatkan lengkungan meskipun tidak tampak jelas. Ada juga garis pada kap mesin yang mengikuti bentuk dari desain grille yang dimiliki.

Kemudian di bagian lampu juga dilakukan perubahan, seperti pada ujung lampu depannya dibuat datar. Sementara di bagian bumper dibuat dengan ukuran yang lebih lebar dipadukan dengan penggunaan foglamp yang kecil. Dengan menggunakan desain tersebut tampilannya jadi lebih minimalis.

Review BMW 325i 2003 : Bagian Samping

Gambar ini menunjukkan bagian samping BMW 325i 2003

Moulding tetap diberikan memancarkan ciri khas tersendiri

Pada saat melihat bagian samping akan tetap melihat mouldingnya, karena bagian tersebut memang dipertahankan. Hanya saja ada perbedaan pada gagang pintunya yang mempunyai warna senada dengan bodi mobil. Untuk pelek mengandalkan alloy seperti sebelumnya. Pada desain samping BMW 325i 2003 dengan model sebelumnya  memang tampak berbeda.

Review BMW 325i 2003 : Bagian Belakang

Gambar ini menunjukkan bagian belakang mobil BMW 325i 2003

Lampu bagian belakang terbagi dengan yang ada di bagasi mobil

Di sisi buritan, mobil BMW satu ini menggunakan lampu yang terbagi menjadi dua. Yang mana untuk sebagian lampu ditempatkan di bagian pintu bagasi mobil. Di bagian lampu belakang memang terdapat perubahan, hanya saja hal tersebut tidak begitu terlihat. Menariknya lagi adalah mobil ini telah diakali dengan 4 sensor parking yang ditempatkan di bagian belakang.

>>> Baca Juga :

3. INTERIOR BMW 325I 2003

Review BMW 325i 2003 : Bagian Dashboard & Kemudi Mobil

Gambar ini menunjukkan dashboard dan kemudi mobil BMW 325i 2003

Desain dashboard sampai saat ini masih tampak modern

Seperti yang telah diketahui, bahwa mobil ini merupakan keluaran tahun 2000. Jadi tidak heran bila  tampilan dashboardnya akan berbeda dengan mobil saat ini. Tentunya kurang sepadan jika dilakukan perbandingan. Di bagian ini terdapat pengaturan AC dan juga radio. Untuk perubaan yang terjadi asalah adanya tambahan pemutar CD dan menjadi salah satu yang cukup canggih di zamannya.

Sementara untuk bagian kemudi mengandalkan 4 palang khas mobil BMW jadul. Memang berlapis kulit namun untuk bahan materialnya adalah plastik yang keras dan tidak murahan. Kemudinya ini telah mendapatkan pengaturan tilt dan telescopic sehingga dapat mengaturnya supaya bisa mendapatkan pengemudian yang ideal.

Review BMW 325i 2003 : Jok Mobil

Gambar ini menunjukkan jok belakang BMW 325i 2003

Jok belakang pada mobil ada 2 headrest untuk menambah kenyamanan

Mobil BMW 325i 2003 menggunakan sistem penggerak roda belakang sehingga pada penumpang baris kedua akan terasa terganggu karena lantainya jadi tidak rata. Oleh sebab itulah penumpang baris belakang lebih dipentingkan dengan memberikannya 2 buah headrest. Kemudian pada bagian tengah diberikan armrest sebagai penambah kenyamanan selama dalam perjalanan.

Kalau untuk ruang kepa memang lega karena di bagian atap dibuat tidak terlalu melengkung ke bagian belakang. Hanya saja pada ruang kakinya masih kurang nyaman untuk rata-rata masyarakat di Indonesia. Meskipun begitu, jok mobil menggunakan busa yang empuk dengan kursi dibuat rebah sehingga dapat menopang tubuh sangat baik, apalagi saat menempuh perjalanan jauh.

Review BMW 325i 2003: Bagian Bagasi

Gambar ini menunjukkan bagasi mobil BMW 325i 2003

Terdapatdompet untuk menempatkan kunci-kunci di bagasi mobil

Terdapat hal yang menarik untuk mobil besutan BMW ini, yang mana di bagasi akan menemukan dompet yang diperuntukkan untuk menempatkan kunci-kunci mobil sehingga dapat tersimpan dengan rapi. Hanya saja adanya fitur pemutar compact disc membuat  kapasitas bagasinya kurang begitu besar.

>>> Mungkin Anda juga tertarik:

4. FITUR BMW 325I 2003

Menuju pembahasan ke bagian fitur BMW 325i 2003. Memang mobil ini terbilang tua karena keluaran tahun 2000 an, akan tetapi mobil ini pernah menjadi salah satu kendaraan sedan canggih di masanya ketika dibawa ke Tanah Air. Adapun salah satu fitur yang mendukung hal tersebut adalah adanya sensor parkir yang dipadukan dengan sistem kelistrikan yang sudah ditingkatkan dibandingkan E46 keluaran 1998.

Gambar ini menunjukkan head unit BMW 325i 2003

Fitur yang diberikan terbilang jadul

Sementara pada varian menengah sampai paling atasnya, E46 telah dibekali dengan pengaturan jok mobil  elektrik dan juga ASC (Automatic Stability Control). Hanya saja di bagian kemudian belum ada kontrol  audionya. Sementara untuk memberikan kenyamanan selama perjalanan, pihak BMW memberikan AC yang sudah menggunakan single-zone climate control dan pengaturan digital.

Di masanya ada salah satu fitur modern yang menjadi keunggulan yakni pemutar CD. Dengan menggunakan fitur ini maka Sobat akan lebih terhibur selama perjalanan dengan menggunakan mobil sedan BMW satu ini. Bahkan di bagasi belakang Sobat dapat menempatkan sampai 6 keping CD dan bisa didengarkan selama perjalanan. Meskipun begitu, Sobat bisa langsung memutarnya dari  jok pengemudi tanpa pergi ke ruang bagasi.

>>> Klik Di Sini Untuk Membeli Mobil BMW 325i 2003

5. OPERASI BMW 325I 2003

Gambar ini menunjukkan mesin mobil BMW 325i 2003

Mesin yang diberkan siap melaju diperkotaan dan perjalanan jauh

Untuk mesin BMW 325i 2003 masih menggunakan mesin M52B25 2.5 L sama seperti model sebelum facelift. Dipadukan dengan 6 silinder, mobil ini dapat menghasilkan tenaga maksimal sebesar 192 Ps dan torsi puncak yang mampu dihasilkan adalah 245 Nm. Tenaga dan torsi mesin disalurkan menuju ke bagian roda dengan mengandalkan transmisi  manual dan otomatis 5 speed.

Mengingat perubahan yang dilakukan hanya minor saja, untuk pengemudian rasanya masih sama dengan keluaran tahun 2001. Menggunakan mesin tersebut siap digunakan di jalanan perkotaan ataupun untuk perjalanan jauh sekalipun.

>>> Review BMW 3 Series 2019: Jawaban Mobil Sedan Sport dari BMW

6. SPESIFIKASI BMW 325I 2003

Berikut ini merupakan tabel spesifikasi BMW 325i 2003 :

DIMENSI

Panjang

4.471 mm

Lebar

1.739 mm

Tinggi

1.415 mm

Kapasitas Bahan Bakar

63 liter

Jarak Poros Roda

2.725 mm

MESIN

Tipe Mesin

M52B25 2.5L 6-silinder segaris DOHC

Tenaga Maksimal

192 ps @ 5.500 rpm

Torsi Maksimal

245 Nm @ 4.000 rpm

Kapasitas Silinder

2.494 cc

Transmisi

5-percepatan manual atau 5-percepatan otomatis

Sistem Penggerak

Rear-wheel drive

KAKI-KAKI

Suspensi Depan

MacPherson Strut

Suspensi Belakang

Multi-Link

Ukuran Ban

225/50 R16

7. KELEBIHAN & KEKURANGAN BMW 325I 2003

Berikut ini merupakan kelebihan dan kekurangan BMW 325i 2003 :

KELEBIHAN

KEKURANGAN

Sebagai produksi produsen asal Jerman membuat tampilannya eksklusif dan menawan khas mobil Eropa

Boros bahan bakar, apalagi pada transmisi otomatisnya

Pengendaraan mobil ini akan dirasakan berkendara fun to drive

Usianya yang sudah tuan membuat pemilik perlu kesabaran dalam melakukan perawatan

Mempunyai bantingan suspensi yang empuk dan di dalam kabin akan merasakan kenyamanan karena kedap suara

Kurang praktis karena tidak ada saku di pintu dan juga cup holder

8. DAFTAR HARGA BMW 325I 2003

Tidak  dipungkiri, mobil sedan BMW ini terbilang mewah ketika pertama kali diluncurkan bagi masyarakat Indonesia. Namun setelah beberapa tahun harganya menjadi cukup terjangkau. Saat ini harga BMW 325i 2003 hanya berkisar Rp. 80 juta sampai Rp. 120 jutaan tergantung dari kondisi kendaraan. Bahkan karena populasinya yang cukup banyak membuatnya mudah ditemukan di pasar mobil bekas.

9. VIDEO BMW 325I 2003

10. KESIMPULAN BMW 325I 2003

Salah satu produsen mobil ternama yang terkenal akan pengendaraan fun to drive pada produknya adalah BMW. Begitupun pada mobil BMW 325i 2003 yang merupakan bagian dari BMW seri 3 yang sudah populer di dunia. Memang dari segi usia sudah tidak muda lagi, namun karena desainnya yang klasik membuatnya memancarkan aura elegan dan juga menawan khas pabrikan mobil asal Jerman.

Hanya saja usianya sudah lebih dari 16 tahun membuat perawatan mobil ini perlu lebih berhati-hati. Bahkan dari segi konsumsi bahan bakar masih kalah dengan kendaraan LCGC.

>>> Klik sini untuk lanjut simak artikel review mobil yang menarik lainnya

Share This:

Cari harga mobil

Harga mobil per merek

Review mobil populer

International