Review All New Toyota Corolla Altis Hybrid 2019, Tingkatkan Gengsi Minim Polusi

01/10/2019 Fatchur Sag Review Toyota

All New Toyota Corolla Altis Hybrid 2019 menjadi varian tertinggi yang cukup istimewa. Selain mesin Hybrid, apa yang membuatnya menjadi spesial? Mari kita bahas pada ulasan berikut!

1. PENGANTAR ALL NEW TOYOTA COROLLA ALTIS HYBRID 2019

Foto menunjukkan All New Toyota Corolla Altis Hybrid 2019

Makin kesini All New Toyota Corolla Altis Hybrid 2019 makin modern dan canggih

Baru diluncurkan pada 12 September 2019 lalu di Jakarta, Toyota All New Corolla Altis dikenalkan dalam 3 varian sekaligus. Ketiga varian tersebut adalah 1.8 G, 1.8 V, serta 1.8 HEV yang membawa mesin hybrid generasi ke-4.

Keberadaan All New Toyota Corolla Altis Hybrid 2019 menambah jajaran mobil elektrifikasi Toyota setelah  Prius, Camry HEV, Alpard HEV, dan C-HR HEV. Keberadaan mesin hybrid pada sedan kelas menengah ini menjadikan varian HEV mendapat perlakukan lebih dibanding varian lainnya. Toyota Corolla Altis sudah sejak lama menjadi salah satu mobil sedan terlaris di Indonesia, namun tentu saja varian HEV terbaru ini menawarkan lebih banyak hal yang bisa mengoda Anda. Apalagi ini untuk pertama kalinya Toyota membawa Corolla varian Hybrid ke Indonesia.

2. EKSTERIOR ALL NEW TOYOTA COROLLA ALTIS HYBRID 2019

Toyota tetap konsisten mengembangkan konsep TNGA dimana arsitektur mobil-mobil Toyota kerap mengembangkan body mobil yang tampak besar, luas, namun sedikit kaku guna menonjolkan unsur kekuatan dan stabilitas dari mobil ini. All New Toyota Corolla Altis Hybrid 2019 memiliki dimensi panjang 4.630 mm, lebar 1.780 mm, serta tinggi 1.435 mm. Secara umum, mobil sedan ini terlihat cukup sporty dan kekinian, sangat cocok digunakan oleh pengusaha muda maupun mahasiswa.

Eksterior All New Toyota Corolla Altis Hybrid 2019 : Bagian Depan

Foto All New Toyota Corolla Altis Hybrid 2019 tampak dari depan

Ada ornament biru di bagian logo sebagai identitas mobil hybrid

Dilihat dari depan, kesan sangar dan gahar begitu menonjol dari mobil ini. Lekukan pada kap mesin dan bagian samping terlihat tajam dan menampilkan kesan agresif. Sepintas Corolla ini justru mirip dengan Camry, namun bagian grille dan bumpernya lebih lebar. Keberadaan lampu LED pada headlight tidak hanya menghemat daya, namun juga membuat mobil ini tampak lebih mewah. Desain headlight yang meruncing turut menyumbang kesan agresivitas mobil sedan ini. Sementara aksen berwarna krom yang menyelimuti lampu utama dan grill serta fog lamp membuat kesan mewah yang sangat menggoda.

Eksterior All New Toyota Corolla Altis Hybrid 2019 : Bagian Samping

Foto All New Toyota Corolla Altis Hybrid 2019 tampak dari samping

All New Toyota Corolla Altis Hybrid 2019 sudah menggunakan platform TNGA

Dari  samping, aksen krom masih menjadi daya tarik yang disematkan di sepanjang jendela serta gagang pintu. Kesan sporty ala mobil sport masa kini cukup menonjol, terutama dengan bentuk velg 17 inci Alloy Whell dual tone berpadu dengan ban 225/45 yang cukup keren. Siluet lembut di bagian samping memberikan kesan sporty yang cukup menonjol dari mobil sedan ini. Jangan lewatkan pula tambahan kecil seperti fins yang berada di dekat spion yang berguna untuk mengurangi turbulensi. Efek TNGA juga membuat ukuran kaca menjadi lebih besar, sehingga memberikan visibilitas yang lebih luas. Secara umum bentuk mobil ini tidak jauh berbeda dengan generasi sebelumnya.

Eksterior All New Toyota Corolla Altis Hybrid 2019 : Bagian Belakang

Tampilan belakang All New Toyota Corolla Altis Hybrid 2019

Tampak belakang All New Toyota Corolla Altis Hybrid 2019 kelihatan berkarakter dengan garis tegas

Bagian ekor mobil ini juga tidak terlalu besar, ala mobil sport masa kini. Lampu belakang tampil beda dan unik  dengan lampu LED yang memanjang di ujung-ujung ekor. Model lampu belakang ini juga tampak semi 3D. Sementara list krom yang menghubungkan kedua unit lampu belakang. Bumper belakang tampil sangat sporty karena mirip dengan spoiler, tanpa harus melakukan upgrade body kit.

>>> Mungkin Anda ingin baca:

3. INTERIOR ALL NEW TOYOTA COROLLA ALTIS HYBRID 2019

Bagian interior All New Toyota Corolla Altis Hybrid 2019 tidak kalah elegan dibanding bagian luarnya. Akses masuk ke dalam kabin mobil ini sudah menggunakan smart entry. Kesan keren dan elegan sudah terpancar.

Interior All New Toyota Corolla Altis Hybrid 2019 : Kabin

Foto kabin All New Toyota Corolla Altis Hybrid 2019

Nuansa premium langsung terasa di kabin All New Toyota Corolla Altis Hybrid 2019

Kabin mobil ini tetap mempertahankan kesan sporty akibat pengaruh sasis TNGA. Siluet di dalam mobil memberikan kesan lekukan yang mewah. Meskipun ukuran kabin ini tidak begitu luas baik bagi pengemudi maupun penumpang. Ruang kepala yang tidak terlalu tinggi mungkin sedikit mengganggu bagi Anda yang berpostur tinggi. Lekukan siluet di pintu juga berlapis soft touch di bagian atas hingga bagian panel berwarna krom. Sandaran tangan di bagian pintu juga terlapis materail soft touch yang empuk dan nyaman.

Interior All New Toyota Corolla Altis Hybrid 2019 : Dashboard dan Setir

Foto setir All New Toyota Corolla Altis Hybrid 2019

Lingkar kemudi All New Toyota Corolla Altis Hybrid 2019 dilengkapi berbagai tombol

Banyak desain yang masih dipertahankan dari  varian sebelumnya yang mengusung konsep Modern Center Clusters, seperti garis lurus di sepanjang dashboar.  Posisi Head unit 8 inchi yang sedikit menonjol dari dashboard serta posisi panel pengaturan memberikan kesan baru yang driver oriented.

Sebagaimana mobil sedan kelas menengah ke atas, setir mobil ini juga sudah dilengkapi dengan fitur tilt steering serta telescopic yang memudahkan pengaturan posisi setir. Selain itu mode Adaptive Cruise Control yang dapat diatur melalui panel yang ada di setir. Selain itu tampilan instrume cluster yang dipasang cukup canggih dengan panel TFT 7 inci yang full collor yang dapat diganti temanya tergantung mode laju yang dipilih.

Interior All New Toyota Corolla Altis Hybrid 2019 : Kursi/Jok

Foto Jok All New Toyota Corolla Altis Hybrid 2019

Jok All New Toyota Corolla Altis Hybrid 2019 bebas untuk dimodifikasi sesuai selera

Jok mobil ini cukup nyaman dengan lapisan kulit, meskipun tidak senyaman dan sepremium yang diterapkan pada Camry. Mobil ini juga dapat menampung hingga 5 orang. Bentuk jok yang ergonomis juga menjadi salah satu hal yang menunjang kenyamanan. Jok mobil ini juga tampil sporty, tidak kaku seperti sedan-sedan lain di kelasnya. Panel pengaturan kursi juga lebih mudah digapai. Pada bagian jok pengemudi dapat diatur secara elektrik 8 arah, dan pengaturan lumbar 2 arah. Head rest juga dapat diatur 2 arah yang sudah cukup nyaman.  

Interior All New Toyota Corolla Altis Hybrid 2019 : Bagasi

Foto Bagasi All New Toyota Corolla Altis Hybrid 2019

Bagasi All New Toyota Corolla Altis Hybrid 2019 bukan untuk mengangkut barang berdimensi sangat besar

Ruang penyimpanan mobil ini sebenarnya tidak terlalu spesial. Body TNGA berimbas pada pengurangan ruang bagasi yang hanya berkapasitas 368 liter saja. Namun ukuran ini cukup untuk membawa barang sehari-hari atau barang belanjaan, serta ban cadangan. Jok tengah bagian belakang juga bisa dilipat untuk menabah kapasitas bagasi.

>>> Baca juga:

4. FITUR ALL NEW TOYOTA COROLLA ALTIS HYBRID 2019

Mobil hybrid identik dengan mobil modern, nyaman, penuh fitur dan canggih. Lalu fitur apa yang ditawarkan pada All New Toyota Corolla Altis Hybrid 2019 ini? Mari simak sama-sama!

Fitur All New Toyota Corolla Altis Hybrid 2019 : Fitur Keselamatan

Gambaran fitur keselamatan All New Toyota Corolla Altis Hybrid 2019 - RTCA

Fitur keselamatan terbilang sangat komplit

Perlu anda ketahui bahwa All New Toyota Corolla Altis Hybrid menjadi mobil pertama dari Toyota yang dilengkapi sistem keamanan canggih Toyota Safety Sense. Teknologi ini memadukan berbagai sistem keamanan seperti Dynamic Radar Cruise Control, Land Departure Alert, Preclosion, serta Auto High Beam.

Fitur penunjang keselamatan yang ditamankan pada mobil ini terbilang cukup lengkap. Sistem keamanan pengereman seperti  ABS (Anti-lock Breaking System), EBD (Electronic Brake-force Distribution), dan BA (Brake Assist). Masih ada 7 airbags yang mengelilingi kabin mobil Corolla Altis terbaru.

Fitur keselamatan lain yang juga ditanamkan adalah Head Up Display (HUD) yang menampilkan info ke kaca, HSA (Hill Start Assist), (DSC) Drive Start Control), BSM (Blind Spot Monitor), serta RTCA (Rear Cross Traffic Alert) yang hanya terpasang pada varian Hybrid ini.

Fitur All New Toyota Corolla Altis Hybrid 2019 : Fitur Kenyamanan dan Hiburan

Foto head unit All New Toyota Corolla Altis Hybrid 2019

Soal kenyamanan All New Toyota Corolla Altis Hybrid 2019 jangan pernah diragukan

Panel layar 8 inci pada dashboard mobil ini tidak hanya berguna sebagai pusat multimedia saja. Sejumlah sistem kenyamanan dan hiburan tertanam dan dapat diatur melalui panel ini, mulai dari fitur energy monitoring, Vehicle Customication Function untuk mengatur AC dan kunci pintu, serta mendukung Apple Car Play. Selain itu juga sudah mendukung koneksi USB, i-pod, internet, miracast, serta dapat menerima perintah suara.

Jangan lewatkan pula dual zone AC yang memberikan kesejukan menyeluruh di dalam kabin. Keberadaan AC dual zone saat ini menjadi suatu kewajiban demi menunjang kenyamanan maksimal. Masih ada tambahan head-up display yang tidak ditemukan dalam varian G, berfungsi sebagai pusat informasi kondisi kendaraan serta menjadi sistem peringatan keselamatan.

Untuk lebih detailnya, Anda bisa simak pada video di bawah bagaimana fitur keselamatan dan kenyamanan canggih yang ditawarkan All New Toyota Corolla Altis Hybrid 2019 ini bekerja.

>>> Toyota Siap Bawa Corolla Hatchback Dan Bangkitkan Sang Legendaris Supra di Geneva

5. OPERASI ALL NEW TOYOTA COROLLA ALTIS HYBRID 2019

Foto fitur Mode berkendara All New Toyota Corolla Altis Hybrid 2019

Pengendara bebas memilih mode mengemudi All New Toyota Corolla Altis Hybrid

All New Toyota Corolla Altis Hybrid 2019 ditenagai oleh mesin 2ZR-FXE dengan kapasitas 1.798 cc 4 silinder DOHC Dual VVT-i. Mesin ini dapat menghasilkan tenaga 93,7 Hp pada putaran 5.200 rpm, serta torsi 142 Nm pada putaran mesin 4.000 rpm. Sementara motor P601 HEV bertenaga listriknya dapat menghasilkan 53 kW (71 Hp) dan torsi hingga 163 Nm. Mesin hybrid ini juga memberikan kenyamanan di dalam kabin karena tidak menimbulkan suara dan getaran mesin berlebih, bahkan cenderung senyap. Sistem operasinya menggunakan transmisi otomasis 4 mode yakni Normal, ECO, Sport, dan EV. Sementara sistem perpindahan gigi menggunakan model CVT yang menjaga putaran mesin selalu rendah, serta meminimalisir penggunaan bahan bakar.

6. SPESIFIKASI ALL NEW TOYOTA COROLLA ALTIS HYBRID 2019

 

DIMENSI

Panjang

4630 mm

Lebar

1780 mm

Tinggi

1435 mm

Jarak sumbu roda

2700 mm

Ground Clearance

155 mm

Radius putar

5,4 m

MESIN

Seri

2ZR-FXE

Tipe

4 - Cylinder In-Line, 16 Valve DOHC with VVT-i

Kapasitas silinder

1798 cc

Tenaga maksimum

93,7 Hp @ 5.200 rpm

Torsi maksimum

142 Nm @ 4.000 rpm

Bahan bakar

Bensin

Sistem bahan bakar

Electric Fuel Injection

Transmisi

CVT

KAKI-KAKI

Sistem penggerak roda

Penggerak roda depan / Front Wheel Drive (FWD)

Sistem kemudi

Electric Power Steering

Suspensi depan

MacPherson Strut

Suspensi belakang

Double Wishbone

Rem depan

Cakram ventilasi

Rem belakang

Cakram solid

Sistem pengereman tambahan

ABS + EBD + BA + VSC + HSA

Ukuran ban

225/45 R17

7. KELEBIHAN & KEKURANGAN ALL NEW TOYOTA COROLLA ALTIS HYBRID 2019

Kelebihan Kekurangan
Body TNGA tidak hanya mempengaruhi penampilannya, namun juga kenyamanan berkendara Ukurannya yang tidak terlalu luas dan cenderung sempit untuk penumpang membuat mobil ini kurang nyaman bila ditujukan untuk perjalanan jauh.
Segudang fitur yang ditanamkan juga berfokus pada driver oriented Kapasitas bagasinya juga relatif kecil dibanding sedan sekelasnya.
Penggunaan teknologi hybrid membuat mobil tidak hanya irit bahan bakar, namun juga memberikan tenaga yang cukup baik untuk akselerasi. Beberapa lampu masih menggunakan model halogen sehingga mengurangi kesan modern.
Perubahan suspensi menjadi Double WishBone membuat kestabilan mobil ini semakin baik.  

8. DAFTAR HARGA ALL NEW TOYOTA COROLLA ALTIS HYBRID 2019

Foto All New Toyota Corolla Altis Hybrid 2019 tampak dari samping

Harga All New Toyota Corolla Altis Hybrid 2019 lebih dari setengah miliar

All New Toyota Corolla Altis Hybrid 2019 adalah varian tertinggi dari Toyota Corolla Altis yang dipasarkan di Indonesia. Toyota Astra Motor (TAM) menjual mobil ini dengan harga Rp 566.300.000 OTR DKI Jakarta dan sekitarnya (September 2019). Harga tidak mengikat, dapat berubah sewaktu-waktu. Untuk wilayah lain atau pada bulan yang lain, harga kemungkinan besar berbeda.

9. VIDEO ALL NEW TOYOTA COROLLA ALTIS HYBRID 2019

10. KESIMPULAN ALL NEW TOYOTA COROLLA ALTIS HYBRID 2019

All New Toyota Corolla Altis tetap berada di jajaran depan persaingan mobil sedan kelas menengah, bersanding dengan Honda Civic Turbo dan Mazda 3. Namun masuknya varian hybrid memberikan dampak yang cukup signifikan bagi mobil ini, selain itu fitur yang semakin lengkap dan canggih sangat layak diacungi jempol. All New Toyota Corolla Altis Hybrid 2019 memang dikedepankan selain untuk mendukung eco-driving juga menjadi alternatif persaingan pasar sedan menengah di Indonesia. Manuver Toyota ini layak mendapat perhatian lebih, terutama fitur-fitur menawan yang hanya disematkan pada varian hybrid ini. Tentu saja, performa dan gebrakan dari Toyota ini patut diperhitungkan dan membuat mobil ini layak dimiliki.

>>> Klik sini untuk lanjut simak artikel review mobil yang menarik lainnya

Share This:

Cari harga mobil

Harga mobil per merek

Review mobil populer