Review All New Nissan Livina Tipe VL 2019: Pilihan Mobil Keluarga Di Indonesia

26/03/2019 Abdul Review Nissan

Peluncuran All New Nissan Livina menjadi salah satu hal yang ditunggu. Hal tersebut dikarenakan sejak tahun 2007 mobil Nissan Grand Livina dan Livina nyaris tidak dilakukan pergantian model. Hingga akhirnya pada Februari lalu mobil All New Nissan Livina 2019 diluncurkan secara resmi. Untuk lebih jelas mengenai mobil ini bisa melihat review nya yang akan kita bahas dalam segmen kali ini.

1. PENGANTAR ALL NEW NISSAN LIVINA TIPE VL 2019

Review All New Nissan Livina VL 2019 – Sedikit melihat sejarah, yang mana di tahun 2007 peluncuran mobil ini juga cukup mencengangkan. Yang mana mobil ini ikut menggebrak pasar otomotif kelas MPV yang dikuasai oleh Daihatsu Xenia dan Toyota Avanza. Pada masa tersebut konsep yang dipakai Nissan sangat berbeda. Hal tersebut dikarenakan penggunaan sasis dari Renault yang terkenal dengan fleksibilitas dan kelenturannya. Bahkan di bagian suspensi juga menghadirkan standar baru di kelasnya karena kelembutan yang dimiliki.

Gambar ini menunjukkan All New Nissan Livina 2019 tampak depan dan samping kiri

Nissan Grand Livina pertama kali meluncur pada tahun 2007

Setelah 12 tahun Nissan Grand Livina akhirnya berganti model yakni All New Nissan Livina 2019. Memang kata Grand dihilangkan karena rencananya akan dipasarkan secara global. Namun sayangnya karakteristik dari Nissan dihilangkan karena jika dilihat dari bentuknya lebih mirip dengan Xpander.

2. EKSTERIOR ALL NEW NISSAN LIVINA TIPE VL 2019

Review All New Nissan Livina VL 2019 : Bagian Depan

Gambar ini menunjukkan All New Nissan Livina 2019 tampak depan

Bagian depan menggunakan desain V-Motion Grille

Pada bagian depan menggunakan grill dengan desain V-Shape. Untuk bagian ini dari pihak Nissan menyebutnya tidak seperti itu, akan tetapi desain V-Motion Grille. Untuk menambah kemewahan yang dimiliki, mobil terbaru ini menggunakan Dual LED Signature yang berkombinasi dengan Daytime Running Light. Desain dari mobil besutan Nissan menurut kami lebih slim dan sleek apabila dibandingkan dengan Mitsubishi Xpander.

Review All New Nissan Livina VL 2019 : Bagian Samping

Gambar ini menunjukkan bagian samping All New Nissan Livina 2019

Tampilan samping terlihat menarik meskipun tidak berbeda dengan saudaranya

Berlanjut ke bagian samping, yang mana All New Nissan Livina tipe VL dan juga VE didesain lebih dinamis dan sporty. Pada peleknya juga juga sudah didesain dengan model terkini yang menggunakan ukuran 16 inci. Bahkan bagian pelek ini didesain aerodinamis sehingga dapat membuang udara yang berada di dalam pelek dengan lebih maksimal yang menimbulkan efek aerodinamika pada kendaraan.

Review All New Nissan Livina VL 2019 : Bagian Belakang

Gambar ini menunjukkan bagian belakang All New Nissan Livina 2019

Bagian belakang tidak berbeda jauh dengan saudaranya

Apabila dilihat di bagian belakang banyak tentunya akan merasa kecewa jika memiliki harapan tampilannya berbeda dengan saudaranya. Hal tersebut dikarenakan saat bagian belakang mobil All New Nissan Livina 2019 tidak mendapat tambahan emblem maka akan sama persis. Jadi di bagian ini menurut kami sama dengan saudaranya.

>>> Mungkin Anda ingin baca:

3. INTERIOR ALL NEW NISSAN LIVINA TIPE VL 2019

Review All New Nissan Livina VL 2019 : Bagian Dashboard & Setir

Gambar ini menunjukkan bagian dashboard All New Nissan Livina 2019

Desain dashboard terlihat modern dan tidak berbeda dengan saudaranya

Berlanjut ke bagian interior, yang mana akan tercium nuansa Xpander di dalamnya. Akan tetapi hal tersebut tidak masalah, mengingat produk kerjasama lainnya yaitu Xenia 1.5 R dan New Avanza Veloz 2019 juga tidak mempunyai perbedaan yang berarti. Apalagi tampilan dashboard model ini terbilang sangat modern pada kelas LMPV saat ini. Berlanjut ke bagian stir All New Nissan Livina tipe VL 2019, yang mana desainnya dibuat nyaman ketika digenggam. Meskipun sebenarnya jika dibandingkan dengan Xpander seperti hanya berganti emblem saja. Begitu juga dengan tombol yang dimiliki juga sama dengan yang dimiliki oleh Xpander.

Review All New Nissan Livina VL 2019 : Bagian Bagasi

Gambar ini menunjukkan bagian bagasi All New Nissan Livina 2019

Bagasi luas terutama saat kursi belakang dilipat

Berbicara soal bagasi, pada mobil besutan Nissan ini terbilang lega. Tentunya hal tersebut terbilang sangat baik karena dapat memberikan kemudahan pada penggunanya saat ingin bepergian dan membawa barang bawaan. Ditambah lagi saat kursi belakang tidak digunakan dapat dilipat dengan kondisi rata yang membuat akses keluar masuk barang bawaan lebih mudah. Bahkan kebanyakan masyarakat yang melihat bagian bagasi mobil ini hampir tidak ada komplain.

>>> Baca juga:

4. FITUR ALL NEW NISSAN LIVINA TIPE VL 2019

Pada bagian fitur pihak Nissan memberikan beragam kemudahan seperti pada head unitnya yang bisa dihubungkan dengan smartphone yang menggunakan sistem IOS ataupun Android. Bahkan untuk menambah kenyamanan penggunanya maka pada bagian ini diberikan layar 7 inci. Dengan adanya fitur tersebut memungkinkan penggunanya untuk bisa menikmati musik sesuai keinginan dan juga memberikan informasi lewat navigasi yang dimiliki oleh All New Nissan Livina tipe VL 2019.

Gambar ini menunjukkan fitur All New Nissan Livina 2019

Fitur mumpuni untuk mendukung keamanan dan kenyamanan pengendara

Fitur lain yang disematkan adalah Traction Control, yang mana fitur ini dapat meningkatkan keamanan dan keselamatan saat berkendara menggunakan All New Nissan Livina VL 2019. Fungsi dari fitur ini adalah untuk mencegah ban selip dan sulit untuk dikendalikan. Berlanjut ke bagian kursi yang dapat dilipat sesuai dengan kebutuhan pengendara ataupun penumpang. Jadi kenyamanan lebih bisa dirasakan berkat adanya armest yang berada di baris depan.

Untuk menambah kenyamanan berkendara, pihak Nissan memberikan beberapa pengaturan lewat tombol yang berada pada kemudi mobil. Dengan begitu saat ingin mengoperasikan fitur audio tidak perlu melepas kemudi mobil.

>>> Review Daihatsu Grand New Xenia Tipe R 1.5 MT Deluxe 2019: Upgrade Tambah Keren

5. OPERASI ALL NEW NISSAN LIVINA TIPE VL 2019

Gambar ini menunjukkan mesin mobil All New Nissan Livina 2019

Mesin handal yang merupakan hasil kolaborasi antara Mitsubishi dan Daimler

Pada bagian performa mobil besutan Nissan ini mengandalkan mesin yang memiliki kode 4A91. Mesin ini merupakan hasil pengembangan dari Mitsubishi dengan Daimler yang telah dipasangkan pada mobil Mitsubishi Xpander. Torsi yang dimilikinya juga kaya karena lebih rendah dari pesaingnya yakni 141 NM pada putaran 4.000 Rpm. Sedangkan untuk tenaga maksimal yang bisa didapatkan adalah 102,5 Hp pada putaran 6.000 Rpm. Sebenarnya untuk soal tenaga bisa lebih, namun karena beberapa hal seperti kualitas bahan bakar di Indonesia dan juga kelembaban udara, maka dari pihak tim teknis aliansi Mitsubishi-Nissan-Renault Asia melakukan penyetingan sesuai dengan kebutuhan konsumen di Tanah Air. Tenaga mesin All New Nissan Livina VL disalurkan ke roda mengandalkan transmisi Otomatis dengan 4 Percepatan atau Manual 5 Percepatan.

>>> Bingung Pilih Mobil Sedan Atau MPV Untuk Keluarga Muda, Baca Ini Dulu!

6. SPESIFIKASI ALL NEW NISSAN LIVINA TIPE VL 2019

DIMENSI

Panjang

4.510 mm

Lebar

1.750 mm

Tinggi

1.700 mm

Jarak Sumbu Roda

2.775 mm

Jarak Terendah Ke Tanah

205 mm

MESIN

Seri mesin

4A91, DOHC, MIVEC

Rasio Kompresi

10,5 : 1

Tenaga Maksimum

102,5 hp (104 Ps) @ 6.000 rpm

Torsi Maksimum

141 Nm @ 4.000 rpm

Kapasitas Silinder

1.499 cc

Bore X Stroke

75 mm X 84,8 mm

Tipe Transmisi

Otomatis dengan 4 Percepatan atau Manual 5 Percepatan

SUSPENSI

Suspensi Depan

MacPherson Strut with Coil Spring

Suspensi Belakang

Torsion Beam

7. KELEBIHAN & KEKURANGAN ALL NEW NISSAN LIVINA TIPE VL 2019

Setiap kendaraan mempunyai kelebihan dan kekurangan. Begitu juga pada mobil besutan Nissan satu ini yang pasti memilikinya.

KELEBIHAN

KEKURANGAN

Tampilan bagian depan dibuat lebih elegan

Kurangnya karakter Nissan

Desain yang dimiliki total baru

Terlalu mirip dengan saudaranya yakni Mitsubishi Xpander

Dilihat dari bagian muka lebih menarik dari Xpander

Transmisi belum menggunakan Xtronic CVT

8. DAFTAR HARGA ALL NEW NISSAN LIVINA TIPE VL 2019

Soal harga memang tidak jauh dari perkiraan sebelum peluncurannya. Berikut ini merupakan harga dari All New Nissan Livina tipe VL 2019.

TIPE MOBIL

HARGA BARU

All New Nissan Livina VL AT

Rp. 261.900.000

9. VIDEO ALL NEW NISSAN LIVINA TIPE VL 2019

10. KESIMPULAN ALL NEW NISSAN LIVINA TIPE VL 2019

Mobil All New Nissan Livina tipe VL 2019 merupakan mobil dalam segmen LMPV yang nyaman dan siap menemani keluarga sobat semua. Dengan harga yang terbilang cukup terjangkau dan kelengkapan fitur di dalamnya, membuat mobil ini siap digunakan untuk bepergian jarak dekat ataupun jauh.

>>> Jangan lupa klik sini untuk simak artikel review mobil yang menarik lainnya

Share This:

Cari harga mobil

Harga mobil per merek

Review mobil populer

International