Review All New Honda Civic Turbo 2018 : Pertama Bermesin Turbo Yang Tampil Glamour Dan Sporty

22/02/2019 Fatchur Sag Review Honda

Sejak diluncurkan di Indonesia pada pameran IIMS 2016, All New Honda Civic Turbo langsung memikat. Perubahan total yang diberikan Honda membuat mobil legendaris ini tampil menarik, mewah, modern dan juga sangat sporty. Seperti apa luar dalam mobil ini, simak ulasan berikut!

1. PENGANTAR ALL NEW HONDA CIVIC TURBO 2018

Foto Honda Civic Turbo tampak dari samping depan

Generasi ke-10 Honda Civic dilengkapi dengan mesin Turbo

Review All New Honda Civic Turbo 2018 - Kita tentu tahu jika Honda selalu menghadirkan produk-produk otomotif terbaiknya. Honda adalah pabrikan otomotif Jepang yang dari dulu terus berinovasi untuk menyokong performa terbaik bagi produk-produk otomotifnya. Seakan-akan pabrikan Honda selalu memiliki ide-ide tersendiri untuk menghadirkan produk terbaik untuk konsumennya. Salah satu produk unggulan dari Honda adalah Honda Civic. Honda Civic sendiri sudah berganti hingga 10 kali generasi, dan terakhir adalah generasi ke-10, yaitu All New Honda Civic Turbo.

Generasi ke-10 Honda Civic ini pertama kali diluncurkan di Indonesia di pameran IIMS 2016, lewat inovasi terbarunya dari sektor desain dan mesin. All New Honda Civic Turbo merupakan mobil pertama Civic yang telah dibekali oleh mesin turbo. Tampilannya yang modern dan agresif semakin memperkuat kesan mobil sport. Dengan sokongan desain dan mesin terbaru, mobil ini bisa dikatakan lebih maju dibandingkan kompetitornya, seperti BMW seri 3, Toyota Altis, Mazda 3, dan Ford Focus Sedan.

2. EKSTERIOR ALL NEW HONDA CIVIC TURBO 2018

Berbicara mengenai desain, tampilan All New Honda Civic Turbo 2018 cukup menyedot perhatian para pengguna jalan saat melenggang di area jalanan. Mobil ini mengusung desain bergaya futuristic dan sporty yang terlihat sangat mewah. Memiliki lekukan pada seluruh bagian bodinya yang agresif dan tajam menampilkan kesan sporty dan tidak ada bandingannya dengan vendor lain.

Review All New Honda Civic Turbo 2018 : Eksterior Depan

Foto Honda Civic Turbo bagian depan

Tampilan depan All New Honda Civic Turbo, tajam menawan

Bagian depan Honda Civic terlihat modern, di sepanjang headlampnya tampak sipit dengan kelengkapan full LED Projector dengan fitur Daytime Running Lights (DRL) LED sehingga membuatnya lebih menawan. Pada bagian bawah terdapat foglamp yang ikut menghiasi eksterior depan Honda Civic. Menariknya, Honda telah menambahkan lampu pada fender mobil dan fitur tersebut tidak ditemukan pada mobil-mobil sedan yang lainnya.

Review All New Honda Civic Turbo 2018 : Eksterior Samping

Foto Honda Civic Turbo tampak samping

Ciri khas Honda Civic yang tajam dan agresif tersemat pada All New Honda Civic Turbo

Mobil yang panjangnya melebihi 4,6 meter ini terlihat seperti penampakan mobil sport, memiliki lekukan yang agresif dan tajam. Terlebih mobil ini menggunakan velg alloy palang 5 yang berukuran 17 inch dilengkapi ban 215/50 yang berbentu diamond. Pemanis lainnya yang nampak dari samping adalah Shark Fin Antenna memang cukup ampuh disematkan sebagai bagian mobil mewah masa kini.

Review All New Honda Civic Turbo 2018 : Eksterior Belakang

Foto Honda Civic Turbo bagian belakang

Desain belakang All New Honda Civic Turbo benar-benar sporty

Bagian belakang mobil yang pendek dan melandai juga semakin memperkuat tampilan All New Honda Civic Turbo 2018 yang sporty, dengan stoplamp yang tampak futuristik dan unik. All New Honda Civic Turbo juga turut dibekali oleh fitur High mounted stoplamp yang tersedia di kaca bagian belakang yang akan menyala saat pengemudi menginjak rem.

>>> Mungkin Anda ingin baca:

3. INTERIOR ALL NEW HONDA CIVIC TURBO 2018

Jika berbicara tentang desain interior All New Honda Civic Turbo 2018, penampakannya tak kalah elegan dan glamour dibandingkan eksterior desainnya sendiri. Memang desain interiornya sejak awal tampak premium, dan eksklusif. Untuk lebih jelasnya, mari kita ulas penjelasannya berikut ini.

Review All New Honda Civic Turbo 2018 : Kabin

Foto kabin Honda Civic Turbo

Dimensi panjang All New Honda Civic Turbo membuat kabin terasa lapang

Kabin Honda Civic generasi ke-10 juga tidak terlepas dari sentuhan-sentuhan baru jika dibandingkan generasi sebelumnya. Pada bagian kabin depan ada dashboard yang telah dilengkapi oleh berbagai macam fitur berteknologi.

Dimensi mobil yang panjang mencapai 4.630 mm telah menciptakan kelapangan ekstra untuk penumpang di bagian belakang. Sedikit disayangkan, sandaran kursi bagian belakang ini sedikit tegak sehingga terasa kurang santai. Meski demikian mobil ini tetap nyaman dengan adanya sistem peredaman yang sangat baik.

Review All New Honda Civic Turbo 2018 : Dashboard dan Setir

Foto interior Honda Civic Turbo

Dashboard All New Honda Civic Turbo simpel dan modern

Seperti yang sudah dikatakan sebelumnya bahwa bagian dashboard mobil telah dilengkapi oleh berbagai fitur terbaik dan berteknologi. Seperti fitur Intelligent Multi Information Display untuk memberikan informasi mengenai bahan bakar, jarak, dan waktu. Disematkan juga system Multiplex Meter with Eco Assistance yang disematkan pada Combination Meter untuk memberikan infor mengenai putaran mesin. Sementara pada AC atau pendinginnya, dapat memberikan kesejukan luar biasa.

Sedangkan untuk setir mobilnya sendiri sudah cukup pas karena mengusung fitur Dual Pinion EPS yang dilengkapi oleh Telescopic Steering dan Tilt Steering. Hal tersebut dapat mempermudah pengemudi saat mengendalikan mobilnya.

Review All New Honda Civic Turbo 2018 : Kursi

Foto kursi Honda Civic Turbo

Jok Kulit dengan jahitan kontras menambah kesan sporty All New Honda Civic Turbo

Beralih ke kursi/jok mobil, All New Honda Civic Turbo 2018 sudah diganti menggunakan semi bucketseat lansira Recaro DC5 dan Harness Takata. Pelapis jok depan menggunakan kulit berkelir hitam dengan layer kombinasi dan jahitan kontras menambah kesan sporty.

Review All New Honda Civic Turbo 2018 : Bagasi

Foto bagasi Honda Civic Turbo

Bagasi All New Honda Civic Turbo cukup menampung banyak barang

All New Honda Civic Turbo memiliki bagasi dengan kapasitas 519 liter. Jika dimaksimalkan bagasi ini bisa menampung empat koper berukuran besar tanpa harus dipaksakan.

>>> Baca juga:

4. FITUR ALL NEW HONDA CIVIC TURBO 2018

All New Honda Civic Turbo sudah disematkan berbagai fitur terbaik untuk memperbaharui fitur-fitur yang terdapat pada generasi sebelumnya.

Review All New Honda Civic Turbo 2018 : Fitur Keselamatan

Semua varian All New Honda Civic Turbo telah menawarkan sektor keselamatan tertinggi lewat fitur-fitur keselamatan yang aktif dan pasif. Honda telah mengusung teknologi rangka G-CON (G-Force Control) yang bertujuan untuk mempertahankan keutuhan struktur ruang pada penumpang dengan mengalirkan dan menyerap energi terhadap suatu benturan. Sedangkan ACE (Advanced Compatibility Engineering) sendiri memberikan perlindungan secara menyeluruh pada bagian kabin penumpang walaupun bertabrakan mobil atau kendaraan lain yang ukurannya berbeda. Bagian body Honda Civic juga dirancang oleh struktur Pedestrian Protection yang disematkan pada 5 bagian untuk meredam energi sekaligus meminimalkan cedera bagi pejalan kaki.

Foto Airbag Honda Civic Turbo

All New Honda Civic Turbo dilengkapi airbag 6 buah

Saat tabrakan keras terjadi, maka Pretensioner Seatbelt langsung mengencang sehingga posisi tubuh tetap terjaga dan dapat mencegah dada bergerak ke depan. Sementara itu, Load Limiter berperan untuk mengurangi tekanan berlebih sekaligus mencegah agar dada tidak cedera dan memastikan agar posisi tubuh langsung terjatuh ke airbag yang telah mengembang.

All New Honda Civic Turbo juga telah dilengkapi oleh Dual SRS Airbags yang terdapat pada varian Turbo Prestige dan 6 buah airbag yang terdapat pada varian Turbo ES yang bisa meminimalkan risiko cedera ke penumpang dan pengemudi. Sedangkan pada Tether & ISOFIX berfungsi untuk mengaitkan kursi bayi pada kursi belakang untuk menunjang keselamatan.

Fitur keselamatan lainnya adalah Electric Parking Brake untuk mempermudah parking brake hanya satu sentuhan saja dan fitur Auto Brake Hold sebagai penahan rem otomatis saat kendaraan berhenti dengan sempurna ketika melewati medan turunan atau tanjakan, sehingga bisa meminimalisir mobil terus meluncur tanpa harus menginjak rem secara terus menerus. Adapun fitur-fitur All New Honda Civic Turbo 2018 lainnya ialah diantaranya Vehicle Stability Assist, Emergency Stop Signal, Brake Override System, Brake Assist, Electronic Brake Force Distribution, dan Anti Lock Bracking System, khususnya pada system pengeremannya.

Review All New Honda Civic Turbo 2018 : Fitur Kenyamanan

All New Honda Civic Turbo mengusung teknologi canggih untuk memudahkan para pengemudi sekaligus menambah kenyamanan pengemudi di dalam kabin. Pada konsol tengah, telah disematkan system audio video canggih touchscreen 7 inchi yang dibekali oleh teknologi wireless mirroring yang biasanya disematkan untuk iOS dan smartphone android dan system DMI support. Audio Video yang disematkan pada mobil ini kompatibel lewat berbagai format media video dan audio, yang sudah dilengkapi pula oleh Aux dan port USB.

Foto head unit Honda Civic Turbo

Fitur entertainment Honda Civic Turbo lengkap dan berkualitas

Penambahan fitur tweeter speaker untuk hasil kualitas audio lebih jernih. Selain itu, pengaturan audionya juga bisa dilakukan  lewat fitur Steering Switch Control di bagian roda kemudi. Ada pula fitur lainnya seperti Hands Free Telephone Switch sehingga memungkinkan para pengemudi dapat menerima telepon tanpa melepaskan tangan terhadap kemudi.

Fitur lainnya seperti Smart Key berfungsi untuk membuka, mengunci dan menyalakan mesin sekaligus mengaktifkan AC dengan otomatis, sehingga bagian kabin sudah sejuk ketika pengemudi memasuki mobil mereka. Smart Entry juga memberikan kemudahan membuka kunci hanya dengan menyentuh bagian handle pintu saja. Fitur One Push Ignition System berguna menyalakan mesin mobil hanya menggunakan satu sentuhan saja. Sedangkan, Cruise Control melajukan mobil tanpa menginjak bagian pedal akselerasi sekaligus juga bisa mengendalikan kecepatan menggunakan tombol pengatur pada roda kemudi.

>>> Begini Tips Memilih Asuransi Mobil Agar Tidak Salah Pilih

5. OPERASI ALL NEW HONDA CIVIC TURBO 2018

Foto mesin Honda Civic Turbo

All New Honda Civic Turbo menjadi model pertama Honda Civic bermesin turbo

All New Honda Civic Turbo 2018 memanfaatkan mesin berteknologi 1.5L 4 Silinder Segaris, VTEC Turbo DOHC, 16 Katup + DBW, Direct Injection. Dengan mesin tersebut, bisa menghasilkan tenaga maksimal sebanyak 173 PS dengan putaran 5.500 rpm serta torsi maksimal 220 Nm untuk putaran 5.500 rpm. Sistem transmisi CVT menggunakan Earth Dreams Technology bisa menghasilkan keseimbangan yang terjadi antara mesin responsif terhadap putaran bertenaga dan rendah pada putaran yang tinggi. Selain itu, sistem tersebut juga memberikan akselerasi responsif dengan performa mesin maksimal, dan lebih halus, disertai efisiensi konsumsi bahan bakar yang tinggi.

>>> Mari cek harga dan promo mobil Honda lainnya dengan klik sini

6. SPESIFIKASI ALL NEW HONDA CIVIC TURBO 2018

DIMENSI

Panjang x Lebar x Tinggi

4.630mm x 2.705mm x 1.416mm

Jarak Sumbu Roda

2.700mm

Jarak Pijak Depan/Belakang

1.547mm / 1.563mm

MESIN

Tipe

1.5L 4 Silinder Segaris, VTEC Turbo DOHC, 16 Katup + DBW

Sistem Suplai Bahan Bakar

Direct Injection

Diameter x Langkah

73,0mm x 89,5mm

Isi Silinder

1496

Perbandingan Kompresi

10,6:1

Daya Maksimum

173PS / 5.500rpm

Momen Puntir Maksimum

220Nm / 1.700 - 5.500rpm

Transmisi

CVT with Earth Dreams Technology

Sistem Kemudi

Dual Pinion

KAKI-KAKI

Suspensi Depan

MacPherson Strut

Suspensi Belakang

Multi-Link

Rem Depan

Ventilated Disc

Rem Belakang

Disk

Ban

215/50 R17

Velg

17x7J

7. KELEBIHAN & KEKURANGAN ALL NEW HONDA CIVIC TURBO 2018

Kelebihan

Kekurangan

Kelebihan Honda Civic pertama bisa dilihat dari

Tidak ada transmisi manual

Desain eksterior dan interior yang tampil agresif dan sporty.

Bagasi lebih sempit dibanding versi hatchback

Dilengkapi fitur keamanan komplit seperti alarm system, immobilizer, smart key dan Auto Door Lock

Harga perawatan dan sparepartnya yang mahal.

Performa mesinnya yang handal, mengandalkan mesin 1.5L 4 silinder VTEC Turbo DOHC + DBW.

 

Tetap irit bahan bakar.

 

8. DAFTAR ALL NEW HONDA CIVIC TURBO 2018

Tipe

Harga

All New Honda Civic 1,5L Turbo ES

Rp 497.500.000

All New Honda Civic 1,5L Turbo Prestige

Rp 500.500.000

*) Harga OTR Jakarta dan sekitarnya (Februari 2019)

9. VIDEO ALL NEW HONDA CIVIC TURBO 2018

10. KESIMPULAN ALL NEW HONDA CIVIC TURBO 2018

Honda telah berusaha memberikan penyegaran yang terbaik untuk All New Honda Civic Turbo. Tapi bisa dimaklumi kalau tidak semua orang tertarik untuk memiliki. Terutama jika kebutuhan kendaraan roda empat adalah untuk kepentingan niaga atau keluarga. Berdasarkan ulasan serta kelebihan dan kekurangan yang dimiliki di atas, All New Honda Civic Turbo 2018 ini dirasa sangat cocok digunakan untuk kaum muda. Bagaimana menurut Anda

>>> Klik sini untuk lanjut simak artikel review mobil yang menarik lainnya

Share This:

Cari harga mobil

Harga mobil per merek

Review mobil populer