Review All New Ertiga Suzuki Sport 2019 : Mobil Keluarga Yang Dengan Tampilan Sporty

27/04/2019 Fatchur Sag Review Suzuki

All New Ertiga Suzuki Sport 2019 merupakan kendaran SUV terbaru keluaran Suzuki dengan desain yang tampil sporty dan tampak lebih gahar dengan fitur-fitur terbaru yang didedikasikan sebagai mobil keluarga yang istimewa. Tampilan yang lebih mewah dan elegan membuat All New Ertiga Suzuki Sport 2019 lebih eksklusif. Suzuki berjanji bahwa mobil ini tidak akan menjadi kendaraan umum berpelat kuning sebagaimana kompetitor lainnya.

1. PENGANTAR ALL NEW ERTIGA SUZUKI SPORT 2019

Foto saat Peluncuran All New Ertiga Suzuki Sport 2019 di Jakarta

All New Ertiga Suzuki Sport menjadi pilihan baru bagi konsumen yang ingin tampil sporty

Review All New Ertiga Suzuki Sport 2019 - Sporty, Agresif, Modern merupakan tagline yang diusung oleh All New Ertiga Suzuki Sport 2019. Suzuki tampaknya tidak setengah hati untuk mengembangkan mobil ini untuk bersaing di kelas SUV untuk keluarga. Berbagai teknologi terbaik dari Suzuki tersemat di mobil ini. Tidak salah bila mobil ini dapat bersaing dengan kompetitornya seperti Avanza Veloz dan Mitsubishi Xpander terbaru. Mobil dengan dimensi panjang 4.470mm, lebar 1.735mm, serta punya tinggi hingga 1.690mm ini memiliki ukuran yang cukup ramping untuk sekelas SUV. Sementara untuk pilihan transmisi, mobil ini menyediakan pilihan manual dan automatic.

2. EKSTERIOR ALL NEW ERTIGA SUZUKI SPORT 2019

Sejumlah perubahan menjadi sangat terasa berbeda dengan seri-seri Ertiga sebelumnya. Banyak perubahan pada eksterior All New Ertiga Suzuki Sport 2019 ini sehingga membuat mobil ini tampak lebih garang dibanding sebelumnya. Mobil ini meluncur dengan tiga pilihan warna: Metalic Magma Grey, Pearl Snow White, dan Cool Black.

Review All New Ertiga Suzuki Sport 2019 : Bagian Depan

Foto All New Ertiga Suzuki Sport 2019 tampak dari depan

Tampilan sporty All New Ertiga Suzuki Sport 219 ditunjang body kit tambahan dibagian depan bawah yang merupakan aksesoris resmi dari SIS

Desain grill bagian atas terbaru yang lebih terkesan sporty dengan banyak lubang udara serta logo Suzuki berwarna metalik di bagian tengahnya. Sementara di bagian spoiler bawah juga tampil dengan kesan aerodinamis yang kuat. Lampu utama dibuat lebih terkesan lebar dan tajam sehingga memperkuat kesan mobil sport model SUV. Sementara lampu kabut di bagian depan ditanamkan LED yang berfungsi sebagai daytime running light.

Review All New Ertiga Suzuki Sport 2019 : Bagian Samping

Foto All New Ertiga Suzuki Sport 2019 dari arah samping

Di bagian samping All New Ertiga Suzuki Sport 2019 juga ditambah side skirt

Bagian samping All New Ertiga Suzuki Sport 2019 ini tidak banyak berubah dibanding mobil-mobil Ertiga seri sebelumnya. Perubahan paling signifikan terletak pada desain baru Under Spoiler dan velg Dual Tone Alloy yang memberi kesan lebih elegan dibanding mobil sejenis di kelasnnya. Ground Clearance setinggi 180 cm sangat cukup untuk melibas berbagai macam jenis medan. Spion mobil ini juga telah dilengkapi oleh lampu sign tambahan yang membantu pengendara lain dapat lebih tanggap melihat tanda belok mobil ini.

Review All New Ertiga Suzuki Sport 2019 : Bagian Belakang

Foto All New Ertiga Suzuki Sport 2019 dari arah belakang

Bagian belakang All New Ertiga Suzuki Sport dilengkapi diffuser di bagian bawah

Bagian belakang All New Ertiga Suzuki Sport 2019 juga mengalami cukup banyak perubahan. Spoiler atas tampak baru dan sporty, sementara di bumpper bagian bawah terdapat tambahan defuser. Yang cukup menarik adalah pemasangan pemanas kaca belakang yang membuatnya bebas embun sehingga pandangan ke belakang tetap jernih pada saat hujan sekalipun. Namun pemanas kaca belakang ini hanya ada pada seri GX saja. Tambahan lainnya adalah kamera parkir yang sangat membantu pada saat memarkir kendaraan di tempat sempit sekalipun.

>>> Mungkin Anda ingin baca:

3. INTERIOR ALL NEW ERTIGA SUZUKI SPORT 2019

Bagian dalam mobil All New Ertiga Suzuki Sport 2019 juga tampil tidak kalah mewah. Desain bagian dalam mobil ini lebih lapang dan menawan dibandingkan seri sebelumnya. Fitur-fitur baru juga banyak ditemukan dalam SUV Suzuki terbaru ini.

Review All New Ertiga Suzuki Sport 2019 : Kabin

Foto kabin All New Ertiga Suzuki Sport 2019 yang tampak lega

Ada konfigurasi kursi 7 penumpang untuk kabin All New Ertiga Suzuki Sport 2019

Kabin All New Ertiga Suzuki Sport 2019 ini terdiri dari 3 baris yang dapat menampung hingga 7 orang penumpang dewasa. Ruang kaki yang lega membuat penumpang dapat duduk dengan nyaman selama perjalanan.  Bagian atas kepala juga cukup tinggi sehingga penumpang tidak akan terbentur langit-langit mobil saat melewati jalan bergelombang.

Review All New Ertiga Suzuki Sport 2019 : Dashboard dan Setir

Foto Dashboard dan setir All New Ertiga Suzuki Sport 2019

All New Ertiga Suzuki Sport 2019 dilengkapi head unit yang bisa menampilkan visual belakang saat gigi mundur

Salah satu nilai lebih mobil ini terletak dari bagian dashboard dan setir yang terkesan cukup mewah. Head Unit dengan layar sentuh di bagian tengah dashboard berguna sebagai multimedia dan juga sebagai layar parkir. Sementara balutan wooden panel baik di dashboard maupun setir memberikan kesan yang bergaya, sporty, dan mewah sekaligus. Pada head unit juga dilengkapi pengaturan AC dan Heater digital yang mudah diakses oleh pengemudi. Kemudi power steering Ertiga terbaru ini juga dibalut nuansa hitam dengan polesan wooden panel yang mewah.

Review All New Ertiga Suzuki Sport 2019 : Kursi/Jok

Foto Kursi All New Ertiga Suzuki Sport 2019 semuanya berbalut cover hitam

Kursi All New Ertiga Suzuki Sport 2019 dibalut warna hitam

Seluruh bagian jok terbalut dengan cover berwarna hitam yang mempertegas kesan sporty dan mewah dari mobil keluarga ini. Setiap jognya juga dirancang demi kenyamanan pengemudi dan penumpang. Sandaran kepala yang bisa diatur juga memberikan kenyamanan lebih.

Review All New Ertiga Suzuki Sport 2019 : Bagasi

Foto bagasi All New Ertiga Suzuki Sport 2019 lapang untuk menampung barang bawaan

Bagasi lapang All New Ertiga Suzuki Sport 2019 cukup untuk menampung banyak barang

Ertiga terbaru ini hadir dengan bagasi yang lebih luas dan lebar. Kapasitas maksimal bagasi belakang mencapai 803 liter. Pada saat jok belakang pada posisi normal dapat menampung 153 liter. Sementara bila dilipat, anda dapat memasukkan hingga kapasitas 550 liter. Cukup nyaman dan lapang untuk membawa berbagai barang seperti belanjaan dan peralatan bekerja.

>>> Baca juga:

4. FITUR ALL NEW ERTIGA SUZUKI SPORT 2019

Pengembangan sejumlah fitur yang tertanam pada All New Ertiga Suzuki Sport 2019 ini membuat mobil ini sangat istimewa. Tidak hanya mewah, namun juga menunjang keselamatan baik pengemudi dan penumpang. Selain itu, fitur kenyamanan juga menjadi bagian penting bagi perjalanan keluarga tidak lepas dari pengembangan terbaru Suzuki terhadap mobil ini.

Review All New Ertiga Suzuki Sport 2019 : Fitur keselamatan

Fitur keselamatan All New Ertiga Suzuki Sport 2019 yang terbilang lengkap

All New Ertiga Suzuki Sport 2019 dilengkapi fitur keselamatan standar dan cukup mumpuni

Dua airbag terpasang di bagian dashboard memberi keamanan terhadap benturan keras dari depan. Rangka mobil ini juga diklaim lebih ringan namun tetap kuat untuk menjaga keamanan bagi penumpang dan pengemudi tanpa mengurangi kemampuan mesin. Fitur Hill Hold Control membantu kestabilan dan keamanan saat melalui tanjakan yang cukup tinggi. Sementara fitur Electronic Stability Programe terpasang untuk menjaga stabilitas dan kecepatan kendaraan pada saat melalui tikungan tajam. Masih ada pula sejumlah fitur keselamatan seperti Anti-lock Breaking System dan Electronic Brake Distribution (ESB) yang menjaga kestabilan dan keamanan pada pengereman mendadak. Jangan lupakan pula peranan sensor kamera belakang untuk membantu anda memarkir kendaraan.

Review All New Ertiga Suzuki Sport 2019 : Fitur kenyamanan dan hiburan

Foto Pengatur AC All New Ertiga Suzuki Sport 2019 bisa dioperasikan dengan mudah

Pengemudi bisa mengatur hembusan AC pada All New Ertiga Suzuki Sport 2019 sesuai keinginan

Untuk melengkapi perjalanan, sejumlah fitur kenyamanan dan hiburan juga tersedia pada All New Ertiga Suzuki Sport 2019. AC mobil ini telah dilengkapi dengan sistem Auto Climate Digital yang bisa menyesuaikan suhu bagian dalam mobil agar tetap nyaman selama perjalanan.  Kebutuhan multimedia juga dilengkapi dengan panel selebar 6,8 inchi  di dashboard yang bisa berfungsi sebagai pemutar multimedia, serta audio set 2dim di bagian depan dan belakang mobil. Terdapat pula socket USB untuk memutar audio dan video dari Flashdisk.

>>> Mengetahui Fitur Suzuki Ertiga Terbaru 2018 Yang Absen Dan Terbaru

5. OPERASI ALL NEW ERTIGA SUZUKI SPORT 2019

Foto Mesin All New Ertiga Suzuki Sport 2019 dengan kode K15B

Mesin All New Ertiga Suzuki Sport 2019 sama dengan mesin All New Ertiga biasa

All New Ertiga Suzuki Sport 2019 ditunjang oleh mesin DOHC 4 silinder dengan 16 katup yang berkapasitas 1462 cc ini mampu mengeluarkan tenaga hingga 104,7 PS pada pusaran 6000 rpm. Sedangkan torsinya mencapai 138Nm pada putaran 1400 rpm. Mesin berkode K15B ini diklaim lebih responsif dan hemat bahan bakar dibanding mesin Ertiga sebelumnya.

Keiritan bahan bakar mesin ini ditunjang dengan teknologi Multipoint Injection yang membuat pembakaran menjadi optimal. Tangki bahan bakarnya berkapasitas 45 liter yang cukup untuk perjalanan jauh. Sedangkan untuk transmisi kecepatan tersedia dalam dua tipe yakni manual dengan 5 percepatan, dan otomatis dengan 4 percepatan.  

>>> All New Ertiga: Diborong Oke, Jadi Plat Kuning Ogah

6. SPESIFIKASI ALL NEW ERTIGA SUZUKI SPORT 2019

DIMENSI

Panjang

4.470 mm

Lebar

1.735 mm

Tinggi

1.690 mm

Wheelbase

2.740 mm

Ground Clearance

180 mm

MESIN

Jenis

K15B, DOHC, VVT

Isi silinder

1,462 cc

Daya maksimum

104,7 PS / 6.000 rpm

Torsi maksimum

138 Nm / 4.400 rpm

Bahan Bakar

Bensin

Sistem bahan bakar

Multipoint injection

Transmisi

Manual 5 Percepatan, Otomatis 4 Percepatan

SASIS DAN KAKI-KAKI

Drive Train

Front Wheel Drive

Sistem kemudi

Rack & Pinion

Suspensi depan

MacPherson strut with coil spring

Suspensi belakang

Torsion beam with coil spring

Rem depan

Ventilated Disc

Rem belakang

Drum, leading and trailing

Ukuran ban

185/65R15

7. KELEBIHAN & KEKURANGAN ALL NEW ERTIGA SUZUKI SPORT 2019

KELEBIHAN

KEKURANGAN

Dimensi yang lebih panjang sehingga memberikan ruang kaki dan bagasi yang lebih luas bagi pengemudi dan penumpang.

Desain eksteriornya yang masih campur aduk dan belum memiliki ciri khas yang berarti.

Kombinasi sistem pengereman dengan ABS dan EBD memberikan standarisasi keamanan yang mumpuni di semua tipe.

Mobil ini lebih terkesan sebagai campuran berbagai mobil sejenis yang ditempelkan pada kerangka dan mesin Suzuki.

Tenaga dan efisiensi dari mesin K15B ini juga sangat bisa diandalkan untuk berbagai medan.

Penggunaan velg 15 inchi sebenarnya mengurangi kesan sporty yang ingin ditonjolkan meskipun desain dari velg bawaannya cukup menawan.

Desain Aero kit dari eksteriornya juga menjadi nilai lebih untuk tampilannya.

Selain itu  sistem kemudinya juga belum Teleskopic Steering.

Ada pula sistem Keyles Entry dan tombol Start/Stop yang memudahkan untuk menyalakan kendaraan.

 

Layanan purnajual, banyak outlet dan bengkel Suzuki dapat ditemukan di berbagai daerah. Suku cadang untuk seri Ertiga juga tidak susah dicari.

 

8. DAFTAR HARGA ALL NEW ERTIGA SUZUKI SPORT 2019

Group Model

Sales Model

Harga on the Road

ALL NEW ERTIGA SUZUKI SPORT

MT

Rp 241.000.000

ALL NEW ERTIGA SUZUKI SPORT

AT

Rp 251.500.000

Harga tersebut adalah harga On The Road Jakarta untuk bulan April 2019 yang tertera di situs resmi Suzuki Indonesia. Harga tidak mengikat dan sewaktu-waktu bisa berubah.

9. VIDEO ALL NEW ERTIGA SUZUKI SPORT 2019

10. KESIMPULAN ALL NEW ERTIGA SUZUKI SPORT 2019

Tampilan samping depan All New Ertiga Suzuki Sport  2019 yang sangat menggoda

Dengan tampilan yang sporty, Anda layak memilih All New Ertiga Suzuki Sport 2019

All New Ertiga Suzuki Sport 2019 menjadi produk yang sangat diandalkan oleh Suzuki untuk bersaing di pasar SUV terjangkau namun dengan kualitas yang sangat layak bersaing. Secara eksterior, mobil ini memang tampak lebih dari sekadar mobil SUV keluarga seperti pesaingnya. Eksterior Ertiga terbaru ini tampil lebih garang dan mewah sehingga terkesan lebih “mahal” dibanding pesaingnya. Secara tenaga mesin, performa mesin terbaru K15B dari Suzuki juga sedikit lebih unggul dibanding pesaingnya. Ingin lebih eksklusif lagi, mari kita tunggu janji Suzuki untuk tidak membuat mobil ini menjadi kelas angkutan umum berpelat kuning. Hal ini tentu sangat menarik, mengingat pesaingnya banyak yang terjerat dalam bisnis angkutan umum yang membuatnya menjadi tidak lagi menjadi mobil yang istimewa.

>>> Klik sini untuk lanjut simak artikel review mobil yang menarik lainnya

Share This:

Cari harga mobil

Harga mobil per merek

Review mobil populer