Review All New BMW Z4 2016

31/01/2018 Heri Susanto Review BMW

BMW Z4 merupakan sedan premium yang hanya bisa dimiliki kalangan tertentu. Hal tersebut didasari dari harganya yang lumayan mahal serta ketersediaannya yang terbatas. Meskipun ceruk yang diraih tak begitu signifikan, mobil ini tetap diburu oleh kalangan jet set yang kerap tampil mewah. Menilik masih terbukanya ruang, BMW kembali memproduksi mobil ini kembali sebagai pemuas hasrat dan dahaga bagi mereka yang menyukai sedan mewah. Berikut ini adalah review All New BMW Z4 2016.

1. PENGANTAR

Review All New BMW Z4 2016 - Z4 sendiri merupakan katalog mewah yang dicetak terbatas. Jadi siapapun yang memilikinya dibilang cukup beruntung. Z4 sendiri memang memiliki sejarah panjang, awalnya mobil ini diplot menggantikan Z3 yang menuai banyak kritikan dari sisi desain oleh para pecinta otomotif. Tak disangka, sejak muncul di tahun 2002 lalu, Z4 langsung menarik atensi banyak pihak. Apalagi saat seri coupe diluncurkan pada tahun 2006, semakin tinggi saja perburuan yang dilakukan konsumen atas mobil ini. Di tahun 2016 kemarin, Z4 juga meluncurkan seri anyar. Seperti apa wujud dan spesifikasi lebih lanjutnya? Hargamobil.com telah merangkumnya untuk anda. Berikut ini review All New BMW Z4 2016.

2. EKSTERIOR

Pada sisi eksterior All New BMW Z4 2016, kesan sporty yang sudah menjadi trademark Z4 tetap dipertahankan. Tak hanya itu, Z4 anyar ini juga memiliki kesan lebih dinamis dan makin sporty berkat lekuk-lekuk yang tersemat di sekujut body. Untuk menelaahnya lebih lanjut, ada baiknya jika kita membedah satu per satu bagian terluar dari mobil ini.

Gambar mobil BMW Z4 2016 berwarna biru dilihat dari sisi depan

Bagian depan masih memakai desain grill kidney

  • Desain bagian depan

Di bagian depan misalnya, Z4 masih mempertahankan desain grill kidney yang sudah menjadi trademark rongga udara mobil-mobil mewah BMW. Selain itu, mobil ini juga nampak cantik berkat tampilan headlamp bi-Xenon dengan dua mata lensa pada bagian dalam. Bentuk dari headlamp yang kalem ini membuat sisi depan nampak sporty dan elegan. Selain terkesan sporty, lampu ini juga nampak begitu terang karena sudah dilengkapi dengan teknologi LED yang siap melibas berbagai medan dengan pencahayaan yang minim.
Tak hanya itu, demi memperuat kesan maskulin, disematkan pula kap mesin yang terlihat lebih memanjang dibandingkan seri sebelumnya. Bergeser ke bagian bawah, All New BMW Z4 2016 memiliki bumper berbentuk sedang namun tetap memiliki aura aerodinamis karena sudah dilengkapi dengan lubang-lubang berukuran kecil yang tersemat di bagian tengah. Sebagai pelengkap, dua lubang tambahan juga disematkan di kedua sisi bumper guna pancarkan kesan sporty yang dominan dari sisi depan.

Gamabr mobil BMW Z4 2016 berwarna biru dilihat dari sisi samping

Bagian samping dengan logo besar

  • Desain bagian samping

Bergerak ke bagian samping, BMW meletakan logo kebesarannya guna pertebal identitas di sisi samping. Kesan dinamis juga dipancarkan melalui dua guratan di bagian handle door dan sisi bawh pintu. Tampilan velg dengan desain yang begitu segar juga menambah kesan premium pada mobil ini.

  • Desain bagian belakang

Loncat ke bagian belakang, kesan ekslusif dipancarkan melalui desain lengkung sempurna pada bagian bagasi. Kesan sporty juga tetap dipancarkan melalui stop lamp bergaya futuristik. Gradasi bumper juga disematkan lekukan agar membuat kesan dinamis tetap terpancar. Sisi sporty juga kembali ditampilkan melalui double knalpot yang tersemat pada bagian bawah bumper. Menilik kesan eksterior All New BMW Z4 2016, tentunya kita akan banyak menjumpai kesan sedan premium sporty yang memang sudah menjadi trademark mobil-mobil mewah BMW.

>>> Baca juga:

3. INTERIOR

Memasuki sektor interior All New BMW Z4 2016 sudah dilengkapi dengan desain beraksen premium nan elegan. Bagaimana tidak, mobil ini sendiri memang dihargai cukup mahal, sehingga tak heran jika BMW sematkan material dan desain erbaik untuk mempercantik bagian kabin. Meski hanya mampu menampung dua orang penumpang, kenyamanan jelas dapat dirasakan melalui lebarnya rongga kaki dan kepala. Apabila pengguna Z4 memiliki postur tubuh yang tinggi, maka roof mobil bisa dibuat terbuka sesuai selera. Cukup praktis bukan?

Gambar bagian interior mobil BMW Z4 2016

Bagian dashboard sudah ada panel instrument

  • Dashboard  

Bergeser ke sisi terdepan, yakni bagian dashboard, Z4 sudah memiliki panel instrument yang dibilang cukup lengkap. Melalui head unit layar sentuh berukuran 7-8 inci tersebut, pengguna bisa mengaktifkan berbagai fitur modern semisal media player melalui medium analog maupun digital, GPS, telepon dan lain sebagainya. Selain itu, hadir pula usb port yang sudah terintegrasi dengan, AUX, konektivitas bluetooth hingga speaker aktif Hi-Fi Professional berkualitas terbaik untuk menunjang head unit tersebut.

Gambar bagian setir mobil BMW Z4 2016

Setir sudah memakai steering switch control

  • Setir

Di sisi lingkar kemudi, setir Z4 sudah dilengkapi dengan steering switch control yang berfungsi untuk mengatur dan mengkatifkan berbagai fitur yang tersemat pada bagian dashboard. Tak hanya itu, melalui panel tersebut, pengemudi bisa mengotrol pula mode berkendara terbaik sesuai keinginan. Sisi lingkar kemudi juga bisa diset sesuai kebutuhan. Sebagai pelengkap, hadir pula panel speedometer yang siap berikan informasi terkini seputar kendaraan mulai dari jarak tempuh, penggunaan bahan bakar dan lain sebagainya. Namun sayangnya, panel speedometer yang tersemat masih menggunakan panel analog sehingga terlihat begitu ketinggalan jaman.

Gamabr bagian kursi mobil BMW Z4 2016 berwarna orange

Kursi tersemat balutan bahan kulit terbaik

  • Kursi  

Dari sisi kursi, tersemat balutan bahan kulit terbaik yang berfungsi untuk memaksimalkan kenyamanan penumpang dan pengemudi saat mobil dipacu. Kedua kursi tersebut juga bisa diatur sedemikian rupa agar penggunanya bisa mendapatkan posisi terbaik saat duduk di dalam kabin Z4. Untuk bagian kargo sendiri, kita tak bisa berharap banyak pada mobil ini. pasalnya, Z4 bukanlah mobil yang di setting untuk membawa berbagai barang ukuran banyak. Namun jangan khawatir, Z4 masih memiliki kargo berkapasitas 180 liter  untuk dijejali berbagai barang saat kondisi atap mobil terbuka. Volume bagasi sendiri akan naik dengan sendirinya saat atap dinaikan. Dalam kondisi teetutup, anda bisa menampung barang hingga kapasitas 310 liter.

>>> Mungkin Anda ingin baca:

4. FITUR

Gambar mobil BMW Z4 2016 berwarna orange sedang berlaju di jalan

Fitur apa yang tersedia untuk All New BMW Z4 2016?

Dari sisi fitur tambahan, sedan mewah ini juga dibekali berbagai fitur untuk memberikan rasa aman kepada penggunanya. Aneh jika mobil mahal ini tak memiliki berbagai fitur yang menunjang keselamatan penggunanya. Untuk itu, All New BMW Z4 2016 memiliki berbagai pelindung guna memproteksi penumpang maupun pengemudinya dengan menghadirkan kombinsi pengereman ABS, EBD, dan BA. Ketiganya berfungsi untuk mengoptimalkan pengereman saat mobil dipaksa harus mengerem darurat. Ketiganya juga siap membuat ban terasa stabil dan mencegah kemungkinan terburuk, yakni terkuncinya ban. Sehingga bisa dipastikan, penumpang dan pengemudi di bagian kabin akan sangat terjaga keamanannya.
Di samping itu, mobil ini juga sudah dilengkapi dengan Dynamic Stability Control dan Traction Control yang siap membuat mobil tetap stabil saat dipacu dalam kecepatan tinggi. Akan terasa ganjil jika Z4 tak dipacu layaknya mobil balap. Dan, kedua fitur tersebut seakan menterjemahkan anda yang senang menjelajah kendaraan dalam kecepatan tinggi.
Sebagai pelengkap, Z4 juga sudah dilengkapi dengan enam airbag yang siap hadir memproteksi bagian kepala, samping hingga kaki penggunanya. Jadi bisa dipastikan, saat mobil mengalami kemungkinan terburuk, yakni kecelakaan yang mungkin terjadi kapan saja, penggunanya akan tetap terasa aman di bagian kabin.

>>> Ingin tahu berapa harga mobil mewah BMW? Klik sini 

5. OPERASI

Gambar bagian mesin mobil BMW Z4 2016

Mesin 2.0L SDrive20i

Sebagai mobil yang siap dipacu dengan kecepatan tinggi, sudah barang tentu Z4 telah dilengkapi dengan mesin yang mumpuni. Mobil asal negeri panser ini membekali diri dengan mesin turbocharged berkapasitas 2.0 liter mesin bertipe sDrive20i ini mampu menyemburkan tenaga sebesar 184 hp pada 5000 rpm dengan torsi setara 270 Nm pada rentang putaran 1250 hingga 4500. Untuk akselerasinya sendiri, jangan diragukan. Pasalnya, mesin tersebut mampu berakselerasi hingga 100 kmpj hanya dalam 6,9 detik dengan tingkat efisiensi sebesar 14,7 kmpl. Cukup hebat bukan?

>>> Klik sini untuk simak informasi terlengkap tentang mobil BMW di pasar ototomotif Indonesia

6. SPESIFIKASI

Untuk mempermudah anda mendapatkan informasi lebih mendetail dan sederhana tentang Z4, Hargamobil.com sudah merangkum spesifikasi All New BMW Z4 2016 untuk anda. Apa saja yang tersemat pada mobil ini? Berikut uraiannya.

Mesin BMW Z4 2016

Seri mesin

sDrive 20i

Kubikasi

1.997 cc

Tenaga Maksimum

184/5.000

Torsi Maksimum

270/1.250-4.500

Kapasitas Tangki

55 Liter

Dimensi BMW Z4 2016

Panjang x Lebar x Tinggi

4239 mm x 1915 mm x 1291 mm

Berat

1495 kg

Tempat Duduk

2 Seats

Lain-lain BMW Z4 2016

Ban

225/45 R17

Suspensi Depan

Air Suspension

Suspensi Belakang

Air Suspension

Transmisi

Automatic with 7 Speed RWD

7. KELEBIHAN & KEKURANGAN

Hargamobil.com telah mencatat berbagai sisi plus dan minus dari mobil ini. Apa saja itu?

Kelebihan

Kekurangan

Desain Maskulin

Harga Lumayan Mahal

Fitur Sangat Modern

Spare Part Mahal

Cukup Stabil Saat Dikemudikan

Ketersediaan Minim

8. DAFTAR HARGA

Dari sisi harga All New BMW Z4 2016 memiliki harga yang cukup menguras kantong. Namun menilik desain, fitur dan ketersediaannya yang minim, rasanya Z4 pantas dihargai cukup tinggi.

Tipe mobil

Harga BMW Z4

BMW Z4 2016

Rp 1.8 Miliar

9. VIDEO

Lantas, bagaimana dengan penampakan mobil ini? Well, untuk mengurangi rasa penasaran anda, hargamobil.com telah menyiapkan videonya. Selamat menyaksikan.

10. KESIMPULAN

Secara umum, All New BMW Z4 2016 merupakan sedan premium yang sangat cocok bagi anda yang dinamis, berkantong tebal dan memiliki jiwa sport tinggi. Alasan mobil ini dihargai cukup mahal sejatinya memang terkesan relevan saat kita mendedahnya secara rinci. Anda yang memiliki mobil ini pastinya akan menjadi pusat perhatian karena tak sembarang orang bisa membawa pulang All New BMW Z4 2016 ke garasi rumah. Tertarik untuk memilikinya?

Share This:

Cari harga mobil

Harga mobil per merek

Review mobil populer

International