Review All-New BMW 330i M Sport 2019 : Interior Premium Dan Performa Mesin Lebih Bertenaga

30/07/2019 Abdul Review BMW

Di panggung GIIAS 2019 mobil besutan BMW dipajang untuk memperkenalkannya kepada masyarakat di Indonesia. Perilisan mobil barunya ini berjumlah 3 model yang berupa All New BMW Seri 3, BMW Seri 5 dan yang terakhir adalah New BMW i3s. Pada segmen kali ini kami akan membahas yang Seri 3 yakni BMW 3 Series. Mari kita simak ulasan mengenai review All-New BMW 330i M Sport 2019.

1. PENGANTAR ALL-NEW BMW 330I M SPORT 2019

Review All-New BMW 330i M Sport 2019 - Perilisan mobil BMW Seri 3 ini dilakukan di pameran bergengsi GIIAS 2019 yang diadakan di ICE BSD, Tangerang. Bahkan mobil generasi ketujuh dari BMW tersebut termasuk salah satu yang dijagokan dan mempunyai peranan yang besar untuk kesuksesan brand BMW di Tanah Air.

Tentunya setelah mengetahui mobil ini hadir di GIIAS 2019, ada yang penasaran dan ingin melihatnya. Bahkan ada pula yang ingin mengetahui kelebihan yang dimiliki dan apa saja yang ada di dalam mobil besutan BMW tersebut. Daripada penasaran, berikut kami sediakan informasinya berkaitan dengan spesifikasi All-New BMW 330i M Sport 2019.

2. EKSTERIOR ALL-NEW BMW 330I M SPORT 2019

Review All-New BMW 330i M Sport 2019 : Bagian Depan

Gambar ini menunjukkan bagian depan mobil All-New BMW 330i M Sport 2019 warna biru

Desain Kidney Grille yang merupakan khas BMW tetap disematkan

Pada saat melihat bagian depan akan tampak kesan tegas dan juga agresif. Yang mana hal tersebut memang menjadi ciri khas tersendiri pada BMW 3 Series generasi sebelumnya yang bermula sejak tahun 1975. Di bagian fascia depan menggunakan desain khas BMW yakni Kidney Grille dibuat membesar yang membuat mobil All New BMW 330i M Sport 2019 tampak lebih gagah. Memang untuk bagian tersebut membesar secara horizontal dipadukan dengan teknologi BMW Laserlight yang diberikan pada area headlight.

Namun terdapat sesuatu yang menarik di bagian depannya. Yang mana untuk area tengah di bawah headlight diberikan cekungan 'notch'. Cekungan tersebut didesain menyambung di bagian garis bumper bagian depan menuju ke bagian garis vertikal di area air intake bagian tengah yang memakai kelir warna hitam. Selain itu, side air intake juga ditempatkan pada bagian sisi kanan-kiri dari intake pada bagian bumpernya. Posisinya sendiri dibuat menyatu dengan lampu strip LED fog lamp sehingga memunculkan kesan lebih agresif.

Review All-New BMW 330i M Sport 2019 : Bagian Samping

Gambar ini menunjukkan bagian samping kiri mobil All-New BMW 330i M Sport 2019 warna biru

Tampak samping mobil ini terlihat lebih besar

Pada bagian samping All-New BMW 330i M Sport 2019 dibuat lebih membesar dan terlihat berbobot. Jika melihat dari data resminya, generasi G20 dari BMW 3 Series ini mempunyai panjang 4.709 mm dengan tinggi 1.442 mm. Sehingga untuk dimensinya sama besar dengan saudaranya yakni BMW 5 Series (E39). Bahkan di bagian wheelbasenya juga dibuat lebih besar dengan ukuran 2.851 mm. Untuk pelek menggunakan ukuran 18 inci M light alloy Double Spoke style 790 M wheels yang dibalut dengan kelir warna Bicolour Orbit Grey.

Bagian sampingnya ini juga mempunyai garis shoulder line dibuat lebih tegas sehingga memunculkan kesan berotot. Selain itu, konsep desain sport sedan juga diperkuat dengan penggunaan garis tersebut yang sampai ke bagian pintunya.

Review All-New BMW 330i M Sport 2019 : Bagian Belakang

Gambar ini menunjukkan bagian belakang All-New BMW 330i M Sport 2019

Bagian belakang tampak kekar dengankonsep L-Shaped Taillight

Pada bagian belakang All-New BMW 330i M Sport 2019 menggunakan konsep L-Shaped Taillight yang merupakan khas dari BMW. Hanya saja untuk desainnya mengalami sedikit perubahan yakni dibuat lebih pipih dan horizontal dipadukan dengan adanya efek lekukan three-dimensional. Pada bagian bawah terdapat twin-pipe exhaust system yang terdapat di bagian bumper sehingga tampilan belakangnya tampak lebih kekar.

>>> Mungkin Anda juga tertarik:

3. INTERIOR ALL-NEW BMW 330I M SPORT 2019

Review All-New BMW 330i M Sport 2019 : Bagian Dashboard & Kemudi

Gambar ini menunjukkan bagian dashboard dan kemudi All-New BMW 330i M Sport 2019

Dashboard tampak mewah dengan beragam fitur mumpuni

Menuju ke bagian dashboard All-New BMW 330i M Sport 2019. Yang mana bagian ini terdapat sentuhan instrument cluster yang menggunakan sistem digital dengan ukuran 12.3 inci BMW Live Cockpit Plus. Sementara di bagian tengah diberikan layar Control Display dengan ukuran 10.25 inci yang dapat digunakan untuk mengoperasikan iDrive 7.0. Untuk mengatur Climate Control letak tombolnya berada di bawah kisi-kisi AC tengah yang dicover dengan penggunaan desain panel trim aluminium Mesh.

Pada bagian kemudi mengandalkan stir M Sport berpadu dengan beberapa tombol yang tentunya sangat multifungsi dan juga terdapat fitur paddle shift. Untuk mengatur sistem berkendara dapat dilakukan melalui tuas transmisi yang sudah dilengkapi dengan beberapa tombol pengaturan yang cukup lengkap dan tambah banyak.

Review All-New BMW 330i M Sport 2019 : Bagian Jok

Gambar ini menunjukkan jok mobil All-New BMW 330i M Sport 2019

Jok belakang nyaman dengan ruang kaki dan kepala sangat lapang

Pada bagian jok All-New BMW 330i M Sport 2019 mempunyai tampilan yang telah diberi sentuhan leather Vernaschi. Format semi bucket diberikan pada kursi pengemudi dan juga penumpang yang telah memakai pengaturan  elektrik untuk pengoperasian reclining, sliding dan juga lumbar sport. Sementara di bagian jok belakang tidak diberikan pengaturan apapun oleh pihak BMW, hanya saja adanya armrest untuk menambah kenyamanan saat berada di dalamnya. Jika diisi 3 orang maka bagian tersebut dapat dijadikan sebagai jok ketiga.

Review All-New BMW 330i M Sport 2019 : Bagian Bagasi

Gambar ini menunjukkan bagasi mobil All-New BMW 330i M Sport 2019

Bagasi cukup luas terutama saat kursi belakang dilipat

Kapasitas bagasi All-New BMW 330i M Sport 2019 mempunyai kapasitas standar yakni 480 liter. Namun jika jok belakang dilipat hingga rata lantai maka ruang bagasi dapat menjadi lebih besar. Untuk pengoperasian pintu bagasi mobil bisa memakai Comfort Access yang merupakan khas line-up BMW selain penggunaan tombol pada panel ataupun kunci mobil.

>>> Baca Juga:

4. FITUR ALL-NEW BMW 330I M SPORT 2019

Review All-New BMW 330i M Sport 2019 : Fitur Hiburan

Gambar ini menunjukkan layar pada mobil  All-New BMW 330i M Sport 2019Gambar ini menunjukkan tuas transmisi dan fitur pada All-New BMW 330i M Sport 2019

Beragam fitur disematkan untuk kemudahan dan kenyamanan berkendara

Fitur yang dimiliki All-New BMW 330i M Sport 2019 sangat cerdas seperti adanya iDrive 7.0. Hal tersebut ditampilkan pada layar Control Display yang digunakan dengan ukuran 10.25 inci. Yang mana untuk sistem ini merupakan gabungan dari pengendara dan mobilnya melalui BMW Intelligent Personal Assistant yang sudah menggunakan teknologi voice command "Hey BMW!", iDrive Controller, Gesture Control dan juga dapat berinteraksi dengan mengandalkan sentuhan di bagian tombol setir atau layar Control Display.

Sistem hiburan yang diberikan oleh BMW juga didukung oleh sistem Apple CarPlay yang mempunyai sifat wireless, USB Port dan juga wireles charging. Hal tersebut merupakan perwujudan dari pihak BMW untuk memberikan kemudahan bagi penggunanya yang mengandalkan iPhone sebagai alat komunikasi yang digunakan.

Review All-New BMW 330i M Sport 2019 : Fitur Berkendara

Gambar ini menunjukkan layar di atas head unit pada mobil All-New BMW 330i M Sport 2019

Fitur berkendara dapat disesuaikan dengan medan yang dilalui dan sesuai kebutuhan

Perbedaan pada mobil ini yang tampak terasa adalah di bagian tuas transmisinya yang telah mengandalkan format baru. Dengan bentuk lebih kompak tuas tersebut juga mudah dalam penggunaannya. Bahkan untuk rem parkir telah menggunakan model tombol plus mode Auto Hold.

Sementara untuk mode berkendara yang dimiliki oleh All-New BMW 330i M Sport 2019 lebih beragam meliputi Adaptive, Sport, Pro dan juga Eco. Agar mobil besutan BMW ini lebih responsif dan juga nyaman, maka diberikan Adaptive M Suspension yang memakai per M Sport Suspension. Bagian tersebut berpadu dengan penggunaan stir Variable Sport Steering, Electronic Controlled M Sport Differential dan Hydraulic Stop damper.

Sedangkan untuk manuver ketika berjalan mundur, dari pihak BMW menyematkan fitur yang inovatif yakni Reversing Assistant yang lebih mengedepankan Park Assist. Dengan adanya fitur ini memungkinkan mobil kembali mundur secara otomatis dalam jarak 50 km dengan melewati rute sebelumnya. Tentunya hal ini sangatlah bermanfaat, terutama ketika menemui jalan buntu.

>>> Ini Kata BMW Mengenai Kabar Harga Mobil Bekas Eropa Terjun Bebas

5. OPERASI ALL-NEW BMW 330I M SPORT 2019

Gambar ini menunjukkan mesin All-New BMW 330i M Sport 2019

Mesin yang digunakan sama dengen generasi sebelumnya tapi tenaga yang dihasilkan berbeda

Pada bagian performa, mesin All-New BMW 330i M Sport 2019 yang digunakan adalah mesin standar yakni 2.0 liter dengan BMW TwinPower Turbo 4-cylinder petrol engine with twin-scroll turbocharger with Valvetronic, Double VANOS, High Precision Injection. Dengan mengandalkan mesin tersebut dapat menghasilkan tenaga maksimal 258 Hp dan torsi puncaknya mencapai 400 Nm. Yang menarik adalah untuk mencapai kecepatan 0 sampai 100 km/ jam mobil ini membutuhkan waktu hanya 5,8 detik saja. Selain itu, emisinya juga mengalami peningkatan lebih lanjut dan pengolahan gas buangnya telah mencakup filter partikel yang berguna untuk mengurangi emisi materi partikel.

6. SPESIFIKASI ALL-NEW BMW 330I M SPORT 2019

DIMENSI

Panjang

4.709 mm

Lebar

1.827 mm

Tinggi

1.442 mm

Wheelbase

2.851 mm

Bagasi

480 liter

Kapasitas Tangki BBM

59 liter

MESIN

Tipe

BMW TwinPower Turbo 4-cylinder petrol engine with twin-scroll turbocharger with Valvetronic, Double VANOS, High Precision Injection

Kapasitas

1998 cc

Tenaga Maksimal

258 Hp

Torsi Maksimal

400 Nm

Transmisi

8 percepatan transmisi Steptronic

7. KELEBIHAN & KEKURANGAN ALL-NEW BMW 330I M SPORT 2019

KELEBIHAN

KEKURANGAN

Mempunyai desain interior yang lebih futuristik dan semakin tampak berkelas premium

Fitur canggih berbeda dengan biasanya sehingga perlu adaptasi

Bagian kabin terasa nyaman baik untuk pengemudi maupun penumpang belakang

Tuas rem parkir tidak dihadirkan

Performa mesin telah ditingkatkan

Terdapat aksen plastik yang digunakan sebagai tutup ruang lubang udara yang tidak terpakai

>>> Klik Di Sini Untuk Mengetahui Ulasan Tentang Review Mobil BMW Lainnya

8. DAFTAR HARGA ALL-NEW BMW 330I M SPORT 2019

Pada GIIAS 2019 juga diumumkan banderol harga yang dimilikinya. Jadi harga All-New BMW 330i M Sport 2019 adalah Rp. 979 juta Off The Road yang sudah dapat dipesan di diler resmi BMW.

9. VIDEO ALL-NEW BMW 330I M SPORT 2019

10. KESIMPULAN ALL-NEW BMW 330I M SPORT 2019

Mobil All-New BMW 330i M Sport 2019 mempunyai tampilan yang menarik dan lebih sporty. Dengan beberapa fitur canggih di dalamnya dan tenaga mesin yang mumpuni membuat mobil ini sangat diminati. Namun tidak sembarang orang dapat memilikinya karena harganya Off The Road hampir 1 miliar. Meskipun begitu, mobil ini sangat nyaman dikendarai dan mempunyai kesan premium. Mungkin pengendara perlu adaptasi dengan beberapa fitur baru yang digunakan serta tidak dimiliki oleh kendaraan lain. Begitu juga fitur berkendara yang dimiliki cukup mumpuni, sobat bisa memilih mode berkendara sesuai kebutuhan dan medan jalan yang dilewati.

>>> Klik sini untuk lanjut simak artikel review mobil yang menarik lainnya

Share This:

Cari harga mobil

Harga mobil per merek

Review mobil populer