Preview Suzuki Swift 2018, Hatchback Suzuki Yang Makin Agresif

30/07/2018 Handy Goeyana Review Suzuki

Di Indonesia, Suzuki Swift generasi ketiga mulai dihentikan penjualannya pada tahun 2017 kemarin. Walaupun begitu, Suzuki Swift 2018 yang sudah memasuki generasi keempat telah dijual di beberapa negara. Preview Suzuki Swift 2018 bisa dilihat di bawah ini.

1. PENGANTAR

gambar suzuki swift 2018 dengan desain terbaru dan mengusung warna merah

Suzuki Swift 2018 yang sudah di jual di beberapa negara

Preview Suzuki Swift 2018 - Jika Swift di Indonesia harus 'disuntik mati' karena kurangnya minat calon pembeli, beda dengan negara-negara lainnya terutama India sebagai basis produksinya yang sudah meluncurkan generasi keempat mobil ini. Meskipun begitu, PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) masih memiliki rencana untuk menjual mobil generasi keempat ini dengan studi dan perencanaan yang matang. Alangkah baiknya kita melihat preview Suzuki Swift 2018 yang mengikuti spesifikasi pasar India sebelum akhirnya benar-benar memasuki pasar otomotif Indonesia.

2. EKSTERIOR

Eksterior Suzuki Swift 2018 masih mengusung konsep mobil kompak ala Amerika-Eropa. Meskipun begitu ada beberapa perubahan dan aksesori tambahan yang membuatnya bisa dibedakan dari varian lamanya.

  • Preview Suzuki Swift 2018: Desain Bagian Depan

gambar bagian depan suzuki swift 2018 dengan gril lebih besar dan lampu depan led

Bagian depan Suzuki Swift 2018 yang terlihat lebih sporty dan stylish

Bagian depan Suzuki Swift 2018 memiliki head lamp yang sudah menggunakan teknologi LED. Gril yang dulunya berukuran kecil kini berukuran besar dan didesain berkisi-kisi melalui lis-lis beraksen krom hitam yang dibut sejajar. Bemper depan dibuat semenarik mungkin dengan bezel fog lamp yang dilengkapi dengan DRL dan dibuat menyatu melalui tarikan garis yang memanjang di seluruh bemper depan.

  • Preview Suzuki Swift 2018: Desain Bagian Samping

gambar bagian samping suzuki swift 2018 dengan pelek alloy double spoke berukuran 15 inci

Bagian samping Suzuki Swift 2018

Kalau dilihat sepintas, bagian samping Suzuki Swift 2018 terlihat tidak ada yang berubah. Namun kalau diperhatikan baik-baik, gagang pintu untuk kursi baris belakang diletakkan di jendela kaca. Selebihnya tetap sama, seperti pelek alloy berdesain double spoke berukuran 15 inci yang membuatnya tetap terlihat sporty.

  • Preview Suzuki Swift 2018: Desain Bagian Belakang

gambar bagian belakang suzuki swift 2018 dengan stop lamp futuristik

Bagian belakang Suzuki Swift 2018 yang terlihat futuristik

Bagian belakang Suzuki Swift 2018 memiliki rear combination stop lamp yang dibuat lebih futuristik. Roof spoiler tidak pernah absen untuk melengkapi bagian belakang mobil ini. Reflektor di bemper belakang agak sedikit janggal karena hanya diberi satu buah dan diletakkan di tengah-tengah bemper.

>>> Anda bisa lihat:

3. INTERIOR

Interior Suzuki Swift 2018 didesain begitu sederhana namun dilengkapi dengan fitur-fitur penunjang terbaru sehingga terlihat lebih stylish dan modern. Ruang kabin pun cukup lapang berkat dimensi mobil yang jauh lebih besar sehingga memberikan ruang yang cukup lega bagi penumpangnya.

  • Preview Suzuki Swift 2018: Dashboard

gambar dashboard suzuki swift 2018 dengan desain warna hitam dan aksen silver

Bagian dashboard Suzuki Swift 2018 yang terlihat stylish dan modern

Dashboard Suzuki Swift 2018 menggunakan warna hitam dengan aksen silver yang membentang di bawah blower AC. Di bagian tengah dashboard diberikan head unit layar sentuh yang memiliki fitur-fitur canggih mulai dari CD Player, Radio AM/FM, USB Port, Aux Input dan Bluetooth. Bahkan head unit ini terintegrasi dengan MirrorLink, Android Auto dan Apple CarPlay yang akan memutar multimedia melalui smartphone yang Anda miliki.

Kontrol AC mobil ini sudah Automatic Climate Control sehingga suhu dalam kabin dapat disesuaikan secara otomatis. Tombol Start/Stop Push Button akan memudahkan pengemudi untuk mematikan atau menyalakan mobil hanya dengan satu tombol.

  • Preview Suzuki Swift 2018: Setir

gambar setir suzuki swift 2018 dengan audio steering switch

Setir Suzuki Swift 2018 yang terlihat fungsional

Setir Suzuki Swift 2018 dibalut dengan kulit dan posisinya bisa diatur sesuai keinginan karena memiliki fitur Tilt & Telescopic Steering. Setir mobil ini dilengkapi dengan Audio Steering Switch yang akan memudahkan pengemudi untuk mengatur pilihan pada sistem audio tanpa harus melepas setir kemudi.

  • Preview Suzuki Swift 2018: Kursi

gambar susunan kursi 2 baris pada suzuki swift 2018

Susunan kursi dua baris pada Suzuki Swift 2018

Kursi Suzuki Swift 2018 terdiri dari dua baris dan mampu menampung hingga 5 orang penumpang. Kursi mobil ini menggunakan bahan berkualitas namun masih dilapisi dengan fabric. Walaupun begitu, kursi mobil ini masih terasa begitu empuk untuk diduduki.

  • Preview Suzuki Swift 2018: Bagasi

gambar bagasi suzuki swift 2018 yang mampu menampung beberapa barang bawaan

Bagian bagasi Suzuki Swift 2018

Bagasi Suzuki Swift 2018 memiliki ruang bagasi berkapasitas 286 liter yang masih muat untuk menaruh beberapa barang bawaan. Jika kursi baris kedua dengan konfigurasi 60:40 dilipat, maka ruang bagasi akan jauh lebih luas.

>>> Review mobil lainnya:

4. FITUR

  • Preview Suzuki Swift 2018: Fitur Keselamatan

Bisa dikatakan fitur keselamatan pada mobil Suzuki Swift 2018 cukup lengkap. Mulai dari sistem pengereman yang menggunakan fitur ABS, EBD, dan BA. Dual SRS Airbags yang dipadukan dengan seat belt with pretensioner akan memberikan perlindungan maksimal bagi penumpang. Kerangka bodi yang menggunakan teknologi TECT (Total Effective Control Technology) Body System dilengkapi dengan Pedestrian Protection Compliance sehingga tidak akan melukai pejalan kaki ketika terjadi benturan.

  • Preview Suzuki Swift 2018: Fitur Keamanan

Fitur keamanan pada mobil ini berupa Immobilizer with Keyless Entry yang terintegrasi dengan alarm sehingga akan menjaga mobil anda tetap aman ketika sedang tidak digunakan. Kamera parkir yang dilengkapi dengan sensor parkir akan memudahkan pengemudi untuk parkir ataupun mundur.

>>> Klik di sini untuk melihat review mobil Suzuki lainnya

5. OPERASI

gambar mesin suzuki swift 2018 berkapasitas 1.197 cc

Suzuki Swift 2018

Di India, mobil Suzuki Swift 2018 ada dua mesin, bensin dan diesel. Namun biasanya hanya varian bensin yang masuk ke Indonesia. Mobil ini menggunakan mesin 1.2L VVT 4 silinder segaris 16 katup berkapasitas 1.197 yang mampu menghasilkan tenaga maksimal mencapai 83 Ps pada putaran mesin 6.000 rpm dan torsi maksimal mencapai 113 Nm pada putaran mesin 4.200 rpm. Tenaga yang dihasilkan oleh mesin mobil ini akan disalurkan melalui transmisi manual 5 percepatan dan transmisi otomatis 4 percepatan.

>>> Cek di sini untuk mengetahui harga mobil lainnya

6. SPESIFIKASI

Spesifikasi Suzuki Swift 2018 bisa dilihat di tabel berikut.

Mesin Suzuki Swift 2018

Jenis Mesin

1.2L VVT 4 silinder segaris 16 katup

Kapasitas

1.197 cc

Tenaga Maksimum

83 Ps / 6.000 rpm

Torsi Maksimum

113 Nm / 4.200 rpm

Dimensi Suzuki Swift 2018

P x L x T

3.840 x 1.735 x 1.530 mm

Jarak Poros Roda

2.450 mm

Jarak Pijak Depan

1.520 mm

Jarak Pijak Belakang

1.520 mm

Jarak Terendah

163 mm

Radius Putar Minimum

4,8 m

Kapasitas Tangki

37 liter

Berat Kosong

880 kg

Suspensi dan Kaki-Kaki Suzuki Swift 2018

Tipe Transmisi

5-Speed M/T dan 5-Speed AMT

Sistem Kemudi

Electric Power Steering

Suspensi Depan

MacPherson Strut

Suspensi Belakang

Torsion Beam

Rem Depan

Disc

Rem Belakang

Drum

Ukuran Ban

185/65 R15

* Spesifikasi yang tertera merupakan spesifikasi dari India. Kemungkinan akan terjadi penyesuaian.

7. KELEBIHAN & KEKURANGAN

Kelebihan dan kekurangan mobil Suzuki Swift 2018 bisa dilihat di tabel berikut.

Kelebihan

Kekurangan

Desain eksterior lebih sporty

Tenaga mesinnya tidak terlalu mumpuni

Fitur-fitur penunjang begitu lengkap

Persentase masuk Indonesia kecil sekali

Desain interior lebih stylish dan modern

 

Ruang kabin yang lebih luas

 

8. DAFTAR HARGA

Karena masih belum resmi masuk Indonesia, maka harga mobil Suzuki Swift 2018 berkisar mulai dari Rp 105.000.000,- mengikuti kurs Rupee India saat ini. Harga tersebut dapat berubah jika telah masuk Indonesia.

9. VIDEO

Sebagai penutup silahkan melihat video tentang Suzuki Swift 2018 di bawah ini.

10. KESIMPULAN

Sebenarnya Suzuki Swift bisa dikatakan sebagai mobil hatchback dengan fitur-fitur penunjang yang cukup lengkap baik dari hiburan dan keselamatannya. Sayangnya di Indonesia hampir semua fitur-fitur penunjang mobil ini dipangkas demi menekan biaya sehingga banyak sekali pertimbangan untuk membeli mobil ini. Semoga saja ketika mobil ini memang masuk Indonesia, fitur-fiturnya tidak dipangkas agar Suzuki Swift dapat unjuk diri sebagai hatchback yang diminati.

>>> Untuk membeli mobil lebih aman dan cepat, jangan lupa mampir situs Cintamobil.com

Share This:

Cari harga mobil

Harga mobil per merek

Review mobil populer

International