Preview KIA Picanto 2019

11/10/2018 Franky Pratama Review Kia

KIA Picanto dikabarkan akan merilis generasi terbarunya untuk pasar Indonesia. Kira-kira seperti apa tampilannya? Jika mengacu pada pasar Britania Raya, KIA Picanto 2019 terlihat sangat sporty di berbagai sisinya. Teknologi yang diusungnya juga terbilang mumpuni baik dalam hal keselamatan dan hiburan. Penasaran? Mari kita simak preview KIA Picanto 2019.

1. PENGANTAR KIA PICANTO 2019

Preview KIA Picanto 2019 – Menurut pemberitaan yang ada, PT. KIA Mobil Indonesia rencananya akan melakukan peluncuran terhadap generasi ketiga dari KIA Picanto. Memang tak dipungkiri, penjualan mobil satu ini terbilang merosot mulai dari tahun 2017 lalu yang hanya mencatatkan 46 unit di dua bulan pertama. Tentunya penurunan tersebut cukup beralasan yang mana masyarakat kini lebih tertarik membeli produk Low Cost Green Car (LCGC) sehingga KIA Picanto sangat sulit bersaing di segmen tersebut.

KIA Picanto Indonesia yang beredar kini memiliki tampilan yang masih kurang modern mengikuti zaman

Sosok KIA Picanto yang beredar di Indonesia

Menjawab hal ini, Harry Yanto selaku GM Business Development PT. KIA Mobil Indonesia, menuturkan hal serupa dan berencana menghadirkan tiga produk baru dari kubu KIA yang salah satunya adalah versi baru dari Picanto. Selain itu, kebijakan kendaraan berstandar EURO 4 juga dipertimbangkan lebih mendalam dan menunggu keputusan dari pabrikan utama asal Korea ini. Tentu dari pernyataan ini, bisa disimpulkan bahwa generasi baru dari KIA Picanto akan dirilis dalam waktu dekat. Sehingga, menarik rasanya apabila Hargamobil.com melakukan preview KIA Picanto 2019.

KIA Picanto 2019 melakukan banyak perubahan di beberapa sisinya

Inilah dia generasi terbaru KIA Picanto 2019

2. EKSTERIOR KIA PICANTO 2019

Merujuk dari model yang sudah diluncurkan di Britania Raya, desain eksterior KIA Picanto 2019 kini semakin sporty dan berjiwa anak muda masa kini. Rancangan bodinya dibekali penambahan Wheelbase di angka 15 mm yang mampu memberi ruang kabin lebih lega.

Preview KIA Picanto 2019: Eksterior Depan

Fascia depannya kini berubah total dibanding model yang beredar di Indonesia. Tiger-Nose Grille kini semakin diperpanjang hingga ke sisi lampu utama sehingga mampu memberi kesan modern sekaligus sporty. Ciri khas eksotisnya didapati pada lampu kabut yang kini diposisikan pada bemper depan berukuran besar yang dibalut keindahan krom. Jujur, desain seperti ini mampu memberikan kesan yang berbeda daripada pesaing lainnya. Panel Housing yang biasanya ditempati oleh lampu kabut, kini diubah menjadi saluran angin yang dicat berwarna merah merona. Selain menambah kesan sporty, desain seperti ini juga mampu memberi performa yang lebih aerodinamis.

Eksterior depan KIA Picanto 2019 dilengkapi berbagai fitur canggih

Eksterior depan KIA Picanto 2019 benar-benar berubah menjadi lebih sporty dan agresif

Sedangkan untuk masalah pencahayaan, KIA Picanto 2019 tampil makin mumpuni dengan memboyong racikan LED Daytime Running Lights (DRL), Multi-Focus Reflector, lampu kabut, Welcome & Follow-Me-Home Light, Levelling Device serta Automatic Headlight Control. Tentu dengan kelengkapan tersebut, Anda bisa melajukan kendaraan dengan aman meskipun berada di area minim pencahayaan.

Preview KIA Picanto 2019: Eksterior Samping

Dengan masih mempertahankan bodi mungilnya, KIA Picanto kini dipermak habis-habisan. Khusus varian tertinggi misalnya, KIA Picanto GT-Line S, sudah dihias apik dengan Side Skirt berwarna merah sebagai penguat pesan sporty-nya. Adapun hal tersebut nampak sangat serasi ketika dipadukan dengan pelek berdesain GT-Line berukuran 195/45 R16. Dibanding model sebelumnya, kami sangat menyukai desain bodi generasi terbarunya ini yang diprediksi akan bersaing ketat dengan Toyota Yaris maupun Honda Jazz.

Eksterior samping KIA Picanto 2019 tampil menarik dengan ban berukuran 195/45 R16

Eksterior samping KIA Picanto 2019 dihias apik dengan pelek sporty GT-Line

Preview KIA Picanto 2019: Eksterior Belakang

Memang kategorinya sebagai Hatchback tidak lagi menjadi sebuah hal yang membosankan namun lebih ditekankan akan nuansa sporty khas KIA. Pada sektor buritannya, KIA Picanto 2019 mengaplikasikan Silver Skid Plates dipadu Twin Exhaust sebagai penguat kesan elegannya. Hal yang tak kalah menarik, juga ditemui pada aspek lampu yang menerapkan LED Rear Lights dan Rear Fog Light sehingga mampu memberikan fungsi pencahayaan mumpuni baik saat proses parkir ataupun ketika berkendara di malam hari.

Eksterior belakang KIA Picanto 2019 sudah mendukung lampu LED Rear Lights dan Fog Light

Eksterior belakang KIA Picanto 2019 dilengkapi dengan panel Silver Skid Plates

>>> Baca juga:

3. INTERIOR KIA PICANTO 2019

Berkat penambahan Wheelbase yang kini berada di angka 2.400 mm, interior KIA Picanto 2019 tampil makin lega terutama dalam ruang kaki. Sebagai mobil 5-Seaters, tentu hal ini menjadi salah satu perubahan yang patut untuk dipertimbangkan.

Preview KIA Picanto 2019: Dashboard

Panel dashboard KIA Picanto 2019 tampil sangat menarik khususnya pada fitur penyejuk Blower yang dikemas vertikal di kedua ujungnya. Hal tersebut memberi kesan ikonik tersendiri khas KIA. Di sisi lain, pada sisi tengah terdapat satu sapuan garis krom mengilap memberi kesan elegan pada atmosfer kabinnya.

Dashboard KIA Picanto 2019 dikemas cukup elegan dengan beberapa aksen modern dan elegan

Dashboard KIA Picanto 2019 dilengkapi dengan berbagai fitur multifungsi yang siap menghibur Anda

Penempatan fitur-fiturnya juga terbilang mudah diakses oleh pengendara. Seperti halnya fitur penyejuk Automatic Air Conditioning dan panel Head Unit Touchscreen berukuran 7 inci yang dikemas sangat ergonomis. Hal ini akan dibahas lebih mendalam pada segmen fitur.

Preview KIA Picanto 2019: Setir

Desain setirnya terbilang cukup menggoda dengan tiga palang berlogo KIA pada sisi tengahnya. Unsur praktis juga ditemui pada setirnya yang menyediakan berbagai tombol multifungsi seperti  pengaturan audio pada panel Head Unit-nya, konektivitas telepon, Cruise Control serta pengaturan intensitas cahaya. Adapun setirnya dibalut dengan kemewahan bahan kulit sehingga dapat tampil nyaman ketika digenggam meski melaju untuk jarak tempuh jauh.

Setir KIA Picanto 2019 sudah dilengkapi tombol praktis yang memudahkan Anda dalam melajukan kendaraan

Setir KIA Picanto 2019 sudah didukung dengan beberapa tombol menarik

Preview KIA Picanto 2019: Kursi

Berbicara kapasitas kursi, KIA Picanto 2019 mampu mengangkut hingga lima orang sekaligus layaknya mobil Hatchback pada umumnya. Dengan kapasitas tersebut, mobil satu ini bisa merangkap banyak kebutuhan baik untuk kegiatan keluarga, perkuliahan dan aktivitas perkantoran.

Kursi KIA Picanto 2019 mampu menangkut lima orang sekaligus

Kursi KIA Picanto 2019 dikemas dengan desain yang sporty

Preview KIA Picanto 2019: Ruang Bagasi

Meski bodi mungilnya telah dipenuhi lima penumpang namun nyatanya ruang bagasi KIA Picanto 2019 mampu menampung satu buah sepeda dan bahkan masih tersisa untuk barang lainnya. Ternyata perubahan pada generasi terbarunya ini, KIA benar-benar menjawab kebutuhan masyarakat perkotaan yang sarat akan utilitas praktis. Diprediksi, bagasinya mampu menampung hingga lima tas berukuran besar. Good Job KIA.

Ruang bagasi KIA Picanto 2019 kini tampil makin lega

Ruang bagasi KIA Picanto 2019 memiliki kapasitas yang lega untuk menampung banyak barang bawaan Anda

Artikel terkait:

4. FITUR KIA PICANTO 2019

Kira-kira teknologi apa yang disematkan pada mobil mungil ini? Di segmen ini, Hargamobil.com hendak membahas tentang fitur KIA Picanto 2019 yang terbagi dalam dua hal yakni fitur keselamatan dan fitur hiburan.

Preview KIA Picanto 2019: Fitur Keselamatan

Dari sisi keselamatan, KIA Picanto lebih menonjol dalam aspek pengereman dan kestabilan. Pada teknologi pengereman misalnya, tersedia racikan Anti-lock Braking System (ABS), Electronic Brakeforce Distribution (EBD) dan Brake Assist System (BAS) yang mampu memberi performa pengereman lebih handal nan empuk. Adapun meski bodinya terbilang mungil sebagai Hatchback namun mobil satu ini menyajikan teknologi Electronic Stability Control (ESC) serta Vehicle Stability Management (VSM). Menariknya lagi, generasi terbaru KIA Picanto ini juga dibekali fitur tambahan seperti halnya Forward Collision-Avoidance Assist (FCA) dan Hill-Start Assist Control (HAC). Lewat racikan tersebut, kami percaya model satu ini bukan hanya menarik dari sisi eksterior saja tapi juga sangat mumpuni untuk meliak-liuk di area perkotaan.

Preview KIA Picanto 2019: Fitur Hiburan

Aspek hiburan juga tak luput dari pengamatan KIA. Pasalnya, Picanto terbaru ini dilengkapi dengan panel Head Unit Touchscreen berukuran 7 inci yang mampu menyuguhkan berbagai fungsi menarik layaknya pengoperasian audio, navigasi serta video. Khusus varian tertingginya ini, KIA Picanto dibekali dengan 6 buah Speaker Audio System yang memastikan kualitas suara yang dihasilkan terasa mumpuni. Lebih daripada itu, Anda juga bisa memutar musik favorit dengan didukungnya format modern seperti Bluetooth, Apple CarPlay, Android Auto, USB dan AUX.

Fitur Hiburan KIA Picanto 2019 tampil menarik dengan sistem audio mumpuni

Fitur hiburan KIA Picanto 2019 dilengkapi dengan sistem audio yang canggih

>>> Perhatikan Hal Ini Sebelum Menentukan Harga Mobil Bekas

5. OPERASI KIA PICANTO 2019

Sejatinya, operasi mesin KIA Picanto 2019 terbagi menjadi dua pilihan yakni berkapasitas 998 cc dan 1.248 cc. Namun, khusus di artikel kali kami akan membahas lebih mendalam tentang performa mesin tertingginya. Berkapasitas silinder 1.25 Liter, mesin KIA Picanto 2019 mampu meraih daya sebesar 83 BHP pada putaran 6.000 Rpm dengan torsi maksimum di angka 122 Nm setara 4.000 Rpm. Dipadukan dengan transmisi 5 tingkat percepatan manual atau 4 tingkat percepatan otomatis, mobil satu ini juga mampu menghasilkan tingkat efisiensi yang tinggi. Di atas kertas tercatat bahwa KIA Picanto 1.25 Liter mampu meneguk 5,2 Liter bensin untuk menempuh jarak 100 Km. Tentu hal ini terbilang cukup memuaskan. Sebagai mobil perkotaan, KIA Picanto mampu menyuguhkan performa mesin yang bukan hanya bertenaga namun juga irit bahan bakar.

>>> Simak juga review menarik dari Daihatsu All New Sirion 2018

6. SPESIFIKASI KIA PICANTO 2019

Tak lupa, di sesi ini juga tersedia informasi lengkap mengenai spesifikasi KIA Picanto 2019.

SPESIFIKASI KIA PICANTO 2019

DIMENSI

Panjang x Lebar x Tinggi

3.595 mm x 1.595 mm x 1.485 mm

Jarak Pijak Depan

675 mm

Jarak Pijak Belakang

520 mm

Wheelbase

2.400 mm

MESIN

Tipe Mesin

1.25 Liter MPi

Kapasitas Silinder

1.248 cc

Daya Maksimum

83 BHP / 6.000 Rpm

Torsi Maksimum

122 Nm / 4.000 Rpm

Sistem Transmisi

5 Tingkat Percepatan Manual / 4 Tingkat Percepatan Otomatis

HANDLING

Suspensi Depan

McPherson Strut

Suspensi Belakang

Trailing Arm

Ukuran Ban

195/45 R16

BAHAN BAKAR

Tipe Bahan Bakar

Bensin

Kapasitas Tangki Bahan Bakar

35 Liter

7. KELEBIHAN & KEKURANGAN KIA PICANTO 2019

Setelah puas membahas tentangnya, Hargamobil.com juga hendak memberikan opini tentang kelebihan dan kekurangan KIA Picanto 2019.

KELEBIHAN

KEKURANGAN

Desain eksterior yang kini benar-benar baru dengan nuansa sporty dan agresif

Memiliki harga yang cukup tinggi

Teknologi keselamatan makin berlimpah

Jika mengacu pada model yang dari Britania Raya, banyak segala fitur menarik yang masih bersifat opsional

Performa mesinnya sangat irit bahan bakar

-

8. DAFTAR HARGA KIA PICANTO 2019

Lalu berapakah harganya? Mengingat model ini dirilis di Britania Raya, maka kami hendak memberikan daftar harga KIA Picanto 2019 dalam kurs Pound.

TIPE MOBIL

HARGA KIA PICANTO 2019

(Britania Raya – Pound)

HASIL KONVERSI POUND KE RUPIAH (Dibulatkan)

KIA Picanto GT-Line 2019

₤ 12.820 - ₤ 14.220

IDR. 256 jutaan - IDR. 284 jutaan

*Catatan:

  • Harga di atas hanya bersifat sebagai referensi saja
  • Jika diluncurkan di Indonesia tentu akan ada penambahan harga terkait masalah perizinan, dokumentasi, pajak dan sebagainya

9. VIDEO KIA PICANTO 2019

10. KESIMPULAN KIA PICANTO 2019

Nama KIA Picanto di Indonesia memang sedang meredup akhir-akhir ini. Hal tersebut didasari karena hadirnya mobil-mobil LCGC yang memiliki harga lebih terjangkau daripada KIA Picanto. Tentu dengan anggapan tersebut, penting rasanya bagi KIA Indonesia untuk merancang ulang akan kehadiran KIA Picanto generasi terbaru. Akankah KIA tetap bermain di rentang harga LCGC ataukah akan beranjak ke taraf Hatchback Rp. 200 jutaan layaknya Honda Jazz dan Toyota Yaris? Tentu pilihan ini tak mudah diputuskan oleh pihak KIA Indonesia. Meski begitu, dari ulasan kami di atas memperlihatkan sosok terbaru dari Picanto yang sudah dirilis di Britania Raya. Kapankah KIA Picanto 2019 Indonesia diluncurkan? Mari kita bersabar, menunggu keputusan dari KIA Indonesia.

>>> Klik sini untuk simak tulisan review mobil yang menarik lainnya

Share This:

Cari harga mobil

Harga mobil per merek

Review mobil populer