Preview Honda HR-V 2018, Crossover Honda Yang Terlihat Lebih Segar

05/07/2018 Handy Goeyana Review Honda

Sudah cukup lama Honda HR-V tidak dipercantik sejak kemunculannya. Walaupun begitu, mobil ini masih begitu laris di pasar Tanah Air. Kabar kehadiran facelift mobil ini pun makin santer terdengar ketika Jepang memperkenalkan Vezel, nama lain Honda HR-V dengan desain terbaru. Preview Honda HR-V 2018 bisa dilihat di bawah ini.

1. PENGANTAR

gambar honda hr-v 2018 berwarna merah yang diperkenalkan di Thailand

Honda HR-V 2018 yang sudah meluncur duluan di Thailand

Preview Honda HR-V 2018 - Setelah Jepang memperkenalkan desain terbaru HR-V pada awal tahun, kini Thailand mendapat kesempatan untuk memperkenalkan mobil ini pada bulan Juni kemarin. Tidak butuh waktu lama ketika unit mobil ini sudah tiba di Thailand, ada kemungkinan ajang GIIAS 2018 yang akan dilaksanakan dalam waktu dekat ini menjadi sarana Honda HR-V facelift untuk memperkenalkan diri. Preview Honda HR-V 2018  oleh hargamobil.com secara lengkap bisa dibaca di bawah ini.

2. EKSTERIOR

Eksterior Honda HR-V 2018 mendapat beberapa penambahan aksesori-aksesori yang membuatnya terlihat jauh lebih sporty dan elegan, seperti adanya panoramic roof di bagian atas mobil.

  • Preview Honda HR-V 2018: Desain bagian depan

gambar bagian depan honda hr-v 2018 dengan gril depan bar yang tebal dan fog lamp berbentuk led strip

Bagian depan Honda HR-V 2018 yang terlihat lebih elegan

Bagian depan Honda HR-V 2018 memiliki lampu depan LED reflektor mirip seperti saudaranya, Honda Civic. Gril depan berbentuk bar yang terlihat lebih tebal dan sejajar dengan lampu depan. Di bawahnya terdapat lubang udara berbentuk trapesium dengan desain honeycomb. Fog lamp yang dulunya berbentuk bulat kini berbentuk LED strip.

  • Preview Honda HR-V 2018: Desain bagian samping

gambar bagian samping honda hr-v 2018 dengan pelek alloy terbaru berukuran 17 inci

Bagian samping Honda HR-V 2018 yang terlihat sporty

Bagian samping Honda HR-V 2018 tetap terasa tegas berkat lekukan yang tajam di sekitaran pintu mobil, serta terlihat lebih sporty berkat side skirt yang memanjang hingga ke bagian fender dan penggunaan pelek Two Tone 5-Spoke terbaru berukuran 17 inci.

  • Preview Honda HR-V 2018: Desain bagian belakang

gambar bagian belakang honda hr-v 2018 dengan bumper kit dan stop lamp futuristik

Bagian belakang Honda HR-V 2018 yang terlihat elegan dan sporty

Bagian belakang Honda HR-V 2018 memiliki lis krom yang memanjang serta menghubungkan kedua stop lamp yang sudah LED dan didesain cukup futuristik. Bumper kit dengan reflektor dan roof spoiler memberikan kesan sporty pada mobil ini.

>>> Anda bisa lihat:

3. INTERIOR

Interior Honda HR-V 2018 memiliki desain yang sederhana namun tetap terlihat mewah berkat fitur-fitur penunjang terbaru yang lebih canggih serta ditunjang dengan ruang kabin yang lapang sehingga mampu memberikan kenyamanan dalam ruang kabin.

  • Preview Honda HR-V 2018: Dashboard

gambar dashboard honda hr-v 2018 dengan desain warna hitam dan aksesori terbaru

Bagian dashboard Honda HR-V 2018 yang  terlihat sederhana namun mewah

Bagian dashboard Honda HR-V 2018 terlihat sederhana dengan penggunaan plastik berwarna hitam dan material soft-touch namun terlihat lebih mewah berkat fitur-fitur penunjang terbaru yang lebih canggih. Di bagian tengah terdapat head unit layar sentuh berukuran 7 inci dan memiliki fitur penunjang seperti CD/DVD Player, Radio AM/FM, USB Port, Bluetooth, dan Phone Connectivity.

Kontrol AC yang ditampilkan secara digital sudah mengusung fitur Automatic Climate Control sehingga akan mengatur suhu dalam ruang kabin secara otomatis. Tidak lupa ada tombol fungsional seperti ECON Button yang akan mengatur gaya kemudi Anda lebih irit bahan bakar, dan tombol One Push Ignition System yang akan memudahkan pengoperasian mobil hanya dengan satu pencetan tombol.

  • Preview Honda HR-V 2018: Setir

gambar setir honda hr-v 2018 dengan cruise control dan audio steering switch

Bagian setir Honda HR-V 2018

Setir kemudi mobil ini didesain 3-spoke dan memiliki Audio Steering Switch sehingga akan memudahkan pengemudi untuk mengatur pilihan pada sistem audio tanpa harus melepas setir kemudi. Ada tombol Cruise Control untuk mengatur kecepatan mobil agar tetap stabil dan Paddle Shift yang akan memberikan sensasi berkendara dengan mengatur transimisi secara manual.

  • Preview Honda HR-V 2018: Kursi

gambar kursi baris pertama honda hr-v 2018

Kursi baris pertama pada Honda HR-V 2018

Kursi Honda HR-V 2018 disusun memiliki 2 baris dan mampu penumpang hingga 5 orang. Kursi pada mobil ini sudah menggunakan material berkualitas tinggi dan dilapisi dengan kulit sehingga mampu memberikan kenyamanan bagi pengemudi dan penumpangnya.

  • Preview Honda HR-V 2018: Bagasi

gambar bagasi honda hr-v 2018 yang luas ketika kursi baris kedua dilipat

Bagian bagasi Honda HR-V 2018

Bagasi Honda HR-V 2018 memiliki ruang yang cukup luas untuk menampung barang berukuran besar. Jika kursi baris kedua dengan konfigurasi 60:40 dilipat, maka ruang bagasi akan menjadi jauh lebih luas.

>>> Review mobil lainnya:

4. FITUR

  • Preview Honda HR-V 2018: Fitur Keselamatan

gambar fitur airbag honda hr-v 2018 yang mengembang

Fitur airbag pada Honda HR-V 2018

Fitur keselamatan pada Honda HR-V 2018 dimulai dari fitur pengereman seperti Antilock Braking System (ABS), Electronic Braking Force Distribution (EBD), dan tambahan berupa City Brake Active System (CBAS) yang akan memberikan performa pengereman secara maksimal. Kemudian 6 SRS Airbags berfungsi untuk menjaga pengemudi dan penumpang tetap aman ketika terjadi sesuatu yang tak diinginkan.

Honda HR-V facelift akan diberikan fitur Honda LaneWatch dimana head unit akan menampilkan situasi atau objek-objek yang berada di sekitar mobil. Fitur penjaga kontrol mobil seperti Vehicle Stability Assist (VSA) dan Hill-Start Assist (HSA) disematkan pada mobil ini.

  • Preview Honda HR-V 2018: Fitur Keamanan

Fitur keamanan yang baru diketahui saat ini berupa Lock-Away Walking Function yang dimana mobil akan terkunci secara otomatis ketika pengguna mobil berjalan menjauh dari mobil. Karena fungsi yang canggih ini, mobil ini sudah pasti menerapkan sistem Keyless Entry. Fitur seperti Immobilizer dengan alarm kemungkinan pasti disematkan pada mobil ini.

>>> Review tentang mobil Honda lainnya silahkan klik disini

5. OPERASI

Honda HR-V 2018 masih menggunakan mesin pendahulunya, mesin 1.8L SOHC 4 silinder segaris 16 katup i-VTEC berkapasitas 1.799 cc yang mampu menghasilkan tenaga maksimal mencapai 141 Ps pada putatan 6.500 rpm dan torsi maksimal mencapai 172 Nm pada putaran 4.300 rpm. Tenaga yang dihasilkan oleh mesin mobil ini akan disalurkan melalui transmisi otomatis CVT.

>>> Review mobil-mobil lengkap lainnya bisa diklik disini

6. SPESIFIKASI

Spesifikasi Honda HR-V 2018 bisa dilihat di tabel berikut.

Mesin Honda HR-V 2018

Tipe

1.8L SOHC 4 silinder segaris 16 katup i-VTEC

Kapasitas

1.799 cc

Tenaga Maksimum

141 Ps / 6.500 rpm

Torsi Maksimum

172 Nm / 4.300 rpm

Tipe Transmisi

CVT

Dimensi Honda HR-V 2018

P x L x T

4.346 x 1.790 x 1.605 mm

Jarak Sumbu Roda

2.610 mm

Jarak Pijak Depan

1.598 mm

Jarak Pijak Belakang

1.613 mm

Ground Clearance

170 mm

Radius Putar

5,3 m

Kapasitas Tangki

53 liter

Suspensi dan Kaki-Kaki Honda HR-V 2018

Suspensi Depan

MacPherson Strut

Suspensi Belakang

H-Shape Torsion Beam

Rem Depan

Ventilated Disc

Rem Belakang

Solid Disc

Ban

215/55 R17

7. KELEBIHAN & KEKURANGAN

Kelebihan dan kekurangan mobil Honda HR-V 2018 bisa dilihat di tabel berikut.

Kelebihan

Kekurangan

Desain eksterior yang lebih segar

Tidak semua tipe mendapat fitur tambahan

Desain interior lebih elegan

Dapur pacu tidak ada yang diubah

Ditambahkan fitur-fitur penunjang terbaru

Spesifikasi mungkin akan berubah

Mampu memberikan sensasi berkendara

 

8. DAFTAR HARGA

Karena masih belum diperkenalkan di Indonesia, maka harga mobil Honda HR-V 2018 berkisar mulai dari 404 juta Rupiah hingga 507 juta Rupiah mengikuti kurs mata uang Thailand Bath. Harga akan mengikuti penyesuaian ketika sudah resmi diluncurkan di Tanah Air.

9. VIDEO

Sebagai penutup ulasan mobil ini silahkan melihat video Honda HR-V 2018 di bawah ini.

10. KESIMPULAN

Akhirnya mobil HR-V diberi pembaharuan. Tampilannya yang dulu cukup sederhana kini menjelma menjadi mobil crossover yang jauh lebih sporty dan elegan. Fitur-fitur penunjangnya pun begitu lengkap meski dapur pacunya tidak ada yang berubah. Perlu diingat bahwa spesifikasi yang lengkap ini belum tentu ada ketika sudah memasuki Indonesia. Kita tunggu saja ketika mobil ini siap diluncurkan di Tanah Air.

Share This:

Cari harga mobil

Harga mobil per merek

Review mobil populer