New Honda Brio Satya 2016: LCGC yang Sangat Cocok untuk Kaum Muda

30/12/2017 Heri Susanto Review Honda

Generasi milenial memiliki dua keinginan yang ingin diwujudkan secepatnya pada usia muda yakni rumah dan mobil. Untuk itu, Honda menterjemahkan keinginan kaum milenial dengan hadirkan mobil Green Car dengan harga terjangkau yakni Brio Satya. Mobil ramah lingkungan ini dirasa akan menjadi pilihan yang cocok untuk mereka yang mendambakan mobil di usia muda. Ada apa yang menarik dari mobil ini? Simaklah tulisan tentang New Honda Brio Satya 2016.

1. PENGANTAR

New Honda Brio Satya 2016 - Brio Satya merupakan seri lain dari Honda Brio. Mobil yang debut kembali pada ajang Indonesia Motor Show 2016 (IIMS 2016) Jiexpo Kemayoran, Jakarta tempo hari ini memang menarik minat konsumennya, terutama kaum muda.  Dibandingkan seri sebelumnya, Satya mengalami sedikit perombakan dari sisi desain dan mesin. Mesinnya sendiri mengalami kenaikan meskipun tak signifikan. Lantas, seperti apa wujud mobil ramah lingkungan ini? Akankah mengalami pertumbuhan dari sisi sales yang lebih baik dari sebelumnya? Hargamobil.com telah menyiapkan ulasan tentang New Honda Brio Satya 2016 untuk anda.

2. EKSTERIOR

Meskipun terlihat begitu minimalis dari sisi eksterior Honda Brio Satya 2016 memiliki desain yang bisa dibilang lumayan aktraktif. Hal tersebut dapat dilihat dari sisi depan dan sampingnya. Sisi belakang Satya sendiri bisa menuai pro dan kontra karena sangat kurang sedap bila dipandang. Agar lebih jelas, mungkin ada baiknya jika kita bedah satu per satu.

Gambar mobil Honda Brio Satya 2016 berwarna Putih dilihat dari bagian depan

Tampilan depan Honda Brio Satya 2016

  • Desain bagian depan

Di sisi depan, Satya memiliki desain yang lumaya unik dengan menyematkan grill dengan aksen chrome yang berwujud seperti sabuk membuat sisi ini nampak begitu agresif. Sebagai penanda identitas, disematkan pula logo Honda yang ikonik itu pada bagian tengah. Di belakang aksen chrome tersebut juga tersemat berbagai lubang berukuran kecil sebagai akses keluar masuknya udara untuk proses pendinginan secara alami. Sementara pada sisi samping grill, tersemat lampu utama multireflektor yang dibingkai dengan ukuran cukup besar guna maksimalkan pencahayaan terurama pada malam hari. Tak lupa, dihadirkan pula bumper depan yang agak menjorok ke bawah sehingga membuat kaki-kaki yang terdapat pada Satya menjadi lebih pendek dan terkesan modern berkat kehadiran penutup bumper dengan aksen hitam dope. Secara tak langsung, penutup ini juga memberikan kesan two tone colour pada bagian depan.

  • Desain bagian samping

Dari sisi samping, Brio Satya tak memiliki hal yang patut diperbincangkan lebih jauh selain guratan lekukan yang tersemat pada bagian tengah dan bawah pintu. Penempatan lekukan yang sederhana tersebut memang cukup banyak ditemui pada mobil yang mengusung konsep LCGC pada umumnya.

Mobil Honda Brio Satya 2016 berwarna merah dilihat dari bagian belakang

Bagian belakang sporty dan dinamis

  • Desain bagian belakang

Sementara di bagian belakang, Satya nampaknya ingin menghadirkan konsep sporty dan dinamis. Namun sayang seribu sayang, apa yang tersemat pada bagian buritan dirasa kurang membuat mata terkesima. Stop lamp berukuran besar yang dihadirkan malah membuat sisi belakang terlihat begitu lemah dan tanpa konsep sama sekali. Mungkin ini hanya penilaian dan selera masing-masing, namun sisi ini tampak melemahkan desain Satya secara keseluruhan.

>>> Baca juga: Honda Jazz 2015, Mobil Hatchback Tumpuan Honda

3. INTERIOR

Dari sisi interior Honda Brio Satya 2016 memiliki desain yang lumayan mumpuni untuk ukuran City Car. Di sisi interior, mobil ini tetap mengandalkan kenyamanan dan pengalaman berkendara untuk para pengguna melalui berbagai fitur yang disematkan.

Gambar bagian dashboard mobil Honda Brio Satya 2016

Di bagian dashboard terdapat panel instrumen

  • Dashboard

Pada bagian dashboard misalnya, Satya memiliki panel instrumen yang begitu lengkap untuk menunjang kebutuhan infotainment. Melalui fitur ini, pengguna bisa mengaktifkan media player melalui perangkat sepeti CD maupun MP3. Tak hanya itu, tersemat pula port USB yang cukup kompetibel untuk memutar playmaker lagu andalan dari gadget berbasis Android maupun Ios. Sebagai pelengkap, hadir pula Ac yang berfungsi untuk menyejukkan bagian kabin.

Gambar bagian setir mobil Honda Brio Satya 2016 berwarna hitam

Steering switch audio

  • Setir

Bergeser sedikit ke sisi setir, Satya juga sudah dilengkapi dengan steering switch audio yang berguna untuk mengatur besar kecilnya suara dari sisi lingkar kemudi. Dan untuk mengetahui informasi terkini seputar kendaraan, dihadirkan panel cluster analog pada sisi depan. Bisa dibilang, panel ini memang agak ketinggalan jaman. Namun apa hendak dikata, mungkin Honda selaku pabrikan memang menghemat coast untuk sisi ini sehingga panel berdesain analoglah yang dihadirkan.

Kursi mobil Honda Brio Satya 2016 berwarna coklat

Kursi Honda Brio Satya 

  • Kursi

Di sisi kursi, Satya menyempatkan material yang cukup mumpuni untuk pertebal kenyamanan konsumennya. Tak hanya nyaman, desain kursi yang tampilkan corak juga cukup membuat seluruh kursi tampil begitu elegan. Di samping menawarkan kenyamanan, Satya juga memberikan proteksi dengan menyempatkan seatbelt ke seluruh bagian kursi tanpa terkecuali.

Sayangnya, pada sisi bagasi, Satya tak bisa membuat para penggunanya memasukan barang terlalu banyak. Pasalnya, mobil ini juga tak memberikan ruang yang cukup mumpuni untuk menyimpan berbagai barang berukuran besar. Hal tersebut nampaknya bisa dimaklumi mengingat Satya sendiri merupakan City Car yang memang didesain untuk bepergian di jarak menengah maupun sedang. Akan sangat merepotkan jika memasukan berbagai barang berskala besar ke mobil ini. Satu yang pasti jika hal tersebut dipaksakan, kenyamanan akan sangat terrganggu.

>>> Mungkin Anda ingin baca: Inilah spesifikasi dan harga lengkap Honda Accord 2016

4. FITUR

Fitur airbag mobil Honda Brio Satya 2016

Fitur dual front SRS airbags

Meskipun berukuran kecil, Satya sudah dilengkapi dengan berbagai fitur untuk menunjang keamanan dan kenyamanan para penggunanya. Meski memiliki harga murah, Honda tak asal-asalan memberikan proteksi kepada para penggunanya. Hal tersebut dapat dilihat dengan disematkannya rangka body G-CON + ACE yang siap memberikan perlindungan maksimal kepada pengemudi dan penumpangnya saat mobil mengalami benturan hebat. Fungsi rangka tersebut memang memungkinkan chasis melakukan peredaman secara maksimal apabila terjadi hal yang tak diinginkan.

Selain itu, dari sisi lain, Honda juga memberikan standar keamanan yang banyak ditemui pada mobil lain seperti side beam impact, Pedestrian Protection serta Dual SRS Airbag pada sisi depan guna meminimalisir resiko cidera pada kepala dan tubuh penumpang bagian depan saat mobil mengalami kecelakaan.

Untuk sisi keamanannya sendiri, Satya juga sudah dipersenjatai dengan Wave Key yang bisa ditemui pada semua tipe. Hadir pula Keyless Immoblizer dan Alarm system. Bisa dibilang, fitur keamanan yang tersemat pada Satya cukup mumpuni untuk meminimalisir tingkat pencurian yang memang marak sekali di Indonesia. Sudah lengkap kan fitur Honda Brio Satya 2016 ini?

>>> Untuk cek harga mobil Honda lainnya, klik sini

5. OPERASI

Bagian mesin mobil Honda Brio Satya 2016 berwarna hitam

Mesin i-VTEC + DBW 1.2 L SOHC

Jika kebanyakan LCGC menyematkan mesin dengan kapasitas yang minim, maka Satya merupakan anomali. Meskipun kecil, kapasitas mesin yang dimiliki Satya bisa dibilang cukup besar di kelasnya. Mengandalkan mesin i-VTEC + DBW 1.2 L SOCH silinder garis, mesin dengna kubikasi 1.198 cc ini siap menerabas berbagai medan perkotaan yang identik dengna kontur jalan stop and go. Di samping itu, dengan mesin tersebut, mobil ini mampu mengeluarkan tenaga maksimum hingga  88 PS pada putaran 6.000 RPM dan mampu memuntahkan torsi maksimum hingga 109 Nm pada putaran 4.500 rpm.

Untuk mengontrol tutup torsi demi memberikan akselerasi maksimum dan pengiritan bahan bakar, Satya sudah dilengkapi dengan teknologi Drive By Wire. Bahkan, mobil ini juga didaulat sebagai mobil ramah lingkungan karena sudah mengantongi standar uji emisi EURO 4. Sebagai penggerak, Satya juga sudah dilengkapi dengan dua jenis transmisi yang bisa dipilih sesuai dengan kebutuhan konsumen yakni transmisi manual dan otomatis yang memiliki lima percepatan. Keren kan mesin Honda Brio Satya 2016 ini?

>>> Tertarik dan ingin cari tahu lebih banyak tentang merek mobil lainnya, klik sini untuk baca tulisan review lengkap

6. SPESIFIKASI

Demi mendapatkan informasi secara lebih mendetil dan sederhana, Hargamobil.com telah merangkum apa-apa saja yang tersemat pada mobil ini. Inilah spesifikasi Honda Brio Satya 2016.

Mesin Honda Brio Satya 2016

Seri mesin

i-VTEC + DBW 1.2 L SOCH

Kubikasi

1.198 cc

Tenaga Maksimum

88 PS/6.000 rpm

Torsi Maksimum

109 Nm/4.500 rpm

Transmisi

Manual/ Automatic with 5 Speed

Dimensi Honda Brio Satya 2016

P x L x T

3.610 mm x 1.680 mm x 1.485 mm

Jarak Poros Roda

2.345 mm

Tempat Duduk

4 Seats

Kaki-Kaki Honda Brio Satya 2016

Rem Depan

Disc

Rem Belakang

Drum

Suspensi Depan

MacPherson strut

Suspensi Belakang

H-Shape Torsion Beam

Sistem Pengereman

ABS+EBD

7. KELEBIHAN & KEKURANGAN

Apapun produk dan dari brand manapun mobil itu berasal, selalu ada plus minus tersendiri dalam mobil ini. Satya pun demikian, City Car satu ini juga memiliki berbagai sisi positif dan negatifnya sendiri. Apa saja itu? Silahkan melihat beberapa kelebihan dan kekurangan Honda Brio Satya 2016 di tabel ini.

Kelebihan

Kekurangan

Mesin bertenaga

Fitur interior cukup standar

Irit Bahan Bakar

Bagasi terlalu sempit

Fitur keamanan lengkap

Kabin kurang kedap

8. DAFTAR HARGA

Mobil dengan segmen LCGC memang terkenal cukup kompetitif harganya. Pun demikian dengan Satya. Mobil yang sangat cocok untuk mereka yang baru ingin memiliki mobil nyatanya memiliki harga yang cukup bersahabat. Inilah harga Honda Brio Satya 2016.

Tipe mobil

Harga Honda Brio Satya

Honda Brio Satya S MT

Rp 131 Jutaan

Honda Brio Satya E MT

Rp 136 Jutaan

Honda Brio Satya RS MT

Rp 160 Jutaan

9. VIDEO

Kami juga telah menghimpun video dari Honda Brio Satya untuk memperjelas kepada anda bagaimana penampakan mobil ini secara menyeluruh. Selamat menyaksikan.

10. KESIMPULAN

New Honda Brio Satya 2016 merupakan Green Car yang sangat cocok bagi anda yang baru ingin memiliki mobil. Dengan performa yang bisa dibilang lebih dari cukup untuk ukuran Green Car, mobil ini juga memiliki berbagai fitur keamanan dan keselamatan yang cukup lengkap. Meski harganya terkesan murah Honda Brio Satya tak bisa dibilang sebagai mobil murahan. Anda tertarik untuk memilikinya? Segera kunjungi dealer Honda terdekat di kota anda ya.

Share This:

Cari harga mobil

Harga mobil per merek

Review mobil populer

International