Harga Toyota Calya 2016, Spesifikasi Dan Review Lengkap

22/12/2017 Handy Goeyana Review Toyota

Toyota Calya merupakan mobil MPV murah besutan Toyota yang diklaim sebagai adik dari Avanza. Berhembus kabar bahwa Toyota akan memperkenalkan mobil ini pada bulan Agustus 2016 silam dan beberapa gambar yang tersebar di dunia maya diduga merupakan tampilan eksterior mobil ini. Setelah melewati uji coba yang relatif singkat, dan benar bahwa Toyota memperkenalkan mobil ini pada Gaikindo Indonesia Internasional Auto Show (atau GIIAS) pada Agustus 2016 silam. Apa saja yang ditawarkan oleh mobil ini?

1. PENGANTAR

Harga Toyota Calya 2016 - Toyota menggunakan nama 'Calya' yang dalam bahasa Sansekerta berarti sempurna. Mobil MPV ini masuk dalam kelas LCGC, namun dibekali spesifikasi dan beragam fitur yang menarik. Berkat kabar yang sudah berhembus duluan melalui pesan berantai membuat mobil ini masuk dalam urutan pertama dalam situs mesin pencari. Mobil ini akan siap bersaing dengan pesaingnya yang bermain dalam pasar MPV. Apa saja kelebihan mobil ini? Ulasan tentang harga Toyota Calya 2016 oleh hargamobil.com bisa dibaca di bawah ini.

2. EKSTERIOR

Eksterior Toyota Calya 2016 memiliki desain yang sama sekali baru dengan memberikan tampilan gaya yang sederhana namun tak menghilangkan kesan mewahnya. Toyota Calya pun memiliki kesan yang tajam seperti keluarga Toyota yang lain.

Tampilan bagian depan mobil Toyota Calya berwarna merah

Tampilan depan Toyota Calya 2016

  • Desain bagian depan

Bagian depan dipasang dengan lampu depan yang dirancang dengan sudut yang tajam. Kemudian bagian grille tidak menggunakan aksen krom tetapi saling menyambung dengan logo burung garuda, lubang udara yang berbentuk trapesium, dan lampu depan. Sepintas tampak depan mobil ini mirip dengan Toyota Avanza namun memiliki perbedaan bentuk di bagian lubang udaranya. Tidak lupa di bagian bumper depan juga dipasangi fog lamp sehingga mobil ini terlihat sporty.

Desain bagian samping mobil Toyota Calya 2016 berwarna merah

Bagian samping terlihat sporty

  • Desain bagian samping

Bagian samping terlihat sporty berkat penggunaan pelek two tone machining berukuran 14 inci ditambah dengan tarikan garis di bagian samping mobil dan lekukan di bagian pintu mobil yang membuat mobil ini semakin sporty. Sayangnya karena kabin belakang terlihat seperti Toyota Innova dan Ground Clearance yang dimiliki mobil ini sedikit lebih rendah dari Toyota Avanza sehingga membuat mobil terlihat bongsor ke depan.

  • Desain bagian belakang

Desain bagian belakang mobil ini terlihat lebih lebar dan bumper belakang terlihat lebih tinggi yang terlihat seperti Toyota Innova karena Toyota ingin memberikan ruang yang lega bagi para penumpang di kursi terakhir. Lampu belakang berbentuk huruf ‘L’ terbalik dengan reflektor horizontal yang terletak di pintu bagasi membuat bagian belakang mobil ini tetap terlihat simpel namun elegan.

>>> Baca juga: 

3. INTERIOR

Secara keseluruhan interior Toyota Calya 2016 terlihat lebih simpel karena memiliki desain yang hampir sama seperti mobil LCGC pada umumnya namun desainnya terlihat lebih rapi dan ukuran kabinnya jauh lebih luas dibandingkan dengan mobil LCGC saudaranya yaitu Toyota Agya. Rear Air Circulator yang tidak pernah dipasang di mobil LCGC saudaranya terpasang di kabin mobil ini sehingga membuat suhu kabin mobil tetap terjaga.

Gambar bagian dashboard mobil Toyota Calya 2016

Dashboard dengan 2-tone colour

  • Dashboard dan setir

Bagian dashboard menggunakan 2-tone colour yang menggunakan kombinasi warna & coklat dilengkapi dengan 2-din Audio Head Unit sehingga memberikan kesan yang simpel namun modern. Bagian transmisi dan AC Control menyatu dan terpasang di dekat setir sehingga celah diantara kursi depan dipasang tempat penyimpanan dan port USB. Bagian setir pada mobil ini masih sama seperti saudara LCGC-nya, tidak ada perubahan yang berarti.

Gambar bagian kursi mobil Toyota Calya 2016

Calya hadir dengan 3 baris kursi

  • Kursi

Kursi mobil ini sama seperti dengan saudara LCGC-nya, namun ditambahkan baris belakang sehingga memiliki 3 baris dan mampu menampung hingga 7 orang. Material kursi ini memiliki busa yang lebih tebal sehingga bisa memberikan kenyamanan yang lebih baik ketika duduk.

Gambar ruang bagasi mobil Toyota Calya 2016 berwarna merah

Bagasi Toyota Calya didesain cukup luas

  • Bagasi

Bagasi mobil ini didesain cukup luas sehingga paling tidak mampu menampung barang yang cukup banyak. Ketika kursi baris terakhir tidak digunakan, kursi baris terakhir bisa dilipat dan ruang bagasi jadi lebih luas.

>>> Mungkin Anda ingin baca:

4. FITUR

Gambar bagian fitur mobil Toyota Calya 2016

Fitur apa yang tersedia di Toyota Calya 2016?

Fitur keselamatan yang disematkan di Toyota Calya berupa Dual SRS Airbag yang dipasang di bagian depan dan seatbelt 3 point yang terpasang di setiap kursi sehingga mampu menjaga penumpang dan pengemudi ketika terjadi hal yang tidak diinginkan. Selain itu, sistem pengereman sudah cukup canggih di mana untuk tipe E, rem depan menggunakan rem cakram dan rem belakang menggunakan rem tromol. Untuk tipe G pengeremannya menggunakan sistem ABS. Fitur keamanan Toyota Calya menggunakan fitur Immobilizer dan remote alarm sehingga bisa memberikan keamanan ekstra ketika sedang tidak digunakan.

5. OPERASI

Bagian mesin mobil Toyota Calya 2016

Mesin 3NR

Mesin mobil ini menggunakan mesin 3NR yang memiliki kapasitas hingga 1.197 cc dengan 4 silinder. Mesin 4-silinder segaris ini sudah mengusung teknologi Dual VVT-i yang membuat pemakaian bahan bakar menjadi irit sesuai dengan standar mobil LCGC dan mampu menghasilkan tenaga maksimum hingga 88 Ps pada putaran 6.000 rpm dan mampu mencapai torsi maksimum hingga 11 Kgm pada putaran 4.200 rpm.

6. SPESIFIKASI

Spesifikasi Toyota Calya 2016 bisa dilihat di tabel berikut.

Tipe

E A/T

E M/T

G A/T

G M/T

Dimensi Toyota Calya 2016

P x L x T

4070 x  1655 x 1600

Jarak Poros Roda / Wheelbase

2525

Jarak Pijak / Tread (Depan/Front)

630

Jarak Pijak / Tread (Belakang / Rear)

915

Sasis Toyota Calya 2016

Suspensi Depan / Front Suspension

MacPherson Strut with Coil Spring and Stabilizer

Suspensi Belakang / Rear Suspension

Semi Independent Torsion Axle Beam with Coil Spring

Rem Depan / Front Brake

Ventilated Disc

Rem Belakang / Rear Brake

Drum

Steering Gear

Rack and Pinion

Ukuran Ban / Tires Size

175/65R14 Two-Tone Machining Alloy

Mesin Toyota Calya 2016

Seri Mesin / Machine Serial

3NR

Tipe Mesin / Engine Type

In-line 4 Cylinder, 16 Valve, DOHC, Dual VVT-i

Daya Maksimum / Maximum Output (Ps/rpm)

88 / 6,000

Torsi Maksimum / Maximum Torque (Kgm/rpm)

11/4200

7. KELEBIHAN & KEKURANGAN

Kelebihan dan kekurangan mobil Toyota Cayla 2016 bisa dilihat di tabel berikut.

Kelebihan

Kekurangan

Mampu menampung hingga 7 orang

Bensin harus menggunakan oktan 92 karena ketentuan mobil LCGC

Ruang kabin yang begitu luas dan lega

Desain interior tidak terlalu menarik

Irit bahan bakar

Tenaga mobil tidak sebesar mobil MPV lainnya

Fitur keamanan cukup lengkap

Tidak ada sensor parkir

8. DAFTAR HARGA

Daftar harga Toyota Calya 2016 bisa dilihat di bawah ini.

Tipe mobil

Harga Toyota Calya 2016

Toyota Calya Tipe E M/T

Rp. 132.450.000

Toyota Calya Tipe E A/T

Rp. 145.450.000

Toyota Calya Tipe G M/T

Rp. 138.000.000

Toyota Calya Tipe G A/T

Rp. 150.000.000

9. VIDEO

Sebagai penutup topik yang membahas tentang harga Toyota Calya 2016, anda bisa melihat video Toyota Calya 2016 di bawah ini.

10. KESIMPULAN

Mobil ini begitu cocok bagi yang ingin menginginkan fitur yang mumpuni, mampu mengangkut banyak penumpang, namun bisa mendapatkan mobil ini dengan harga yang lebih murah. Memang mobil ini tidak sebanding dengan mobil MPV saudaranya yaitu Toyota Avanza yang lebih memuaskan baik dari segi performa maupun kemampuannya, namun mobil LCGC ini sudah bisa memberikan yang terbaik sesuai keinginan penggunanya.

Share This:

Cari harga mobil

Harga mobil per merek

Review mobil populer

International