Harga Suzuki Grand Vitara 2017, Review dan Spesifikasi Lengkap

09/11/2017 Heri Susanto Review Suzuki

Tingginya permintaan pasar akan segmen mobil SUV di tahun 2017 bisa dibilang cukup signifikan. Pasalnya banyak pabrikan otomotif yang menciptakan mobil tersebut untuk konsumen setianya. Dengan banyaknya varian yang beredar di pasaran, bisa dipastikan iklim kompetisi di ranah sejenis cukup ketat. Dan untuk memeperketat persaingan, Suzuki meluncurkan kembali varian legendarisnya Grand Vitara 2017. Apa saja pembaharuan yang ditawarkan mobil ini? Bacalah tulisan review Suzuki Grand Vitara 2017 ini.

1. PENGANTAR

Gambar mobil Suzuki Grand Vitara 2017 berwarna putih dilihat dari bagian depan sedang parkir di depan sungai

Suzuki Grand Vitara 2017

Harga Suzuki Grand Vitara 2017 di Indonesia - Sebagai salah satu pemain lama di segmen SUV, nama Vitara jelas lebih senior dibandingkan nama lainnya. Mobil yang memulai debutnya sejak tahun 1988 ini terus menemani hari-hari para pecinta otomotif di seluruh dunia. Hingga hari ini, Vitara sudah memasuki generasi ketiganya yang mulai diproduksi pada tahun 2005 silam.Vitara jelas ingin mengulang kesuksesan mereka layaknya era 90an lalu. Di masa itu, mobil ini begitu amat digdaya dan sangat sering ditemui di jalan protokol perkotaan. Apakah seri terbarunya, yakni All New Suzuki Grand Vitara mampu mengulang kesuksesan sebelumnya? Modal apa saja yang mereka bawa pada seri anyarnya ini? Berikut ulasan review Suzuki Grand Vitara 2017 dari hargamobil.com.

2. EKSTERIOR

Desain eksterior yang Boxy tetap dipertahankan Vitara untuk sisi eksteriornya. Dalam tahun-tahun sebelumnya, mobil ini memang mengandalkan desain mengotak. Bahkan bisa dikatakan, desain tersebut sudah menjadi trademark tersendiri untuk Vitara. Di seri teranyarnya, sisi eksterior nampak begitu maskulin dan gagah. Hal tersebut dapat dilihat dari sisi depan mobil.

Mobil Suzuki Grand Vitara 2017 berwarna merah dilihat dari bagian depan sedang parkir di depan pantai yang indah di Indonesia

Bagian depan

  • Desain bagian depan

Lekukan dua line grill berjumlah dua buah yang melintang lurus seakan menggambarkan sisi enerjik dari mobil ini. Di samping itu, head lamp dengan dua mata lensa juga membuat sisi depan Vitara semakin menyalak jika dibandingkan dengan seri sebelumnya. Lampu utama ini juga cukup jernih saat diaktifkan karena sudah dipersenjatai Xenon Flash dengan teknologi HID (High-Intensity Discharge) head lamps & auto leveling yang siap berikan pencahayaan maksimal.

Sementara di sisi bumper, Suzuki selaku pabrikan memberikan desain trapesium dengan ukuran cukup besar sehingga memberikan kesan mewah pada setiap sisinya. Tak lupa pula, rongga udara berukuran kecil dihadirkan untuk memberikan sentuhan aerodinamis pada mobil ini. Dan untuk mempercantik sisi depan, dihadirkan pula dua buah fog lam lengkap dengan rumahnya yang berwarna hitam doe untuk menambah pencahayaan tambahan apabila dibutuhkan.

Mobil Suzuki Grand Vitara 2017 berwarna putih dilihat dari sisi samping sedang parkir di depan pantai di Indonesia

Bagian samping

  • Desain bagian samping

Bergerak ke sisi samping, Vitara nampak telihat lebih kokoh lewat guratan garis tebal lurus di sisi depan dan melengkung ke atas di sisi belakang. Gradasi garis ini patut diacungi jempol karena membuat sisi samping menjadi lebih aktraktif. Tak hanya itu, Vitara juga menghadirkan lampu sein pada kedua spion dan velg 18 inci dengan desain modern yang semakin memberikan kesan gagah.

Gambar mobil Suzuki Grand Vitara 2017 berwarna putih dilihat dari bagian belakang sedang parkir di dalam showroom mobil di Indonesia

Tampilan belakang

  • Desain bagian belakang

Dari sisi belakang, Vitara menanggalkan ban serepnya yang selama ini sudah menjadi ciri khas dan menggantinya dengan stop lamp berdesain modern dan bumper belakang yang cukup gagah nan futuristik. Secara keseluruhan, tampilan eksterior Suzuki Grand Vitara 2017 memang lebih baik dibandingan dengan seri sebelumnya. Apa yang mereka tawarkan patut diacungi jempol karena membuat Vitara menjadi lebih fresh dan kekinian.

3. INTERIOR

Setelah menampilkan kegagahan dan maskulinitas pada sisi eksterior, tibalah saat untuk membedah lebih lanjut apa-apa saja yang tersemat pada interior Suzuki Grand Vitara 2017 ini. Selayaknya SUV pada umumnya, Vitara memiliki ruang yang cukup luas dan mumpuni bagi para penggunanya. Di samping itu, ruang kabin yang siap menampung lima orang penumpang ini juga memiliki material yang cukup baik yang akan meredam berbagai noise dari luar kabin.

  • Desain kursi

Dari sisi seat misalnya, SUV ini membalut seat cover berbahan fabric dengan kulit berkualitas terbaik lengkap dengan jahitan yang sangat detail. Suzuki juga mendesain seluruh kursi agar nyaman saat menyangga bagian tubuh penumpangnya untuk menopang perjalanan jauh maupun menengah. Ruang-ruang kaki dan kepala yang dihadirkan juga cukup proposional guna menjaga visibilitas seluruh penumpang.

Gambar bagian dashboard mobil Suzuki Grand Vitara 2017 berwarna putih

Desain bagian dashboard

  • Desain dashboard

Sementara di sisi dashboard, instrument panel berukuran sedang yang dihadirkan akan membuat kenyamanan penumpang menjadi lebih terjaga. Melalui layar sentuh tersebut, pengemudi maupun penumpang bisa mengaktifkan berbagai fitur infotaiment seperti media player, MP3/WMA/I-Pod ready (with interface), AVC (Auto Volume Control) dan lain sebagainya. Tak hanya itu, mobil ini juga dilengkapi dengan beberapa speaker yang sia salurkan kualitas suara terbaik ke seluruh penjuru kabin. Sebagai tambahan, fitur Ac juga dihadirkan guna memberikan kesejukan ke seluruh ruang kabin tanpa terkecuali.

Gambar steering mobil Suzuki Grand Vitara 2017 dengan steering ditutup dengan kulit berwarna hitam

Gambar steering Suzuki Grand Vitara

  • Desain steering

Bergerak ke sisi steering, Vitara menyematkan fitur Switch Steering Control yang memungkinkan pengemudi mengaktifkan berbagai panel dari lingkar kemudi. Tak hanya itu, mobil ini juga dilengkapi dengan panel MID berdesain futuristtik yang siap memberikan berbagai informasi terkini seputar kendaraan seperti penggunaan bahan bakar, jarak tempuh dan lain sebagainya.

4. FITUR

Gambar fitur dual SRS airbag di mobil Suzuki Grand Vitara 2017

 Fitur dual SRS airbag 

Di samping berbagai fitur yang tersemat pada bagian interior, Vitara juga sudah dilengkapi degan berbagai fitur guna memberikan keamanan dan kenyamanan dalam berkendara seperti kehadiran kombinasi pengereman Anti-lock Brake System (ABS) dan Electric Brake System (EBD). Yang siap memberikan pengereman optimal apabila dibutuhkan.kombinasi kedua sistem pengereman ini juga dirasa cukup untuk memberikan keamanan kepada seluruh penumpangnya.

Di samping kombinasi pengereman tersebut, hadir pula berbagai fitur tambahan lainnya seperti sistem rangka TECT (Total Effective Control Technology). Melalui teknologi ini, Suzuki mengklaim mobilnya ini siap meminimalisir resiko benturan. Di sisi samping rangka juga sudah ditanamkan Side Impact Beam yang berfungsi meredam benturan hebat dari sisi samping. Di bagian dala, dual SRS airbag juga sudah dibenamkan di bagian depan dan belakang guna meminimalisir resiko cidera para penumpang di bagian kabin.

Berutur-turut, Suzuki juga memberikan fitur keamanan untuk si kecil melalui fitur childproof door lock. Selain itu, hadir pula Genius Key yang berfungsi untuk menghidupkan mesin mobil dengan menekan tombol khusus di bagian remote. Cukup praktis dan fungsional bukan fitur Suzuki Grand Vitara 2017 ini?

5. OPERASI

Gambar mesin mobil Suzuki Grand Vitara 2017 berwarna hitam

Bagian mesin

Di seri teranyarnya ini, Vitara dilengkapi dengan mesin baru berteknologi VVT (Variable Valve Timing), DOHC, 16 katup dan terdiri dari 4 silinder yang dibenamkan pada varian mesin 2.4 L. Melalui VVT tersebut, mekanisme pembukaan katup akan berjalan cukup stabil pad setiap putarannya. Mesin dengan kubikasi 2.400 cc itu mampu mengeluarkan tenaga maksimal hingga 166 PS pada putaran mesin 6.000 RPM dan torsi yang disemburkan bisa mencapai 225 Nm pada putaran mesin 4.000 RPM.

Sebagai penggerak mesin, konsumen bisa memilih dua transmisi yakni manual dengan 5 percepatan serta otomatis dengan empat percepatan. Sebagai pelengkap, dihadirkan pula penyuplai bahan bakar Multi Point Injection yang dipadukan dengan teknologi berupa Drive by Wire yaitu pedal gas menggunakan sensor dihubungkan langsung ke ECM (Electronic Control Module) tanpa kabel gas. Otomatis keberadaan fitur tersebut juga diklaim akan membuat tenaga yang dihasilkan sangat optimal plus menekan konsumsi penggunaan bahan bakar. Cukup tangguh bukan mesin Suzuki Grand Vitara 2017?

6. SPESIFIKASI

Terkait spesifikasi lebih lanjut dari Suzuki Grand Vitara 2017, hargamobil.com sudah merangkumnya untuk Anda. Berikut paparannya.

Dimensi Suzuki Grand Vitara 2017

Panjang x Lebar x Tinggi

4.500 x 1.810 x 1.683 mm

Jarak Sumbu Roda

2.640 mm

Jarak Terendah

193 mm

Radius Putar Minimum

5.5 m

Kapasitas Penumpang

5 Orang

Mesin Suzuki Grand Vitara 2017

Tipe

 J24B DOHC VVT

Kapasitas Mesin

2.393 cc

Jumlah Silinder

4 Silinder

Jumlah Katup

16 katup

Tenaga Maksimum

166PS/6.000rpm

Torsi Maksimum

225Nm/4.000rpm

Sistem Bahan Bakar

Multi Point Injection

Lain-Lain Suzuki Grand Vitara 2017

Ban

 225/60 R18

Suspensi Depan

MacPherson Strut with Coil Spring

Suspensi Belakang

Multi Link

Rem Depan

Ventilated Disc 16”

Rem Belakang

Ventilated Disc 16”

7. KELEBIHAN & KEKURANGAN

Grand Vitara seri anyar ini juga tak pernah lepas dari kelebihan dan kekurangannya. Apa saja plus minus dari mobil ini?

Kelebihan

Kekurangan

Desain Eksterior Cukup Long Lasting

Boros Bahan Bakar

Banyak Ruang Penyimpanan

Ground Clearance Cukup Pendek

Mesin Cukup Tangguh

Harga Terbilang Cukup Mahal

8. DAFTAR HARGA

Harga Suzuki Grand Vitara 2017 sendiri tak bis dibilang kompetitif. Pasalnya mobil ini sendiri memiliki harga yang relatif cukup mahal.

Tipe mobil

Harga Suzuki Grand Vitara

New Grand Vitara 2.4 M/T

Rp 357.500.000

New Grand Vitara 2.4 A/T

Rp 368.500.000

9. VIDEO

Lantas, bagaimana wujud nyata dari Suzuki Grand Vitara 2017? Untuk meminimalisir rasa penasaran anda, hargamobil.com telah menyiapkan videonya. Selamat menyaksikan.

10. KESIMPULAN

Secara keseluruhan, Grand Vitara memang SUV yang memiliki desain cukup menarik. Kesederhanaan yang ditampilka mobil ini seakan menjadi nilai tambah tersendiri. Dari sisi interior, ruang yang disediakan Vitara cukup luas layaknya SUV kebanyakan. Ruang-ruang bervolume kecil yang dihadirkan juga cukup banyak. sayang, untuk ukuran SUV Jepang,mobil ini terasa cukup mahal. Dengan harga dan spesifikasi yang ditawarkan, akankah Vitara mampu unjuk gigi dan memenangkan persaingan? Kita tunggu saja.

Share This:

Cari harga mobil

Harga mobil per merek

Review mobil populer