Hampir Mirip, Ini Perbedaan Mobil MPV, SUV, Hatchback Dan City Car

06/11/2019 Abdul

Mobil terdapat beberapa segmen yang memiliki kelebihan dan kekurangan sendiri-sendiri. Meskipun semuanya bisa melaju di jalanan dan terlihat sama, namun ada perbedaan dalam hal kemampuan dan kenyamanan. Seperti misalnya saat melewati jalanan yang agak ekstrim maka dibutuhkan jenis SUV. Kali ini kami akan membahas perbedaan mobil MPV, SUV, Hatchback dan City Car.

Banyak mobil modern yang dikeluarkan saat ini dalam beragam jenis. Meskipun begitu, terdapat peminatnya masing-masing dan biasanya seseorang membeli menyesuaikan dengan kebutuhan. Berikut ini merupakan perbedaan mobil MPV, SUV, Hatchback dan City Car.

1. Mobil MPV

Gabar ini menunjukkan 3 mobil segmen MPV

Mobil MPV kendaraan keluarga banyak peminat

Nama MPV merupakan singkatan dari Multi Purpose Vehicle. Mobil jenis ini sangat cocok untuk membawa banyak penumpang dan kerap disebut dengan gelar kendaraan keluarga. Untuk kapasitas mobil MPV umumnya adalah 7 penumpang dan menjadi salah satu mobil favorit keluarga. Selain kapasitasnya yang cukup banyak, bagasinya juga luas. Apalagi saat tidak ada yang menduduki kursi belakang, maka bisa dilipat dan dijadikan bagasi tambahan. Untuk mobil jenis MPV di Indonesia adalah Toyota Avanza, Suzuki Ertiga, Honda Mobilio dan lainnya.

>>> Ingin membeli mobil baru & bekas? Dapatkan daftar lengkapnya di sini

2. Mobil SUV

Gambar ini menunjukkan 2 unit mobil dalam segmen SUV

Lakukan petualangan dengan memakai mobil SUV

SUV merupakan singkatan dari Sport Utility Vehicle. Kendaraan jenis ini bisa dikatakan gabungan dari Sedan, Jeep dan Pick Up. Mobil ini menjadi salah satu kendaraan yang dapat melintasi jalanan segala medan. Untuk ground clearance yang dimiliki juga cukup tinggi dan mempunyai tampilan luar yang begitu gagah, tangguh dan juga elegan. Dengan ukuran yang besar mobil segmen SUV tampak begitu kuat dan bertenaga. Jika jalanan yang dilewati banyak yang rusak memang sangat cocok menggunakan mobil ini. Untuk kendaraan jenis SUV di Indonesia meliputi Toyota Rush, Toyota Fortuner, Daihatsu Terios dan lainnya.

>>> Klik di sini untuk mengupdate harga terbaru Mobil semua merek di Hargamobil.com

3. Mobil Hatchback

Gambar ini menunjukkan mobil dalam segmen Hatchback

Mobil jenis Hatchback sering disebut Sedan tanpa buntut

Selanjutnya untuk perbedaan mobil MPV, SUV, Hatchback dan City Car adalah membahas tentang jenis Hatchback. Kendaraan jenis ini menggunakan basis sejenis sedan, hanya saja untuk bagian belakangnya dibuat lebih pendek. Kalau untuk menggambarkannya, yang mudah adalah mobil ini merupakan Sedan tanpa buntut. Untuk posisi pintu bagasi di belakang dengan bukaan ke atas sehingga akan mudah dalam memasukkan barang bawaan ke bagasi. Biasanya untuk ukuran bagasinya minim namun dapat dibuat lebih luas dengan melipat kursi bagian belakang. Untuk kendaraan jenis Hatchback yang berada di Indonesia meliputi Toyota Yaris, Honda Jazz dan lainnya.

>>> Pilihan Mobil Hatchback Bekas Tahun 2017 Tampilan Dinamis & Cocok Untuk Anak Muda

4. Mobil City Car

Gambar ini menunjukkan mobil dalam segmen City Car

Mobil City Car cocok untuk melintasi jalanan dalam kota

Pembahasan terakhir kali ini adalah kendaraan jenis City Car. Mobil jenis ini sangat cocok digunakan di jalanan perkotaan dan di dalam kota. Umumnya desainnya dibuat kecil dan disesuaikan dengan kondisi jalan dengan lalu lintas yang sering mengalami kemacetan. Mobil dalam segmen City Car akan lebih lincah dan juga konsumsi bahan bakarnya juga lebih irit. Memang mobil City Car juga dapat digunakan untuk perjalanan yang jauh, hanya saja soal kenyamanan terbilang kurang dan mesin juga mudah panas. Untuk mobil jenis City Car di Indonesia seperti Honda Brio, Daihatsu Sirion, KIA Morning dan lainnya.

Itulah penjelasan mengenai perbedaan mobil MPV, SUV, Hatchback dan City Car. Semoga bermanfaat dan jangan lupa membaca artikel menarik lainnya.

>>> Terus ikuti tips dan trik seputar mobil hanya di Hargamobil.com

Share This:

Cari harga mobil

Harga mobil per merek

Review mobil populer